News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0bb580facb954c833beedf/alasan-anies-klaim-tak-langgar-janji-kampanye-reklamasi-ancol
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsistensi janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menolak upaya reklamasi di kawasan Teluk Jakarta menjadi pertanyaan publik bekalangan ini. Sebab, Anies sendiri belakangan ini justru memberi izin kepada PT Pembangunan Jaya Ancol untuk melakukan reklamasi atau perluasan kawasan Ancol. Namun izin yang dikeluarkan dalam bentuk Keputusan Gubernur 237 tahun
Lapor Hansip
13-07-2020 08:14

Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol

Quote:Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol

Jakarta, CNN Indonesia -- Konsistensi janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menolak upaya reklamasi di kawasan Teluk Jakarta menjadi pertanyaan publik bekalangan ini. Sebab, Anies sendiri belakangan ini justru memberi izin kepada PT Pembangunan Jaya Ancol untuk melakukan reklamasi atau perluasan kawasan Ancol.

Namun izin yang dikeluarkan dalam bentuk Keputusan Gubernur 237 tahun 2020 itu diklaim Anies bukan bentuk pelanggaran janji kampanye.

Sejumlah alasan dikemukakan Anies. Salah satunya adalah reklamasi Ancol berbeda dengan proyek reklamasi 17 pulau di teluk Jakarta yang sebelumnya telah di cabut izinnya.

"Ini berbeda dengan reklamasi (17 pulau) yang Alhamdulilah sudah kami hentikan dan menjadi janji kami pada masa kampanye itu," ujar Anies dalam video yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI, kemarin.

Anies bahkan menegaskan semua janjinya dalam kampanye Pilgub DKI Jakarta 2017 itu akan terus dilaksanakan.

Lebih lanjut, Mantan Rektor Paramadina itu mengklaim Keputusan Gubernur Nomor 237 Tahun 2020 tentang Izin Pelaksanaan Perluasan Kawasan Rekreasi Dufan dan Ancol itu justru bertujuan untuk kepentingan rakyat.

Anies menyebut perluasan kawasan Ancol ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menyelamatkan Jakarta dari banjir. Sebab, kata dia, tanah untuk reklamasi Ancol berasal dari kerukan 13 sungai dan lebih dari 30 waduk di Jakarta dan sekitarnya.

Hal itu disebabkan karena reklamasi Ancol justru memanfaatkan lahan yang sudah dikerjakan selama 11 tahun dan tak mengingkari janji kampanyenya selama ini. Total saat ini ada 3,4 juta meter kubik tanah hasil pengerukan sungai dan waduk di Jakarta.

Bahkan, Anies berkukuh upaya reklamasi Ancol sama sekali tak bertabrakan dengan kepentingan para nelayan dan tak merusak tatanan masyarakat.

"Justru ini menjadi pelengkap bahwa kita memang mengedepankan kepentingan umum, mengedepankan ketentuan hukum, mengedepankan keadilan sosial," kata dia.

Sementara reklamasi 17 pulau dulunya menurut Anies bukan proyek untuk melindung warga dari bencana.

"Di sana ada pihak swasta berencana membuat kawasan komersial membutuhkan lahan lalu membuat daratan membuat reklamasi," katanya.

Reklamasi 17 pulau itu juga dinilai Anies ada unsur menerebas ketentuan lingkungan hidup, hilangnya hajat hidup kampung nelayan seperti di Kamal Muara dan Muara Angke, serta berhadapan dengan Cengkareng Drain dan muara Sungai Angke sehingga mengganggu aliran sungai ke laut lepas.

"Jadi bukan membantu mengendalikan banjir tapi malah berpotensi menghasilkan banjir," kata Anies.

Sementara untuk perluasan Ancol menurut Anies selain bagian untuk menyelamatkan banjir, juga dimanfaatkan untuk rakyat dan tidak mengganggu kegiatan nelayan dan aliran sungai.

Kawasan yang diperluas juga diklaim Anies bukan untuk kepentingan eksklusif atau sekadar kemorsial. Namun nantinya akan jadi lahan yang bermanfaat bagi rakyat Jakarta.

"Saya tegaskan, perluasan kawasan Ancol ini memang bukan bagian dari proyek reklamasi yang bermasalah itu," katanya.

Diketahui, Anies telah mengeluarkan izin pengembangan kawasan rekreasi untuk PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dengan total luas 155 hektare.


Sebelumnya, janji untuk menolak reklamasi merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan di Anies bersama pasangannya kala itu, Sandiaga Uno kepada masyarakat ibu kota dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.


Kala itu, Anies menyatakan reklamasi di teluk Jakarta hanya memberikan dampak buruk, khususnya kepada para nelayan.

Kini, janji itu dinilai tak konsisten. Bahkan, pelbagai elemen masyarakat ramai-ramai menolak keputusan Anies tersebut.

Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) menyayangkan sekaligus menolak Kepgub 237/2020 yang dikeluarkan Anies tersebut.

Lalu, Relawan yang mengatasnamakan Jaringan Warga (Jawara) Anies-Sandi mengingatkan Anies agar segera mencabut izin reklamasi di kawasan Ancol dan Dufan. Mereka kecewa Anies mengingkari janji kampanye untuk menghentikan reklamasi.


(rzr/sur)
https://m.cnnindonesia.com/nasional/...eklamasi-ancol


Mungkin yg ngelanggar nelayan ah elah.. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:19
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:21
Yg salah nelayan nya krn udah goblok mau d bohongi pke ayat.


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:23
dalam ajaran tertentu berbohong bole kok.... malah dianjurkan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:28
Janji ko dilaksanakan...
Ditepati lah ...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:46
Janjiny sungai mau d naturalisasi koq sekarang cuman d keruk???

Kalo mulai sekarang d keruk, kapan kelarny proyek ente naturalisasi????

Buang lumpur boleh ngeruk kali buat nimbun itu udah dari dulu begitu...

Buang buang waktu aja DKI dipimpin Anies...

emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:48
Suka2 lo deh pak

Ni maka ny gw plg males urusan sama org yg gelar sarjana ny bejibun, tp bukan dpakai buat kemaslahatan org banyak, malah dpakai buat menguntungkan diri sndiri n golongan ny dan ngjilat janji sndiri
Diubah oleh pertapa.gila77
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 08:49
Padahal bagus sih idenya pak Anies ini
Karena akan memperluas dataran

emoticon-2 Jempol
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 09:11
Sbenernya capek komentarin wan abud...

Logika aja deh, jakarta boleh dibilang pusatnya segala di indonesia terutama kemajuan masyarakatnya. Ini koq masih bisa begok milih org model kek wan abud...

emoticon-No Hope daah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 09:25
Iya ane tau, wan.. Ente ga melanggar. Wong tanah nya nongol sendiri dari bawah.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 09:29
Ane sih percaya penuh sama bapak anies emoticon-Blue Guy Smile (S)

Terbukti beberapa bulan ke belakang jakarta udah gak pernah banjir lagi, itu berkat kerja cerdas beliau emoticon-Blue Guy Smile (S)





















































emoticon-Kiss
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 10:18
memang sangat ahli bertata kata.

emoticon-Ngakak
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 10:22
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 10:38
Selamat warga Djkardah sudah dibohongi dengan Ayat dan mayat.
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 11:07
Makan tuh hasil jualan ayat dan mayat...


Wkwkwkwkwkwkwk
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 11:41

@serdaduklasik84

Ya, sebenarnya warganya yang salah, mau aja "dibohongi pakai..."
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 13:34
masih inget si botak geiz chalifah yang mati2an belain anies pas acara ILC???

Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
dewan komisaris ANCOL



disitu hubungannya
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 16:18
Sudahkah anda merasa dibodohi emoticon-Cool
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
13-07-2020 17:29
Pake tanah hasil ngeruk 13 sungai dan 30 waduk pemirsah. Beneran gak tu ngeruk sungai?. Kalo banjir masoh parah artinya gak ngeruk sungai
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
18-07-2020 16:56
Yang jelas reklamasi sekarang lebih barokah
Disetujui oleh gubernur pribumi seiman
Yang ga setuju nanti mayitnya ga usah dimandiin
0 0
0
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
18-07-2020 16:58
Alasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi AncolAlasan Anies Klaim Tak Langgar Janji Kampanye Reklamasi Ancol
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia