Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06d3cf09b5ca05cc416f09/apakah-agan-termasuk-orang-yang-cukup-bersih-cek-dulu-di-sini
Aktivitas seperti mandi, mencuci tangan, dan sikat gigi, adalah aktivitas yang biasanya kamu lakukan untuk menjaga kebersihan diri. Ternyata aktivitas tersebut tak hanya sekadar rutinitas. Menjaga kebersihan diri juga berkaitan erat dengan kesehatanmu. Kebersihan diri atau personal hygiene merupakan tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk memperoleh kesejahteraan fisik dan
Lapor Hansip
09-07-2020 15:22

Apakah Agan Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Apakah Agan Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!
Aktivitas seperti mandi, mencuci tangan, dan sikat gigi, adalah aktivitas yang biasanya kamu lakukan untuk menjaga kebersihan diri. Ternyata aktivitas tersebut tak hanya sekadar rutinitas. Menjaga kebersihan diri juga berkaitan erat dengan kesehatanmu.
Kebersihan diri atau personal hygiene merupakan tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk memperoleh kesejahteraan fisik dan psikis yang optimal. Menjaga kebersihan diri perlu kamu lakukan karena tiga alasan, yaitu :

● Alasan sosial. 

Agan dan Sista tentu tidak mau dibicarakan oleh orang lain karena bau badan, bau ketiak, bau mulut, dan gigi kuning, bukan? Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan diri. Dalam hal ini menjaga kebersihan diri dapat membantu Agan dan Sista menghindari citra tubuh yang negatif.

● Alasan kesehatan.

Pernahkah Agan dan Sista mendengar istilah “bersih pangkal sehat”? Ya, istilah ini memang benar adanya. Kebersihan diri yang buruk bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit, seperti diare atau infeksi lainnya. Dengan kata lain, menjaga kebersihan diri dapat mencegah terjadinya berbagai infeksi penyakit tersebut.

● Alasan psikologis.

Ketika Agan dan Sista menjaga kebersihan diri dengan baik, hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam situasi sosial. Rasa percaya diri tersebut dapat memberikan efek yang baik pada psikologis dan kesehatan mental.

Panduan menjaga kebersihan diri

Bila kamu sudah melakukan berbagai aktivitas berikut ini, berarti kamu termasuk orang yang bersih. Namun, bila kamu belum melakukan lima hal penting di bawah, yuk, mulai dari sekarang!

1. Cuci tangan pakai sabun

Di masa pandemi, anjuran cuci tangan pakai sabun mungkin sudah sering kamu dengar. Karena, sebagian besar infeksi bisa terjadi ketika kamu menyentuh makanan atau mulut dengan kondisi tangan yang kotor.

Oleh sebab itu, mencuci tangandengan sabun adalah salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk menghindari infeksi penyakit. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat dianjurkan, terutama saat:

● Sesudah menggunakan toilet.

● Sebelum dan sesudah makan.

● Sebelum memasak atau menyiapkan makanan.

● Setelah memegang hewan.

● Berada di sekitar seseorang yang batuk atau pilek.

Pilih sabun cuci tangan dengan kandungan aloe vera yang memiliki fungsi tambahan untuk melembutkan kulit. Jika kamu memiliki kulit sensitif, pilih sabun cuci tangan yang mengandung allergen-free fragrance. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga kebersihan serta kelembutan kulit tangan sekaligus.

Mencuci tangan terlalu sering terkadang bisa menimbulkan masalah, seperti kulit kering yang mengelupas hingga eksim. Oleh sebab itu, pilih sabun cuci tangan dengan kandungan aloe vera yang memiliki fungsi tambahan untuk melembutkan kulit.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung allergen-free fragrance. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga kebersihan serta kelembutan kulit tangan sekaligus.

Namun, jika tidak memiliki akses terhadap air mengalir, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol untuk membersihkan tangan.

2. Sikat gigi pagi dan malam hari

Bau mulut merupakan masalah yang bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Untuk mencegah terjadinya bau mulut, plak pada gigi, dan infeksi pada gigi lainnya, maka kamu perlu secara rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Bau mulut yang muncul di pagi hari biasanya disebabkan karena air liur tidak dibuat saat kamu sedang tidur. Sementara itu, di malam hari produksi air liur berkurang dan bakteri perusak gigi lebih aktif pada malam hari.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal, maka penting untuk sikat gigi minimal dua kali sehari dengan lembut. Kamu juga dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau saat sikat gigi mulai usang. Pastikan kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

3. Jaga kebersihan kuku

Kuku yang panjang mungkin lebih terlihat lentik dan indah dipandang. Namun, kuku yang dibiarkan panjang dan kotor bisa menjadi penyebab infeksi penyakit. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan kuku dengan cara:

 Tidak mengigit atau merobek kuku.

 Potong kuku saat kuku mulai panjang. Gunakan pemotong kuku yang bersih untuk memotong kuku.

 Jika senang memelihara kuku panjang, kamu dianjurkan untuk membersihkan kuku dengan air, sabun, dan sikat kuku. Pastikan untuk menggosok bagian bawah kuku saat kamu mencuci tangan.

Nah, selain tiga hal di atas, ada dua hal penting lainnya yang mungkin sering Agan dan Sista lewatkan dalam menjaga kebersihan. Apa saja? Ketahui selengkapnya di sini: https://hellosehat.com/hidup-sehat/t...bersihan-diri/
Diubah oleh hellosehat
profile-picture
aryadikaprima memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Anime & Manga Haven
para-kembaran-nobita
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia