Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
199
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06ef87af7e9367086d9464/pengelolaan-sampah-di-indonesia-vs-negara-maju-miris
Membuang sampah pada tempatnya tentu merupakan sesuatu yang sejatinya sangat mudah dilakukan, namun realitanya sangat susah untuk dibudayakan khususnya bagi (maaf) kaum non-intelek.
Lapor Hansip
09-07-2020 17:20

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!



Hallo Agan Sista, belum lama ini ane membaca cerpen-cerpen dari seorang penulis facebook.



intro




Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Kebayang gak sih, Gan Sist? Seandainya semua manusia di dunia ini baik. Tidak mengganggu orang lain, tidak menyakiti orang lain, tidak merugikan orang lain, saling menolong, saling men-support. Begitu indah untuk di-halu-kan, bukan?

Meski Agan-Sista mungkinakan menganggap kondisi dimana semua orang adalah orang baik sangatlah tidak mungkin terjadi. Bukankah kebaikan sejatinya bisa kita mulai dari diri sendiri? Lalu apa hubungannya, Gung? Antara jadi orang baik dan buang sampah? Coba baca ampe akhir ya, Gan. emoticon-Keep Posting Gan


Pengelolaan Sampah di IndonesiaVs Negara Maju, Miris!





Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Membuang sampah pada tempatnya tentu merupakan sesuatu yang sejatinya sangat mudah dilakukan, namun realitanya sangat susah untuk dibudayakan khususnya bagi (maaf) kaum non-intelek. Kaum non-intelek yang ane maksud adalah kaum yang hidupnya gak mikirin orang lain dan mikirnya pendek (Tak peduli latar belakang pendidikannya).Termasuk agan sista yang suka merokok, dan buang abu, bahkan puntungnya sembarangan.

Kenapa membuang sampah sesuai tempat dan jenisnya menjadi penting? karena setiap sampah memiliki cara pengolahan yang berbeda. Memisahkan jenis-jenis sampah tentu sangat membantu pemulung dan petugas kebersihan mengelola sampah, tahukah berapa banyak sampah yang manusia produksi dalam sehari? Di Jakarta saja bisa produksi hingga 7000 Ton sampah setiap hari! Pengolahan sampah yang tepat dapat meminimalisir pencemaran lingkungan.

Di Indonesia sendiri tempat sampah biasanya dibagi menjadi tiga warna, hijau untuk sampah yang mudah terurai, kuning untuk sampah yang bisa didaur ulang, dan merah untuk sampah yang tidak bisa di daur ulang.



Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Meski sayangnya warna-warna tersebut masih begitu sering diabaikan. Bukan karena buta warna, hanya saja masih banyak oknum yang kurang peduli pentingnya membedakan sampah.



Berkaca dari negara maju dengan pengelolaan sampah terbaik,

1. Jepang

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Di Jepang secara umum terdapat tiga pembagian sampah, sampah yang dibakar dan bisa diolah secara alami, sampah yang tidak bisa dibakar, dan sampah barang bekas yang tidak dapat dimasukkan ke dalam plastik (seperti televisi, sofa, kulkas, dan semacamnya).

Selain itu, di Jepang setiap rumah tangga diwajibkan untuk memisahkan setiap sampah sesuai jenisnya ke dalam plastik yang berbeda-beda, bahkan ada tempat yang mengharuskan kantong transparan (agar sampah bisa kelihatan dipisah atau tidak).




Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!



2. Jerman


Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Di "Negara Hitler" ini, pemilahan sampah jauh lebih kompleks dari Indonesia. Bahkan kertas, sisa makanan pun memiliki wadah sampah yang berbeda. Dan tahu kah apa yang terjadi jika warga salah atau tidak memasukkan sampah sesuai wadah? Maka sampah tersebut tak akan diambil oleh petugas!

3. Korea Selatan

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Di Korea Selatan tak kalah unik, mereka memiliki kantong kresek yang memang dikhususkan untuk sampah, bahkan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing untuk kantong plastiknya. Sehingga jika ada seseorang dari daerah A membuang sampah secara sembarangan, maka akan dengan mudah dapat di lacak.


Berkaca dari negara-negara di atas, kira-kira apa yang kurang dalam pengelolaan sampah di indonesia?

Menurut ane adalah kedisiplinan, ketegasan, dan keseriusan. Baik dari masyarakat dan tentunya pemerintah (yang memberikan regulasi).


Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Sumber tulisan : Opini Pribadi, dan darisini
Gambar : Google

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Quote:Original Posted By yp9nn
njir di Jerman ampe 6 biji emoticon-Wakaka

1. Hitam untuk sampah umum (macem bungkus makanan/minuman/jajanan, kayu, taplak, makanan sisa)
2. Biru untuk kertas
3. Kuning untuk plastik
4. Putih untuk kaca bening (macem gelas kaca tanpa warna/bening)
5. Hijau untuk kaca berwarna (macem botol minuman mabok yang biasanya warna ijo)
6. Coklat untuk kompos (kompos alami, ga usah tanya macemnya emoticon-Ngakak (S))
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vondrow dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 17:21
Sepakat gak, bahwa ada kaitan erat antara jadi orang baik, dan buang sampah pada tempat dan sesuai wadahnya berdasarkan jenis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antialayers00 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 17:36
Btw di Swiss/Swedia ya lupa (karena namanya sama sama S) wkwk, disana juga keren loh ngelolanya. Malah katanya rumah tangga dpt uang dari sampah yg diolah. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 18:15
di tempat ane semua jadi satu emoticon-Cape d...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 18:36
di tempat ane, masih banyak orang yang buang sampah sembarangan.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 18:40
kalo di indonesia pernah ngeliat di pisahin antara organik sama plastik.. tapi pas pengambilan sampah malahan di campur jadi 1 wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 18:49
Yang kurang dri indonesiaaah ya sampahnya kurang, musti dibanyakin biar jadi benuah sampaaah emoticon-Malu (S)
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 19:01
Ane pernah masuk ke TPST Bantar gebangemoticon-Najis
Tempat nya mirip puncak gan, jalanan nya nanjak, trus belok2 gitu... pokoknya mirip sm puncak dah, bedanya klw puncak kanan kiri nya kebun teh, klw itu kanan kiri nya sampahemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luxun34 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 19:48
kalo kadrun masuk kategori sampah mana ni bray? emoticon-Wow
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 19:50
andai ada sistem pembakaran sampah dalam, biar sampah ga sampe numpuk jadi gunung kaya di foto terakhir itu xixi
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 19:53
S E P A K A T gan

Soalnya ane pernah berantem gara2 orang buang sampah,
Waktu itu ane lagi ngail ikan di bawah jembatan.. Lagi pokus-pokusnya mata ane tuh mlototin pelampung.. Byuuarr.. Ada orang buah smpah pas tuh di pelampung ane
Siapa yg gak emosi gan klo kek gitu.. Langsung aja ane samperin tu kmpret, Ane tendang aja, ampe tengkurep tu orang ama sepedanya.
Habis tu trus di pisain ma warga disitu,
Tpi akhirnya ya damai, dan salaman
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 19:57
negara berkembang kok disamain dengan negara maju dan pusat ilmu dan teknologi dunia emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 20:26
Itu Bantar gebang klo dijadiin aset,....bnyak dh duitnya...sampah dh kaya gunung begitu..

Emang kga ada yg bisa liat potensi nya apa?
Kebangetan banget dh ah..emoticon-Coblos
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 20:44
ts siap gak memilah sampah pribadinya,
kalau siap berapa lama bisa konsisten ?
hal² seperti ini bermula dari diri kita sendiri
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 21:01
kelihatan nih ts blom pernah ke zimbabwe
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 21:14
kalo indon sih gitu, ngakunya religius, pake baju menutup aurat, paham kitab2, sering ikut pengajian, gegara gubernur kafir demo berjilid,

tapi urusan simple yg basic di ajarkan agamanya " kebersihan sebagian dari iman " malah gagal menerapkan,
so pathetic, mereka LEBIH SUKA sibuk urusan hal2 yg besar yg tidak berdampak ke kehidupannya secara langsung daripada hal2 kecil yg erat dalam kehidupannya


gue ngomong gini karena gue pernah berantem ama temen gue kaum celana cingkrang jidad item yg suka ngludah sembarangan. .emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 21:25
https://youtu.be/e_-LMQnxI7M

bantu subscribe dan share gan
0 0
0
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 22:04
Kalo di beberapa negara maju mobil mobil bekas sudah ada batas pakai maksimal nya.
Bisa buat dipakai buat ledak ledakan Film Action.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 22:09
bisa dicontoh nih yang pengolahan sampahnya oke....biar kita punya negara menjadi bersih juga.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 22:39
Miris sekali indo
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 22:40
Disini apapun sampahnya plastiknya ya hitam/putih emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Hobby & Community
tipe-tipe-pembaca-novel
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia