Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f283e49f0bdb221f00db546/bobby-earl-freeberg-pahlawan-indonesia-berdarah-amerika-serikat
Indonesia sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945, dimana demi mencapai kata merdeka, Indonesia berjuang mati-matian melawan penjajah baik dari Belanda maupun Jepang. Demi kata merdeka pula banyak sekali pahlawan bangsa kita yang berjuang dan gugur dalam peperangan melawan penjajah.
Lapor Hansip
03-08-2020 23:41

Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!

Indonesia sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945, dimana demi mencapai kata merdeka, Indonesia berjuang mati-matian melawan penjajah baik dari Belanda maupun Jepang. Demi kata merdeka pula banyak sekali pahlawan bangsa kita yang berjuang dan gugur dalam peperangan melawan penjajah.


Tapi kalian tahu gak sih? Ternyata sosok yang ada dibalik kemerdekaan Indonesia bukan hanya pahlawan dan rakyat Indonesia loh, tapi ada juga orang luar negeri yang berjuang untuk kemerdekaan kita. Dia adalah Bobby Earl Freeberg, orang asing yang ikut membantu kemerdekaan Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia.


Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!

Bobby Earl Freeberg adalah seorang anak petani yang bekerja sebagai pilot berkebangsaan Amerika Serikat. Selain itu, dirinya merupakan seorang mantan pilot angkatan laut Amerika Serikat setelah Perang Dunia II.


Bob (Panggilannya) turut ikut serta dalam membela kemerdekaan Indonesia yang sudah diproklamirkan (Namun terancam karena Belanda datang ke Indonesia dan ingin melakukan pendudukan kembali). Disana peran Bob Earl Freeberg sebenarnya adalah pilot bayaran, tapi dirinya ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia secara emosional.


Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!

Perjuangan Bob dalam membela kemerdekaan Indonesia ini berupa dukungan dalam penyelundupan barang seperti rempah-rempah (Candu, kina dll) ke luar negeri, yang nantinya akan digantikan dengan perlengkapan senjata, obat-obatan dan juga pakaian. Selain itu Bob juga membantu TNI dalam pengoperasian militer.


Perjuangan penyelundupan lewat jalur udara yang dilakukan Bob tidak mudah loh, karena Belanda yang saat itu sudah ada di Indonesia memblokade jalur transportasi dari dan ke Indonesia. Namun dengan rasa emosionalnya, Bob berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
Pesawat yang digunakan Bob dinamai RI-002.

Bob pun meninggal dunia pada 1 Oktober 1948 dikarenakan pesawat yang dipakainya ditembak oleh pesawat Belanda. Perjuangan yang tidak sia-sia oleh Bob. Mungkin kalau Bob tidak membantu (Walaupun dia pilot bayaran) secara tenaga maupun emosional, bisa saja Indonesia dijajah kembali oleh Belanda saat itu.


Bayangkan saja, pilot bayaran dari luar negeri saja sampai ikut (Secara emosional) membela kemerdekaan Indonesia yang terancam oleh Belanda. Apakah kita sebagai generasi muda berhak menghilangkan rasa nasionalisme kita terhadap NKRI?


Jadi dia bukan hanya sekedar pilot bayaran ya. Karena dia turut ikut secara emosional dalam membantu pembelaan kemerdekaan Indonesia.


Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!

Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan ini juga
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 00:11
Ini kl di pos di Bpln bakal rame ada yg Terguncang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
skyren1608 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 00:14
Unintended.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 01:35
Jadi dia membantu indonesia ikhlas atau dibayar? Kalo ikhlas sih keren ceritanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
chisaa dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 02:02
Coba posting bgini di Bepeh... kita liat reaksi warga sonooh emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

#BATA
Diubah oleh kafir.resistant
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 04:35
Wah baru tahu gan, karena memang jarang sekali orang yang berdarah amrik yang seperti itu. Maka dari itu memang kalau dia menegakkan kebenaran maka pahlawan, tapi kalau sebaliknya maka bukan pahlawan.
profile-picture
profile-picture
pangsitsquad dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 07:11
ada juga tentara asing yg membelot membantu pejuang kita, seperti Pakistan, Jepang, bahkan Belanda yg bersimpati atas perjuangan bangsa kita...
profile-picture
profile-picture
Gailham dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 10:19
Gak kalah keren anaknya Bung Andy Riff. Salah satu yang bisa dibilang Pahlawan Amerika berdarah Indonesia tuh..
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 11:16
Dalam otobiografinya Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Sukarno menirukannya: “Namaku Bob Freeberg. Aku orang Amerika. Aku seorang pilot dan menaruh simpati pada perjuangan Anda. Bantuan apa yang dapat kuberikan?”
itu yang disampaikan Bob saat pertama bertemu Bung Karno.
Dalam suratnya kepada orangtuanya, Bob mengatakan: “Belanda mengatakan satu hal tapi melakukan hal yang sama sekali berbeda. Mereka masih mencoba menaklukkan orang Indonesia, namun menurut saya hal itu tak akan pernah terjadi lagi. Orang-orang di sini begitu kuat bersatu melawan Belanda dan ke manapun kita pergi, orang-orang terus meneriakkan slogan mereka ‘Merdeka!’.”

Mengenang jasa pilot RI-002, Sukarno mengatakan: “Tak pernah aku akan melupakan kawanku orang Amerika, Bob Freeberg.”
Diubah oleh mynameisant
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 15:59
Nice info gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
04-08-2020 18:27
secara gak langsung emang amerika punya peran dalam kemerdekaan indomesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yandirgaa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 13:44
Kalau ente nga nulis thread begini pasti orang² kaga tau gan ada orang yg berjasa atas bangsa kita 🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batzforum dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:08
info yg bermanfaat gan
baru tau kalo ada tentara asing yg mau bantu Indonesia

bagi cendolnya gan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Toast emoticon-Cendol Gan emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
obat.kutu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:08
Baguslahemoticon-Hansip
Diubah oleh extreme78
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:08
Salute untuk ente Bobemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
batzforum dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:09
Siapa yang bayar ?
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:10
Apresiasi buat beliau,terlepas dari lebel tentara...bayaran tapi dgn aksinya bisa menbantu perjuangan indonesia.emoticon-army

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:13
Kalo liat dari namanya Jerman Amerika nih si Bob..
Pilot bayaran..nyelundupin ,mirip² lah sama film nya tom cruise made in america
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh seringboering
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:18
orang asing yang cinta Indonesia udah ada sejak jaman dulu. jaman dulu orang asing yg cinta Indonesia membantu perjuangan orang Indonesia melawan penjajah, sekarang orang asing yang cinta Indonesia turut melestarikan kesenian dan lingkungan Indonesia
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:21
Dia berdarah apache ato sioux ?
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Bobby Earl Freeberg, Pahlawan Indonesia Berdarah Amerika Serikat!
05-08-2020 14:22
begitu besar jasamu bob

emoticon-Sorry
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia