Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
160
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2d2c7caf7e934af5008b52/shibari-seni-mengikat-sensual-dari-jepang-asal-budaya-bdsm
source image Getty Images source image Pinterest Selamat Sore Gan/Sist! ada yang udah pernah liat gambar itu sebelumnya? itu namanya SHIBARI guys! Bagaimana sih cerita dibalik Shibari? Apakah benar ini dilakukan hanya memenuhi fetish seksual seseorang? Mari simak penjelasannya! Tips membacanya sederhana, pertama wajib menjaga sirkulasi udara agar tetap tenang atau dengan kata lain bernapaslah seca
Lapor Hansip
07-08-2020 17:27

Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!

icon-verified-thread
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
source image Getty Images

Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
source image Pinterest

Selamat Sore Gan/Sist!
ada yang udah pernah liat gambar itu sebelumnya?

itu namanya SHIBARI guys!

Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
Bagaimana sih cerita dibalik Shibari? Apakah benar ini dilakukan hanya memenuhi fetish seksual seseorang? Mari simak penjelasannya!

Tips membacanya sederhana, pertama wajib menjaga sirkulasi udara agar tetap tenang atau dengan kata lain bernapaslah secara teratur.

Kedua, jangan memikirkan hal yang aneh-aneh karena itu bisa membunuhmu, atau coba bayangkan hal lain yang lebih sehat.

Sementara yang ketiga dan yang terakhir adalah, jangan lupa untuk berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, ingat jangan sampai tertukar agar tidak diganggu dan dihasut oleh seytang seytang dan juga resiko ditanggung pembaca sendiri.

• Apa itu Shibari?
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
Shibari & Kabuki, Getty images

Shibari (mengikat) merupakan seni mengikat tubuh wanita secara sensual dan artistik, seni ini berasal dari Negeri Matahari Terbit. Konsep ini berawal dari Hojōjutsu, sebuah teknik bela diri yang biasa digunakan Samurai untuk mengikat kriminal atau penjahat pada zaman Edo. Meski tidak ada hubungan jelas antara Shibari atau Kinbaku dengan Hojōjutsu, praktek ini mulai populer di Jepang pada dekade 50-an.

Pada kurun 1960-an beberapa orang mulai membuat pertunjukan SM (Sadomasochism) atau yang dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan Sadomasokisme. Pertunjukan mengikat tubuh ini dilakukan secara langsung di depan penonton, tentunya dengan seorang yang menjadi objek ikatan.

Ternyata aksi pertunjukan ini juga diadopsi oleh Teater Kabuki Klasik Jepang kala itu, dengan membawakan tema SM. Budaya ini berhasil bertahan sampai sekarang, silahkan ke Jepang bila ingin melihatnya secara langsung.

• Estetika Shibari
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
source image Twitter

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Shibari adalah seni, karena itu cara mengikatnya pun tidak sembarangan. Nilai estetika dari posisi yang diikat itu sangat penting, karena dapat mempengaruhi hasil akhirnya.

Shibari ini dapat dibedakan dari penggunaan kata (bentuk) dan peraturan keindahannya, terkadang posisi asimetris yang membuat objek tidak merasa nyaman pun diterapkan demi meningkatkan nilai estetikanya. Meski begitu, umumnya Shibari ini lebih menekankan ke arah bagaimana tali itu diikatkan sehingga kenikmatan estetika pada hasil akhirnya lah yang diutamakan.

Karena itulah, yang bisa melakukan ini hanyalah orang-orang tertentu yang telah dikhususkan. Di Jepang mereka disebut dengan Nawashi (Seniman Pengikat) kalau dalam bahasa Indonesia gaul yang lumayan bar-bar kita bisa menyebutnya dengan “Kang Tali” panggilan pendek untuk Tukang Tali.

Tali yang digunakan dalam praktek Shibari ini pun bukan tali sembarangan, yaitu tali yang berasal dari serat alami seperti rami atau linen. Mungkin karena lebih dingin dan fleksibel dan empuk jadi tidak membuat badan bengkak ataupun pegel-pegel.

Meskipun tali dari serat alami lebih mudah dilakukan “penguncian” namun terkadang Nawashi kontemporer memilih untuk menggunakan tali yang lebih variatif yang berasal dari material berbeda, mungkin untuk mencari referensi kali ya.

• Cerita Dibalik Shibari
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
source image Ameblo

Shibari atau seni mengikat ala Jepang sebenarnya memiliki banyak tujuan, cerita dan citra yang berbeda tergantung dari keinginan sang Nawashi itu sendiri.

Beberapa orang ada yang mempelajari Shibari hanya untuk kepuasan seksual semata, seperti yang terlihat pada film-film dewasa Jepang. Ada juga yang mempelajarinya untuk kebutuhan fotografi dan menggali lebih dalam tentang potensi sensual dari Shibari ini. Dan ada juga yang tertarik pada aksi menakjubkannya dari Nawashi dalam mengikat partnernya hingga melayang di udara, lebih tepatnya menggantung di udara.

masih kurang mulustrasinya?

Oke sekian dulu thread kali ini yang membahas tentang budaya BDSM di Jepang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa budaya ini sudah berkembang cukup lama di Jepang jadi tidak heran bilamana sampai sekarang masih sering dijumpai praktek seperti ini di Jepang sana. Ingat, mempraktekkan dan mewariskan budaya ke generasi berikutnya. Mungkin seperti itu, kita positive thinking saja!

Sebenarnya thread ini masih kurang lengkap sih, karena jika menggunakan asumsi kelengkapan materi ini hanya garis besarnya saja bukan secara keseluruhannya. Bagi yang penasaran bisa cek sendiri di laman Wikipedia bahasa Inggris, belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Bagi yang berminat mempelajari seni artistik ini, anda sangatlah beruntung karena sepertinya di market place interlokal ada yang menyediakan buku tutorialnya. Ingat ya guys jangan disalahgunakan, tetap gunakan otak untuk bernalar sepanjang waktu!

Jika anda manusia, gunakanlah otak manusia. Jika anda monyet maka gunakanlah otak monyet, pun halnya babi maka gunakanlah otak babi. Janganlah sampai tertukar! Ngaku manusia tapi otaknya monyet. Ngaku manusia tapi otaknya babi. Kan nggak lucu itu, nggak sinkron! Ini hanya kalimat teguran, jadi jangan diambil hati.

Oke sekian, sampai jumpa di thread saya selanjutnya!


TERIMA KASIH!
buat siapa saja yang sudah mampir ke thread ini.


REFERENSI
Jepang Fact ID | Instagram | Wikipedia
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
j0k3rzs dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 17:32
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 17:33
Kurang mulusnyaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 17:40
#bondage
#slave
#bdsm

emoticon-Leh Uga
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 17:41
Hmmm no komeng lah, mesummm emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
anakjahanam722 dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 18:46
hfff..

Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
profile-picture
profile-picture
hadijubaidi dan quae memberi reputasi
1 1
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 19:14
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!

Jepang memang aneh2, tapi saiyah sukak...
Betapa bosannya dunia ini tanpa jepang emoticon-Leh Uga

Jepang hebat emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 19:23
Quote:Original Posted By quae
gw kok jadi kasihan ya sama itu cwe..
sama aja di siksa itu.. emoticon-Cape d...


Ga perlu dikasihanin gan,, dia itu lagi merasakan nikmat emoticon-Leh Uga
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 19:37
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:05
Skip dulu, masih belum khatam BDSM.

Masih berkecimpung di dunia femdom, tapi yg tipis2 aja gk yg ekstrim.

Agak kurang suka liat cw jadi slave.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hadijubaidi dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:13
ooo ternyata kayak gitu ada seninya ya
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:31
TS fetish iket2 rupanya, maen sama Gilang sana...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:36
Hmmmm ini to asal muasal bdsm. Ternyata dianggep seni ya di sana
profile-picture
profile-picture
rae_sinekti dan quae memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:41
ane kira asal iket aja, ternyata ber seni,emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:49
biasanya liat di jav nih, di iket2 gitu trus di ewe emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakjahanam722 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 20:57
Ada seni nya ternyata ..
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 21:15
kurang mulustrasinyaaa
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 21:19
WOW.
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 21:26
Ribet kalo diiket iket mah ganemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
clopxski dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 21:40
trit tak patut pun
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Shibari Seni Mengikat Sensual Dari Jepang! Asal Budaya BDSM!
07-08-2020 21:43
Sampah jepang
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia