Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f294f520577a93951359887/pengguna-motor-matik-wajib-tau-kebiasaan-ini-bikin-motor-cepat-rusak
Meskipun menawarkan kepraktisan, mengendarai motor matik sebenarnya gak se – simpel yang dibayangin GanSis. Ada beberapa yang biasa dilakukan oleh pengendara tapi sebenarnya bahaya untuk mesin motor.
Lapor Hansip
04-08-2020 19:06

Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak

Past Hot Thread
Belakangan ini motor matik menjadi primadona masyarakat Indonesia. Sebagian besar motor yang lalu lalang di jalanan dipenuhi dengan motor matik. Mulai dari yang berukuran standar hingga yang berukuran besar alias matik gambot. Motor jenis ini dipilih karena praktis. Pengendara cukup ngontrol gas dan rem doank, gak usah mikirin masukin gigi untuk pengoperasiannya.
 Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak

Tapi, meskipun menawarkan kepraktisan, mengendarai motor matik sebenarnya gak se – simpel yang dibayangin GanSis. Ada beberapa yang biasa dilakukan oleh pengendara tapi sebenarnya bahaya untuk mesin motor:

Menahan gas saat macet

Ini sering banget terjadi GanSis, apalagi kalau yang mengendarai wanita. Mereka sering kali membuka sedikit gas ketika macet dan menekan rem supaya motor gak melaju. Jika ini sering dilakuin, kampas kompling motor akan cepat aus GanSis. Bisa – bisa kalian harus ganti komponen ini sebelum waktunya. Selain itu kebiasan seperti ini juga bikin kampas rem cepat aus, karena pengendara terus menekan tuas rem.

Muter gas dalam – dalam di tarikan awal

Ini juga sering banget ditemui GanSis. Gak tau buru – buru, gak tau mau balapan, tiba – tiba aja si pengendara langsung tancap gas dalam – dalam. Kebiasaan kayak gini juga gak bagus untuk mesin motor GanSis. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada komponen v – belt, roller, dan konsumsi BBM juga jadi boros.

Males ngebersihin CVT

 Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
Menjaga performa CVT perlu dilakukan agar gejala gredek saat akselerasi awal tak terjadi. Selain itu komponen kampas kopling juga akan tetap baik, nah jika bermasalah akan menimbulkan bunyi bising seperti decitan atau gesekan besi. Kalau bagian ini yang ampe rusak, belanjanya gak sedikit GanSis. Jadi biar gak keluar duit banyak, kebersihan CVT harus diperhatiin. Termasuk dalam hal ini rutin ganti oli CVT. Biasanya ganti oli CVT dilakukan tiap 8 ribu km.

Matiin mesin dengan standar samping

Fitur side stand switch adalah fitur keamanan untuk mencegah motor menyala ketika standar samping masih turun. Tapi kehadiran fitur ini justru digunakan untuk mematikan mesin motor. Ketika standar samping ditegakkan, mesin memang akan mati, tetapi instrumen lain seperti lampu depan belakang, speedometer tidak langsung mati. Nah, instrumen tadi butuh daya pada komponen aki.

Diubah oleh KarjoKare
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
05-08-2020 20:33
Waaa baru tau ane, apalagi kebiasaan nomer 1 sering dilakukan,. Auto cepet ganti kampas 🙃
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
05-08-2020 20:51
ane selalu matiin mesin pake standar samping wqwq abisnya biar sekalian sih... emoticon-Ngakak
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
05-08-2020 21:46
Ane pake motor kopling bre... Coba di share jg utk motor kopling ye!!

Btw nice info...
profile-picture
isu152 memberi reputasi
1 0
1
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
05-08-2020 23:23
suka manasin motor pake starter tangan bukan pake starter kaki.. itu jg bikin mesin cepat bermasalah
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
05-08-2020 23:45
Emang motor metik kudu diperhatiin, kasian bini kalo starter ngadat...
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
06-08-2020 04:52
ok....
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
06-08-2020 21:00
Kamu hati hati ya
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
06-08-2020 21:07
OK info nya ini,jadi tahu sekarang bagaimana membuat motor matic ga cepet rusak, ane sering sekali menahan gas saat macet,tapi setelah baca thread ini ga akan ane lakuin lagi
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
06-08-2020 23:01
nice infony gan. biar g pnya motor yg model kyak gtuan setidakny tau aturan2 penggunaanny.
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
07-08-2020 10:55
Yang kadang ane lakuin sih matiin motor pake standar samping, semacam praktis gitu, motor mati, miringkan, ambil kontak, langsung cabut dah emoticon-Ngakak emoticon-Malu ternyata gak baik buat kesehatan motor
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
07-08-2020 16:08
ane seneng banget tahan gas, buat filtering dijalanan macet. kampas rem belakang mudah aus, tapi ya buat ane ga masalah, toh emang part konsumtif. yg bahaya rumah kopling ikut hangus. emoticon-Malu (S)

mattin motor pake standar samping aman2 aja buat ane. buat yg suka lupa, apa lagi motor keyless, mesin mati lampu warna putih masih nyala ga keliatan disianghari, tau-tau aki tekor wkwkwk. emoticon-Malu (S)

yg males bersihin cvt, vbelt tau2 putus dijalan maem pus lah wkwkwk emoticon-Malu (S)
Diubah oleh AirFie
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
08-08-2020 11:44
Sori om bukannya matiin motor menggunakan standar samping = Engine Kill Switch di motor batangan / fairing ya fungsinya? Bukannya itu gak ada pengaruh sama kelistrikan ya? Kecuali ya motornya gak dimatiin kontaknya terus ditinggal tidur ya iya aki yg kena. CMIIW ya om
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
10-08-2020 18:17
kayaknya udah pada tahu gan, tp tetep dilakuin haha jadi ya gimana emang oada pgn cepet2 punya motor baru wkwk
0 0
0
Pengguna Motor Matik Wajib Tau, Kebiasaan ini Bikin Motor Cepat Rusak
31-08-2020 00:00
nice info gan, yang paling trakhir tu ane sering banget lakuin gan, pasti ane standar samping dulu baru matiin kuncinya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia