News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1a8a0a10d29546f91c8ee4/beda-era-soeharto-rakyat-sekarang-diam-jokowi-vulgar-pertontonkan-politik-dinasti
Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) menjadi salah satu alasan utama rakyat marah para rezim Orde Baru yang dipimpin Soeharto. Presiden kedua RI itu menancapkan kroni-kroni dan kerabat dalam jabatan penting pemerintahan. Di satu sisi, Soeharto memang dikenal otoriter dalam memimpin negeri. Alhasil gelombang amarah rakyat tidak dapat terbendung dan akhirnya menumbangkan Soeharto dalam reformasi 199
Lapor Hansip
24-07-2020 14:13

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti

Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) menjadi salah satu alasan utama rakyat marah para rezim Orde Baru yang dipimpin Soeharto. Presiden kedua RI itu menancapkan kroni-kroni dan kerabat dalam jabatan penting pemerintahan.

Di satu sisi, Soeharto memang dikenal otoriter dalam memimpin negeri. Alhasil gelombang amarah rakyat tidak dapat terbendung dan akhirnya menumbangkan Soeharto dalam reformasi 1998.

“Dulu kemarahan rakyat terhadap rezim Soeharto adalah KKN dan otoriter. Reformasi 1998 pun memaksa Soeharto mundur dan turun tahta,” urai Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule saat berbincang dengan redaksi, Jumat (24/7).

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti

Namun kondisi itu berbanding 180 derajat dengan hari ini. Rakyat cenderung diam melihat polah pemimpin. Bahkan sekalipun pemimpin negeri ini terang benderang mempersilakan anaknya maju di pilkada. Langkah yang dinilai oleh sebagian publik sebagai upaya menancapkan cakar dinasti.

Iwan Sumule melihat tidak ada pergerakan signifikan dari kelompok pemuda, aktivis, dan mahasiswa dalam mengkritisi fenomena ini. Sebaliknya, muncul kelompok yang mengatasnamakan pemuda, aktivis, dan mahasiswa yang mendukung praktik-praktik KKN tersebut.

“Hari ini KKN malah semakin menjadi, politik dinasti secara vulgar dipertontonkan Jokowi. Anehnya, rakyat bukan saja diam, malah membela.Ngenes!” kesalnya.

Tidak cukup sampai di situ, Iwan Sumule juga mencatat bahwa tidak sedikit pelanggaran konstitusi dan UU yang telah dilakukan pemerintah. Sistem ketatanegaraan diorak-arik melalui penerbitan Perppu 1/2020 yang kini menjadi UU 2/2020.

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti

“UU Corona bukti bagaimana rezim Jokowi merusak sistem ketatanegaraan, melakukan pelanggaran serius terhadap konstitusi, dan praktik otoritarian dijalankan,” tutupnya yang kembali merasa ngenes lantaran rakyat tidak ada yang tergugah untuk bergerak.

tusbol

kata cebong dongok itu bukan politik dinasti tapi politik kodok gancet emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:18
tumben kadrun sekarang doyan jilat pantat partai PSI ? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:24
kalau biangnya planga plongo turunannya godek godek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:27
kata cebong dongok itu bukan politik dinasti tapi politik kodok gancet emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti

Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:27
Acid tes nya adalah kalau Gibran 'nepotisme' Rakabumi bukan anak presiden ada partai nyang mau nyalonin gak? emoticon-Big Grin

Presiden dan partai partai bertransaski secara vulgar

Kalau semua partai sudah dikantongin, birokrat tentu lebih mudah lagi diminta untuk 'mengamankan'


emoticon-Leh Uga
profile-picture
angelo.ogbonna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:29
karena Soeharto itu jahat makanya rakyat ngamuk emoticon-Wakaka Dinasti politik di daerah sampai saat ini jg byk kroninya mbah emoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:29
era soeharto walaupun diktator tapi gentle gak munafik kaya banci rejim kodok sekarang

kalo sekarang rejim firaun tapi berwajah suneo, rakyat yg kritis melawan kezaliman rejim bisa2 lagi jalan santai tiba2 ada yang siram air keras, diteror, dibikinin chat seks palsu, atau dipepet dibacok di jalan tol

jangan harap ketemu pelaku aslinya, hanya di rejim ini tiang listrik pun bisa jadi tersangka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:38
Inikan di pilih? Kok di samakan dgn asuharto yg hrs di tetapkan. Goblok banget membuat analogi. Klw calon di pilih bebas aja yg mau ikut siapa.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:44
Kadrun emang greget gobloknya emoticon-Ngakak
0 0
0
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:46
Lawan dengan ajukan calon yang sebanding dong, kadrun.

Kalau cuma kejang-kejang, orang gila juga bisa. emoticon-Ngakak
0 0
0
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 14:49
SAMA2 NEPOTISME AJA MASIH BERUSAHA NYANGKAL.... CEBONG KADRUN SAMA GOBLOG NYA
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 15:00
Quote:“Hari ini KKN malah semakin menjadi, politik dinasti secara vulgar dipertontonkan Jokowi. Anehnya, rakyat bukan saja diam, malah membela.Ngenes!” kesalnya.

berarti itu menurut rakyat bukan politik dinasti tetapi memang demokrasi, situ melihat hal itu sebagai polotik dinasti berarti itu bukan pendapat rakat tetapi hanya pendapat orang nyinyir yang lagi mengonggong, mup on gan.emoticon-Ngacir
profile-picture
u12c memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 15:04
Udah bilang iya, lembaga yg itu sekarang langsung di bawah presiden lo. Ssttt...
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 15:12
itulah bedanya kadrun millenial begok dengan kadrun orba

zaman orba, rakyat gak bisa milih, si opung yg nentuin semuanya

sekarang, rakyat bisa milih, kalau rakyat tak milih, si gibran juga tak bisa jadi walikota atau gubernur atau presiden.

kalau rakyat milihnya salah, kaya yg kemarin milih si tukang puisi penipu itu, ya itu akibatnya dimakan rakyat daerah sendiri
profile-picture
profile-picture
parmitu212 dan penista.agama memberi reputasi
2 0
2
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 15:35
jaman harto mana ada kadrun idup beranak pinak, ceramah harom sana sini

kablok emoticon-Ngakak
profile-picture
trac0ne memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 15:41
KKN klo sanak keluarga lnagsung di angkat kan,
klo lewat pilkada mah apanya disebut KKN apalagi dinasti,
kan kudu coblok mencoblos dl, klo kaga kepilih ? emoticon-Hammer (S)

ini otak gw yg konslet apa emang makna dinasti politik dan KKN sudah berubah emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 16:22
di politik itu ga ad yang abadi emoticon-Ngakak

semuanya fleksibel emoticon-Ngakak
0 0
0
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 17:28
Diam? diam matamu, wong dimana-mana dijadiin berita, dimana-mana jadi ajang debat, dimana-mana banyak pengamat baik yang ori sama pengamat kambuhan ngasih analisis kok dibilang diam
emoticon-Cool
kecuali ente bocah kencur kemaren sore yang gak tau jaman soeharto kayak gimana jadi bisa seenak jidat ngasih perbandingan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 21:56
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 22:41
Masih banyak yg ga paham arti "Dinasti Politik".
0 0
0
Beda Era Soeharto, Rakyat Sekarang Diam Jokowi Vulgar Pertontonkan Politik Dinasti
24-07-2020 22:58
Wkwkwkkkk
Yoi
Dan dinastinya masih panjang sd 2024
Wkwkkkkkk
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia