News
Batal
KATEGORI
link has been copied
359
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27f69f82d49546c6551409/alasan-bangsa-mesir-membangun-piramida
Apa alasan orang Mesir Kuno memelihara jasad Fir’aun di piramida? Jawabannya adalah karena mereka meyakini bahwa Fir’aun adalah Horus, anak laki-laki Ra, Dewa Matahari.
Lapor Hansip
03-08-2020 18:35

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida

Past Hot Thread
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di negara Mesir memang terdapat bangunan piramida yang menarik perhatian. Selain karena keindahannya, piramida tersebut juga selalu memberikan kesan misteri terkait proses pembangunannya. Banyak pro kontra yang tejadi terhadap bangunan tersebut. Ada yang beranggapan bahwa piramida yang agung itu dibangun oleh alien. Namun banyak juga yang menyangkal argumen tersebut dan percaya bahwa bangunan piramida hanya dibangun oleh manusia biasa.

Tapi disini ane gak akan ngebahas tentang konspirasi tersebut ya GanSist. Kali ini ane ingin membeberkan alasan masyarakat bangsa Mesir kala itu membangun piramida. Pasti kalian penasaran dong. Gak usah bertele-tele deh, langsung aja baca thread ini sampai habis ya!
emoticon-Jempol

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida

Perlu diketahui kalau arsitek piramida pertama di Sakkara adalah seorang Menteri dari Raja Mesir Zoser yang bernama Imhotep. Nah, tujuan dari rancangan piramida yang dibangunnya tersebut adalah untuk melindungi mayat para raja dan juga Fir’aun yang sudah diawetkan menjadi mumi. Hal itu dilakukan agar jasadnya dapat terpelihara selamanya. Selain itu banyak juga harta yang disimpan dalam piramida agar tidak dicuri oleh pencuri makam. Makanya dalam piramida itu banyak sekali ruang-ruang penguburan yang dalam dan tersembunyi.

Apa alasan orang Mesir Kuno memelihara jasad Fir’aun di piramida? Jawabannya adalah karena mereka meyakini bahwa Fir’aun adalah Horus, anak laki-laki Ra, Dewa Matahari. Jadi, ketika Fir’aun meninggal, dia akan diseberangkan ke daratan mati, tempat dia akan dipertemukan kembali dengan ayahnya.

Karena dewa-raja mereka hidup selamanya, makanya orang-orang Mesir Kuno saat itu percaya bahwa selama mereka memelihara jasadnya, maka mereka akan diberkahi dan dilindungi, sehingga mereka akan memperoleh panen yang melimpah dan kemenangan dalam peperangan.

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida

Anyway, setelah piramida pertama dibangun, beberapa piramida kemudian dibangun kembali. Dan, yang terbesar adalah piramida yang dibangun untuk Khufu. Panjang dari piramida itu di setiap sisinya adalah 230,4 meter dan tingginya 143 meter. Keempat sisinya pun menghadap tepat ke utara, selatan, timur, dan barat.

Dalam proses pembangunan piramida untuk Khufu ini, dibutuhkan banyak sekali material balok batu loh GanSist. Kira-kira ada sekitar 2,3 juta batu yang berat dari setiap batunya lebih dari 2000 kilogram alias 2 ton. Dan, yang paling mengagumkannya lagi adalah ada diantara batu tersebut yang beratnya mencapai 16 ton loh.

Selain itu jumlah pekerja yang membangun piramida ini pun ada banyak sekali. Berdasarkan catatan sejarah, ada ratusan ribu pekerja yang membangun piramida tersebut dalam rentang waktu kurang lebih 20 tahun. Lama sekali ya.

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida

Nah, piramida yang paling populer adalah Piramida Agung di Giza. Piramida ini didirikan oleh Fir’aun Cheops sekitar lebih dari 4000 tahun yang lalu. Bangunan ini pun merupakan bangunan batu terbesar di dunia dan dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia kuno yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Dulunya, Piramida Agung di Giza memiliki sisi-sisi yang halus. Namun sekarang ini lapisan batu terluarnya telah terkikis membentuk titian seperti yang kita lihat di zaman sekarang.
emoticon-Matabelo


Sekian thread dari ane ya GanSist. Pantengin terus ya thread terbaru yang informatif dan unik di akun @Artikel.Terunik.


See you!
emoticon-Rate 5 Star


Inspirasi Konten



Diubah oleh Artikel.Terunik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dispenserr dan 43 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
03-08-2020 22:15
Makasih atas threadnya.

To be honest, saya termasuk yang ga percaya kalo piramida di bangun manusia misalnya bangsa Mesir, kenapa? Karena berdasarkan
beberapa sumber , dengan teknologi sekarang saja ga bisa tuh manusia bikin piramid lagi.

Kemudian ternyata hampir diseluruh dunia terdapat pyramida : Bosnia, China, Amerika, Asia , Indonesia (Garut) dll

Karena umur piramida ga bisa ditentukan, makanya ga ada yg tau umur piramida2 itu berapa.

Aku lebih percaya kepada mitos dimana sebelum manusia piramida itu sudah ada.

Makanya terdapat 2 kutub antara yang percaya piramida kreasi manusia mesir , ada yg ga percaya itu made in mesir.

PS.
Ini ada salah satu literatur menarik, bukan untuk di Imani yaaa..wkkw untuk di baca aja sebagai salah satu referensi kali aja ngerti

Ref
1. https://mariobuildreps.com/how-old-are-pyramids/

How Old Are Pyramids?

New research proves that most pyramids, temples, and other important ancient structures around the world were built before catastrophic earth crust shifts. The orientation of many pyramids reveals former geographic poles. Their foundations appear to be very ancient. The proof that the correlations are not at all coincidental has been mathematically provided by us. Most pyramids are much older than was always assumed, way beyond our imagination.




Diubah oleh Jazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
Lihat 39 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 39 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 08:07
Yg ente sebut manusia mesir itu yg mana ?
Mesir itu sudah ditaklukkan banyak bangsa mulai dari Semit, Hyksos, Persia, Greek/Macedon, Roman, Arabs dan Turks (Mameluk & Ottoman). Dari situ kebudayaan dan penduduknya pun sudah berakulturasi sedemikian rupa.
Penduduk kuno mesir pun ane yakin sudah punah.
Kalo ane percaya yg membangun kebudayaan Piramida tetap orang Mesir tp kalo dilacak pastinya jauh sebelum era nya Persia dan Greek.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilnero dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:30

Karena Gabut

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bodongboy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:32
Piramida ni ada sedikit kontrasepti gan, sorry maksud ane kontroversi. Karena ada belum yakin ini di bangun ama manusia emoticon-Ngakak emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:33
dulu ada loh kuisnya emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:35
ane lbh percaya yg bangun itu bngsa jin. gak masuk akal manusia jaman dlu bikin gtuan.
profile-picture
bajier memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 32 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:35
Pekerjanya banyak ,gak mustahil bisa bangun sebagus itu di jamannya gan , malah orang² jaman sekarang bingung kenapa bisa buat tumpukan batu setinggi itu ,
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:35
sayangnya bangsa mesir yang sekarang udah bukan pure mesir lagi dan jadi terbelakang negaranya
Diubah oleh mamarnr
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:36
Katanya elon musk, yg bangun piramida itu alien! 👽

Dan gw percaya si telon musk! emoticon-army:
0 0
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:37
Gimana cara nyusun batu berton ton tanpa alat berat secara rapih. Gila emangnya arsitek zaman itu
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:38
Ternyata selama ini ogut salah

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:39
pernah baca ada teori bahwa balok tidak diangkat atau disusun tapi masih berupa lumpur lalu dibakar/ dibentuk jadi balok saat diatas..cmiiw
profile-picture
iyusard memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:39
karena iseng aja
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:40
dari SD juga tahunya itu piramida adalah kuburan para raja mesir jaman dahulu emoticon-Traveller2emoticon-Sundul
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:40
emoticon-Wow Tunggu sampe mesin waktu gue kelar emoticon-Cool
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:40
Budaya mesir kuno.dibangun budak2 bani israel
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:41
ada sempax piramid
tu juga buatan alien
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:42
Quote:Original Posted By calpanax2020
yg bawa naik ontasaurus


Orang yahudi lah..kan mereka jadi budak firaun
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:42
bukti manusia jaman dulu
punya ilmu kosmis

laut aja bisa dibelah


emoticon-Jempol
0 0
0
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
04-08-2020 11:43
Mbangunnya dibantu kaum jin
profile-picture
bajier memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia