News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0ae77310d2955b8e6d40ad/viral-batik-diklaim-milik-china
Jakarta, CNBC Indonesia - Media China, Xinhua News, buat geger. Pasalnya, media China ini menyebut bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China dan sudah ada di negara itu sejak lama. "Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskann
Lapor Hansip
12-07-2020 17:35

Viral! Batik Diklaim Milik China

Viral! Batik Diklaim Milik China

Jakarta, CNBC Indonesia - Media China, Xinhua News, buat geger. Pasalnya, media China ini menyebut bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China dan sudah ada di negara itu sejak lama.

"Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina," tulis media itu di Twitternya, @XHNews, Minggu (12/7/2020).

[Gambas:Twitter]


Dalam postingan itu juga disertai video berdurasi 49 detik, di mana isinya merupakan proses pembuatan batik.

"Batik adalah kerajinan tradisional China. Ini biasanya digunakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern," bunyi tulisan dalam video itu.

Postingan media itu pun langsung ramai dipenuhi tanggapan. Selama sekitar satu jam sejak diposting, sudah ada 40 kali retweet dan 106 suka dalam postingan. Ada sekitar 20 komentar dari pengguna internet (netizen) di postingan itu, termasuk dari netizen Indonesia.

"@XHNews Batik berasal dari Jawa Indonesia dan tersebar di seluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balik fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China," tulis akun @ srinidhi24.

"@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia / Indonesia," timpal pengguna Twitter @PhaniPrasad.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...im-milik-china
Diubah oleh Lockdown666
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:40
aslinya dari mesir

Seni pewarnaan kain dengan teknik perintang pewarnaan menggunakan malam atau lilin adalah salah satu bentuk seni kuno. Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini telah dikenal semenjak abad ke-4 SM, dengan diketemukannya kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam untuk membentuk pola. Di Asia, teknik serupa batik juga diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti T'ang (618-907) serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794). Di Afrika, teknik seperti batik dikenal oleh Suku Yoruba di Nigeria, serta Suku Soninke dan Wolof di Senegal.. Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an

dan cina memang duluan kenal batik sebelum indo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fat.max dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:42
Repost
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:43
Saling klaim gk ada habis adu bagus-bagusan motif aja dah emoticon-Request
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:45
nokiaa aja di klaiimm jadinya NOKLA..... ekwkkww....



tinghoaaa disini kalo ada kasua begini dukung mana ???? hayoooooo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:46
Seni batik ada di setiap peradaban yg pelopornya mesir. Hanya namanya yg berbeda beda. Itu nitijen ngasal mangap tanpa di lihat dl jenisnya
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:47
jangann klaimm batikk... tapiii klaim saja cara ngewarnai kain....

batik jelasss Indonesia....
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:48
Kalau yg klaim juragan ya pasti bilang juragan kenal lebih dulu, kalau yg klaim tetangga langsung ajak perang emoticon-Ngakak (S)

Oalah gini amat mentalnya emoticon-Malu
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:50
bingung sm berita ginian yg geger siapa? org sini adem2 aja, rendang juga di klaim malay sama spore tapi pas mereka cobain yang paling enak ttp punya indonesia
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:52
kalau juragan yang klaim pada diam. wkwkwk
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:54
sepakbola aja diakui berasal dari Cina emoticon-Wakaka
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 17:57
batik dari arab

keris dari cina menglen


0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:02
SAATNYA KITA BERSATU HANCURKAN CINA KOMONES emoticon-Belgia
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:08
taik manusia juga made in china
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:10
yg jelas penamaan batik itu dari indonesia masa mo diklaim
meski dinegara laenpun sudah ada seni lukis di atas kain yg jelas namanya bukan batik.
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:18
Dya lom taw sapa yg bikin great wall emoticon-Cool
Klo mereka taw itu bikinan wan bonbon, sudah terlambat untuk menyesal emoticon-Marah
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:27
Berarti gak ada efeknya nih presiden naik KRI????
Kalo gitu naik pesawat tempur ajah, xixixix... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:35
tekniknya (tulis lilin + celup warna) sih sudah ada lama jauh sebelum ke yunan.
dari yunan baru tersebar lebih ke bawah lagi.

yang unik dari batik indo itu adalah motif-nya. lihat aja tuh beda dengan yang di ilustrasi berita.

pertanyaannya:
batik itu sudah jadi kosa kata universal atau tetap khusus untuk kain lilin tulis celup motif indo?
kalau masih khusus kosa kata milik indo, ya suruh cinaknya pake bahasa mereka aja.

gitu aja kok repot. apalagi batik bukannya statusnya sudah di bawah gamis kadrun?
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 18:41
Ngapain cina pake nama batik yg sama
Kek gak ada nama lain aja
0 0
0
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 19:48
"Batik adalah kerajinan tradisional China. Ini biasanya digunakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan

nenek moyang bangsa pribumi indonesia kan dari yunan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral! Batik Diklaim Milik China
12-07-2020 20:07
ya terserah mau klaim apa benda itu asal namanya bukan batik dan pasti mereka dak pake nama itu. yg terang2nya namai motif spt itu batik ya cuman malingsia aja. negara tanpa kebanggan sejarah hahaha
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia