Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
367
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0b29b765b24d0cf876187d/masakan-jawa-kok-manis-sunda-kok-banyak-lalapan-padang-kok-pedes-kenapa
Di daerah sunda sendiri, tanah priangan. Pasti gansis tau kalo masakan sunda itu selalu dihidangkan bersama lalapan, walopun mungkin gak semua orang sunda seperti itu dalam menyajikan masakan yang dibuatnya sendiri. Ato orang padang yang terkenal dengan selera masakan yang bercita rasa pedas dan bersantan.
Lapor Hansip
12-07-2020 22:18

Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?

Past Hot Thread
Selamat datang gansis semua di trit ane emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Quote:



Kalo bicara tentang makanan. Negeri kita ini memang jawaranya kalo soal variasi hidangan. Dari sabang sampe merauke, setiap daerah pasti punya menu tersendiri. Apalagi ane yang berasal dari keluarga jawa, tidak pernah lepas dari masakan yang berasa manis.


Kenapa sih masakan jawa itu terkenal manisnya ? Ane yang bingung pun pernah nanya ke ortu tentang pertanyaan itu. Namun, jawaban yang di dapat terbilang biasa dan lebih mengarah ke opini pribadi, seperti "biar hidup kita terus manis dan terhindar dari kepahitan serta kesengsaraan", kata bapak ane ato juga ada pendapat lain "kan karna dikasih kecap", kata emak ane emoticon-Big Grin. Yah, apa pun itulah bikin ane tambah penasaran kenapa bisa begitu.


Di daerah sunda sendiri, tanah priangan. Pasti gansis tau kalo masakan sunda itu selalu dihidangkan bersama lalapan, walopun mungkin gak semua orang sunda seperti itu dalam menyajikan masakan yang dibuatnya sendiri. Ato orang padang yang terkenal dengan selera masakan yang bercita rasa pedas dan bersantan.


Semua hal itu bikin ane bertanya - tanya, why ? and why ?


Setelah ane baca, baca, baca... Ternyata ane dapat kesimpulan dari hal itu semua.

Quote:


Masakan sunda yang terkenal akan lalapannya itu gak lepas di pengaruhi oleh budaya, tradisi, karakter masyarakat serta letak geografis dan keadaan alam tanah sunda itu sendiri gansis. Tanah sunda yang terletak di Jawa Barat dan dikelilingi oleh pegunungan membuat daerahnya begitu subur. Beragam jenis tanaman juga dapat tumbuh tanpa banyak masalah di tanah sunda. Keadaan alam yang dingin khas daerah pegunungan akhirnya membuat orang sunda berupaya membuat makanan yang mampu meningkatkan rasa panas dalam tubuh. Cabe, yang relatif mudah ditemukan dan mudah tumbuh di tanah Sunda menjadi pilihan untuk diolah menjadi sambal. Namun, ada juga sumber lain yang bilang bahwa kegemaran masyarakat sunda makan lalap sejalan dengan budayanya yang mementingkan harmoni manusia dengan alam. Kehidupan masyarakat sunda yang pola hidupnya berusaha menyatu dengan alam itu, membuat mereka akhirnya memiliki pengetahuan tentang tumbuhan mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak.

Quote:


Lalu gimana dengan masakan padang yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan sering menggunakan santan ?


Yang ane liat dari berbagai sumber kenapa masakan padang bisa berasa pedas dan bersantan ialah karna berasal dari faktor geografis, sejarah, dan budaya. Sejak dulu, daerah asal Minangkabau terbagi menjadi 3, yang dikenal sebagai luhak nan tigo, yaitu Luhak Agam, Luhak Limapuluh Kota dan Luhak Tanah Datar. Asal usul masakan minang/padang berasal dari 3 daerah tersebut yang mana merupakan daerah dataran tinggi dan juga disebut darek. Daerah darek dikelilingi oleh hawa dingin, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu yang hangat bagi penduduknya. Salah satu caranya adalah melalui masakan, penggunaan cabe di dalam resep masakan agar menjadi pedas dan menghangatkan badan. Kurang lebih mirip dengan di daerah sunda ya gansis, cabe dalam suatu masakan digunakan untuk tujuan yang sama hanya saja pengolahannya yang berbeda, kalo di sunda sering dibuat sambel kalo di minangkabau/padang langsung dimasak bersama hidangan utama. Lalu, kenapa masakan padang banyak make santan ? ... Hal itu gak lain karna adanya pengaruh india yang masuk di pelabuhan pesisir sumatra barat pada zaman dulu.

Quote:


Trus kenapa masakan jawa tuh identik dengan yang manis - manis ?


Setelah tadi kaga nemu jawaban yang sreg dari narasumber terdekat ane. Barulah ane dapetin kesimpulannya kalo rasa manis dalam masakan jawa bisa dikaittin dengan banyaknya suplai gula di jawa pada zaman kolonialisme dulu. Semua berawal pada tahun 1830, ketika belanda menjajah Indonesia. Pada waktu itu gubernur jenderal van der bosch yang berkuasa di Hindia Belanda (Indonesia kala itu) memberlakukan sistem tanam paksa atau Cultuurstelsel. Tanam paksa yang diberlakukan si gubernur jenderal, bertujuan untuk mengisi kas belanda yang kosong karena terkuras oleh perang berkepanjangan melawan pangeran diponegoro dan pasukannya, atau yang terkenal disebut dengan perang jawa (De Java Orloog) yang berlangsung pada 1825-1830. Gubernur jenderal memerintahkan petani di jawa tengah dan timur waktu itu untuk menanam tebu, sehingga banyak lahan yang dulunya sawah tergantikan oleh tebu tadi. Akibat eksploitasi lahan yang dilakukan waktu itu mengakibatkan rakyat di jawa mengalami kelaperan. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pangan sebab udah gak ada lagi lahan untuk menghasilkan bahan makanan. Dalam kondisi yang serba sulit begitu hanya tersedia tebu, akhirnya masyarakat jawa menjadikannya alternatif untuk bertahan hidup. Semua olahan masakannya pun menggunakan air perasan tebu sehingga masyarakat jawa sangat akrab dengan rasa manis. Alhasil, hingga kini masakan khas jawa identik dengan rasa manis yang amat legit. Bahkan, ada yang mengatakan sambel di jawa pun terasa manis, meski gak semuanya.


Quote:



Nah, sekarang yang bisa disimpulkan dari asal muasal cita rasa masakan diatas, kok bisa masakan jawa manis, sunda banyak lalapan, dan padang/minang terasa pedas tidak lain karena berbagai faktor geografis, budaya, tradisi, maupun sejarah.


Masakan jawa bisa manis karna sejarahnya dulu sebagai alternatif masakan saat masa kelaparan akibat eksploitasi lahan sawah jadi lahan tebu yang mana mengakibatkan suplai gula berlebih.


Masakan sunda banyak lalapan karna kondisi geografis disana ditambah tanahnya subur serta budayanya yang menyatu dengan alam.


Masakan padang identik pedas karna kondisi geografis disana pula serta pengaruh penggunaan santan yang dibawa dari india di pelabuhan - pelabuhan pesisir sumatra barat.



Terjawab sudah pertanyaan - pertanyaan tersebut, kenapa masakan - masakan ntuh bisa begituh.

emoticon-Nyepi

Terima kasih yang sudah membaca


Ane akhiri sampe disini

emoticon-Hai

Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?


sumber referensi:
Sumber 1, 2, 3, 4, dan 5
Gambar oleh google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 57 lainnya memberi reputasi
58
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
12-07-2020 22:18
Apa kata kaskuser ?

Quote:Original Posted By altara96
Ane yg turunan minang tapi gk tinggal di sumbar kadang bingung karena kalau di rumah "sambal" artinya "lauk" sdngkan umumnya "sambal" identik dgn "cabe". Mngkin ini alasan kenapa masakan padang pedes karena apapun lauknya ttp disebut sambal emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By pulaukapok
Jawa pesisir, semarang sampai tuban cenderung pedas mas gan. Terutama Pati
#mangutikanbakar.

Quote:Original Posted By sedotninja
katanya emang terpengaruh sama budaya, kultur, sampai melimpahnya bahan baku di sebuah daerah.. walaupun gak menutup kemungkinan orang jawa juga doyan lalapan dan makanan pedes hehehe emoticon-Shakehand2

contoh lain bisa dilihat pas kita pesen teh (tanpa embel-embel tawar/manis) di warung.. kalo kita pesen di jawa barat pasti keluarnya tawar, sedangkan di jawa tengah otomatis manis karena dikasih gula emoticon-Toast

Quote:Original Posted By marikemana
keknya klo masakan jawa dikata manis, gak bisa jg sih. klo jogja sm solo emg dominan manis gan. tp beda hal sm jawa daerah timur, macem jatim surabayaan gt. justru dominan asin pedes sih makanannya

Quote:Original Posted By jrsbjs
masakan sunda juga identik dengan asin gan emoticon-Big Grin
dan di sunda kenapa teh nya itu pait? selain karena dataran sunda penuh dengan tanaman teh, teh yang rasanya pahit itu sebagai penetral dari rasa asin.

Quote:Original Posted By galigulagalu
Kalo kata guru sejarah ane kenapa wilayah jawa tengah, sama jawa timur diidentikan sama masakan yg manis manis karena waktu dulu berkembang pesat banget perusahaan gula di sekitar wilayah itu. Mungkin faktor itu pula yang mempengaruhi cita rasa makanan. Buat di padang sama daerah sumatra lainny kenapa pedas, karena cita rasa pedesnya dari rempah2 yg banyk di daerah sana hehehehe katany sih gitu

Quote:Original Posted By neverdrie
bener2 jawa manis semua. dulu pas ane tinggal di jawa, ane pernah dihidangin gula dikasih teh, bukan teh digulain

rata2 manis2 semua, kangen sama yg pedes2 gurih gitu

Quote:Original Posted By roeang15
bener banget, bahkan di catatan sejarah orang sunda yang ke jawa bakalan ngomel kalo beli teh suruh bayar
padahal di sunda kan teh tawar bisa didapetin secara gratis
pengaruh perkebunan teh disana, dan makanan manis di jawa ada sangkut pautnya sama perkebunan tebu

Quote:Original Posted By assassin.xin
Ane org jawa yg awal2 pindah ke JKT smpet bingung, kok beli bakso di JKT gak dikasih kecap ya, klo di jawa mw beli mie ayam / bakso langsung otomatis dikasih kecap manis 🤣
Diubah oleh Ariwanas
profile-picture
yuri21 memberi reputasi
1 0
1
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
12-07-2020 22:21
Manis seperti ane emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
12-07-2020 22:22
Ane yg turunan minang tapi gk tinggal di sumbar kadang bingung karena kalau di rumah "sambal" artinya "lauk" sdngkan umumnya "sambal" identik dgn "cabe". Mngkin ini alasan kenapa masakan padang pedes karena apapun lauknya ttp disebut sambal emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gludin dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
12-07-2020 23:10
gapapagan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
22indrag dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
12-07-2020 23:39
Itu lah Indonesia bree...

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 00:17
Wooo nice info Gaan

Sebagai asli Sunda dan belom pernah merantau ke provinsi lain (wkwk) ane kira orang sini demen lalab gara2 biar seger we. Bener sih emang, buat cocolan sambel. Lalab favorit ane : labu siam yang dikukus emoticon-Malu (S)


Diubah oleh online.addict
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 02:41
pernah makan empal di surabaya, wih gila manisnya kebangetan.. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 03:55
makan yg pedes2 biar nampol emoticon-Big Grin
Diubah oleh superandik
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 05:27
keanekaragaman yg bikin ane suka masakan Indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 06:42
Kebiasaan para orang-orang jawa dan sunda serta lainnya berbeda, jadi makanan berbeda. Silahkan bisa disesuaikan saja untuk menunya yang penting sehat halal. Badan sehat dan seger dengan itu semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 06:46
nenek moyang gw malahan hobi pedes and manisemoticon-Bingung



#batakolektor
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 08:16
Jawa pesisir, semarang sampai tuban cenderung pedas mas gan. Terutama Pati
#mangutikanbakar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
markocad dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 09:22
tapi aselinya orang jawa itu suka makanan pedas tidak bisa makan tanpa sambal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 13:34
lidah ane juga gitu, kalo makan ga ada rasa manis walaupun sedikit rasanya kurang
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 13:45
baik makanan sunda, jawa ataupun padang semua ane suka emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 15:04
katanya emang terpengaruh sama budaya, kultur, sampai melimpahnya bahan baku di sebuah daerah.. walaupun gak menutup kemungkinan orang jawa juga doyan lalapan dan makanan pedes hehehe emoticon-Shakehand2

contoh lain bisa dilihat pas kita pesen teh (tanpa embel-embel tawar/manis) di warung.. kalo kita pesen di jawa barat pasti keluarnya tawar, sedangkan di jawa tengah otomatis manis karena dikasih gula emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
markocad dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 20:04
Nice emoticon-Recommended Seller
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 20:05
Mon maap, mak gua kalo masak pedes mulu. Dahal jawa tulen. Di keluarga cuma adek ane doang yg doyan manis.

Tapi emang kalo maen ke tempat mbah ane di jogja, itu teh manis kayak gulanya 4 sdm
Diubah oleh makanjajanjalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shoyusushi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 20:06
saya suka semuanya.

apalagi nasi padang paket 10rb.
emoticon-Cool
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
13-07-2020 20:06
Rawon Jawa tapi ga manis gan. Ane sukaemoticon-Malu
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia