Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
79
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f26b877b840886e250ab425/dua-alat-penunjang-anak-lekas-bicara-mitos-atau-budaya
Dua benda ini dinilai warga dusun Jatirejo, desa Kedunggudel, Ngawi Jawa Timur sebagai alat ajaib untuk membuat anak lekas bicara. Sang Simbah bernama Mbah Sumadi Putri, seorang sepuh pendatang dari klatah alias desa Banjarjo, Ngawi.
Lapor Hansip
02-08-2020 19:58

Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?


Dua benda ini diinterprestasikan saat bedug Jumat bertalu


Sesuatu peristiwa sebab akibat yang menjadi kebiasaan dan dilakukan secara berulang akan menghantarkan pada sebuah budaya, setelah itu budaya akan diwariskan, sehingga beralih nama menjadi warisan budaya.

Dua benda ini dinilai warga dusun Jatirejo, desa Kedunggudel, Ngawi Jawa Timur sebagai alat ajaib untuk membuat anak lekas bicara. Sang Simbah bernama Mbah Sumadi Putri, seorang sepuh pendatang dari klatah alias desa Banjarjo, Ngawi.

Penulis sendiri menghubungi langsung narasumber. Beliau mengatakan kalau tradisi ini adalah budaya turun-temurun dan memang secara medis dianggap sebuah mitos. Rangsangan oral pada saraf sensorik menapuk (baca; menepuk mulut dengan tangan atau alat lainnya) sebenarnya bentuk upaya untuk mengadaptasi budaya, dengan sebab ( baca ; penghormatan) pada hari Jumat yang merupakan hari terhormat bagi umat Islam. Alhasil budaya dapat dimaknai dengan bentuk ritual (baca ; akibat) ketika sesuatu dinilai pantas untuk dilakukan.


Bedug Jumat biasanya bertalu saat menjelang pelaksanaan sholat Jumat. Sholat yang wajib (baca ; harus) dilaksanakan oleh para lelaki, sementara para perempuan dihukumi sunnah (baca ; lebih baik dilakukan).

Quote:
{thread_title}
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
{thread_title}
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?


Dua alat penunjang anak lekas bicara yang menjadi budaya ini adalah :

1. Daun Sirih

Daun sirih kalau di daerah Ngawi dikenal dengan sebutan daun suruh. Daun yang memiliki fungsi antiseptik alami ini diklaim mampu menyemangati saraf penunjang anak lekas bicara.

2. Cincin Emas

Selain daun suruh yang ditabokkan pada pintu mulut, kini giliran cincin emas yang beralih peran. Cincin emas diasahkan (dikerik ; digerakkan naik turun secara menempel) pada lidah anak, harapannya sama, agar anak lekas bisa bicara.

Dalam pembelajaran penulis, banyak dokter atau praktisi kesehatan yang mengatakan kalau ini hanya mitos yang berkembang di masyarakat namun, sebuah budaya tidak akan dinamakan budaya kalau tidak dalam lingkup mitos juga, kan?

Gansit boleh percaya boleh juga tidak kok.

Secara medis dua benda di atas diklaim tidak steril dan berbahaya jika kejadian yang tidak diinginkan dapat terjadi, hemat Ane memang semua ada risikonya.

Penjelasan medis lainnya, mengatakan kalau pemijatan pada saraf sensorik, dalam hal ini adalah indera vokal yang akan menanggapi dengan memaksimalkan fungsinya.

Dahulu orang memang lebih percaya pada suwuk ( baca ; pengobatan oleh dukun ; baik itu dukun pijat, dukun yang dipercaya melafalkan mantera-mantera penyembuh). Dalam perkembangannya akan ditemui ada dukun aliran ilmu hitam dan ilmu putih. Keduanya memiliki kekuatan lebih, tidak seperti manusia kebanyakan.

Zaman dan teknologi telah menelurkan dokter-dokter ahli dengan spesialisasi tertentu, sementara praktik dukun-dukunan mulai banyak ditinggalkan.


Bagaimana pendapat, Gansist?
Percaya atau menganggap hal demikian adalah argumen mitos?


Sumber referensi : opini dan pembelajaran dalam hidup TS.
Sumber gambar : dokumen pribadi TS.

Ngawi, 2 Agustus 2020
Cinta Budaya,

Warna_Senja
Diubah oleh qoni77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
02-08-2020 19:58
Selamat MembacaDua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
Diubah oleh qoni77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
02-08-2020 19:59
Silakan berargumen secara santun, Gansist kesayanganπŸ˜€
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
02-08-2020 20:40
Nungguin komentar @ummusaliha emoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
02-08-2020 22:03
Kalau ponakan yang baru bisa bicara malah lebih sering d usilin sampe nangis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
02-08-2020 22:10
cuma ada di Ngawi ya sist?

kalau di tempat ane yang banyak ya suwuk, yang begituan kayaknya nggak ada deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:10
Quote:Original Posted By fias17 β–Ί
Kalau ponakan yang baru bisa bicara malah lebih sering d usilin sampe nangis

Kasihannya, Gan
Usil adalah seni, ya?πŸ˜‚

Quote:Original Posted By indrag057 β–Ί
cuma ada di Ngawi ya sist?

kalau di tempat ane yang banyak ya suwuk, yang begituan kayaknya nggak ada deh


Hehe itu di @ummusaliha juga ada

Suwuk itu sinergi,πŸ˜€
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:15
Lebih suka nyebut e tradisi 😁😁😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:17
Quote:Original Posted By qoni77 β–Ί
Kasihannya, Gan
Usil adalah seni, ya?πŸ˜‚

Hehe itu di @ummusaliha juga ada

Suwuk itu sinergi,πŸ˜€


Hu-um sist. Dan meski kadang cuma dianggap mitos oleh sebagian orang, tapi rata rata hasilnya tokcer lho
profile-picture
profile-picture
fias17 dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:20
Quote:Original Posted By fias17 β–Ί
Lebih suka nyebut e tradisi 😁😁😁

Tradisi dan budaya bukan hal yang sama, gitu ya, Gan?πŸ˜€

Quote:Original Posted By indrag057 β–Ί
Hu-um sist. Dan meski kadang cuma dianggap mitos oleh sebagian orang, tapi rata rata hasilnya tokcer lho


Hu'um
Ane pernah baca tentang penelitian seorang Doktor dari Jepang, kalau dipresentasikan, suwuk menerapkan metode ini.

Bagaimana menurutmu, Gan?
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan fias17 memberi reputasi
2 0
2
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:23
Gak tau ya, gituan gak pahamπŸ™‚πŸ™‚
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:27
Mitos aku nggak percaya yang begituan
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 07:33
Quote:Original Posted By qoni77 β–Ί
Tradisi dan budaya bukan hal yang sama, gitu ya, Gan?πŸ˜€

Hu'um
Ane pernah baca tentang penelitian seorang Doktor dari Jepang, kalau dipresentasikan, suwuk menerapkan metode ini.

Bagaimana menurutmu, Gan?


Bisa jadi sist, atau semacam sugesti gitu ya menurut ane. Ane juga kurang begitu paham.
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 17:15
nyimak gan πŸ™
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 18:08
Quote:Original Posted By indrag057 β–Ί
Bisa jadi sist, atau semacam sugesti gitu ya menurut ane. Ane juga kurang begitu paham.

Menurut Sampeyan sugesti terhadap benda tak hidup itu efektif?
Quote:Original Posted By pangsitsquad β–Ί
nyimak gan πŸ™


Dipersilakan oleh TSπŸ˜‚

Berdiskusi lebih asyik lhi, Gan?πŸ˜€
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 20:10
Quote:Original Posted By qoni77 β–Ί
Menurut Sampeyan sugesti terhadap benda tak hidup itu efektif?


Sepertinya enggak deh. Tapi kalau benda tak hidup digunakan sebagai media mungkin. Seperti yang diulas TS di atas, menurut ane bukan daun atau cincinnya yang bisa bikin si anak cepat bicara, tapi kekuatan doa dari si orang tua.
profile-picture
zeze6986 memberi reputasi
1 0
1
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 23:06
Ane tau tuh yang cincin emas hahaha kayanya dulu anr kecil juga digituin
0 0
0
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 23:06
Boleh dicoba nih πŸ‘πŸ‘
0 0
0
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 23:07
Scr sains pny andil juga ya budaya kitaaa
0 0
0
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 23:13
Cepet ngomong.. atau lambat.. pd akhirnya bs ngomong jg xixixixi.. anak sy 2 gak pake gitu2an.. yg pertama agak delay.. yg ke2 perempuan bawel cepet ngomongnya.. pd akhirnya 22 nya bawel banget skrg..

Sy percaya gak percaya sih klo tradisi org2 dulu.. tp slama baik dan gak tll aneh2 dan membahayakan kdg msh suka ikutin.. kebetulan soal sirih dan cincin emas itu ane gak pernah dgr hehehehe.. cm salah 1 "mitos" yg smpt ane ikutin klo anak cegukan.. ane tempelin tisue ato kertas dibasahin aer.. eh bener loh dy brenti cegukan. Hahaha gak tau apa cm timing yg pas atau bener. Tp berhasil sih wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dua Alat Penunjang Anak Lekas Bicara, Mitos Atau Budaya?
03-08-2020 23:13
Nambah lagi deh pengetahuan ogut tentang budaya... emoticon-coffee
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia