Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0a89f9c820843f7a35076d/oktober-masa-berlaku-sim-berubah-ini-infonya-gan
Pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pemilik kendaraan rupanya sudah bergeser masa berlakunya, kalau dulu mengikuti tanggal lahir, tapi kini tidak lagi. Kita sebagai pemilik SIM sudah saatnya mengecek masa berlaku SIM sekarang juga, masih berlaku atau tidak karena Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuat peraturan baru tentang hal ini. Yakni berdasarkan tanggal terbit cetak SI
Lapor Hansip
12-07-2020 10:56

Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan

icon-verified-thread
Pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pemilik kendaraan rupanya sudah bergeser masa berlakunya, kalau dulu mengikuti tanggal lahir, tapi kini tidak lagi.

Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan

Kita sebagai pemilik SIM sudah saatnya mengecek masa berlaku SIM sekarang juga, masih berlaku atau tidak karena Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuat peraturan baru tentang hal ini. Yakni berdasarkan tanggal terbit cetak SIM tersebut sejak Oktober 2020 nanti.


Berdasarkan surat telegram korlantas nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019, jadi nantinya masa kedaluwarsa SIM akan bergantung pada tanggal pencetakan. Hal ini ditegaskan kembali di Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 terkait masa berlaku SIM yaitu tetap 5 tahun.

Sejujurnya saya sendiri juga baru tahu setelah membaca berita ini di laman yang jadi sumber tulisan. Alhamdulillah, masih 3 tahun dan 4 tahun lagi. Nah, bagaimana dengan umur SIM mu, gan apakah masih berlaku?

Mengapa info ini belum banyak yang mengetahuinya, ya. Apa karena saya yang kurang update berita, memang sosialisasi ini belum maksimal, atau kalah pamor dengan berita Corona yang seakan tak berujung ini.

Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
koleksipribadi

Mengapa dan kenapa pemberlakuan SIM tidak lagi mengikuti tanggal lahir tentu mereka memiliki alasan. Padahal penetapan tanggal lahir sebagai tanda habisnya SIM mempermudah kita dalam managemen disiplin dan keuangan kita yang sudah ada sejak lama.

Ini menurut saya menjadi sebuah pertanyaan, dan saya amat yakin banyak warga negara Indonesia masih banyak yangbelum sadar diri tentang masa berlalu SIM yang baru ini.

Kita amat tahu, dan saya mengalami sendiri bagaimana repotnya membuat SIM baru. Harapan saya sosialisasi tentang permberlakuan masa berlaku Surat Izin Mengemudi SIM harus lebih di tingkatkan, atau tentu akan lebih baik di kaji kembali tentang perubahan tersebut, karena masyarakat akan semakin kerepotkan di kondisi saat ini.

Bayangkan saja, mungkin akan ada ribuan orang yang akan mengurus SIM baru di tengah pandemi Corona saat ini, penerapan social distance akankah efektif? Karena mereka banyak yang tidak tahu, terutama mereka yang tinggal di pelosok daerah tentu, atau sedang terikat dinas kerja di luar kota, akan semakin repot mengurusnya.

Secara fisik 'Usia pakai' SIM 5 tahun berlaku sejak SIM di cetak apakah nanti tertulis jelas dalam kolom yang ada? Bagaimana dengan status masa berlaku yang sudah terlanjur di cetak apakah berpengaruh? Apakah hanya berlaku hanya bagi SIM yang baru di buat? Apa alasan yang mendasar mengapa tidak lagi menyesuaikan tanggal lahir?

Nah, bagaimana menurutmu, Gan tentang penetapan peraturan baru masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) sekarang ini. Kira-kira apa alasan kuat pemerintah memberlakukan peraturan ini, ya?




Sebuah opini
Sumur. kompas
Img.header. ayosemarang

Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 10:57

Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan

cuma untuk TS
profile-picture
profile-picture
jimmir dan kafir.resistant memberi reputasi
1 1
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:02
tampilan SIM yg baru ga bagus, lebih mantap yg lama ... emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:09
Wuogh emoticon-Frown
profile-picture
kafir.resistant memberi reputasi
1 0
1
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:10
kenapa kartu kok disebut surat gan?
Keliru ini
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:15
Ane masih lama sih masa berlakunya. Kenapa gak dibikin seumur hidup kaya ktp aja ya emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
iskrim dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:38


Batal ane lanjutin ah..
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 11:50
Edited:

Wuah kalo ngacu ke tgl percetakkan, gk takut overload kah? emoticon-Cape d...
Bisa berapa lama urusannya kalo dah bgtu emoticon-Mad
Yg biasa ajah dah ngantri panjang!! emoticon-Mad
Gak efisien ini! emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)

RED is BLOOD
RED is BAD
RED is ANGER
RED is SEXY

☆H A I L # B A T A # C O L L E C T O R☆
Diubah oleh kafir.resistant
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 12:42
Seharusnya klo SIM itu tidak ada masa berlakunya.
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 13:22
Daripada ke tanggal pembuatan mending rubah dulu dari sim ke kim
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 13:30
Padahal lebih gampang ngingetnya kalau pake tanggal lahir sendiri
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 14:13
Biarin aja, kyk biasa
Peraturan diuji coba dlu
Klo urusan keluhan ya dipikir nanti

Pemerintahan indo kan sukanya pakai metode pemadam kebakaran
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 16:40
Quote:Original Posted By tumal
kenapa kartu kok disebut surat gan?
Keliru ini

ane juga mikir gitu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By powerpunk


Batal ane lanjutin ah..

Loh, kenapa, oom Gan? emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By kafir.resistant
Edited:

Wuah kalo ngacu ke tgl percetakkan, gk takut overload kah? emoticon-Cape d...
Bisa berapa lama urusannya kalo dah bgtu emoticon-Mad
Yg biasa ajah dah ngantri panjang!! emoticon-Mad
Gak efisien ini! emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)

nha, itu PR baru.... emoticon-Belo

Quote:Original Posted By orgbekasi67
Padahal lebih gampang ngingetnya kalau pake tanggal lahir sendiri

Ane juga mikir gitu emoticon-EEK!
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 17:27
Perasaan udah mulai dari bulan2 kemaren emoticon-Cool
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 20:33
@syusuf.dkk ya percuma ada SIM dong, harusnya diperpanjang 10 tahun tapi setiap 4 tahun dites kelayakan mengemudi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
12-07-2020 21:39
oh ada aturan baru ya gan, baru tahu sih ane
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
13-07-2020 02:26
nais inpo om krim.
baru kemaren saiyah memperpanjang simemoticon-Malu
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
13-07-2020 12:35
Maksi dulu Gan... emoticon-Traveller
0 0
0
Oktober Masa Berlaku SIM Berubah, Ini Infonya, Gan
14-07-2020 05:25
oke oke saja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia