Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
7
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0837fea7276806894b8a04/amankah-minum-air-dari-botol-plastik-yang-sudah-hangat
Agan dan Sista pasti sering mendengar anjuran untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, tak jarang kamu membawa air minum dalam botol plastik kemana-mana.  Air minum dalam kemasan botol plastik memang lebih praktis. Namun, terkadang kamu membiarkan botol air minum di dalam mobil sampai membuat air terasa hangat. Lalu, amankah jika kamu meminum air dar
Lapor Hansip
10-07-2020 16:42

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
Agan dan Sista pasti sering mendengar anjuran untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, tak jarang kamu membawa air minum dalam botol plastik kemana-mana. 

Air minum dalam kemasan botol plastik memang lebih praktis. Namun, terkadang kamu membiarkan botol air minum di dalam mobil sampai membuat air terasa hangat. Lalu, amankah jika kamu meminum air dari botol plastik yang sudah hangat? Yuk, cek jawabannya di sini!

Mengapa minum air dari botol plastik hangat berisiko?
Meminum air dari botol plastik hangat bisa berisiko mengingat botol plastik dibuat dari campuran berbagai bahan kimia. Jika tidak dikonsumsi secara langsung, bahan-bahan tersebut tidak akan membahayakan kesehatan. 

Namun, jika dihangatkan atau dipanaskan, besar kemungkinan bahan kimia yang membentuk plastik ikut luruh ke dalam air minum. Air minum yang sudah terkontaminasi zat kimia dalam jumlah besar tentu akan berbahaya bagi kesehatanmu.

Ketika kamu meninggalkan botol air minum di dalam mobil selama berjam-jam, hal ini tentu berisiko. Cuaca yang cerah serta suhu di dalam mobil bisa mencapai lebih dari 37 derajat Celcius. Apalagi kalau mobilmu tidak diparkir di tempat yang teduh. Botol plastik hangat yang ditinggal lama bisa berisiko meracuni air minum.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Florida di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kebanyakan botol plastik yang dijual di pasaran ternyata tak tahan panas. Setelah melakukan eksperimen dengan memanaskan air minum kemasan dari berbagai merek, diketahui bahwa kandungan antimon dan bisphenol A (BPA) bisa lepas dari plastik dan tercampur dalam air minum.

Bahaya minum air dari botol plastik
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), antimon adalah zat kimia yang berpotensi sebagai karsinogen. Karsinogen adalah senyawa, zat, atau elemen, yang bisa menyebakan kanker dalam sel tubuh manusia. Antimon akan memberikan dampak negatif jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sementara, antimon yang bercampur dalam air minum kadarnya tidak seberapa. 

Sedangkan, paparan BPA diketahui bisa menyebabkan tumbuhnya sel tumor. Namun, belum ada kesimpulan yang valid sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahaya BPA bagi kesehatan tubuh manusia. 

Sejauh ini setiap produk air minum kemasan yang dijual di pasaran dipantau oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Produksi air minum kemasan juga harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Selama minumanmu telah lolos uji Badan POM dan SNI, kandungan antimon serta BPA-nya masih aman bagi kesehatan. 

Sesekali masih boleh, tapi jangan dibiasakan 
Menurut Lena Ma, seorang profesor di University of Florida, menyebutkan bahwa sesekali minum air dari botol plastik hangat memang diperbolehkan. Namun, jika kamu sering menyimpan air minum dalam botol plastik di mobil atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung, hal tersebut meningkatkan risiko terkontaminasi antimon dan BPA. 

Jadi, pastikan air minum kemasan yang kamu beli sudah ada label resmi dari BPOM dan memenuhi SNI. Sebaiknya simpan air minum di tempat yang teduh dan hindari sinar matahari langsung. Jika dibiarkan, bahkan air putih juga bisa basi dan meracuni tubuh, lho! Simak informasi selengkapnya berikut ini: https://hellosehat.com/hidup-sehat/f...ir-putih-basi/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newterminalspa dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
10-07-2020 16:44
nice info
0 0
0
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
11-07-2020 00:05
nemu aer di mobil gatau dah dari kapan karena aus ya diminum aje ternyata kaga boleh wkwkw
0 0
0
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
11-07-2020 03:19
Owhh ternyata begitu ya?? Nggak boleh minum air hangat dalam kemasan jadi tau sekarang soalnya ane pernah sih minum air hangatt didalam botol kemasan minuman jafi sekarang nggak akan ngelakuin lagi kalau udah tau begini
0 0
0
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
11-07-2020 17:00
Gak bakalan mati juga kok
Ane sering kok simpan air minum botolan di mobil, jadi gak usah repot kalau keluar rumahemoticon-Big Grin
0 0
0
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
11-07-2020 17:58
klo botol kaca gimana?
0 0
0
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
13-07-2020 07:58
makanya aku kalo beli air minum kemasan, liat liat kondisi tokonya juga. takutnya sering terpapar sinar matahari
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?
16-07-2020 19:26
Sering terjadi nihh

Kalo beli minuman di warung pinggiran, kadang minuman nya kayak anget gitu krn kepanasan kena sinar matahari
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Hobby & Community
tipe-tipe-pembaca-novel
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia