Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2b5f3ba2d1950e675be093/benarkah-nama-betawi-berasal-dari-sebutan-bau-tahi
Di bawah ini adalah beberapa percakapan kami mengenai sejarah dan asal-usul kata Betawi yang sepertinya memang berasal dari kata “Bau Tahi” mohon maaf bila ini jorok tapi sekotor-kotornya sejarah masa lalu kita tetap punya kewajiban untuk mengingat dan menggenggamnya erat-erat.
Lapor Hansip
06-08-2020 08:39

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
source image Satu Jam

Selamat Pagi Gan/Sist!
semangat beraktivitas!

Di dalam thread kali ini, penulis akan membahas asal-usul nama Betawi yang santernya sih katanya berasal dari sebutan Bau Tah* emoticon-Shutup

OK! Selamat Membaca!

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?

Berawal dari salah satu Kaskuser yang berkomentar di salah satu thread saya mengenai semakin panasnya kawasan LCS dan akhirnya saya memutuskan untuk menulis sebuah skenario seperti ini, Skenario Terburuk, Pecahnya Perang Dunia III!

tehe

Di bawah ini adalah beberapa percakapan kami mengenai sejarah dan asal-usul kata Betawi yang sepertinya memang berasal dari kata “Bau Tahi” mohon maaf bila ini jorok tapi sekotor-kotornya sejarah masa lalu kita tetap punya kewajiban untuk mengingat dan menggenggamnya erat-erat.

Masih ingat dengan kalimat legendaris yang keluar dari mulut Sang Proklamator? Gan/Sist di sini masih pada ingat tidak? Ok saya ingatkan lagi bagi mereka yang telah lupa, kata-katanya seperti ini. Jas Merah, “jangan sekali-kali melupakan sejarah” kurang lebih seperti itu. Sejarah adalah salah satu tonggak dari budaya, sementara budaya adalah harga diri bangsa. Dengan kata lain negara yang menolak sejarah kelam ataupun kotornya sama saja dengan negara tersebut membuang harga dirinya.

Nah maka dari itu sudah sepatutnya pemerintah secara resmi meminta maaf atas tragedi pembantaian jutaan orang paska peristiwa G30SPKI, kita menyebutnya sekarang dengan Peristiwa Pembantaian PKI tapi kurasa itu tidak etis dan tidak beradab. Komnas HAM saja hanya memperhatikan golongan tertentu, apalagi Komnas Anak!

Jika Pemerintah Negara Indonsia ingin Indonsia maju terbebas dari gonjang-ganjing politik, hukum, sejarah masa lalu sudah sepatutnya Pemerintah Negara Indonsia MOVE ON dari hal-hal tersebut. Move On bukan berarti melupakan, menghapus keberadaannya dan itu salah menurut saya pribadi. Move On itu adalah keadaan dimana kita telah benar-benar mampu berdamai dengan masa lalu dan itu artinya Move On sama dengan kita berdamai dengan masa lalu. Siapa nih yang gagal Move On?

Sekarang kita catat saja siapa yang suka berkoar-koar tentang PKI di depan media. Selama PKI masih bisa untuk dikambinghitamkan kenapa tidak? Itulah mindset kita! Jadi sekarang siapa yang PKI?

Waduh penulis jadi ndlewer kemana-mana, mohon maaf ya jadi lama dan panjang. Di bawah ini adalah percakapan penulis dengan Kaskusers yang penulis sebutkan di atas.

riwayat obrolan

Ok sekarang kita akan masuk ke pembahasan lengkapnya. Saya mengambil referensi materi ini dari situs SejarahJakarta.com mohon untuk disimak baik-baik. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
source image Sejarah Jakarta

Quote:
Menurut laporan tentara Belanda dari bastion atau kubu pertahanan selatan yang bernama Hollandia di Batavia yang bernama David Pieters De Vries, butuh 30 kali tembakan untuk menumbangkan seorang prajurit Mataram. Kekuatan supranatural yang dimiliki prajurit-prajurit Mataram konon menjadikan mereka memiliki tubuh yang kebal peluru. Hal ini membuat segelintir tentara Belanda yang bertahan di Bastion Hollandia kehabisan amunisi, hingga melahirkan ide dari seorang sersan Belanda berdarah Jerman bernama Hans Madelijn untuk menjadikan tinja sebagai pengganti amunisi.

Kisah epik dari perjuangan tentara Belanda mempertahankan Bastion Hollandia dicatat oleh seorang pelancong Belanda berdarah Jerman bernama Joan Nieuhoff (1618-1672) dalam buku berbahasa Jerman yang diterjemahkan dari bahasa Belanda berjudul Die Gesantschaft Der Ost Indischen Geselschaft in Den Vereinighten Niederlandern An Tartarischen Cham. Sebuah buku yang kalimatnya ditulis dengan kata-kata Melayu yang telah menjadi lingua franca saat itu:

“O seytang Orang Hollanda de bakkalay sammatay” // “O setan orang Belanda berkelahi sama tahi” (hal. 36).

Dari kisah ini memunculkan asal usul nama Betawi yang konon berasal dari kata “mbetai” penyebutan singkat untuk kata “mambet tai”, yang dalam bahasa Jawa berarti bau tahi. Meski cerita ini juga dicatat dalam sumber sejarah lokal seperti Babad Tanah Jawa dan Babad Dipanegara dan juga pernah ada di peta hingga abad 19 sebuah nama Kampung atau Gang Tahi di bekas berdirinya Bastion Hollandia (Peta Nieuhoff), namun asal usul nama Betawi ini kalau meminjam istilah bahasa Jawa disebut sebagai jarwa dhosok (kirata basa) yang jauh dari logika sejarah, atau dalam ungkapan Belanda dikenal dengan “Iets uit zijn duim zuigen” (isapan jempol belaka).

Sebelum peristiwa epik Bastion Hollandia, Betawi sebagai nama sebuah tempat sudah disebut dalam tradisi lisan Cirebon berupa tembang syair perang. Menurut Mukhtar Zaidin, filolog naskah kuno Cirebon, syair perang ini mulai muncul dan dilantunkan saat prajurit-prajurit Kesultanan Cirebon yang tergabung dalam pasukan Mataram saat akan berangkat ke medan perang di Batavia pada penyerbuan di tahun 1628. Syair perang ini diciptakan untuk memompa semangat perang para prajurit, diilhami dari naskah Carub Kandha yang menceritakan kiprah Ki Gedeng Bungko, Panglima Sarwajala (Angkatan Laut Cirebon) dalam pertempuran Sunda Kalapa di satu abad sebelumnya hingga tembang syair perang ini menjadi bagian dari kesenian Angklung Bungko, sebuah kesenian berusia lebih dari tiga abad yang masih lestari hingga saat ini.

Syair perang itu berbunyi:

Pring ketupruk-tupruk
bunyi bambu yang saling berbenturan

Bubung isi merang
tabung bambu isi merang

Cilik diepuk-epuk
kecil diempok-empok

Barang gede maju perang
beranjak besar pergi maju berperang

Prang ning Batawi 
perang di Betawi

Durung aman durung balik
sebelum aman tidak akan kembali

Balik metu ngalor
kembali pulang melalui jalur utara

Nyangking bedil isi pelor
menyandang bedil isi pelor

Dor…dor…dor…

Dari syair perang Cirebon inipun dapat diketahui bahwa nama Betawi sebagai asal mula nama sebuah tempat sudah ada saat penyerbuan Mataram ke Batavia di tahun 1628, jauh melebihi kata yang ditemukan pada Gulingin Betawi (cassia glauca L) sebagai nama tumbuhan ketepeng yang disusun pakar botani Belanda bernama G.J. Fillet dalam bukunya yang berjudul Plaantkundig Woordenboek van Nederlansch-Indie yang terbit pada tahun 1888 atau bahkan Testament Nyi Inqua di tahun 1644 sebagai inkripsi tertua yang menyebut Betawi sebagai nama sebuah tempat.

Setelah membaca ini, Gan/Sist lebih setuju yang mana? Lisan atau tulisan? Kalau menurut penulis pribadi ini perlu dilakukan kajian sejarah agar tidak terjadi simpang siur yang berlarut-larut.

Kita tahu bahwa tidak semua sejarah lisan (babad, syair, folklor, dll) bersifat objektif, jadi jika hanya menggunakan satu sumber yakni syair perang Cirebon penulis rasa masih kurang dan terkesan masih prematur. Jadi penulis pun kemudian mencari referensi lain.

Quote:
Thomas Stamford Raffles

Pangeran Diponegoro


Beberapa pendapat lain mengenai asal-usul kata Betawi, seperti berikut.

1. Nama Tanaman

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
Cassia glauca.(SHUTTERSTOCK)
Quote:
Dalam buku Jakarta 2045, Smart City for Millenilas (2019), kata Betawi di Jakarta mulanya berawal dari sebutan salah satu tanaman yakni Cassia glauca.

Masyarakat biasa menyebutnya dengan sebutan pohon guling betawi. Ini adalah sejenis tanaman perdu yang kayunya bulat seperti guling dan mudah diraut serta kokoh.

Dulu, batang pohon betawi banyak digunakan untuk pembuatan gagang senjata keris atau gagang pisau.

Tanaman guling betawi banyak tumbuh di Nusa Kelapa dan beberapa daerah di pulau Jawa dan Kalimantan. Sementara di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, guling betawi disebut kayu bekawi.

Ada perbedaan pengucapan kata "Betawi" dan "Bekawi" pada penggunaan huruf "k" dan "t" antara Kapuas Hulu dan Betawi Melayu. Pergeseran huruf tersebut biasa terjadi dalam bahasa Melayu.


2. Pitawi

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
Candi Batujaya, Karawang (Wikipedia)
Quote:
Masih dalam buku yang sama, menyebutkan versi lain tentang asal-usul Betawi yang berasal dari kata "Pitawi" yang artinya larangan.

Kata ini mengacu pada kompleks bangunan yang dihormati di Candi Batu Jaya. Kompleks percandian Batujaya adalah sebuah kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno yang terletak di tatar Pasundan Karawang, Jawa Barat.


3. Giwang

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
Giwang Emas (BukaLapak)
Quote:
Masih menurut buku yang sama, ada dugaan kata Betawi berasal dari bahasa Melayu Brunei yang digunakan untuk menyebut giwang. Itu lho, subang kecil berupa perhiasan yang dipasang di telinga. Perhiasan ini biasa digunakan perempuan.

Nama ini mengacu pada ekskavasi di Babelan, Kabupaten Bekasi, yang banyak menemukan giwang dari abad ke-11. 


4. Batavia

Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
Batavia 1780 (Wikipedia)
Quote:
Pendapat lain mengatakan, Betawi adalah lafal penduduk pribumi untuk menyebut kata Batavia. 

Jika pendapat ini benar, kata Betawi mulai populer sejak abad ke-17 sejak Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Batavia pada 1619.

Lidah masyarakat Nusantara memang sulit menyebut kata-kata dalam bahasa Belanda. Kompeni, misalnya, adalah lafal pribumi untuk menyebut VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) persekutuan dagang Belanda yang menguasai Nusantara selama tiga abad.

Dalam buku Betawi Queen of the East karya Alwi Shahab (2004) juga ada kisah soal lafal pribumi. Jalan Tanah Abang IV dulu disebut Gang Brengkok. Ini adalah lafal masyarakat setempat untuk menyebut Laan de Briejnkops (Jalan de Briejnkops).

Dari beberapa uraian di atas Gan/Sist lebih setuju yang mana? Jangan bilang yang Bau Tah* emoticon-Shutup

Kalau penulis pribadi mempunyai dua pendapat yakni kalau bukan Batavia ya Bau Tah* karena pada dasarnya bunyi suaranya hampir sama dengan kata Betawi. Ingat ya, di Indonesia menamai suatu wilayah dengan nama tertentu itu karena telah terjadi suatu peristiwa atau pun hal-hal aneh lainnya.

Contoh sederhana, seperti asal-usul nama Kota Semarang berasal dari sebutan Asem Arang-arang, kalau tidak salah adalah Sunan Pandanaran yang menamai daerah tersebut dengan nama Semarang karena beliau heran kenapa pohon asem di situ tumbuhnya saling berjauhan atau yang dalam bahasa jawa disebut dengan arang-arang.

Oke cukup sekian thread kali ini, bila ada kata yang menyinggung mohon dimaafkan ya karena itu sengaja, eh becanda maksudnya. Tapi rasanya tidak ada di dalam thread kali ini.

emoticon-I Love IndonesiaMARI BERDISKUSI!emoticon-I Love Indonesia


TERIMA KASIH!
buat siapa saja yang sudah mampir ke thread ini.


REFERENSI
Sejarah Jakarta | Kompas | Jejak Tapak
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
Diubah oleh quae
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 36 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 08:39
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan blezzernet memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 09:25
Nyimak emoticon-nyantai Selamat Ultah NKRI harga mati emoticon-Ultah emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 09:57
Washeeem..kaga kpikiran bgtuhh gw!
Gw asli betokaw mrasa tersinggung nih!! Rasis iniih!! emoticon-Mad emoticon-Mad
Bagi quota buat tutup mulut saiyah sinih!! emoticon-Mad emoticon-Mad

#BATA AJAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 6 lainnya memberi reputasi
0 7
-7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 10:01
Woggggg
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 10:04
Kalau menurut ane sih dari Batavia
Dimana logat kita nyebut nya Betawi
Sampai skrg ane susah ngomong Batavia malah klu ngomong Batavia ya jadi Betawi

Batavia.. tuh kan terdengarnya betawi

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trz098 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 11:16
Selama ini ane taunya kalau kata Betawi itu berasal dari kata Batavia gan
profile-picture
profile-picture
aquarianz dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 11:18
emoticon-I Love Indonesia yg ane tau betawi itu dulunya JAYAKARTA gan
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 11:22
Gue orang Betawi nih, asli lahir di Bekasi nyang sering disebut Betawi Udik. Kalo kata babeh gue, kata Betawi dari asal kata Batavia dengan pelafalan orang setempat. Sama kayak nyebut VOC jadi "Kompeni Belande"
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 11:30
setau gw betawi itu dari kata batavia tapi kalo emg bau tahi sih.... siap2 aja lu di hajar kardun emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buncit... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 11:32
Hello betawi itu asalnya dari Batavia gw yang bukan orang betawi aja tahu kok. Makanya sekolah biar pinter emoticon-Cool

Kalo elu sekolah jadi bodo yang salah elu jan salahin bapak/ibu gurunya 😁.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 12:27
berarti..
orang betawi asli = orang bau tai asli
Diubah oleh gargantuar89
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trz098 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 12:41
lah mana sih kata mbetai nya?? kayanya sammatay dah

dan setahuku betawi ya dari kata batavia...
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 13:00
Guru SMP ane pernah tuh cerita begini emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 13:11
terlepas dari asal-usulnya hal ini selalu dijadikan alat untuk membangun sentimen kesukuan dan propaganda tertentu
tidak ada orang betawi asli, karena sebelum jaman kisah diatas kata betawi belum ada, mungkin orang2nya juga masih pasundan, atau jawa atau dari wilayah lain.

indonesia (nusantara) asli hanya pithecantropus (itupun terbantahkan secara agama samawi)emoticon-Cape d...
Diubah oleh TuanLi
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 14:35
Menarik ini. Versi lain juga Ada, Kya dari kata Batavia. Cuma siapa yg valid kagak paham jg ane
profile-picture
profile-picture
chatcare dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 14:46
betawi itu dari kata batavia, tsnya nyambung2in ngga jelas
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 15:00
Anak betawi' ketinggalan jaman, Katenye.

emoticon-Ngakak
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 15:41
Hiduplah seperti tahi, sebab biarpun ia bau dan dibenci orang tetapi ia menyuburkan tanah bagi bunga yang harum tanpa pamrih.

Itu kalo kata alm engkong gw
profile-picture
profile-picture
nasbunglaknat dan quae memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 15:47
gue malah gak ada pikiran sampe situ emoticon-Cape d...
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?
06-08-2020 16:59
buset gan bau tahi
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia