beelifeherbalAvatar border
TS
beelifeherbal
1000 Hari Yang Menentukan Seumur Hidup


Setiap orang tua senantiasa mendambakan seorang anak yang sehat dengan kemampuan tumbuh kembang berkualitas optimal. Karena itu, perlu diperhatikan 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil yang menentukan masa depan mereka.

Riset teknologi kedokteran modern telah menghasilkan bukti ilmiah, yakni kualitas jangka panjang seorang manusia ditentukan berbagai kejadian penting selama 1000 hari pertama kehidupan. Bukti ilmiah itu menunjukkan, ada tiga rentang periode sebagai titik-titik terkritis untuk membentuk generasi anak berkualitas.

Periode pertama adalah saat janin berada dalam kandungan, yakni mulai konsepsi sampai lahir (280 hari). Periode kedua adalah saaat lahir sampai usia enam bulan(180 hari). Ketiga adalah periode Si Kecil berusia enam bulan sampai dua tahun (540 hari).

Pada rentang periode titik kritis pertama, terjadi berbagai peristiwa sangat penting. Misalnya, pembentukan organ-organ utama seperti otak, jantung, paru, hati, ginjal, maupun organ mata, telinga dan hidung. Dengan demikian, adanya gangguan (kelainan) kesehatan kandungan berdampak negatif terhadap kesehatan seumur hidup.

Periode titik kritis kedua laksana sebuah "pintu" yang menjadi batas transisi antara dunia dalam kandungan dan dunia luar. Periode transisi itu sangat menentukan pembentukan organ-organ tubuh anak yang telah terbentuk pada periode sebelumnya agar berfungsi mandiri terlepas dari ketergantungan pada ibu. Adanya gangguan pembentukan atau fungsi suatu organ harus bisa terdeteksi dan diatasi langsung.

Pada rentang periode titik kritis ketiga, semua organ tubuh anak akan berfungsi dengan saling terintegrasi satu sama lain untuk membentuk kesehatan dan kemampuan tumbuh kembang anak. Salah satu kejadian terpenting sebagai akhir dari 1000 hari pertama kehidupan adalah pembentukan struktur sirkuit otak. Pada saat baru lahir, struktur otak anak masih terbentuk sekitar 25 persen. Namun, pada hari ke-1000, struktur otak anak telah mencapai 80 persen struktur orang dewasa. Dengan begitu,  hampir semua fondasi dasar kemampuan manusia harus sudah tersusun dengan baik pada periode itu.

Bukti ilmiah kedokteran juga menyimpulkan bahwa sebagian besar penyakit metabolik-degeneratif pada usia dewasa, misalnya jantung koroner, obesitas, diabetes, alergi dan bahkan kanker, sejatinya diprogram sejak usia dini pada 1000 hari pertama kehidupan manusia.

Karena itu, 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil akan menjadi sebuah window of opportunity yang hanya terjadi sekali. Gunakan periode tersebut untuk membentuk anak yang berkualitas atau membetulkan sebuah gangguan. Namun, disisi lain, bila kesempatan itu tidak digunakan dengan baik, anak bisa mengalami gangguan permanen. 




Sumber : berbagai sumber

Image : freepik

0
349
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.