News
Batal
KATEGORI
link has been copied
259
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0bcf3f4601cf59d872bdd2/hutama-karya-tol-trans-sumatera-tak-layak-secara-finansial
"Kendala terbesar dari proyek JTTS ini yang menjadi background kenapa Hutama Karya ditugaskan adalah karena proyek ini tidak layak secara finansial," kata Hilda dalam diskusi virtual, Sabtu, 11 Juli 2020..
Lapor Hansip
13-07-2020 10:04

Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial

Past Hot Thread
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial

Direktur Keuangan PT Hutama Karya(Persero) Hilda Savitri membeberkan kendala utama pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Menurutnya, kendala terbesar JTTS, yaitu proyek tidak layak secara finansial.

"Kendala terbesar dari proyek JTTS ini yang menjadi background kenapa Hutama Karya ditugaskan adalah karena proyek ini tidak layak secara finansial," kata Hilda dalam diskusi virtual, Sabtu, 11 Juli 2020..

Menurutnya, hal itu karena traffic yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera ini berada jauh di bawah minimum traffic yang secara komersial. Dia mengatakan tol layak secara komersial jika volume trafficnya sekitar 25 ribu. Sementara yang ada saat ini semua di bawah 15 ribu bahkan sampai di bawah 10 ribu per hari.

Selain itu, kendala pembebasan lahan tetap menjadi permasalahan di lapangan. Namun sejauh ini ini, kendala itu sebagian besar dapat diatasi dengan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Buktinya kami dalam 5 tahun bisa membangun 500 km tol, berarti itu dukungan dari semua pihak yang sangat mendukung proyek ini," ujarnya.

Kemudian, pembangunan jalan tol itu juga memiliki kendala pendanaan, karena dari total yang dibutuhkan Rp 386 triliun, saat ini hanya Rp 90 triliun yang tersedia. Artinya, masih ada sekitar Rp 296 triliun yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 2.769 km ini.

"Lalu juga kemampuan internal perusahaan, (DER) rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio sudah cukup tinggi sebesar 2,8 kali walaupun sebagian besar telah dijamin oleh pemerintah," kata dia.

Adapun, kata dia, perseroan menargetkan Jalan Tol Trans Sumatera mencapai 500 kilometer pada akhir 2020. Dia mengatakan saat ini perseroan sudah mengoperasikan 364 km dari 5 ruas tol dan sebentar lagi dalam tahap inspeksi final sebesar 131 km, yaitu ruas Pekanbaru-Dumai. Sedangkan total 771 km sedang dalam proses konstruksi.

link


Menurutnya, hal itu karena traffic yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera ini berada jauh di bawah minimum traffic yang secara komersial. Dia mengatakan tol layak secara komersial jika volume trafficnya sekitar 25 ribu. Sementara yang ada saat ini semua di bawah 15 ribu bahkan sampai di bawah 10 ribu per hari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 11:08
Ntar nek ga ada tol

Bilangnya cuma jawa aja adanya tol


Kadrun itu emang silitemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 11:10
Karena sudah memungut pajak dari rakyat, maka tugas dari pemerintah adalah membangun / menambah jalan umum/gratis agar biaya logistik makin murah dan secara tidak langsung ekonomi rakyat makin baik
Meminta BUMN membangun jalan tol,yang uangnya berasal dari hutang ke bank, dan kemudian memaksa penggunanya membayar uang tol jika hendak masuk tidak akan tidak akan membuat biaya logistik makin murah,
Apalagi pembangunan jalan tol sendiri cuma digunakan sebagai bahan kampanye dan diklaim sebagai prestasi pemerintah di bidang infrastruktur
0 0
0
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 11:10
coba digratisin aja emoticon-Leh Uga emoticon-Ngacir2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 11:31
Klo di Sumatra aja g bonafide apalagi di Papua emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 11:40
Tol trans sumatra ko indikatornya trafic,memamangnya tol dalam kota,,smpe 2024 juga lintas sumatra ga akan ramai,wong konturnya bnyk hutan dan kebon sawit,udh gitu klo lewat lahat bnyk begalnya lgi.. udh benernlah bikin tol,lebih gampang di awasi dri segi keamanan ketimbang patroli jalur lintas..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 12:22
Ditambah lagi masa Covid-19 gini, tambah ambles traffic pas lebaran
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 12:32
Namanya juga janji politik. Tol darat, tol laut, tol kon.
Ya hutama sebagai Bumn ya kerjain dongs perintah presiden. emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 12:54
Quote:Original Posted By o@s!s
nafsu gede, tenaga gak ada. lol


Cara ente berpikir itu primitif

Kalo ente mikir seperti itu terus
Ga bakalan bisa bangun jalan tol

Dan gw tebak ente pasti jadi babu orang bukan pengusaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 13:00
Quote:Original Posted By superman313
sama kek kereta solo-bandara mangkrak krn blm ada permintaan. haruse beli lahan dulu bangunnya bsk klo dah butuh. buang2 duit negara cuk


Kereta Solo-Bandara bukannya udah jalan ya dan cuman berhenti sementara karena covid-19 emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 13:40
kalau pegawai tak layak secara finansial knapa di pertahankan, apa lagi terima dari jalur belakangemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 18:51
semoga nanti kalo udah jadi, makin banyak orang yang minat pindah ke sumatra karena fasilitasnya dan aksesibilitasnya udah bagus...

tinggal lapangan pekerjaan dan warga sekitar mau menerima pendatan gak?? agak lucu juga tempat yang masyarakatnya biasa merantau, sekarang kedatangan perantau hehe emoticon-Shakehand2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
13-07-2020 20:52
financial matalo soekk... ini demi negri bukan melu² soal bisnis...
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 05:40
Klo gw sih mikirnya sarana bagus, mancing ekonomi meningkat
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:30
Terancam mandek ini
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:34
perencanaan kurang matang mungkin ya jadi tidak disesuaikan dengan dana yang ada
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:35
Kok Bisa jadi dir keuangan....

Cluster perumahan / apartemen pas dibangun jg ga ada penghuninya..

Akses mudah, ada tol, bukannya bisa menstimulasi pembangunan/ekonomi setempat jadi maju?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:35
Jangan cuma lihat secara finansial perusahaan

Lihat secara ekonomi bagi para pengguna

Itu sopir2 setidaknya jauh lebih aman dari para bajing loncat dan bajingan2 lainnya

Ya bumn mah mana mikir ke sana yg penting perut kenyang emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:36
Yaiyalah klo itung itungan business jelas tdk menguntungkan secara intensitas kendaraan yg lewat sgt sedikit.

Begitu juga kalo bicara kebutuhan sebetulnya butuh gak butuh. Kecuali kalo visinya adalah pemerataan pembangunan...
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:38
Ya jangan ngejar komersialnya melulu kali ya...
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
14-07-2020 08:41
klo beneran ini jadi, kayanya pemudik bakalan banyak pake kendaraan pribadi.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia