News
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2a7b18facb95039702836d/cek-fakta-foto-ayah-habib-rizieq-bersama-soekarno-yang-sengaja-ditutupi-sejarah
Beredar sebuah foto memperlihatkan Proklamator RI Soekarno dan dua orang lainnya. Foto ini beredar di media sosial. Adalah akun facebook Bambang Widy yang mengunggah foto tersebut, Minggu 2 Agustus 2020. Pada foto itu tampak sebuah narasi bahwa dua orang bersama Soekarno, adalah ayah dari petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab dan Jenderal Soedirman. Berikut narasi selengkapnya: "Agar publik mel
Lapor Hansip
05-08-2020 16:25

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?

Beredar sebuah foto memperlihatkan Proklamator RI Soekarno dan dua orang lainnya. Foto ini beredar di media sosial.

Adalah akun facebook Bambang Widy yang mengunggah foto tersebut, Minggu 2 Agustus 2020. Pada foto itu tampak sebuah narasi bahwa dua orang bersama Soekarno, adalah ayah dari petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab dan Jenderal Soedirman.

Berikut narasi selengkapnya:


"Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!… Beliau adalah ayahandanya Habieb Risziq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu ykni Belanda karena khawatir umat islam bersatu."


Akun facebook Bambang Widy turut memberi komentar. Berikut komentarnya:

"Inyong jg nembe ngerti....
SEKARANG DI KUYO2 SAMA PENGHIANAT NEGRI."


Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 304 emotikon, 19 komentar dan 160 kali dibagikan.


[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?


Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan ayah dari petinggi FPI Habib Rizieq bersama Soekarno dan Jenderal Soedirman, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal itu.

Kami menelusuri foto tersebut melalui padanan gambar. Di antaranya ditemukan foto identik pada situs Perpusnas.go.id. 

Foto itu memperlihatkan Presiden Soekarno berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan itu dilakukan pada Jumat 27 Agustus 1948.
 
"Presiden Soekarno bersama Panglima Besar Soedirman meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948," tulis di situs Perpusnas.go.id yang kami kutip pada Selasa 4 Agustus 2020.

Namun pada catatan itu tidak dijelaskan identitas seseorang yang berdiri di antara Soekarno dan Soedirman. Sementara dari sejumlah sumber lain, seseorang pada foto itu dikaitkan dengan Mohammad Yunus, Yunus Khan, atau Moh. Junus.

Pria kelahiran Pakistan itu, beberapa kali tampak bersama Soekarno. Misalnya saat kunjungan ke Wonosobo, Jawa Tengah pada Rabu 3 Maret 1948.

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?

Dilansir Tribuneindia.com, Junus merupakan pejuang kemerdekaan dan diplomat terkemuka asal India. Di antaranya Junus pernah menjadi utusan India di Indonesia, Irak, Turki dan Aljazair.

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?

Di sisi lain, ayah dari Habib Rizieq bernama Habib Hussein bin Muhammad Shihab. Foto Hussein di antaranya dimuat di laman Wikipedia.

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?


Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan ayah dari petinggi FPI Habib Rizieq bersama Soekarno dan Soedirman, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal itu.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?


Referensi:
http://soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id/public/citra_listing/detail/98
https://id.wikipedia.org/wiki/Hussein_Shihab
/photo/1

https://www.tribuneindia.com/2001/20010618/main4.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Yunus_(diplomat)
http://archive.today/NXllL


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

[hr]

Editor : M Rodhi Aulia

SUMUR


singa aloh dan panasbung para cecunguknya tingkahnya gini amat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:33
Kadrun cabang ngapak tolol tak terkira. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:35
emangnya kalo bokapnya abis foto ama eyang karno trus cabul nya jadi hilang gitu? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:35

Sudah jelas nggak mungkin rasanya si bapak yg anaknya kena kasus perbuatan cabul, berfoto bersama Bung Karno.


Dan ternyata hoax bikinan kadrun semata. emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:39
dari wajah aja udah kelihatan ga ada kemiripan sama sekali yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:41
ini sunnah, ngaku2 aja emoticon-Malu (S)
Diubah oleh inreallifeasu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:45
Nebar hoax bapaknya muka Arab supaya rakyat makin yakin kalau si cabul itu keturunan Rasulullah? emoticon-Leh Uga

Maaf ya, ga ada keturunan Arab yg idungnya pesek emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:45
Yang di poto idung nya mancung,
Yang kabur ke ngarab?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:46
Emang goblok ya masa bedain muka indihe sama arab aja kaga bisa itu hekel khilafuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:46
sungguh keren Bapak nya..

anaknya malah bilang ketuhanan yang maha esa era soekarno ada di pantat...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:49
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:51
maksa bener sih, aneh bener ini ormas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:55
Jangan anak yang sebelahan ama pak karno. Anaknya pak karno beneran aja dimaki maki. Ini malah mau dompleng nama pak karno.



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:56
Wih hebat ya bapaknya habib rizieq serba bisa dan ada dimana2.

Kaya johnny sins.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:57
Petruk penipu nabi para kecebong dungu. 👇

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 34 lainnya memberi reputasi
5 30
-25
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:57
Wow org BPPT lho, bisa ya ada org goblok kerja disitu?
Pantes aja negara ini dr dulu ga maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 16:59
emoticon-Matabelo kirain yang tengah ternyata yang berpeci item
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 17:01
astagfirullah emoticon-Kagets

[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 17:03
Kadrun di mana mana ngeHOAX, karena hoax bagi mereka dalah jihad.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[Cek Fakta] Foto Ayah Habib Rizieq Bersama Soekarno yang Sengaja Ditutupi Sejarah?
05-08-2020 17:04
Kebiasaan cocoklogi..
Ngomong2..
Itu gambar yg dimaksud..
Hidungnya mancung dan mungkin menikah dengan wanita asli indo sehingga terjadi percampuran ras keturunan arab dominan ,
Layaknya Najwa shihab..
Sedangkan buronan kan hidungnya pesek..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia