News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0ce0e0a727686b803e8710/menkes-ganti-istilah-odp-pdp-hingga-otg-corona
  Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menerbitkan peraturan baru mengenai pedoman pencegahan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Istilah orang dalam pemantauan (ODP) hingga pasien dalam pengawasan (PDP) diganti. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 20
Lapor Hansip
14-07-2020 05:32

Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona

Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona

 
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menerbitkan peraturan baru mengenai pedoman pencegahan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Istilah orang dalam pemantauan (ODP) hingga pasien dalam pengawasan (PDP) diganti.
Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) seperti dilihat detikcom, Senin (13/7/2020). Keputusan Menkes itu diteken Terawan pada 13 Juli hari ini.
[table][tr][td]Baca juga:Menkes Beri Santunan ke Keluarga 2 Nakes Corona yang Gugur di Jateng[/td]
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG CoronaAlur Manajemen Kesehatan dalam Keputusan Menkes (Foto: Istimewa)[/size][/color][/font][/size][/color][/td]

Perubahan definisi mengenai ODP, PDP, hingga OTG ini dijelaskan dalam bab III surveilans epidemiologi. Kini istilah mengenai penanganan Corona diganti dengan kasus suspek, kasus probable, hingga kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik).


"Pada bagian ini, dijelaskan definisi operasional kasus COVID-19 yaitu kasus suspek, kasus probable, kasus konfirmasi, kontak erat, pelaku perjalanan, discarded, selesai isolasi, dan kematian. Untuk kasus suspek, kasus probable, kasus konfirmasi, kontak erat, istilah yang digunakan pada pedoman sebelumnya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG)," demikian tertulis dalam aturan tersebut.

Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona

Berikut ini pengertian dari istilah baru yang tertuang dalam Kepmenkes:
1. Kasus Suspek
Seseorang yang memiliki salah satu dari kriteria berikut:
a. Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)* DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal**.
b. Orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA* DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19.
c. Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat*** yang membutuhkan perawatan di rumah sakit DAN tidak ada
penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Catatan:
Istilah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini dikenal kembali dengan istilah kasus suspek.
* ISPA yaitu demam (≥38oC) atau riwayat demam; dan disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat
** Negara/wilayah transmisi lokal adalah negara/wilayah yang melaporkan adanya kasus konfirmasi yang sumber penularannya berasal dari wilayah yang melaporkan kasus tersebut. Negara transmisi lokal merupakan negara yang
termasuk dalam klasifikasi kasus klaster dan transmisi komunitas, dapat dilihat melalui situs
https://www.who.int/emergencies/dise...uation-reports
Wilayah transmisi lokal di Indonesia dapat dilihat melalui situs [url]https://infeksiemerging.kemkes.go.id.[/url]
* Definisi ISPA berat/pneumonia berat dan ARDS dapat dilihat pada tabel 5.1 di BAB V.



https://news.detik.com/berita/d-5092...ga-otg-corona

YG PERLU DIGANTI BUKAN ISTILAHNYA,TAPI MENKESNYA

UDAH 4 BULAN MASIH BERKUTAT SOAL ISTILAH2

MAU ODP. PDP, OTG, EGP
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
darck91 dan cacarakan memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 05:34
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 05:37
Terobosan yg sungguh extraordinary emoticon-Leh Uga





Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 05:50
Tera one is number one, lanjutkan emoticon-thumbsup
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 05:51
"...Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona.."

mau ganti istilah jadi
DP (duit panjer, dewi persik) kek,
PDKT kek,
OTW kek

masyarakat kagak peduli, pak menkes!
plis deh ah, jangan aneh aneh
Diubah oleh cacarakan
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 05:55
Itu kan ada 2 bagan yang kiri test itu jelas positif negatif...

Bagan kanan berarti :
* Orang yang meninggal selama karantina selama blm ditest BUKAN merupakan penderita korona walaupun sudah suspek

* Orang yang 14 hari sembuh / hilang gejalanya setelah karantina dan tidak ditest BUKAN penderita corona

profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan caliber memberi reputasi
2 0
2
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 06:00
Menkesnya kapan di ganti emoticon-Wink emoticon-Wink makan gaji buta doank
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 06:15
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 06:47
hilih kinthil...


kenapa gak u aja yang diganti ?


emang ganti istilah bisa mengurangi penyebaran virus ya ?



emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 06:48
Terawan mesti fushion dengan Anies..
pasti mantab istilahnya..
profile-picture
profile-picture
darck91 dan junaedi1982new memberi reputasi
2 0
2
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 06:57
Kenapa cuma istilah nya yg di ganti..?
Menkes nya skalian dong emoticon-Malu
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:04
Ngilmu ke anis
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:04
ealah ganti lagi,
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:07
org nyari obat n paksin lu sibuk cari kata2
emoticon-Marah
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:12
Pergantian istilah ini akan menyembuhkan pasien corona n menghilangkan virus Corona dari Indonesia..

Pak Menkes Superr sekalii..emoticon-2 Jempol
profile-picture
nevertalk memberi reputasi
1 0
1
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:13
cuma penyesuaian istilah aja. sudah menterinya bintang 3, kepala BNPB bintang 3, kenapa nggak darurat militer aja? biar cepat beres.
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:27
Yg ngangkat mentri siapa ini, rakyat kah?
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:29
ini menteri mau saingan sama eks menteri yg dipecat itu ya

sibuk tata kata
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:31
ya elah geblek malah mikiri istilah bukan mikiri penanganan
0 0
0
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 07:36
Gw kira ahli tata kata udah dipatenkan sama anis,
emoticon-Bingung

Bu Siti,
Need you desperately here, please..
profile-picture
caliber memberi reputasi
0 1
-1
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
14-07-2020 08:00
Yang dipikirin malah istilahnya... Herman deh...
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
Menkes Ganti Istilah ODP, PDP, hingga OTG Corona
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia