News
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2ab784365c4f3e3f51997f/pria-uighur-sebar-video-kehidupan-dalam-kamp-tahanan-china
BEIJING - Seorang pria Uighur mendokumentasikan kehidupan di dalam salah satu kamp internir rahasia China, di mana ia mengaku mendengar suara tahanan yang berteriak dan diberitahu bahwa ia akan dipukuli sampai mati jika tidak mengikuti perintah. Mergan Ghappar, seorang model berusia 31 tahun, meninggalkan wilayah barat Xinjiang pada 2009 dan memulai karir modeling di Foshan, China selatan. Dia dit
Lapor Hansip
05-08-2020 20:43

Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China

Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China

BEIJING - Seorang pria Uighur mendokumentasikan kehidupan di dalam salah satu kamp internir rahasia China, di mana ia mengaku mendengar suara tahanan yang berteriak dan diberitahu bahwa ia akan dipukuli sampai mati jika tidak mengikuti perintah.

Mergan Ghappar, seorang model berusia 31 tahun, meninggalkan wilayah barat Xinjiang pada 2009 dan memulai karir modeling di Foshan, China selatan. Dia ditangkap pada 2018 dan dijatuhi hukuman 16 bulan penjara karena menjual ganja, yang menurut teman-temannya kepada BBC sebuah tuduhan yang dilebih-lebihkan.

Xinjiang adalah rumah bagi suku Uighur, minoritas etnik yang sebagian besar Muslim yang dalam beberapa tahun terakhir menghadapi penindasan dan pengawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh negara China. Orang-orang di sana telah dipaksa untuk memutuskan kontak dengan dunia luar, dan setidaknya 1 juta orang Uighur telah ditahan dan diberi tuduhan sewenang-wenang.

Menurut BBC, Ghappar dibebaskan dari penjara Foshan pada November 2019, dan satu bulan kemudian, ia diminta untuk menyelesaikan prosedur pendaftaran rutin. Pada Januari 2020, ia melakukan penerbangan kembali ke kota asalnya di Xinjiang, kata BBC.

Tapi bukannya pulang, dia menghilang

Lebih dari sebulan setelah kepergiannya, Ghappar menghubungi keluarganya melalui WeChat, sebuah aplikasi pesan singkat populer di China. Ia mengatakan kepada mereka bahwa ia berada di penjara polisi di Kucha, Xinjiang, seperti dilaporkan BBC.

Menurut BBC, Ghappar dan keluarganya berkomunikasi selama beberapa hari di mana dia merinci seperti apa kehidupan di kamp, kemudian dia berhenti merespons.

Dia menulis pertama kali ditahan di penjara polisi selama 18 hari. Dia mengatakan ditempatkan dengan sekitar 50 orang lainnya di mana setiap orang memiliki karung di kepala mereka, diborgol, dibelenggu, dan memiliki rantai besi yang menghubungkan manset ke belenggu. Mereka ditempatkan di sebuah kamar kecil berukuran tidak lebih dari 50 meter persegi, pria di sebelah kanan dan perempuan di sebelah kiri, menurut BBC.

Pada satu titik, Ghappar mengatakan dia mengangkat tudungnya untuk meminta penjaga melonggarkan borgolnya, dan penjaga itu berteriak kepadanya: "Jika kamu melepas tudungmu lagi, aku akan memukulmu sampai mati," menurut laporan BBC yang dinukil Business Insider, Rabu (5/8/2020).

Untuk makanan, para tahanan berbagi beberapa mangkuk dan sendok. Dia mengatakan polisi akan meminta orang yang memiliki penyakit menular untuk mengangkat tangan mereka, dan mereka yang mengangkat tangan akan makan terakhir.

Dia mengambil foto sebuah dokumen yang mendorong anak-anak berusia 13 tahun untuk bertobat atas kesalahan mereka dan menyerah secara sukarela, yang dilaporkan BBC tampak seperti bukti bahwa China berusaha mengendalikan pikiran kelompok minoritas tersebut.

Ghappar juga mengatakan dia merasakan efek dari virus Corona ketika mulai menyebar di Xinjiang awal tahun ini. Virus Corona mencapai Xinjiang sekitar akhir Januari, meskipun tidak jelas apakah virus tersebut telah mencapai penjara polisi atau kamp tahanan.

"Empat pria, semuanya berusia 20 tahun atau lebih muda, yang mengabaikan aturan karantina dan bermain di luar, dipukuli sampai mereka berteriak seperti bayi, kulit di pantat mereka terbuka dan mereka tidak bisa duduk," tulisnya, menurut laporan BBC.

Ia juga mengatakan bahwa para tahanan harus mengenakan masker di bawah tenda mereka, lapor BBC.

"Ketika suhu tubuhnya ditemukan lebih tinggi dari normal pada satu titik, ia dipindahkan ke ruangan yang sangat dingin sehingga ia tidak bisa tidur, di mana ia mendengar seorang pria berteriak dari pagi hingga sore," tulisnya, menurut BBC.

Menurut BBC, beberapa hari kemudian, para tahanan yang ditemukan sakit atau bersuhu tinggi - termasuk Ghappar, yang terserang flu - dipindahkan ke tempat yang disebutnya pusat kontrol epidemi.

Di sana ia dibelenggu ke tempat tidur, segera ditutupi kutu, dan dijaga oleh dua orang. 


Di sini, entah bagaimana, ia berhasil menyelundupkan telepon ke dalam selnya, BBC dan The Globe and Mail melaporkan. Dia dapat mengakses beberapa barang pribadinya saat tiba di penjara kedua, dan teleponnya tidak diketahui, menurut laporan BBC. 

Dengan ponselnya ia dapat berkomunikasi dengan keluarganya dan bahkan merekam cuplikan dirinya di dalam kamarnya. Klip-klip itu menunjukkan Ghappar diborgol ke tempat tidur, dengan jeruji di jendela, dan propaganda China sebagai latar belakangnya.

Setelah berbulan-bulan tidak mendengar kabar dari Ghappar, keluarganya merilis video empat setengah menit yang dia ambil di selnya, bersama dengan serangkaian pesan teks, ke BBC dan The Globe and Mail.

Meskipun tidak mungkin untuk memverifikasi pesan teks tersebut, tetapi para ahli mengatakan kepada BBC rekaman itu terlihat asli, dan kesaksian itu konsisten dengan pengakuan dari para mantan tahanan Xinjiang lainnya.

Keluarga Ghappar mengatakan kepada BBC bahwa mereka sadar hal itu dapat memperburuk situasinya tetapi berharap hal itu akan menarik perhatian dan situasi umum bagi orang-orang Uighur di China.

Abdulhakim Ghapper, pamannya, mengatakan kepada BBC video itu bisa menjadi simbol penindasan Uighur seperti bagaimana video penangkapan fatal George Floyd menjadi simbol rasisme dan penindasan di Amerika Serikat (AS).

"Mereka berdua menghadapi kebrutalan untuk ras mereka. Tetapi sementara di Amerika orang-orang mengangkat suara mereka, dalam kasus kami ada keheningan," ujarnya. 


https://international.sindonews.com/...na-1596629295/

Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China

sudah dipastikan komunis cina genosida warga uighur tapi dunia bungkam seribu bahasa.
genosida uighur termasuk genosida terbesar di cina
sudah banyak nyawa orang ratusan juta jiwa di dunia meninggal karena kebiadaban komunis.
komunis cina tekan populasi agar bisa kontrol muslim uighur
nampak jelas dalang provokator itu komunis cina.

komunis cina genosida muslim uighur dan juga buddha tibet

komunis cina juga hancurkan patung katolik
tak hanya itu komunis cina juga genosida falun gong
lalu asia sudah di obrak abrik lewat hutang dan virus.
sekarang amerika dan dunia yang diobrak abrik
keleng paok itu diadu domba oleh komunis paok cina

semoga saja komunis laknat biadab segara punah
persetan sama bajingan anak asia radikal pemuja komunis di bpln

profile-picture
profile-picture
profile-picture
BPLN.Ahyan dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
05-08-2020 20:46
Bodo amat,
makin cepet musnah makin baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terserahsaja659 dan 5 lainnya memberi reputasi
1 5
-4
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
05-08-2020 20:57
amerika udah terkenal dgn adu domba,propaganda & konspirasinya
amerika & sekutunya = satu jenis bule keturunan eropa

orang pintar terpelajar tahu
bahwa mayoritas muslim di china adalah hui bukan uighur

china cuma basmi radikalisme uighur

arab saudi & negara2 muslim di timur tengah saja mendukung china soal uighur
https://news.detik.com/kolom/d-48288...-bersama-china
https://nasional.republika.co.id/ber...na-soal-uighur
dll

37 negara yang dukung China
1 Aljazair
2. Angola
3. Belarus
4. Burkina Faso
5. Burundi
6. Komoro
7. Republik Kongo
8. Republik Demokratik Kongo
9. Kuba
10. Korea Utara
11. Eritrea
12. Gabon
13. Laos
14. Myanmar
15. Nigeria
16. Filipina
17. Rusia
18. Somalia
19. Sudan Selatan
20. Suriah
21. Tajikistan
22. Venezuela
23. Zimbabwe
24. Arab Saudi
25. Pakistan
26. Mesir
27. Togo
28. Kamboja
29. Oman
30. Qatar
31. Uni Emirat Arab
32. Bahrain
33. Sudan
34. Turkmenistan
35. Kuwait
36. Kamerun
37. Bolivia.
https://www.kiblat.net/2019/07/15/37...ini-daftarnya/
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
05-08-2020 21:30
profile-picture
profile-picture
kampret.strez dan neptunium memberi reputasi
2 0
2
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
05-08-2020 21:38
Di KAMAR nya dipasangin SPEAKER buat DUGEM
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
05-08-2020 22:04
Yang namanya penindasan dimanapun berada itu jelas langgar HAM sob. Yang jadi persoalan adalah ketika Ekonomi sudah jatuh ke tangan komunis dan gak bisa berkutik buat ngelawan atau ikut campur. Kita mau jadi apa? Yang ada kalau ikut campur pemerintah mau ganti ruginya? Mau mandiri tanpa China dibelakang layar? Oh tentu tidak bisa sob. Begitupun dengan negara mayoritas muslim lainnya. Itu pendapat ane sih gan kalau pun absurd abaikan saja

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 00:00
Dicamp bisa buat video ??? Kaga percaya.
Paling buat prank aja.
Apalagi camp konsentrasi China komunis
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 00:15
Wwkakakakaka.

Bisa menyelundupkan handphone sampe ngerekam secara terang-terangan gitu ?

Kamp apaan itu coba.

Itulah hebatnya propaganda AS.
Khusus ditujukan hanya untuk orang-orang yang IQ nya 1 digit doang.
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 00:19
Quote:Dia ditangkap pada 2018 dan dijatuhi hukuman 16 bulan penjara karena menjual ganja


Kalau gamau dibui ya jangan jual ganja tong, sukur2 ga dihukum mati krn di china sangat strict hukuman narkoba

Gausa jauh2 di Indo sendiri kalau ketauan jual ganja ya masuk bui



Contohlah Diralba Dilmurat Uighur tulen, dulu juga merintis dari model sekarang jadi artis sukses di China

Sukur2 doi ga terlahir di lingkungan separatis Uighur yg ingin merdeka, suka ngebom dan berafisiliasi dgn ISIS (boneka Mamarica),

bisa2 jadi budak sex ISIS emoticon-Busa

Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China

Diubah oleh therminust
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 04:54
Uighur masuk ras kaukasoid
profile-picture
kampret.strez memberi reputasi
1 0
1
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 06:46
LOL bisa menyelundupkan HP terus upload video di kamp emang di kamp begituan ada jaringan internet? emoticon-Leh Uga

jangankan jaringan internet sinyal seluler aja susah disana
0 0
0
Pria Uighur Sebar Video Kehidupan dalam Kamp Tahanan China
06-08-2020 09:05
hadeh, lagi-lagi anjing-anjing pkc kaga baca berita emoticon-Cape d...
profile-picture
BPLN.god memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia