Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
268
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f093a1626377202e759dbd8/mars-one-mampukah-umat-manusia-menaklukkan-planet-merah
Mars One bertujuan untuk membangun pemukiman manusia permanen di Planet Mars. Beberapa misi nirawak akan dilaksanakan, membangun pemukiman yang layak huni sebelum kru yang dipilih dan dilatih dengan cermat diberangkatkan ke Planet Merah tersebut.
Lapor Hansip
11-07-2020 11:03

Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?source image Wikipedia

Selamat Siang!

Kali ini thread penulis lumayan panjang, jadi mohon dibaca dengan seksama ya!
emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)
Orang-orang di Planet Kaskus ada yang mau pindah ke Mars nggak nih?
Di Mars sudah di jamin tidak ada Kadrun dan Kampret apalagi Cebong. emoticon-Big Grin

Ngomong-ngomong Gan/Sist pernah denger Mars One? Apa itu?
Mari guys dibaca!


Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Medium

Mars One bertujuan untuk membangun pemukiman manusia permanen di Planet Mars. Beberapa misi nirawak akan dilaksanakan, membangun pemukiman yang layak huni sebelum kru yang dipilih dan dilatih dengan cermat diberangkatkan ke Planet Merah tersebut. Mendanai dan mengimplementasikan rencana ini tidak mudah, ini akan sangat sulit. Tim Mars One, dengan penasihatnya dan dengan perusahaan dirgantara yang mapan, akan mengevaluasi dan memitigasi risiko dan mengidentifikasi serta mengatasi kesulitan langkah demi langkah. Mars One adalah inisiatif global yang tujuannya adalah untuk membawa semua orang ke Mars, termasuk Anda. Jika kita semua bekerja bersama, kita bisa melakukan ini. Kami pergi ke Mars. Ayo ikut!

Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?source image Wikipedia

Gan/Sist ada yang ikutan daftar gak nih?

Nah berikut ini adalah Road Map dari Misi Mars One.
Quote:
Quote:Tahun 2011
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Yayasan rencana misi didirikan.

Pada 2011, Bas Lansdorp dan Arno Wielders meletakkan dasar untuk memulai rencana misi Mars One. Langkah pertama termasuk mengadakan pertemuan diskusi dengan pemasok komponen aerospace potensial di Amerika Serikat, Kanada, Italia, dan Inggris. Arsitektur misi, anggaran, dan jadwal kemudian dikuatkan setelah menerima umpan balik dari para insinyur pemasok dan pengembang bisnis. Ini menghasilkan desain dasar untuk misi yang dapat dicapai dari pemukiman manusia permanen di Mars dengan teknologi yang ada.

Quote:Tahun 2013
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Seleksi Astronaut diluncurkan di seluruh dunia.

Pada April 2013, Program Seleksi Astronaut (PSA) diluncurkan pada konferensi pers di New York dan Shanghai. Program seleksi memerlukan aplikasi online dan dilanjutkan dengan aplikasi video serta wawancara pribadi. Putaran seleksi berikutnya akan terdiri dari tantangan dan simulasi kelompok.

Pada akhir program, enam tim dari empat individu akan dipilih untuk pelatihan. PSA baru akan dimulai setiap tahun untuk mengisi kembali kolam pelatihan secara teratur. Selain itu, selama waktu ini simulasi dari lingkungan Mars akan dibangun di Bumi untuk tujuan pengujian teknologi dan pelatihan.

Quote:Tahun 2018
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Kelompok kandidat terpilih mengikuti pelatihan penuh waktu

Kelompok kandidat pertama mulai mengikuti pelatihan pada tahun 2018. Mereka akan berlatih bersama hingga diluncurkan pada tahun 2031. Kemampuan kelompok untuk menangani periode waktu yang lama dan diasingkan di lokasi terpencil diharapkan akan menjadi bagian terpenting dari latihan mereka. Dengan demikian, mereka akan belajar bagaimana memperbaiki komponen lingkungan dan penjelajah, melatih dalam prosedur medis, dan belajar menanam makanan di lingkungan Mars.

Setiap kelompok menghabiskan beberapa bulan setiap tahun pelatihan di pos analog untuk mempersiapkan misinya ke Mars. Lokasi simulasi pos terdepan pertama, medan seperti Mars yang relatif mudah dijangkau, akan dipilih. Pos pelatihan kedua akan berlokasi di lingkungan yang lebih terpencil seperti gurun Arktik.

Quote:Tahun 2022
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Peluncuran misi demonstrasi yang terkait Mars

Misi demonstrasi ke Mars akan diluncurkan untuk memberikan bukti konsep dari beberapa teknologi yang sangat penting untuk misi manusia Mars One ke Mars. Di luar peluncuran dan pendaratan di Mars, misi ini akan membuktikan beberapa teknologi penting untuk misi manusia Mars One. Muatan pendarat akan mencakup:
sopiler

Quote:Tahun 2024
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Peluncuran Satelit Komunikasi

Satelit komunikasi akan diluncurkan ke Mars di mana ia akan ditempatkan di orbit Mars yang diam. Satelit ini akan memungkinkan komunikasi antara Bumi dan Mars dan menyampaikan gambar, video, dan data lainnya dari permukaan Mars secara 24/7, kecuali ketika matahari berada di antara kedua planet.

Quote:Tahun 2026
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Peluncuran Rover dan Satelit Komunikasi

Kendaraan rover dan trailer akan diluncurkan ke Mars. Rover akan menggunakan trailer untuk mengangkut modul pendaratan ke lokasi pos terdepan. Ini akan berkeliling wilayah untuk menemukan lokasi terbaik untuk penyelesaian dan akan mempersiapkan daerah itu untuk kedatangan misi kargo.

Satelit komunikasi kedua akan diluncurkan ke orbit di sekitar Matahari. Dua satelit komunikasi bersama akan memungkinkan komunikasi 24/7 dengan Mars, bahkan ketika Matahari berada di antara kedua planet.

Quote:Tahun 2029
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Peluncuran enam misi kargo

Enam misi kargo akan diluncurkan ke Mars, berisi penjelajah kedua, dua unit hidup, dua unit pendukung kehidupan, dan unit pasokan. Keenam unit kargo akan mendarat hingga 10 km dari pos di Mars, menggunakan sinyal rover sebagai suar.

Quote:Tahun 2030
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Rover menyiapkan pos sebelum kedatangan para pemukim

Rover akan mengambil semua unit kargo menggunakan trailer, dimulai dengan unit pendukung kehidupan pertama. Kemudian rover akan menempatkannya di lokasi yang benar, dan menggunakan panel surya film tipis untuk memberi daya pada unit pendukung kehidupan. Rover kemudian akan dapat terhubung ke unit pendukung kehidupan untuk mengisi ulang baterai lebih cepat daripada hanya menggunakan panel sendiri, yang memungkinkannya untuk bekerja lebih efektif. Rover akan mengambil semua unit kargo lainnya dan menggunakan panel surya film tipis unit pendukung kehidupan kedua dan bagian inflatable dari kedua unit hidup.

Unit pendukung kehidupan akan dihubungkan ke unit hidup dengan selang yang dapat mengangkut air, udara, dan listrik. Setelah terhubung, Kontrol Lingkungan dan Sistem Pendukung Kehidupan (KLSPK) akan diaktifkan. Rover akan membawa tanah Mars ke KLSPK dan air akan diekstraksi dari tanah ini dengan menguapkan partikel es di bawah permukaannya dalam oven. Air yang diuapkan dikondensasi kembali ke keadaan cair dan disimpan, dan sebagian air digunakan untuk menghasilkan oksigen. Nitrogen dan argon yang disaring dari atmosfer Mars akan membentuk komponen lain dari udara yang mendukung kehidupan.

Sebelum kru pertama memulai perjalanannya, KLSPK akan memproduksi udara yang layak hirup dengan nilai tekanan sebesar 0,7 bar, 3.000 liter air, dan 240 kg oksigen yang akan disimpan untuk digunakan nanti.

Rover juga akan meletakkan tanah Mars di atas bagian atas inflatable untuk melindunginya dari radiasi.

Quote:Tahun 2031
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Siap untuk lepas landas!

Awak pertama akan memulai perjalanan mereka ke Mars setelah menerima lampu hijau pada status semua sistem di Mars, Mars Transit Vehicle (MTV) akan disiapkan untuk perjalanan ke Mars. Pertama, lingkungan transit dan pendarat Mars dengan awak perakitan di atas kapal akan diluncurkan ke orbit Bumi. Awak perakitan akan merapat pendarat Mars ke lingkungan transit. Sekitar tiga puluh hari kemudian, dua tahap propelan dan booster yang akan "menendang" kendaraan transit dari orbit rendah Bumi ke orbit transfer Mars, akan diluncurkan dan dihubungkan.

Setelah berhasil diselesaikan, awak Mars yang sepenuhnya terlatih pertama akan diluncurkan ke orbit Bumi yang sama untuk bertukar tempat dengan awak perakitan, yang akan turun kembali ke Bumi. Setelah pemeriksaan terakhir dari semua sistem di Mars dan pada kendaraan transit, mesin dari tahap propelan akan ditembakkan dan MTV akan diluncurkan ke lintasan transit Mars. Ini adalah point of no return untuk kru Mars.

Kargo untuk kru kedua akan diluncurkan menuju Mars pada bulan yang sama dengan peluncuran pemukim Mars pertama.

Quote:Tahun 2032
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Lompatan Raksasa Berikutnya untuk Umat Manusia

Sekitar dua puluh empat jam sebelum mendarat, kru akan pindah dari lingkungan transit menuju ke modul pendaratan, membawa beberapa pasokan dari lingkungan transit. Modul pendaratan kemudian akan terlepas dari lingkungan transit, yang terlalu besar untuk mendarat di Mars. Lingkungan transit dibuang dan tetap berada di orbit di sekitar matahari.

Teknologi pendaratan akan sama dengan yang digunakan untuk misi kargo sebelumnya. Ini akan memastikan bahwa kru manusia mendarat di sistem yang telah diuji beberapa kali. Setelah mendarat, kru membutuhkan waktu hingga empat puluh delapan jam untuk terbiasa dengan gravitasi setelah menghabiskan enam hingga delapan bulan di luar angkasa. Para astronot akan meninggalkan pendarat dengan setelan Mars dan akan dijemput oleh penjelajah yang akan membawa mereka ke pos terdepan. Mereka akan memasuki pemukiman melalui pintu udara dan menghabiskan beberapa hari ke depan di salah satu unit hidup, memulihkan dan menetap di lingkungan baru mereka. Setelah masa aklimatisasi mereka, para kru akan mengerahkan sisa panel surya, memasang lorong-lorong di antara para pendarat, dan mendirikan unit produksi makanan.

Redundansi sangat penting, karena para astronot tidak dapat meninggalkan misi mereka jika terjadi keadaan darurat. Ketika kru pertama mendarat, ia akan menemukan pos terdepan dengan redundansi yang baik karena akan mencakup dua unit hidup, masing-masing cukup besar untuk menampung empat kru, dan dua unit pendukung kehidupan yang masing-masing mampu menyediakan cukup air, listrik, dan udara bernafas untuk seluruh kru. Untuk menambah redundansi, muatan untuk kru kedua akan mendarat dalam beberapa minggu setelah kru pertama mendarat.

Ketika perangkat keras untuk kru kedua dimasukkan, kru dari empat astronot akan memiliki empat unit hidup dan empat unit pendukung kehidupan, cukup untuk menopang awak enam belas astronot.

Quote:Tahun 2033
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah? source image Mars-One.com

Penyelesaian berkembangan dan keberangkatan kru dua

Awak kedua akan berangkat dari Bumi dan modul kargo untuk awak ketiga akan diluncurkan.

Ketika para astronot mendarat di Mars, mereka akan disambut oleh kru pertama. Tempat tinggal mereka sudah siap. Perangkat keras untuk kru ketiga akan mendarat beberapa minggu kemudian dan akan ditambahkan ke pemukiman. Proses ini akan berlanjut ketika modul kru dan kargo tambahan mendarat setiap 26 bulan.

Animasi Kehidupan di Mars
Quote:
source video Mars-One via YouTube


Nah itu gan sis Road Map dari dua juta tahun evolusi manusia, sebagai seorang manusia Gan/Sist bangga nggak nih? emoticon-Big Grin

Penulis sendiri punya pendapat lain, ini lebih mengarah ke prasangka buruk penulis. Penulis merasa bahwa dengan tidak adanya norma dan hukum yang berlaku di Mars, sehingga bisa dikatakan semua Kru Mars ini telah menginjakkan kaki ke tanah di mana mereka berhak berbuat sesuka hati mereka tanpa ada yang menghakimi. Percaya atau tidak, yang jelas penulis percaya bahwa di Mars nanti akan ada pembunuhan. Pembunuh pertama di Mars adalah seorang laki-laki, motifnya sangat sederhana, yakni zegs

Kenapa bisa begitu?
Ada beberapa alasan yang mendasari pikiran penulis.

Pertama, orang luar negeri cenderung sudah terbiasa dengan kehidupan seks diluar nikah, mereka seperti bebas berhubungan badan dengan siapa saja. Sehingga jika ada salah satu kru laki-laki yang tidak bersedia berbagi wanita, mungkin lebih tepatnya akan berlaku Double & Reverse Polygame maka tidak menutup kemungkinannya laki-laki yang mempunyai usulan tersebut murka, pertikaian tidak terhindarkan. Masuk akal?

Kedua, sudah insting laki-laki dari jaman purba sampai sekarang bahwa satu wanita itu tidak cukup. Kenapa demikian? Jawabannya simpel dan sederhana, ketika manusia di bawa ke zaman tanpa adanya hukum dan norma maka sifat aslinya akan keluar. Tahu sifat asli manusia? Bisa anda lihat dari mamalia yang ada disekitar anda. Sudah paham kan maksud dari prasangka penulis?

Jika sudah memutuskan ikut sebagai kru, mau tidak mau harus mau dengan ketentuan yang tidak tertulis tersebut.


Thread ini didukung oleh:
Nanase-san
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?

Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?

seperti biasa Nanase emang cantik.. emoticon-Genit


Thanks buat yang udah mampir!
Selamat siang!
Selamat beraktifitas!


REFERENSI
MARS ONE
Pikiran Penulis

emoticon-Requestemoticon-Requestemoticon-Request
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh quae
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydfarly dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 11:06
komen apa ya..
bingung aye nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.sweater dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 11:06
Selamat anda mendapatkan tempat VVVVVIP emoticon-Smilie
@kicquck
@danymarta
@pe.rusuh
@juragan.goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aris35 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 11:11
kronikel op ridik
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 11:53
Quote:Original Posted By quae
Selamat anda mendapatkan tempat VVVVVIP emoticon-Smilie
@kicquck
@danymarta
@pe.rusuh
@juragan.goyang


Gagal pertamax emoticon-Mewek
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
fhabel.anio dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 12:14
mantap gan,, bingung jg mau komen,, Btw knpa yg explore deep ocean jrg di publish y?? ato gak segencar mars dll
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan quae memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 12:21
pengen di bumi aja emoticon-Big Grin makhluk bumi aja serem apalagi planet mars wkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivanzoell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 12:32
dimana ada manusia di situ ada yang dirusak. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanmil28 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 12:39
wih gak kebayang, bingung juga komen apaan. Itu mungkin nggak ya?
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 12:45
Quote:Original Posted By gt04
dimana ada manusia di situ ada yang dirusak. emoticon-Ngacir

namanya juga manusia gan, ente ngomong kayak gitu mewakili siapa gan? emoticon-Leh Uga
waktu manusia belum mengenal peradaban bumi ini lebat hutannya, baru setelah manusia kenal dengan peradaban kian hari bumi makin dibabat.. :hikshiks
Quote:Original Posted By anakjahanam722
wih gak kebayang, bingung juga komen apaan. Itu mungkin nggak ya?
emoticon-Leh Uga

mungkin gan, ke bulan aja bisa ngapain ke mars nggak bisa..
target 2030-an gan, sayang Indonesia udah bubar katenye.. emoticon-Cape d...

Nasa juga punya proyek Artemis gan, mendaratkan kembali manusia ke bulan kalau nggak salah 2025 nanti..
profile-picture
profile-picture
krx48 dan anakjahanam722 memberi reputasi
2 0
2
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:03
Quote:Original Posted By quae
wkwkwk sama gan.. emoticon-Ngakak


Gagara godel jadi gagal pertamax ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:03
Quote:Original Posted By delia.adel
komen apa ya..
bingung aye nih


Baca dulu.. baru komen del emoticon-Mad
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:13
Quote:Original Posted By juragan.goyang
Gagara godel jadi gagal pertamax ya emoticon-Leh Uga
jangan nyamuk om..
@delia.adel tuh @juragan.goyang ngamuk, wkwkwk sampe makan beling.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By juragan.goyang
Baca dulu.. baru komen del emoticon-Mad

wkwkwk, biasanya ente malah gak pernah baca capcuss komen hayo ngaku.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan juragan.goyang memberi reputasi
3 0
3
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:14
2050 Amrik klaim mars milik mereka,Rusia marah lalu invasi n klaim Jupiter taon 2060,nah China pun ngamuk 2070 invasi n klaim Saturnus,nah nah Inggris,Jepun,Jerman,Kanada kesel 2080 invasi Uranus n Neptunus.....indo ma negara sederajat 2100 silakan pindah ke Merkurius ma Venus😁,bumi dikuasain timteng katany gak boleh ibadah di planet laen😁


Taon 2500 perang antar planet😵

The end😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:20
Quote:Original Posted By quae
jangan nyamuk om..
@delia.adel tuh @juragan.goyang ngamuk, wkwkwk sampe makan beling.. emoticon-Ngakak
wkwkwk, biasanya ente malah gak pernah baca capcuss komen hayo ngaku.. emoticon-Ngakak


Makan beling biar kuat perutnya emoticon-Leh Uga


Ehhh tau aja ente ini emoticon-Malu
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 13:46
Quote:Original Posted By quae
jangan nyamuk om..
@delia.adel tuh @juragan.goyang ngamuk, wkwkwk sampe makan beling.. emoticon-Ngakak
wkwkwk, biasanya ente malah gak pernah baca capcuss komen hayo ngaku.. emoticon-Ngakak


Woiiii rumpiiiiiiii apaan entuhhh..mau aye lempar sampai ke orbit nyang tak terdugaduga apa yak
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 14:19
makannya gmn tuh? canibal??
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 15:46
Quote:Original Posted By juragan.goyang
Makan beling biar kuat perutnya emoticon-Leh Uga


Ehhh tau aja ente ini emoticon-Malu

wkwkwk, tahulah om udah paham.. :ngajak
Quote:Original Posted By delia.adel
Woiiii rumpiiiiiiii apaan entuhhh..mau aye lempar sampai ke orbit nyang tak terdugaduga apa yak

wkwkwk boleh-boleh, orbit rendah pribadi kan? emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By gromodia
makannya gmn tuh? canibal??

bawa dari bumi gan, kan udah di sebutin di dalam thread bahwa makanannya bahkan cukup untuk 16 orang astronot setelah di stok ulang di ekspedisi kedua..

selain itu pastinya mereka juga akan berkebun, yang jadi tanda tanya itu kalau mau bikin anak bakalan tertib atau rebutan?
profile-picture
profile-picture
monada1387 dan juragan.goyang memberi reputasi
1 1
0
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 16:02
Quote:Original Posted By quae
wkwkwk, tahulah om udah paham.. :ngajak
wkwkwk boleh-boleh, orbit rendah pribadi kan? emoticon-Stick Out Tongue
bawa dari bumi gan, kan udah di sebutin di dalam thread bahwa makanannya bahkan cukup untuk 16 orang astronot setelah di stok ulang di ekspedisi kedua..

selain itu pastinya mereka juga akan berkebun, yang jadi tanda tanya itu kalau mau bikin anak bakalan tertib atau rebutan?


Ke orbit pluto aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
b4breakk dan quae memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 16:58
Quote:Original Posted By quae
gak ah, jauh om...
ntar aku rindu sama yang di bumi.. emoticon-Turut Berduka


Ke orbit bulan aja deh biar deket emoticon-Malu
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mars One, Mampukah Umat Manusia Menaklukkan Planet Merah?
11-07-2020 17:39
Kocak aja sih ntar di KTP di tambahin planet kelahiran.
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia