Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
517
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f094193f4ae2f6db7180723/taaruf-menikah-tanpa-pacaran-kok-bisa-yakin
Kemarin, si Rey Mbayang ini rupanya menikah dengan mbak Dinda Hauw. Tahu gak? Mereka ini menikah tanpa pacaran loh, alias taaruf! Bahkan sebelumnya mbak Dinda ini sempat-sempatnya menolak (dengan keras) si Mas Rey. Dalam akun pribadi instagram Dinda Hauw, beliau sedikit menjabarkan kisah (proses) taaruf mereka berdua.
Lapor Hansip
11-07-2020 11:35

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?



Hallo Agan Sista, ayo ngaku, siapa yang suka dengerin lagu-lagunya Rey Mbayang? Ane ngaku deh! hahaha. Terutama lagunya yang Untuk Apa dan Tentang Setelahnya, udah sejak 2019 masuk ke playlist ane, bahkan sampai saat ini.





Rey Mbayang - Untuk Apa





Kemarin, si Rey Mbayang ini rupanya menikah dengan mbak Dinda Hauw. Tahu gak? Mereka ini menikah tanpa pacaran loh, alias taaruf! Bahkan sebelumnya mbak Dinda ini sempat-sempatnya menolak (dengan keras) si Mas Rey. Dalam akun pribadi instagram Dinda Hauw, beliau sedikit menjabarkan kisah (proses) taaruf mereka berdua.



Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Apa sih Taaruf itu? Taaruf berarti saling mengenal, kata ini merupakan kata serapan dari bahasa arab. Pada praktiknya taaruf diperuntukkan untuk menjelaskan bahwa si Fulan dan si Fulani sedang proses saling mengenal sebelum lanjut ke jenjang pernikahan.



Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Dalam beberapa tahun terakhir, taaruf semakin menjadi tren di Indonesia. Dari mulai para artis, hingga muda-mudi mulai beralih dari pacaran ke taaruf.

Apa sih bedanya pacaran dan taaruf? Secara sederhana, pacaran bersifat lebih bebas, santai dan tidak perlu menentukan target kapan menikah.Sedangkan taaruf bersifat lebih resmi, ada langkah-langkahnya yang dirunut secara pasti, dari awal hingga mantap menuju pernikahan (jika sama-sama cocok), berbeda dengan pacaran, taaruf haruslah didampingi oleh pihak ketiga, yang berfungsi sebagai penghubung dan penjaga agar antara laki-laki dan perempuan tidak berdua-duaan.


Quote:“Jangan sampai kalian berdua-duaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya), karena setan adalah orang ketiganya.”(HR. Ahmad)


Sejatinya, proses menikah tanpa pacaran sudah lama ada di Indonesia. Setidaknya dari jaman Siti Nurbaya, iya, perjodohan. Bahkan orangtua ane juga menikah atas dasar perjodohan. Dimana antara keduanya tak pernah saling mengenal, orangtua yang memutuskan bahwa tiba-tiba mereka akan menikah. Ajaibnya, bisa langgeng sampai tua.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?



Gak cuma di Indonesia, rupanya orang jepang pun banyak loh yang menikah tanpa pacaran. Mereka menyebutnya dengan Kosai Zero Nichikon yang pada konsepnya mirip dengan Taaruf, memutuskan menikah tanpa pacaran. Orang Jepang memilih Kosai Zero Nichikon karena mereka merasa pacaran hanya membuang waktu, ketika mereka merasa nyaman dengan seseorang maka mereka tak akan ragu untuk memutuskan langsung menikah. (sumber : disini )

Ngomong-ngomong, agar gak saling salah kaprah. Taaruf itu bukan tiba-tiba ngajak Menikah tanpa pacaran, tapi ada proses-proses yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

1. Mendapatkan Restu Orangtua Untuk Menikah

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Sebelum mantap ingin mulai taaruf, ada baiknya kita memberitahukan pada orangtua terlebih dahulu, bahwa kita ingin menikah. Penilaian orangtua mengenai sudah pantas atau belum kita untuk membangun rumah tangga tentu akan relevan dan transparan. Adapun yang biasanya harus dipikirkan bersama, adalah tentang kesiapan finansial, kesiapan mental, dan kesiapan ilmu. Nah selain minta restu, jangan lupa minta doa juga ya Gan Sist, biar dipermudah ketemu another half-nya.

2. Membuat Proposal (Mini CV) Diri Sendiri

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Waktu kecil, pernahkah agan sista mengisi biodata diri di binder-binder? Ane pernah, kala itu ane mengisi semua hal yang ane sukai, dan ane tidak sukai. Agak mirip dengan biodata tersebut, pada proses taaruf ada juga yang namanya proposal atau mini cv dari sang pelamar, pada proposal ini biasanya terdapat segala informasi yang sekiranya perlu untuk disampaikan agar saling paham antara si Fulan dan si Fulani. Bahkan ada beberapa proposal yang mencantumkan kriteria pasangan idaman. Sebaiknya proposal ini diisi sejujur mungkin, termasuk kekurangan diri kita sendiri. Agar nanti yang menerima proposal, sebelum bersedia melanjutkan ke proses taaruf selanjutnya bisa berpikir dulu, apa iya bisa menoleransi, atau tidak?

3. Menghubungi Perantara (yang dapat dipercaya),orangtua calon, atau bahkan si Doi langsung

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Ada beberapa orang yang melakukan taaruf dengan cara memberikan proposalnya kepada orang yang ia percayai dapat membantunya menemukan jodoh (biasanya ustad/ustadzah di tempat pengajian), bisa juga sahabat, intinya orang-orang yang akhlaknya baik, amanah, dan kita bisa percayai. Melalui perantara ini biasanya akan terjadi tukar proposal antara laki-laki dan perempuan yang memiliki kecocokan. Jika menurut si perantara cocok, si perantara akan berkomunikasi dengan si laki-laki perempuan, kemudian menukarkan proposal mereka untuk saling baca. Dan jika sama-sama tertarik, bisa mulai proses selanjutnya, pertemuan.

Beda cerita dengan mereka yang sudah memiliki target, misalnya si Fulan sudah mengenal si Fulani dan keluarganya. Si Fulan bisa saja langsung datang ke rumah si Fulani, bisa langsung bicara, bisa melalui proposal jika takut grogi dan salah bicara. Bisa ke orangtuanya dulu, bisa langsung ke si Fulani. Yang jelas, tidak boleh hanya berdua-an saja ketemunya.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Bahkan bisa lewat DM Instagram loh.

4. Proses Saling Mengenal

Ketika antara si Fulan dan si Fulani terdapat rasa ingin saling mengenal, maka sangat boleh untuk dilakukan proses penjajakan (tetap harus didampingi pihak ketiga). Tanyakan segalanya, jawab sejujurnya. Komunikasi di awal sangat menentukan keawetan rumah tangga setelah menikah.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Quote:Baca Juga : Terutama Seks, 5 Pembahasan yang Dianggap Tabu Tapi Perlu Dibahas Sebelum Menikah!



5. Khitbah atau Lamaran

Ketika si Fulan merasa yakin bahwa si Fulani adalah seseorang yang tepat untuk dijadikan partner ibadah seumur hidup, maka si Fulan haruslah mengajak keluarganya untuk melamar si Fulani. Kalau antara si Fulan atau si Fulani merasa tidak cocok, maka tidak perlu diteruskan ke pernikahan. Oleh sebab ini pula-lah prosesi lamaran biasanya di rahasiakan dari publik, bahkan ketika lamaran diterima pun, lumrahnya tetap lebih baik untuk dirahasiakan, demi mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

6. Menikah

Ketika semua tahapan-tahapan telah dilakukan, maka dilangsungkan pernikahan. Jadi jelas kan, bahwa Taaruf bukanlah memilih kucing dalam karung. Ada proses yang sistematis, dan jelas dari awal hingga akhir. Pacarannya setelah menikah, kata orang lebih seru karena semuanya "baru pertama kali".

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Mungkin segitu dulu thread ane tentang taaruf. Tak ada aturan baku tahapan-tahapan taaruf, sebagaimana ane diajarkan dari kecil, bahwa sejatinya Allah itu selalu memudahkan, justru manusia yang suka bikin ribet. Jadi jika ada perbedaan yang ane tulis dan apa yang agan sista saksikan, itu bukan perkara benar dan salah, hanya beda format saja, meski pada akhirnya sama-sama tidak pacaran dan kemudian menikah (jika sama-sama cocok).


Sumber Tulisan : Opini Pribadi, dan sedikit darisini
Gambar : Google, Twitter, Instagram





profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yunie87 dan 65 lainnya memberi reputasi
58
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
22-07-2020 11:59
intinya sih tergantung keyakinan dan kemantapan hati aja.
karena mau ta'aruf langsung nikah ataupun yg pacaran bertaun2 pun, ga jadi jaminan pernikahan bakal langgeng atau cerai.
semua tergantung pribadi yang jalanin.
Gw sama suami ketemu pertama kali awal taun 2016, kita jalanin masa pendekatan (bukan pacaran karena kita juga ga ada ikrar ikatan pacaran atau apapun) cuma let it flow just for knowing each other aja, jalan bareng sama temen2, sesekali ketemu orang tua masing2, jalan 2 bulan kita mantap buat serius, niatnya mau nikah di akhir 2016, tapi qodarullah kondisi keluarga kita yang minta buat lebih cepat nikah, akhirnya kita nikah di mei 2016 (yup, kita cuma kenal 5 bulan aja), dan setelah nikah kita baru bener2 jalanin pacaran, kemana2 berdua, tinggalpun berdua (karena baru di tahun kedua pernikahan kita baru nambah 1 personil baby). Alhamdulillah sampe skrg kita udah lewatin 4 taun pernikahan, ujian emang makin berat tapi ujian pernikahan itu gak tergantung dari kenal sebentar atau lamanya sebelum nikah sih, tapi tergantung gimana pengertian dan kedewasaan satu sama lain buat ngadepin tiap masalah yang ada.
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
22-07-2020 10:30
Boleh aja.. asal yakin yakkk hahahah
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
19-07-2020 17:16
Gw pribadi sih gak mau taaruf, takutnya ada ketidakcocokan yang ga bisa gw tolerate. Misal sifat, kebiasaan, hobi, dll. Menjalani pernikahan itu sulit lho, yang nikah setelah pacaran lama aja kadang masih kaget banyak hal dari suaminya yang baru dia tau setelah menikah, apalagi kalau taaruf. Tapi gpp untuk orang lain yang milih taaruf, gw ga masalah samsek.
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
19-07-2020 13:33
ya karena taaruf kan juga ada tahapan2 kaya yg dijelaskan, nanti bisa mengenal seperti apa oranganya, bibit bebet bobotnya
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
16-07-2020 17:53
Wow. Pengen soh taarufan, tapi ilmu agama ane masih cetek
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
16-07-2020 12:07
Pengen banget tasruf kayak gini terus menikah hehe
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
16-07-2020 09:15
Kalau udah jodoh mau pacaran lama mau taaruf sebulan pun yaa pasti bakal dipermudah jalannya buat ke pelaminan hehehe
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
15-07-2020 18:20
Sodara ane ada yang pake konsep taarufan nih. Dikenalin sama pihak ketiga gitu. Pake cv dan sebagainya. Cuman ane gak begitu merhatiin sih soalnya udah 10 taunan lebih yang lalu. Ane masih bocah
profile-picture
profile-picture
ben.cumberbatch dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
15-07-2020 15:37
ng3we tanpa menikah , kok bisa yakin ?
Diubah oleh otta21
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 19:51
Nah ini nih, ane sempet penasaran sih sama konsep buat cv buat taarufan. Tenyata begini toh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ben.cumberbatch dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 19:20
ini yg lagi heboh nih dinda hauw sm rey mbayang, lgsg followersnya naik drastis dong
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 14:58
Kadang agak ngeri juga sih kalau taarufan
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 14:29
bisa yakin, asal kita tau tujuan nikah bukan sekedar nyalurin nafsu aja, bukan biar gk dibilang jomblo lumutan sm keluarga besar., alasan nikah ya karena kita udah siap, siap dalam arti materi, mental dan umurnya jg., gw jalanin entah namanya ta'aruf ato bukan, yg jelas ane nikah sm guru ngajinya bibi ane, ane di comblangin sm bibi ane., ketemu tatap muka cuma 3x (include khitbah), itupun ditempat penuh banyak orang., sekarang udh berjalan 6 tahun rumah tangga, alhmdlh gk pernah ribut karena beda prinsip., emang sih kami nikah dari komunitas yang sama, dengan latar belakang dan profil yg sama (sekufu bahasa kerennya mah)., jd intinya gimana kita jalani setelah pernikahan, gak cocok pasti kadang ada, tp gak cocok bukan berarti bubar kn? tinggal saling menyesuaikan aja., enaknya pacaran setelah nikah, kemana2 gk risau takut dosa., malah nyaman kalau sampai nginep2 di hotel karena jauh dari rumah., trus semua serba surprise., gimana kita sikapinnya aja sih
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 14:19
yg penting niad n tekad serta komitmen kalo dalam pernikahan sih

urusan ekonomi dan mental jga sangat penting
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 13:35
Quote:Original Posted By verstappen
Lu ngerasa paling benar kan? Rujukan imam Nawawi lu tolak kan, lu ajarin aja anak lu pakai cara lu ke emak anak lu. Ga pakai khitbah, datang langsung akad, ga ijin sama Wali nya, ga peduli udah ada yg khitbah atau belum. Gitu kan pengin lu? Lakuin aja sono, awas aja kalau bacotnya nolak khitbah ternyata ujung-ujungnya pakai khitbah / lamaran, pathetic emoticon-Ngakak (S)


Khitbah ma kimpoi beda, woy emoticon-Ngakak (S)

weka weka weka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 13:34
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
wkwkwk. nah tuh ada dalilnya lu sebutin. yaudeh, nurut lah. gak usah membangkang.

kalau gak mau nurut ya ngapain beragama. ngapain repot2 nikah. bagi atheis nikah itu wasting your time. punya anak ribet dan beban hidup.

kalau gw sih nurut2 aja. dikira jadi suami itu gampang. dikira ngasih nafkah itu gampang emoticon-Cape d.... dikira jadi pemimpin yg berkewajiban mendidik istri dan anak itu gampang?


taaruf? Khitbah? Klo nikah emang ada dalilnya, syarat dan rukunnya jg jelas. Tolol emoticon-Gila
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 13:32
siapa tuh, maklum jarang pantengin Instagram sih, hehe
kita inginnya menikah satu kali aja kan dalam hidup ini jadi benar-benar merasa mantap dan punya komitmen dulu sama pasangan baru ke tahap selanjutnya sih, hehe
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 13:06
Wah mampir lagi di trit yang bahas beginian. emoticon-Leh Uga

Sejujurnya ane gak tau Rey & Dinda itu siapa, cuma akhir-akhir ini media lagi mengekspos mereka yang pede buat langsung menikah ya. Ane doain supaya langgeng dan gak banyak drama. Cuma kalo gak tahan sampe 10 tahun lebih ya ane gak kaget juga, toh mereka kan memilih untuk gak saling mengenal lebih dulu.

Ane sampe sekarang masih belum nemu hadist mengenai perkara taaruf sih (ilmu agama ane masih cetek); Cuma apa di jaman sekarang metode ini masih relevan? Kalo bicara data dan realita, ya angka tren perceraian di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Pada 2018, angka perceraian Indonesia mencapai 408.202 kasus, meningkat 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Penyebab terbesar perceraian pada 2018 adalah perselisihan dan pertengkaran terus menerus dengan 183.085 kasus. Faktor ekonomi menempati urutan kedua sebanyak 110.909 kasus. 

Apa semua taaruf? Ya belum tentu, cuma jika ane menjawab "Itu kan kembali ke pribadinya", itu bukan jawabannya.

Cuma menurut hemat ane, taaruf di era sekarang cukup berat sih, realistis aja. Kalo dibandingkan dengan orang-orang terdahulu yang pada jamannya gak mudah melihat kehidupan, materi atau lawan jenis lainnya, lain dengan sekarang yang godaannya dimulai dari layar di genggaman tangan. Apalagi cowok kan makhluk visual ya. emoticon-Leh Uga

Saran dari ane sih buat agan dan sista :

"Bersama lah untuk selama-lamanya, bukan secepat-cepatnya, jika kecepatan dijadikan sebuah mindset, berarti menjadikan kehidupan sebagai perlombaan, dan pada saat lomba biasanya kita akan mengambil keputusan yang salah".

Sekali lagi, hidup bukan tentang siapa yang duluan. Be Wise! emoticon-Swedia
profile-picture
profile-picture
arikasalaf dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 12:58
Sorry to say ini berita taaruf pengalaman yg indah nya aja sh. Ada juga pengalaman temen nikah lewat taaruf, semua baik2 aja sampai ud nikah 1 taun baru keluar watak asli suaminya penipu, bawa kabur uang bisnis keluarga yg nilainya ratusan juta dan utang sana sini tnpa sepengetahuan temen ane sampe temen ane ngk brani stay di 1 tempat krna terus2an dicari debt collector. Diawali dengan niat baik emg, tapi semua balik ke nasib sh. Ngk tau sh ya deskripsi pacaran tu kyk apa, ane pacaran jg ngk sayang2an kyk di sinetron, ya cuma brasa kyk temen aja, sama skali ngk ada niatan maksiat dll cm have fun brg aja, ada yg dampingin klo qt lgi butuh, ada yg perhatian klo qt lgi sedih, dr awal emg qt ud ada obrolan klo emg nasib bakal jadi nikah ya udah tpi klo emg bukan jodoh ya nanti jg ada jalan keluar. Pcaran apa taaruf semua balik ke nasib sh kalo ane. Inget terus aja sama Allah, inget ortu, inget nama baik n masa depan ngk usah neko2.

Fyi. Alhamdulillah akhirnya qt nikah jg taun kmrn setelah 10 taun pacaran.
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 12:21
Selain mengenal karakter via cv kita juga harus lihat secara langsung fisiknya gan emoticon-Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia