Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
246
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0db2c282d49558a6723c59/viralkartu-prakeja-berujung-pidana-jika-tidak-dikembalikan
Ane bertanya-tanya kartu prakerja ini bantuan untuk rakyat atau sebuah jebakan untuk memunculkan masalah baru.? Viral. Akhir-akhir ini Presiden Jokowi meminta kepada seluruh penerima bantuan kartu Prakerja segera dikembalikan.
Lapor Hansip
14-07-2020 20:27

Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Ane bertanya-tanya kartu prakerja ini bantuan untuk rakyat atau sebuah jebakan untuk memunculkan masalah baru.?

Viral. Akhir-akhir ini Presiden Jokowi meminta kepada seluruh penerima bantuan kartu Prakerja segera dikembalikan.
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Kabar dari media sosial beredar viral, menyebutkan Presiden Jokowi meminta para peserta program Kartu Prakerja untuk mengembalikan uang bantuan yang telah mereka terima. Pesan viral itu mengutip hal tersebut dari Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perpres No. 36/2020 tentang program Kartu Prakeja.
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Dan disebutkan lagi bahwa setiap orang penerima bantuan Kartu Prakeja, yang sengaja memalsukan Identitas nya akan di gugat jika dalam 60 hari uang tersebut
tidak segera di kembalikan.

Awal mula viral berita mengenai pengembalian uang Kartu Prakerja, berasal dari akun Twitter dan WhatsApp yang sedang beredar di media sosial.
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Dan isi berita itu informasi mengenai pembahasan pengembalian uang Kartu Prakeja oleh Presiden Jokowi Dodo.
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.

Jika seandainya benar kejadian berita tersebut, apakah hal itu tidak akan menunaikan kontoversi.? Karena disaat pandemi seperti saat ini, dan kebutuhan ekonomi masyarakat yang Minim, terus diminta agar uang yang di beri Pemerintah dikembalikan.

Mungkin memang banyak pemalsuan Identitas dalam penerimaan bantuan Kartu Prakeja, namun pertanyaannya.

Kenapa dari awal tidak dilakukan pemeriksaan selektif oleh petugas Kartu Prakeja, dan menimbulkan pertanyaan, apakah ini sebuah jebakan atau memang Petugas nya yang lalai dalam menjalankan tugas nya.

Dan jika kelalaian Petugas. Lalu kenapa Pemerintah memilih petugas yang belum pengalaman di bidang Kartu Prakeja, sehingga timbul suatu Problem baru.

Namun pada intinya, karena kejadian yang viral ini, pemerintah seharusnya mengkaji ulang keputusan tersebut, karena Masyarakat hanya berupaya ingin mendapatkan bantuan tersebut, di karenakan Covid 19, dan kedepannya Pemerintah harus nya lebih bijak dalam memilih petugas yang bertanggung jawab dalam bidang nya.

Sumber :https://kumparan.com/kumparanbisnis/...D=OSSMASD5tNCI

https://www.kompas.tv/article/93921/...i-mekanismenya





[/CENTER]
Diubah oleh Timbulnias92
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 24 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:32
Gw rasa nda mgkin sebego itu, duit yg sudah keluar nda ada cerita bisa balik lagi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:35
Nah lhooo.. balikin drun. G ush malu2. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:36
Dah kayak kartu keramat saja..impact positif kurang kontroversi banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:38
Gak bakalan ketemu petugas idaman yg kek gt, emoticon-Cool beranih menjalankan tugas brarti dya sok suci.



emoticon-Marah pengen dpt job terus, yg laen biarin ngiler. dasar anjing.. selama nya menganjing pada tuan nya, patut ditelantarkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:41
Sumber berita yg valid lah sebelom jadi anak band

Masih page one nih yang mau nyinyir di persilahkan

Berita yang ini bukan.


Viral Jokowi Minta Peserta Kartu Prakerja Kembalikan Uang, Begini Duduk Soalnya





Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Pelabuahan Tanjung Priok Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Kabar dari media sosial beredar viral, menyebutkan Presiden Jokowi meminta para peserta program Kartu Prakerja untuk mengembalikan uang bantuan yang telah mereka terima. Pesan viral itu mengutip hal tersebut dari Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perpres No. 36/2020 tentang program Kartu Prakerja.


Informasi yang tersebar ke berbagai platform termasuk Whatsapp group itu bermula dari unggahan di Twitter pada Sabtu (11/7). Karuan saja hal ini membuat heboh, apalagi narasi tersebut disertai tangkapan layar halaman web salah satu televisi nasional yang berjudul "Jokowi Revisi Perpres Kartu Prakerja, Peserta Wajib Kembalikan Uang Bantuan, Ini Penjelasannya".

Dalam unggahannya, sang pemilik akun menambahkan kata 'seluruh peserta' terkait kabar revisi Perpres tentang Kartu Prakerja.

Berikut narasi dari pemilik akun itu:

"Pak Jokowi Merevisi Perpres Kartu Prakerja. Seluruh Peserta WAJIB KEMBALIKAN UANG BANTUAN. Yang mau nangis, atau mau ketawa. Waktu dan tempat dipersilahkan."

Hingga Minggu (12/7) malam, unggahan yang viral itu telah disukai lebih dari 1.300 pengguna, diunggah ulang hingga 650 kali, dan mendapatkan 316 balasan.



Yang Harus Mengembalikan Uang Prakerja


Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Namun, benarkah Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 yang diteken Presiden Jokowi pada 7 Juli 2020 itu? meminta seluruh peserta mengembalikan uang bantuan?

Klausul soal kewajiban pengembalian bantuan biaya Kartu Prakerja, memang ada diatur dalam salah satu pasal di Perpres tersebut. Tapi kewajiban itu bukan buat seluruh peserta Kartu Prakerja.

Pada Pasal 31 C ayat (1) dijelaskan,

Penerima Kartu Prakerja yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5) dan telah menerima bantuan biaya Pelatihan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) dan/ atau insentif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 wajib mengembalikan bantuan biaya Pelatihan dan/ atau Insentif tersebut kepada negara.

Jadi hanya peserta Kartu Prakerja yang tak memenuhi ketentuan, yang harus mengembalikan dana bantuan. Bahkan tak hanya mengembalikan dana, mereka juga terancam dipidana. Hal itu diatur dalam lanjutannya yakni di Pasal 31 D,

“Dalam hal penerima Kartu Prakerja dengan sengaja melakukan pemalsuan identitas atau data pribadi, manajemen Pelaksana mengajukan tuntutan pidana yang dapat digabungkan dengan tuntutan ganti rugi kerugian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 31 D Perpres Kartu Prakerja.

gini cara bikin sumber
Diubah oleh wenwen333
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devadevadeva dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:42
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
acquavann dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 20:56
ayo dah yg pade dapet kmaren dibalikin aje
udeh waktunye setoran buat makbanteng nihemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:00
Mining data nya dah beres, saatnya tarik lg duitnya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:05
Turutin aja disini markas nya penjilaaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:10
Jadi yang mengembalikan uang itu hanya yang memalsukan identitas atau semua peserta prakerja?
profile-picture
profile-picture
anon009 dan nlc.168 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:15
Halah bidji... Sebatas "viral" Kek berita bener aje emoticon-fuck2 sabun dan bacol udah disiapin, kocok dah sampe lecet..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:29
di viralkan oleh akun sosmed yg jelas2 bayaran emoticon-Ngakak
itu dikembalikan bagi orang2 yg memalsukan identitas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:38
Ada lho yg sampe bikin 8 akun hasil pinjem KTP keluarga sm tetangganya dan semuanya ke Terima. Artinya tuh bocah sebulan dpt transferan 4.8 juta...

Emang kudu d pidana mental2 korup biar kena batunya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 21:40
hayo yang dah dapet, suruh kembaliin ama Numero Uno

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Timbulnias92 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:03
apasih.
asas legalitas sama tidak berlaku surut.. yang uda cair ya ga kena pidananya.

yang selanjutnya baru kena krn sudah jadi bansos.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:07
Yah kalau emang benar beritanya seperti itu gua berharap agar yang disuruh mengembalikan uang bantuan itu adalah orang yang melakukan pemalsuan identitas. Karena menurut hemat gua terlepas dari ada atau tidaknya bug di sistemnya, memalsukan identitas untuk mendapatkan keuntungan itu tetaplah suatu hal yang salah.
Setidaknya seperti itulah opini gua.
Diubah oleh doombreaker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suekethos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:08
yg memalsukan indentitas demi dapat bantuan itu sama saja maling

wajib dihukum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:30
Coba di tny kl pajak lebih byr mau di balikin kaga ama pemerintah

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:32
berani amet malsuin identitas buat bantuan negara. kalo terbukti langsung kena pidana itu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral,,Kartu Prakeja berujung Pidana jika tidak dikembalikan.
14-07-2020 22:48
emang bisa berlaku surut???? kepresnya kapan, uangnya diterima kapan,? kalau buat kebijakan di pikir dulu, ntr suruh ngembalikan di counter balik pake PTUN biar tambah rame
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan dikamiftahul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia