News
Batal
KATEGORI
link has been copied
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2a5db6a7276802557decee/tangis-penjual-tempe-tanah-warisan-tergusur-tol-jokowi
Perempuan 53 tahun ini tak dapat menutupi kesedihannya lantaran rumah dan pekarangan warisan orang tua masuk dalam wilayah yang akan dibebaskan untuk proyek tersebut.
Lapor Hansip
05-08-2020 14:20

Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi

Past Hot Thread
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi

Yogyakarta, CNN Indonesia -- Kedua mata Paryanti berkaca-kaca setelah melihat peta rencana pembangunan proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen, di wilayah Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Peta rencana proyek Tol Yogya-Bawen itu ditampilkan melalui layar proyektor di Lompleks Balai Desa Tirtoadi, Selasa (4/8).

Perempuan 53 tahun ini tak dapat menutupi kesedihannya lantaran rumah dan pekarangan warisan orang tua masuk dalam wilayah yang akan dibebaskan untuk proyek tersebut.

Meski tak menyuarakan penolakan, namun saat ditemui wartawan usai mengikuti Sosialisasi Rencana Pengadaan Tanah bagi Kepentingan Umum untuk Pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen di Desa Tirtoadi, ibu dua anak ini tak sanggup lagi membendung air matanya.

Paryanti merasa berat hati karena rumah dan pekarangan peninggalan orang tuanya bakal terkena gusur untuk pembangunan jalan tol. Meskipun warga dijanjikan mendapat ganti untung atas pembebasan lahan tersebut.

"Dulu saya berjuangnya itu sulit sekali. Saat anak-anak saya masih kecil, ada serangan dari berbagai arah yang tujuannya agar saya meninggal tidak mendapatkan tanah itu. Tapi sekarang saya harus pindah," katanya sembari menitikkan air mata.

Perempuan yang sehari-hari berjualan tempe dan kuliner itu mengaku belum terpikirkan bakal pindah ke mana. Selain sulit membeli tanah baru, ia khawatir tak bisa tetap berjualan tempe seperti saat ini.

"Terus kalau di tempat yang baru nanti, apakah kami bisa mengerjakan sesuatu yang telah kami lakukan di rumah yang lama? Karena kami di rumah itu ada usaha pembuatan tempe, meskipun sehari 10 kg," ujarnya.

Tak hanya itu, Paryanti mengaku masih memiliki tanggung jawab untuk menjaga saudara sepupunya yang berkebutuhan khusus, yang tinggal bersebelahan dengan rumahnya.

Diketahui, Pemerintahan Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 2.500 kilometer pada periode kedua ini. Pada periode pertama, Jokowi telah membangun jalan tol sepanjang 1.852 km.

Tol di Yogyakarta adalah salah satu proyek.

Namun demikian, warga Dusun Pundong IV, Desa Tirtoadi itu tak bisa berbuat banyak selain pasrah rumah dan pekarangan seluas 364 meter persegi itu harus dilepaskan untuk proyek tol.

Ia pun pemerintah dapat merealisasikan janji-janji manisnya bagi warga terdampak seperti dirinya.

Warga Kaget
Tak hanya Paryanti, seorang warga dusun Sanggrahan, Desa Tirtoadi, Slamet Mulyanto juga menyampaikan keresahan warga yang kaget ketika mengetahui wilayahnya akan terkena proyek Tol Yogya-Bawen.

"Di Dusun Sanggrahan kemarin, ada orang lanjut usia bingung ketika mendengar akan ada proyek jalan tol yang mengenai rumahnya. Saking bingungnya dia akan pindah ke mana, hingga akhirnya meninggal dunia," kata Slamet.

Dalam sosialisasi tersebut, Slamet juga menyampaikan sejumlah tuntutan warga terdampak di dusun Sanggrahan. Salah satunya meminta agar warga dicarikan tempat untuk relokasi sehingga mereka tetap bisa hidup berdampingan meskipun di lokasi yang baru.

Ganti Uang

Menanggapi keinginan warga tersebut, Ketua Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ruas Semarang-Yogya, Heru Budi Prasetyo justru menyarankan agar warga mengambil opsi ganti rugi berupa uang. Mengingat, ketika pilihannya relokasi, maka penggantian hanya dihitung sesuai dengan luasan tanah yang terkena proyek.

"Belum tentu nanti tempat relokasinya cocok dengan harapan," kata Heru.

Sementara Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) DIY, Krido Suprayitno menjelaskan, gambar dalam peta yang disosialisasikan tersebut sifatnya masih sementara, sehingga perlu diverifikasi lebih lanjut. Pihaknya akan melakukan pendataan warga terdampak.

Krido menyebut wilayah Desa Tirtoadi adalah wilayah paling strategis karena akan menjadi segitiga emas untuk persimpangan Tol Yogya-Solo, Tol Yogya-Bawen, dan Yogya-Cilacap segmen Yogya-Kulon Progo.

Menurut Krido, sekitar 129.688 meter persegi tanah milik 277 warga Kecamatan Mlati yang akan digusur untuk proyek tol. Setelah sosialisasi selesai pihaknya akan melakukan konsultasi publik sebulan medatang.

Untuk itu, pihaknya akan mendata warga yang terdampak proyek tol Yogya-Bawen. Setelah semua rampung, warga yang terdaftar bisa segera diproses untuk pencairan uang pembebasan lahan.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta agar pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol Yogya-Bawean dilakukan Agustus 2020.

Sultan mengatakan pembebasan lahan sudah bisa dilakukan Agustus karena telah ada sosialisasi kepada warga. Selain itu, warga tidak ada yang keberatan terkait pembebasan lahan di jalur yang sudah ditentukan, setelah dilakukan perubahan-perubahan.

Sementara lahan yang akan dibebaskan untuk proyek tol Transjawa itu, khususnya kabupaten Sleman, mayoritas tanah pertanian. Jalan Tol Yogya-Bawean dibangun sepanjang 71 kilometer (km) dengan nilai investasi Rp12,139 triliun.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...sur-tol-jokowi

Namanya pembangunan pasti ada yg jdi korban kena gusur.
Coba mengadu ke sultan atau LBH tuk meminta keadilan.
Apalagi ini rezim jokowi yg banyak hatersnya.
Pasti mereka akan menolong.
emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eff13 dan 33 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:25
tidak ada itu yang namanya ganti rugi.
adanya ganti untung. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 16 lainnya memberi reputasi
16 1
15
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:25
bukannya kaya mendadak?

apa dihargai murah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fear.Of.Rain dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:28
KTP Ngendi bos!
Kalau tidak suka silahkan keluar dari Jogja
Jogja istimewa angkringan itu murah semua cuma 5000 perak dapat banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:36
buat orang-orang tertentu meninggalkan rumah atau tempat yg sudah lama di huni apalagi sejak itu berat walaupun di kasih ganti untung, kecuali keadaan alam yg memaksa untuk pindah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:36
Biasanya tanah pelosok pelosok kampung kena tol yg harganya masih murah

Klu buat tol biasanya dibeli tinggi kok
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:38
Andaikata semua orang yg punya tanah seperti ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:39
malah bagus kan ibu? ibu sekarang bisa jadi buruh tenaga kerja murah... tidak perlu memikirkan menjual tempe lagi.... negara lebih butuh tenaga kerja murah loh , kan kasihan sobat sobatbpengusaha kalo tenaga kerja nya ga murah....Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 26 lainnya memberi reputasi
8 19
-11
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:40
Gw malah ngarep sawah & rumah peninggalan bokap gw kena gusur proyek tol. Soalnya klo jadi duit enak bagi2nya ke sodara sedarah....

Beda klo d jual sendiri, bisa2 kena salah katanya songong jual tanah warisan ke orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whypop dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:42
bukannya sekarang gak ada istilah ganti rugi ya? kan ganti untung soalnya dibeli pemerintah sesuai harga pasar, tp tetap ada appraisal.
kecuali penghuni liar ya wasalam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:44
ni baru namanya bapak pembangunan
inperahstruktur dmna2 bangun gede2an
rakyat cm dsruh nongton pdhal kaga tau abisnya brp yg ngutang brp buat setoran brp tepat guna apa gak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:45
Kebanyakan ganti untung loh, harga tanah klo ud mau digusur jalan tol jd melonjak drastis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:48
Kesempatan amal jariah. Selama dilewatin, pahala ngalir trus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 14:52
kenapa jd Tol JOKOWI namanya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:15
Kayaknya nanti abis liat duit ganti rugi (atau ganti untung katanya) nangisnya bakal ganti jadi ketawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:21
ane denger dari yg kena gusur sebelumnya untung banyak kok ganti nya, kenapa harus didramatisir, rejeki ga kemana, mau gitu tetangga nya yg lain pindah dia d sana sendiri?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:21
Lebay
Ratusan warga diusir tanpa ganti rugi saat pembangunan TMII di zaman Cendanak
Menangis di media bakal berakhir di dalam karung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penggangguran dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:33
justru bagus kena gusur proyek pemerintah
dapet ganti ruginya tinggi
drpd jual sendiri di kampung cuma dibayar pake kebo ama beras
asal hati2 ajah jangan sampe dikemplang makelar tanah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:37
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi

Jangan kayak ibu ini.. Diehard dukung plongo sampe mampus eh malah anak nya keluar dari sekolah gak mampu bayar spp apalagi meteran listrik juga dicabut karena gak mampu bayar @khafidz99 emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:46
Robohin aja rumah nya pak dhe maju terus👍
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan entop memberi reputasi
2 0
2
Tangis Penjual Tempe Tanah Warisan Tergusur Tol Jokowi
05-08-2020 15:50
Quote:Original Posted By Crackheads
sama gan ada 7 hektar sawah g kebayanh gw kl dapat gusuran toll ato dpt ganti buat proyek pemerintah. auto beli mercedes gw


Toko ane kena proyek rel kereta semi cepat jkt-sby,dan petanya emang dah keluar..kelurahan dah dpt petanya .tp emang blm sosialisasiemoticon-Hammer2
Diubah oleh albetbengal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia