News
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2b539ec0cad70eec52ebf1/mengurut-pencatutan-nama-sejarawan-peter-carey-di-quotjejak-khilafahquot
Peter Carey tak terima namanya dicatut dalam film tentang khilafah di Indonesia. Tak ada konfirmasi dari panitia dalam bentuk apa pun. Ia mengaku memang pernah diwawancarai sekitar enam bulan lalu, sebelum pandemi meluas di Indonesia. Ketika itu ia diminta untuk memberikan pandangan tentang Pangeran Diponegoro sebagai seorang muslim saat memimpin perang.
Lapor Hansip
06-08-2020 07:49

Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"

Past Hot Thread
https://tirto.id/mengurut-pencatutan...-khilafah-fVDK

Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"

Peter Carey tak terima namanya dicatut dalam film tentang khilafah di Indonesia. Tak ada konfirmasi dari panitia dalam bentuk apa pun.


Quote:Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di 'Jejak Khilafah'

Oleh: Haris Prabowo - 5 Agustus 2020 
Peter Carey tak terima namanya dicatut dalam film tentang khilafah di Indonesia. Tak ada konfirmasi dari panitia dalam bentuk apa pun. 

tirto.id - Minggu (2/8/2020) pagi pukul sembilan diselenggarakan acara peluncuran film berjudul Jejak Khilafah di Nusantara. Film itu dibuat oleh Nicko Pandawa, bekas aktivis mahasiswa Gema Pembebasan UIN Jakarta. 

Di dalam poster acara, disebutkan beberapa orang yang menjadi panelis. Selain Nicko, ada pula mantan juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto, mantan Ketua DPP HTI Rokhmat S. Labib, dan Felix Siauw. 

Beberapa nama juga tercantum sebagai panelis tamu seperti Tengku Zulkarnaen, Mizuar Mahdi, Alwi Alatas, Moeflich Hasbullah, dan sejarawan yang lebih dari 40 tahun meneliti Perang Jawa (nama lain Perang Diponegoro) sekaligus guru besar emeritus Trinity College, Oxford, Peter Carey. Peter protes. Ia merasa panitia tak pernah meminta izin--mekanisme standar yang semestinya tak perlu diingatkan lagi oleh penyelenggara acara apa pun. 

"Itu tidak bisa diterima. Itu murni pencatutan nama untuk penerbitan salah satu film yang belum diputarkan kepada saya, belum diberitahu kepada saya lebih dulu," kata Peter kepada wartawan Tirto, Selasa (4/8/2020) siang. 

Ia mengaku memang pernah diwawancarai sekitar enam bulan lalu, sebelum pandemi meluas di Indonesia. Ketika itu ia diminta untuk memberikan pandangan tentang Pangeran Diponegoro sebagai seorang muslim saat memimpin perang. 

Cuplikan wawancara pembuat film dan Peter itu muncul di dalam film (menit ke-59). "Biasanya jika ingin membuat dan meluncurkan suatu film, saya akan diberi lima menit trailer atau sinopsis terlebih dahulu. Ini tidak sama sekali," katanya. 

Dalam wawancara itu Peter menjelaskan fakta sejarah tentang apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh Pangeran Diponegoro sehubungan dengan Kerajaan Utsmaniyah. Ia juga menjelaskan tentang apa yang diketahui oleh orang Turki Utsmani mengenai Diponegoro dan Perang Jawa. 

"Menurut saya, tidak terbukti ada semacam kongkalikong dengan Turki Utsmani. Dari pihak Turki Utsmani, sama sekali tidak ada bukti nama Diponegoro untuk masuk pertimbangan ditolong di tanah Jawa [ketika] sedang berjuang melawan kolonialisme Belanda. Tak ada arsip yang ada di Ankara, di Istanbul, tidak ada memuat nama Diponegoro atau Perang Jawa," kata Peter. 

Di sisi lain, memang benar ada pandangan Diponegoro tentang Kerajaan Utsmaniyah. Hal tersebut menurutnya wajar dengan pertimbangan kerajaan tersebut tengah melawan kolonialisme Eropa di Timur Tengah, sebagaimana Diponegoro di Jawa. "Namun itu hanya kekaguman saja. Hanya romantisasi," katanya. 

Ia lantas menjelaskan bahwa benar kalau Diponegoro menganggap penting agama. Bahkan di dalam Babad Diponegoro, naskah kuno yang ditulis langsung oleh Diponegoro, ia mengaku Wali Songo-lah teladannya. 

Namun, meski menganggap agama itu penting, tapi yang perlu ditegaskan adalah Diponegoro "bukan seorang Wahabi, bukan seorang Taliban, dia bukan seorang radikal di dalam agama." 

Peter mengaku kecewa kepada si pembuat film. Ia merasa kepakarannya di dalam studi Diponegoro dimanfaatkan oleh si pembuat film untuk melegitimasi pandangannya tentang khilafah di Indonesia--kendati terkesan dipaksakan. "Pencatutan nama dan ucapan saya untuk menguatkan suatu argumen yang sebenarnya tidak dilandasi oleh landasan yang kuat, salah satunya kearsipan." 

Mantan juru bicara HTI yang juga salah satu panelis, Ismail Yusanto, mengatakan panitia memang tidak melakukan konfirmasi terlebih dulu. Oleh karena itu mereka akan segera menemui Peter dan meminta maaf. 

"Karena memang menurut panitia, dalam acara itu sekadar memutar ulang cuplikan rekaman video wawancara," kata Ismail saat dikonfirmasi wartawan Tirto, Selasa siang. "Sebagaimana juga special guest yang lain, yang tercantum dalam poster itu seperti Tengku Zulkarnaen, Moeflich, Dr. Alwi juga sekadar ditayangkan cuplikan rekaman wawancara yang sudah ada lebih dulu." 

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Rio Apinino


Penjelasan dari Prof Peter Carey:

Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"

Semoga bisa meluruskan silang pendapat.

nb: selain Peter Carey, Alwi Alatas juga dilibatkan..

Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
Diubah oleh InRealLife
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:03
Untung masih bisa ngomong. Gak kayak Wong Fei Hung, Tong Sam Cong, Candi Borobudur yang gak bisa protes walau dicatut dan diklaim. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:04
namanya juga kaum halu.. jualan barang palsu ya cara jualnya pasti tipu tipu.. mungkin pas pelatihan membernya yg diajarin pertama ya cara nipu yg sesuai tuntunan buku pedoman membernya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:05
Peter carey ini siapanya mariah carey.??emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:05
silahkan mister marah2
jangan lupa pake masker biar ga muncrat
masih 1 aliran dengan jim carey


BATA!emoticon-Bata (S)
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:07
untung orangnya masih hidup...bahayaa bangettt nih kadrunn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:07
asal catut nama orang?eeh pas diliat nama2nya ya emang spesialisasinya disituemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:07
Ngomong² kok ada Jubir HTI? Ane pikir udah bubar? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:10
astagfirullah, namanya dicatut khilafah emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:11
Panelisnya orang orang itu aja
Kalo gak HTI, si dengkul, sama kwetiauw

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:13
astagfirullah, , ingat Rokhmat S. Labib, ingat jendral yg disuruh kudeta buat HTI ya akhi emoticon-Kagets

Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:18
Pagi pagi buka kaskus....

Gerombolan ini udah eksis aja dengan kegoblokanya....

emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:18
Namanya juga must claim...
Mereka seperti itu untuk menutupi kekurangan mereka yang prinsipil
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:24
walisongo di degradasi sebagai tokoh2 penyebar islam.
diponegoro diklaim mendukung khilafah.
ada ada saja
=================================

bicara khilafah ustmaniyah, justru wahabi turut menghancurkan turki ustmani sehingga muncul bani saud sebagai penguasa jazirah arab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:26
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:37
Peter carey ini lebay banget

Wong fei hung, gaj ahmada aja biasa aja namanya dicatut

Loe yang bukan siapa2 malah protes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 13 lainnya memberi reputasi
11 3
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:44
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By 9xbaned
walisongo di degradasi sebagai tokoh2 penyebar islam.
diponegoro diklaim mendukung khilafah.
ada ada saja
=================================

bicara khilafah ustmaniyah, justru wahabi turut menghancurkan turki ustmani sehingga muncul bani saud sebagai penguasa jazirah arab

Konflik antara kelompok atu sama yg lain di daerah sono pasti gak disorot sama pengagum khilafah. Padahal konflik2 macem itu sudah dari awal muncul, bahkan pas zaman khulafaur rasyidin.


______emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:44
ga usah jauh-jauh.... sejarah aja mau diubah dengan cocoklogi

https://en.wikipedia.org/wiki/Azazel

Wikipedia
Diubah oleh c4tboo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:54
Ngepos beginian di kaskus kurang seru, soalnya kadrun pada keok dan banyak yg hengkang dari sini.
Coba dong pos di FB-nya ustad Hilmi Firdausi, dijamin bakalan banyak yg menyerang membaby buta.... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mengurut Pencatutan Nama Sejarawan Peter Carey di "Jejak Khilafah"
06-08-2020 08:55
Kaum yang satu ini demen amat Klaim dan Ngibul emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia