Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0bff90337f9344044af8c3/norwegia-negara-paling-bahagia-nomor-3-beri-indonesia-rp81286m-kok-bisa
Hallo Agan Sista, tahukah bahwa Norwegia akan membayar sejumlah 530 juta NOK (sekitar 56 juta USD) atau sekitar Rp 812,86 Miliar jika dirupiahkan, atas keberhasilan Indonesia menurunkan emisi karbon. Apa itu Emisi Karbon? Adalah sisa (buangan) gas-gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti CO2. Nah terus kenapa si Norwegia mau ngasih kita duit gara-gara kita
Lapor Hansip
13-07-2020 13:30

Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

icon-verified-thread
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

Hallo Agan Sista, tahukah bahwa Norwegia akan membayar sejumlah 530 juta NOK (sekitar 56 juta USD) atau sekitar Rp 812,86 Miliar jika dirupiahkan, atas keberhasilan Indonesia menurunkan emisi karbon.


Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

Apa itu Emisi Karbon?Adalah sisa (buangan) gas-gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti CO2.

Nah terus kenapa si Norwegia mau ngasih kita duit gara-gara kita berhasil nurunin Emisi Karbon? Jadi gini gaes, Norwegia merupakan negara paling utara yang ada di bumi, di daerah tersebut relatif lebih dingin daripada negara-negara lain. Emisi karbon yang tinggi bisa mengikat radiasi sinar matahari yang mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrim. Oleh sebab itu Norwegia butuh mengurangi emisi gas karbon agar negara mereka tidak menjadi sangat sangat dingin. Jadi jelas ya, bahwa Norwegia sangat memiliki kepentingan akan turunnya emisi karbon di negara-negara lain, karena itupula mereka memberikan penghargaan kepada negara yang memiliki program untuk mengurangi emisi karbon, karena program tersembut dampaknya dapat membantu Norwegia.


Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

Sebagai negara yang selalu masuk top 5 negara paling bahagia di dunia versi World Happiness Report, Norwegia sangat terkenal sebagai negara yang sangat mengedepankan kenyamanan dan keamanan warganya, dimulai dari pendidikan gratis segala jenjang, buku gratis, bahkan penjara yang nyaman mereka sediakan. Apalagi ini tentang iklim negara mereka, supaya warga tak kedinginan. Jadi sangat wajar jika mereka bersedia mengapresiasi negara-negara yang memiliki program, dan berhasil menurunkan emisi gas.

Dalam 10 tahun terakhir, ini kali pertama Indonesia mendapatkan penghargaan dari Norwegia atas kerja sama Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD+).

Penilaian bahwa produksi Emisi Karbon di Indonesia menurun, dilakukan oleh pihak ketiga, tercatat bahwa selama tahun 2016-2017 Indonesia berhasil menurunkan emisi 11,2 juta ton ekuivalen karbon dioksida (CO2eq). Dana penghargaan ini akan segera diterima Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) pada tahun ini! Lumayan banget kan, Gan Sist? Kabar baiknya, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun ke depan.

Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang peduli seharusnya kita kepo nih, apa sih upaya yang dapat kita lakukan demi mengurangi emisi karbon, supaya negara kita dapat penghargaan terus dari Norwegia atas penurunan emisi karbon ini?

Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

1. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor (Pribadi)

Jika tidak terlalu jauh, tidak terlalu penting, bisa ditempuh dengan transportasi umum, atau bahkan bisa dicapai menggunakan sepeda, coba deh lakuin Gan Sist.

Apabila kita mengendarai mobil yang berbahan bakar bensin atau solar, dari satu tempat ke tempat lain, maka akan menghasilkan emisi CO2  dalam jumlah yang relatif besar. Perjalanan sejauh 1 km akan menghasilkan emisi sebanyak 200 gram CO2. Kebayang kan kalo misal setiap orang menggunakan kendaraan pribadi? Belum lagi yang menggunakan 1 mobil hanya untuk keperluan 1 orang penumpang.

2. Efisiensi Penggunaan Energi Listrik


Seperti yang sudah sering kita baca, bahwa tidur malam tanpa sinar lampu dapat membuat tubuh kita lebih berkualitas. Tinggal di negara beriklim tropis, membuat kita jarang kekurangan sinar matahari (kecuali sedang musim penghujan) oleh sebab itu, bagi yang menggunakan mesin cuci, bisa untuk mengandalkan matahari untuk mengeringkan pakaian, bukan mesin cuci sebagai pengering. Lagipula, di masa listrik sedang mahal ini, bukankah sekalian penghematan? hehe.

3. Kurangi Sampah

Bagi yang bekerja dan sering mencetak dokumen, dapat mulai mencetak dokumennya secara bolak-balik. Berhenti menggunakan kantong kresek sebagai wadah belanja juga dapat mengurangi sampah plastik dalam jumlah yang signifikan loh gan sist.


Quote:Baca Juga : Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Mungkin segitu dulu informasi ane kali ini, jika ada informasi tambahan mohon untuk jangan sungkan berbagi ya gan sist.


Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 13:32
Baru tau ada berita gini. Lumayan.... emoticon-2 Jempol

Paling seger liat berita dpt duit
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 13:33
Moga bisa digunakan sebaik dan seeebijak mungkin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 13:52
hidup disini juga bahagia ada yang tidak perlu kerja tetap bisa makan dan beli kuota.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 13:54
Quote:sebagai warga negara yang peduli seharusnya kita kepo nih, apa sih upaya yang dapat kita lakukan demi mengurangi emisi karbon


Salah satu caranya mengurangi jumlah penduduk.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 14:16
Eh lupak..

Siapa tau ada yang penasaran, Indonesia ranking 92
Malaysia ranking 80

versi World Happiness Report
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 16:47
Aku juga cukup bahagia....emoticon-Ultah

Bahagia tinggal di Negeri Dongengemoticon-Ultah
0 0
0
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 16:53
Negara yag sangat baik....sama sam diuntungkan.... kalau smua negara bisa menurunkan tingkat eisi dunia ini akan semakin menjadi tempat yang lebih baik.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 17:03
Yang nerima.. ikut bahagia emoticon-Ultah
Kitak²,,,cuma bisa baca emoticon-Ultah
Diubah oleh Bang.Bacot
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 17:57
manfaatnya buat negara sendiri juga besar, dtambah penghargaan dr Bangsa lain. smoga lebih baik kedepanya.:ayoindonesia

profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 18:18
Mantap, semoga lain waktu kita bisa memberi hadiah Negara lain dan negara kita masuk ke dalam 5Negara terbahagia juga 😂
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 18:22
Mau bahagia? Terima kehidupan kita apa adanya tapi tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik. Jangan terlalu banyak tuntutan gans, hal ini hanya akan membuat kita makin tertekan
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
13-07-2020 19:13
Iri gan...Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
0 0
0
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
14-07-2020 06:19
Mantap gan bisa buat jajan bakso itu, karena memang emisi karbon saat ini sangat berkurang dan tentu saja lebih luar biasa lagi di balik semua itu. Sehingga ke depan energi yang ramah lingkungan akan mendominasi.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?
14-07-2020 09:15
salah satu negara yang ingin ane kunjungi, Mageròi Island. Norway


tempat dimana tengah malam ditemani matahari selama setengah tahun emoticon-Leh Uga
Diubah oleh namaku374
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
The Lounge
alkohol
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia