tafakoer
TS
tafakoer
Marjan, Brand Sirup yang Berhasil Membangun Citranya
Membicarakan tentang brand sirup di Indonesia tentunya banyak. Dari masa ke masanya pasti selalu ada brand sirup yang muncul. Brand sirup apa sajakah yang diketahui? Pastinya banyak orang menjawabnya dengan beragam brand sirup. Lalu bagaimana jika pertanyaannya diganti menjadi brand sirup apa yang iklannya muncul menjelang bulan Ramadhan? Semua orang jawabnya mungkin seragam yaitu Iklan sirup marjan.

Credit : jualo.com

Sirup marjan adalah salah satu brand sirup yang terkenal di negeri ini, sejak awal kemunculannya brand sirup marjan ini cukup menarik produknya dimana sirupnya lebih kental yang saat itu masih diramaikan dengan produk sirup yang lebih cair seperti sirup ABC yang saat itu cukup populer di masanya. Awalnya sirup marjan tidak terlalu dikenal, namun lambat laun produk sirup marjan dikenal oleh banyak orang karena keberhasilannya dalam penempatan marketingnya sehingga bisa membangun citra yang mudah di ingat oleh banyak orang.

Penempatan iklan sirup marjan memang cukup unik, dimana iklannya serikali muncul sebelum bulan puasa tiba. Biasanya iklan sirup marjan seringkali curi start dimana iklan bertema ramadhan lainnya belum muncul, iklannya sirup marjan malah sudah muncul duluan. Penempatan iklan yang tidak lazim inilah yang membuat iklan sirup marjan begitu mudah di ingat oleh banyak orang terutama mereka yang menonton acara televisi. Dengan rutinnya muncul iklan sirup marjan dari sebelum ramadhan hingga masa-masa lebaran inilah namanya begitu melekat di masyarakat hingga muncul meme sirup marjan di internet.

Strategi marketing sirup marjan ini bisa dibilang berhasil, hal ini ditandai denagn populernya nama brand sirup marjan di mata masyarakat. Brand sirup marjan berhasil membangun citranya sendiri dan punya ciri khasnya sendiri, keberhasilannya tak lepas dari pemanfaatan seasonal marketing dan pemanfaatan momentum ramadhan yang dimana konsumsi makanan dan minuman begitu meningkat. Penempatan iklan menjelang bulan puasa inilah membuat masyarakat tertarik untuk membicarakannya sehingga secara tidak langsung telah membantu mempopulerkan brand sirup marjan itu sendiri. Teknik Word of Mouth atau WOM ini berhasil membuat brand sirup marjan punya citranya sendiri di masyarakat sebagai produk yang iklannya selalu rutin muncul menjelang bulan ramadhan tiba.

Credit : pinimg.com

Kemampuannya dalam marketing dan pembuatan iklannya yang menarik tetap bisa diimbangi dengan kualitas produknya yang bisa bersaing dengan produk serupa lainnya dipasaran. Keberhasilan sirup marjan di pasaran ini ditandai dengan keberhasilannya menguasai pasaran, hal ini berdasarkan sumber dari website top brand dimana produk brand sirup marjan hampir menguasai hampir setengah pasar produk sirup dengan pangsa pasar 49,1% yang diikuti dengan brand sirup ABC di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 28,2%. Dari produk sirup marjan ini kita bisa belajar bahwa pemanfaatan mometum yang tepat bisa membuat sebuah feedback yang baik dimana produk bisa semakin terkenal di pasaran dan menguasai pasaran. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin


Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber gambar via google images


japarinacheria021ujellyjello
ujellyjello dan 44 lainnya memberi reputasi
43
11K
201
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.