News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0aa274a2d1953f7a64e2a2/diketuai-megawati-berapa-anggaran-apbn-untuk-kegiatan-bpip
JAKARTA, KOMPAS.com - Gejolak polemik Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila ( RUU HIP) seringkali dikaitkan dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) sebagai penjaga ideologi Pancasila. Dikutip dari laman resminya, Minggu (12/7/2020), BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebija
Lapor Hansip
12-07-2020 12:41

Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?

Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejolak polemik Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila ( RUU HIP) seringkali dikaitkan dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) sebagai penjaga ideologi Pancasila.

Dikutip dari laman resminya, Minggu (12/7/2020), BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila.

Tugas lainnya yaitu melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.

Lalu memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). Duduk sebagai Ketua Dewan Pengarah yakni Megawati Soekarnoputri.

Lalu, bertugas sebagai penjaga ideologi Pancasila, berapa anggaran APBN untuk BPIP beserta kegiatannya?

Dikutip dari Nota Keuangan 2020, pada tahun 2020, pagu alokasi anggaran BPIP sebesar Rp 216,9 miliar yang seluruhnya bersumber dari APBN.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan BPIP antara lain mendukung Prioritas Nasional 4 “Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan” di mana tertuang pada Program Prioritas 1 yaitu “Revolusi Mental dan Pembinaan Ideologi Pancasila”.

Tugas-tugas BPIP tersebut, masih menurut Nota Keuangan 2020, akan dilaksanakan dalam Kegiatan Prioritas 5 yaitu pembinaan ideologi Pancasila, pendidikan kewarganegaraan, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Pada tahun 2019 BPIP mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 404,1 miliar, atau naik sebesar Rp 335,2 miliar (487 persen) dibandingkan pagu anggaran BPIP tahun 2018 sebesar Rp 68,9 miliar.

Peningkatan anggaran tersebut disebabkan BPIP sebagai lembaga baru, memerlukan percepatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana, serta peningkatan dan pemenuhan kelembagaan dan sekaligus peningkatan kuantitas serta kualitas sumber daya manusia.

Kegiatan yang sudah dilakukan BPIP antara lain sosialisasi “Menggali Mutiara Pancasila dan Semangat Gotong Royong” bersama Komisi II DPR RI.

Lalu penyelenggaran perayaan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, penyusunan buku “Historisitas Pancasila dan Pandangan Masa Depan”.

Kegiatan lain yakni penyusunan buku khusus tentang sejarah kelahiran Pancasila serta penyusunan draft Garis-garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBH-IP).

Di tahun 2020 BPIP akan melanjutkan kegiatan prioritas antara lain finalisasi GBH-IP dan Peta Jalan pembinaan ideologi Pancasila, penyusunan draft standarisasi materi dan metode pembinaan ideologi Pancasila ASN, TNI/POLRI dan pejabat negara.

Berikutnya kegiatan penyusunan draft standarisasi materi dan metode pembinaan ideologi Pancasila formal, nonformal, dan pejabat negara.

Lalu penyelengaraan pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila bagi ASN, dan
reviw regulasi yang bertentangan dengan Pancasila, serta penyusunan dan pelaksanaan strategis inovasi pembudayaan dan pembudayaan gotong royong.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 12:48
Magabut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 12:57
Sampai skrg ane gak ngerti apa gunanya BPIP

Kerjaan gak ada tapi gaji gede bingit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:00
Ya mau gimana lg

Secara ketua BPIP itu majikannya presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:01
ongkang2 kaki ngangkang doang digaji
rupanya bpip dibentuk untuk rubah pancasila
diperes jadi trisilit kemudian diperes lagi jadi ekasilit
diperes lagi jadi silite nastaik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:04
Kegiatannya sosialisasi dan membuat buku, emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:06
Bakar duid
profile-picture
profile-picture
chisaa dan db84x3 memberi reputasi
2 0
2
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:10
BPIP hanya pemborosan anggaran.
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:24
Kunyuker ini banyak omong, udah milih doi2 ini ya udah diem sat, lagi bantu2 ngasih duit mereka dikit kenapa sih? Kampanye tuh abis duit banyak
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:29
Quote:Pada tahun 2019 BPIP mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 404,1 miliar, atau naik sebesar Rp 335,2 miliar (487 persen) dibandingkan pagu anggaran BPIP tahun 2018 sebesar Rp 68,9 miliar.


kerjaan paling enak sedunia
modal leyeh leyeh

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
chisaa dan db84x3 memberi reputasi
2 0
2
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:40
Ndoro wati bersabda kepada jongoswi dan kacung kacungnya,
Diubah oleh kafiradikal
profile-picture
profile-picture
chisaa dan db84x3 memberi reputasi
2 0
2
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:51
berani kutak katik kursi ndoro ratu
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 13:58
Anggaran buat BAIK gak ada seujung kuku yg d rampok sm Arab Yaman d DKI....

3 thn menjabat artinya 224 trilyun dr anggaran doang cm nyangkut bikin trotoar sm jalur sepeda doang....

emoticon-Marahemoticon-Marah
profile-picture
Skyland999 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:07
Situs revolusi mental mana ?????
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:09
SOSIALISASI NENEK LU
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:22
Selama masih ada kadrun yang tereak khilafah, kerja lembaga ini anggap aja ga ada...

emoticon-Big Grin
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:23
BPIP di buat agar angggota pdip yang pancasilais itu ga ada yg korupsi
profile-picture
i.macintosh memberi reputasi
1 0
1
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:24
lahan basah selagi jd majikan
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:39
Mirip2 kaya menteri kelautan ni ceritanya. Harusnya wiwi berani bubarin
0 0
0
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:43
Banyak kadrun diatas ane
Ckckckck
Dasar kadrun anti kebhinekaan
profile-picture
Veritonix memberi reputasi
0 1
-1
Diketuai Megawati, Berapa Anggaran APBN untuk Kegiatan BPIP?
12-07-2020 14:49
lembaga gak jelas anggaran gedhe kegiatan gak jelas goblok
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia