Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
302
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f084307a2d19512ed10e3e6/konsep-sepatu-lokal-coret-coretan
Konsep sepatu coret-coretan di industri sepatu lokal puncaknya yang sangat mempengaruhi ketenarannya adalah kemunculan seri sepatu dari Compass. Saat itu seperti biasa, setiap produk yang dikeluarkan oleh brand tersebut sangat rame buat disikat.
Lapor Hansip
10-07-2020 17:29

Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamat emoticon-Selamat
cek konten

Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@anastasyakh

Halo semuanya, belakangan ini lumayan rame di media sosial tentang sepatu coret-coretan. Sebuah produk sepatu yang punya desain artistik berupa coretan gambar atau pesan tertentu. Jadi sepatunya ada gambar coretan dari semacam spidol putih gitu. Entah ini bilangnya dihiasi gambar coretan atau malah cukup mengganggu, setiap orang yang melihat punya pandangannya sendiri. Namanya juga sepatu dicoret, ya gambarnya kayak persis coretan hasil tangan semacamdoodle tapi gak rapi-rapi amat. Makanya ada sebagian orang juga yang kurang seneng atau kurang tertarik sama sepatu dengan coretan begitu. Soalnya coretannya cukup random atau agak ngawur, mungkin yang bisa diserap maknanya kalo ada kutipan tertentu aja. Menurut gua sih coretannya ngawur, tapi ya seni kan bebas.

Konsep sepatu coret-coretan di industri sepatu lokal puncaknya yang sangat mempengaruhi ketenarannya adalah kemunculan seri sepatu dari Compass. Saat itu seperti biasa, setiap produk yang dikeluarkan oleh brand tersebut sangat rame buat disikat. Bahkan sampe rebutan, apalagi seri sepatu coretan dari Compass ini hasil karya kolaborasi. Pastinya sangat langka dan wacananya gak dirilis ulang, sehingga makin memicu semangat para konsumen buat mendapatkan sepatu tersebut. Sangking gila ramenya, auranya kesebar sampe produsen atau brand sepatu lokal lainnya. Mereka sebagai pembisnis ngeliat dong, konsep sepatu coretan ternyata bisa serame ini ya. Hal ini adalah sebuah peluang emas cuy, tanpa menunggu lama akhirnya jejak Compass pun mulai diikuti.

Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@sepatucampessofficial

Sejauh yang gua tau, sepatu coret-coretan cukup eksis juga sampe sekarang. Brand lokal yang menerapkan konsep coret-coretan pada produk sepatunya juga auto sold out. Sepertinya konsumen dan masyarakat di negara ini mulai menyukai konsep sepatu yang gitu ye. Padahal coretannya juga sederhana, maksud gua gak begitu rumit kayak melukis gambar dengan gradasi warna yang sempurna. Ya kalo diibaratkan mirip coretan di halaman belakang buku tulis lu deh, biasanya suka iseng coretin buku tulis kan sewaktu bosen? Ngaku lu? Bisa jadi inspirasi para desainer sepatu tadi juga dari situ loh. Semua ini baru sebatas asumsi gua aja, yang pasti pokoknya sepatu konsep ini banyak peminatnya. Makanya sepatu coret-coretan sampe saat ini tetep eksis, artinya kan berhasil gitu di pasaran.

Berdasarkan pengamatan gua, ada 10 sepatu yang menerapkan coret-coretan pake ala-ala spidol putih. Sepatu-sepatu ini bisa dibilang cukup berhasil laris terjual cuy. Sebagian di antaranya sampe melambung tinggi popularitasnya dan lumayan menyita perhatian sejagat netizen pada awal perilisannya. Ternyata nilai jual utama dari sepatu coret-coretan ya coretannya. Selain itu dari 10 sepatu, ada 2 sepatu yang baru aja rilis di bulan Juli ini. Berikut 10 sepatu yang gua maksud.

Heritage Culture – Curuban
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@heritageculture.id

Sepatu yang bakal dibahas pertama yaitu produk dari brand asal Cirebon. Sepatu ini rilis beberapa bulan lalu, sempet rame nih. Desainnya unik, pake khas batik megamendung dari Cirebon. Kalo kata netizen sepatunya akatsuki, karena motif awannya yang mirip. Di sisi lainnya ada coretan spidol putih gitu dan ada tulisan “Apa jare bae” yang gak tau maksudnya apa. Sepertinya itu dialek Cirebon dan sekitarnya, buat yang paham bisa kasih tau gua di komentar.

Hunted x Tshirt Tokoh – Longlife
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@tshirttokoh

Lanjutnya ada sepatu yang baru aja rilis kemarin 9 Juli 2020. Dengan sistem pembelian yang PO s. d. tanggal 19 Juli 2020. Sepatu ini dinamain Longlife Green buat yang warna hijau, sedangkan satunya lagi namanya Longlife Black untuk yang warnanya hitam. Jadi brand Hunted berkolaborasi sama Tshirt Tokoh ngebuat 1 jenis sepatu coretan dengan 2 variasi warna. Alasan namanya Longlife juga diterapin ke dalam coretannya yang berupa kutipan “Panjang umur untuk hal baik”.

Thermofix – Dabs
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@thermofix_

Berikutnya juga sepatu dengan konsep coretan yang baru semingguan sejak perilisannya. Brand Thermofix juga ikutan buat mengeluarkan produk sepatu coretannya, kali ini temanya soal mabok. Jadi kalo lu perhatikan, coretannya mempunyai makna-makna seputar giting-gitingan atau kapal miring gitu ye. Paling jelasnya sih ada gambar botol yang menuangkan isinya terus diikuti kutipan “Sorry Mom”. Buat yang merasa relate gaya hidupnya dengan penggambaran pada sepatu ini, cocok banget buat dipake. Gua harap sih ada arti dari sisi lain ya, bisa aja konteksnya penyesalan gitu biar lebih baik.

Rillingen – Riot High
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@rillingenhood

Terusnya ada sepatu dari brand lokal yang cukup populer di kalangan penggemar street fashion. Brand ini adalah Rillingen yang mengeluarkan sepatu bernama Riot. Sepatu ini bermodelan high cut dan ada buckle strapnya buat mengikat kaki lu. Keberadaan buckle ini juga sedang rame difungsikan ke sepatu belakangan ini. Kalo diliat sih jadi berasa punya kesan yang kokoh gitu ya. Sesuai dengan tema brandingnya, coretan spidol putih di sepatu ini penuh dengan ala-ala graffiti. Bisa dilihat di sepatunya bahkan ada kutipan “Home street home”.

Rillingen – Riot Low
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@rillingenhood

Sepatu ini masih seri yang sama dengan sebelumnya, yaitu Riot dari Rillingen. Coretannya masih sama persis dan pilihan warnanya juga sama. Bedanya cuma di model aja, karena ini merupakan Riot Low dengan potongan pendek. Jadi Rillingen ngeluarin 2 model dengan seri artikel yang sama, high cut dan low cut gitu ye.

Freedom – Liberta Cut Hi
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@vans_natics

Liberta Cut Hi, sepasang sepatu yang cukup menarik banyak perhatian netizen saat awal perilisannya. Menurut gua sepatu ini cukup unik, karena pemilihan warna monokromnya cerdas banget. Walaupun model sepatunya ngambil siluet Cnvers 70’s, dengan kreasi warna yang pas jadinya menarik. Coretannya cukup random kalo lu perhatikan ya, yang bisa gua dapet pesannya kayak penggambaran kegalauan gitu ye. Soalnya di situ ada gambar kepala orang yang keliatannya sedih dan ada kutipan “Miss you”. Berkat sepatu ini, nama Freedom dalam industri sepatu lokal jadi boom (meledak).

Freedom – Liberta Classic
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@freedomwear

Masih dengan brand yang sama, yaitu Freedom. Setelah sukses dengan seri sepatu coret-coretan sebelumnya, kali ini mencoba lagi untuk meraih keuntungan yang sama. Pada akhir Juni kemarin, Freedom merilis sepatu coretan versi keduanya dengan bentuk siluet sepatu yang berbeda. Sepatu ini ngambil siluet dari Vns Authentic, tapi lagi-lagi kreasi monokromnya kece banget. Terus coretannya lebih sedikit dan lebih menunjukkan kegalauan. Masih ada gambar orang bertopeng sedih dengan tulisan “Miss you” juga dan tulisan kata lainnya yang bisa lu baca sendiri.

Elfamous x Street Catalog – Whistle Blower
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
pic
sumber gambar Instagram/@elfamous.co

Sepatu yang ini juga rame peminatnya, sebuah karya kolaborasi dari Elfamous dan Street Catalog. Coretanya berisi gak tau tentang apa, mungkin emang bebas aja mau mencoret apaan. Paling jelas sih sebuah gambar tentang global warming dan rasi bintang yang menyerupai logo api khasnya Elfamous. Lalu yang kutipan agak jelas banget yaitu “Just pair of shoes drama excluded”. Semacam sindiran halus buat industri sepatu lokal dengan brand-brand yang biasa memakai strategi drama biar rame.

Campess – Sepatu Rakyat
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@sepatucampessofficial
pic


Ini dia sepasang sepatu yang sangat mengikuti jejak dari Compass x PMP. Brand Campess lahir di bayang-bayangnya Compass. Di awal kemunculannya Campess cukup agresif dalam mempromosikan sepatu buatan pertamanya yang dinamain Sepatu Rakyat. Dengan wacana “Dari rakyat untuk rakyat” gitu ye dan menjanjikan semua yang mau beli bakal kebagian. Sayangnya ujung-ujungnya stoknya terbatas juga dan punya harga resell yang cukup mahal. Gak sinkron sih antara wacana promosinya dan kenyataan. Terlepas dari latar belakangnya yang agak meh bikin geleng-geleng, sepatu ini punya coretan ala spidol putih yang random nan humoris.

Compass x Pot Meets Pop – Positive Vibration
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@anr.stuff
pic


Nah ngomongin soal sepatu coret-coretan, sepatu dari Compass yang ini wajib diikutsertakan. Soalnya yang bikin konsep coret-coretan terkenal ya sepatu ini. Selain Vns dan Cnvers, Compass juga merupakan sumber inspirasi yang dipake sama banyak banget brand sepatu lokal sampe sekarang. Jadi sepatu ini adalah hasil kolaborasinya Compass dengan Pot Meets Pop atau biasa disebut PMP yang punya cerita kelam dibaliknya. Singkatnya cerita kelam ini merupakan kericuhan penggemar Compass yang mengakibatkan perilisan sepatu tersebut ditunda. Akhirnya rilis lewat daring di salah satu niaga elektronik Indonesia. Euforianya gila-gilaan, karena sepatu ini sangat langka dan harga resell tembus sampai jutaan rupiah. Dari sisi desain coretannya, Compass x PMP ini punya pesan yang memotivasi. Dengan kutipan utamanya “Positive vibration” dan tulisan-tulisan seperti “High life”, “Goo’s creation”, serta lainnya.

Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
sumber gambar Instagram/@anr.stuff

Sebenernya semua kembali ke selera masing-masing ya. Dengan adanya sepatu coret-coretan ini, industri sepatu lokal makin berwarna dan makin banyak pilihan sepatu yang aneh-aneh. Dari sini bisa dibilang pembisnis brand sepatu lokal di atas itu cerdas. Sepatunya cuma ditambah konsep yang sederhana, bisa bikin nilai jual lebih tinggi. Kalo menurut lu gimana? Apakah dengan memakai sepatu yang penuh coretannya gitu bisa mengangkat penampilan menjadi terlihat jauh lebih keren? Soalnya lu kalo pake sepatu-sepatu tadi bukan sekadar memakai sepasang sepatu, tapi juga membawa pesan gitu yang bisa ditelaah dari coretannya.
Quote:

Sekian konten ini dibuat. Semoga konten ini bermanfaat bagi gansis.

Jangan lupa komeng ya gansis!
Terima kasih.
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: Instagram/@heritageculture.id, @freedomwear, @thermofix_, @rillingenhood, @vans_natics, @elfamous.co, @sepatucampessofficial, @hunted.product, @tshirttokoh, @anr.stuff, @sepatucompass, @vision_goods


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
atau konten sebelumnya
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
emoticon-Sundul Gan (S)klik gambaremoticon-Sundul Gan (S)
----------+++++++++---------


Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
SAMPAI JUMPA
Diubah oleh yuki26
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkifadhilah09 dan 46 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 17:29


__________
dicoret coret
Diubah oleh yuki26
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 17:37
bisa diapus gak coretannya?:ngaksk
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan Cahayahalimah memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 17:39
kalo ane yg nyoret


makin mahal

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuki26 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 17:42
masyaallah emoticon-Matabelo

Boleh deh 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuki26 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 17:45
Sepatu dalam negeri punya arusnya sendiri ya, serba kanvaaass
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abepinarno dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 18:00
mulusnya mantulemoticon-Jempol
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 18:25
Wuogh emoticon-Belo



























Koq gak pengen punya emoticon-Bingung
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 31 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 18:27
paling suka sama paha paling atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
notagoodman dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:01
pengen banget tapi pengennya ngegambar sepatu sendiri, tapi cuma kalah ma mager wkwk
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:14
Jadi inget pas sekolah, sepokat di coret coret correction pen/ tip ex..

Mantuls..
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 19 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:16
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan yuki26 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:23
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan

Beli polosan trus coret² sendiri gan, ane senengnya begitu hahaha ini coretan ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pixeldiary dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 19 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:32
keren nih, kayanya dulu pernah booming juga sepatu kanvas yg dicoret2 gini
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 19:54
masuk kesini karena foto mba2 di awal, berharap bakal disuguhi mulus sejenisnya, gak taunya engga emoticon-Cape d... (S)

btw sepatunya saya lumayan keren2, berharap industri lokal kedepannya bisa semakin membaik seiring ekonomi yang juga membaik yak emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 20:19
TS-nya penggemar sneakers nih, rajin bikin trit tentang sneakers lokal

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
sket013 dan yuki26 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 20:34
unik ya
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 20:46
Numpang komen buat si model cewek aja emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 20:50
lebih suka yang polosan
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 21:12
Boleh lah.. tp ane kl beli spatu bkn cm keliatannya aja sih.. perlu rasanya..
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Konsep Sepatu Lokal Coret-Coretan
10-07-2020 21:42
Bodoamat, gw gak nyepatu, gw sandalan.
emoticon-Betty
Bodoamat mau bilang gw miskiner cuma sandalan gak masalah! Yang penting gampang dipakai dan nyaman di kaki, rusak tinggal buang, beli lagi murah, hilang dimaling gak masalah!
emoticon-Betty
Diubah oleh ora.w4r45
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abepinarno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Supranatural
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia