Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f067caa8d94d079307ff022/9-camilan-lezat-ini-bernama-unik-berikut-sejarahnya
Berbicara tentang kuliner memang tidak ada matinya. Secara, Indonesia sudah terkenal ke seantero dunia sebagai surganya kuliner. Banyak makanan khas milik bumi pertiwi yang melanglang buana. Bahkan salah satunya dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia. Wiiiddiihhh ... bangga gak tuh? Di thread ini ane bukan mau ngebahas tentang perbedaan makanan tradisional dengan kekinian, melainkan pengen n
Lapor Hansip
09-07-2020 09:10

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya

icon-verified-thread
Berbicara tentang kuliner memang tidak ada matinya. Secara, Indonesia sudah terkenal ke seantero dunia sebagai surganya kuliner. Banyak makanan khas milik bumi pertiwi yang melanglang buana. Bahkan salah satunya dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia. Wiiiddiihhh ... bangga gak tuh?

Di thread ini ane bukan mau ngebahas tentang perbedaan makanan tradisional dengan kekinian, melainkan pengen ngomongin camilan lezat yang menyandang nama unik.

Tidak dipungkiri, di belahan dunia manapun kita tinggal, sudah pasti yang namanya persaingan itu ada. Begitupun dunia kuliner, selain tampilan menarik, dan rasa yang lezat, sebuah nama juga cukup memberikan andil untuk menarik peminat.

Di bawah ini, beberapa contoh camilan lezat yang memiliki nama unik berikut sekilas sejarahnya.

1. ROTI JABRIG

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Ialah roti dengan isian coklat yang diberi topping keju Cheddar yang super banyak, sehingga menimbulkan kesan rambut yang tidak beraturan atau jabrig. Dari situlah kemudian nama roti jabrig berawal.

Emak-emak eksis pasti paham, roti ini sekarang lagi viral.

2. KUE SARANG SEMUT

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Kue dengan tekstur kenyal dan berongga-rongga seperti sarang semut, sehingga kemudian nama kue sarang semut pun disematkan.

Warna coklat yang didapat alami dari gula pasir yang dilelehkan atau karamel, sehingga kue ini pun tak jarang disebut juga bolu karamel.

3. ROTI UNYIL

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Bagi sebagian orang, kata "Unyil" identik dengan bentuk mungil. Karena itu, ketika seorang pengusaha asal Sukabumi berinovasi dengan roti yang berbentuk mini, sebutan ini spontan diberikan oleh para customer.

Kini, roti ini telah menjadi ikon kota hujan.

4. KUKER ULAT SAGU

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Geli, itulah kesan pertama dengernya. Pas liat tambah geli karena persis banget dengan ulat aslinya. Geli, tapi bikin gemes juga sih.

Proses membuat kue kering yang biasanya ada di hari raya Lebaran ini sangat simpel. Yang membuat unik, alat yang digunakan untuk membentuk tubuhnya agar menyerupai ulat ialah sisir.

5. KUE MAYIT

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
Trans tv

Kue tradisional khas Garut ini sangat sederhana. Cara membuatnya pun mudah.

Kulitnya terbuat dari tepung ketan yang diletakkan begitu saja diatas wajan panas. Minus minyak, jadi sudah pasti lebih sehat.

Sementara untuk isiannya terdiri dari gula merah dan kelapa parut setengah matang, serta daun pandan sebagai pewangi.

Setelah Unti (adonan gula merah + kelapa) dingin. Letakkan di atas adonan tepung, lalu digulung, dan siap disajikan.

Oh, ya mayit kalo diartikan dalam bahasa Indonesia berarti mayat. Hal ini karena bentuk kue tersebut putih dan memanjang, persis mayat yang telah dikafani. Duh, ada-ada aja nih!

6. CAKE GONDRONG

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
Fb. RR

Nyaris sama dengan roti jabrig, pemberian nama cake cake gondrong karena tampilan topping-nya yang full keju. Yummii ....

Tentang rasa, dua-duanya sudah tentu memiliki karakter yang berbeda.

7. KUE LUMPUR

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Ketika ts mengulik sejarahnya, banyak informasi yang simpang siur.

Ada yang menyatakan kalau kue lumpur dikenalkan oleh orang Portugis saat menjajah Indonesia dulu. Kue lumpur terinspirasi dari kue khas Portugis yang bernama pasteis de nata. Kue aslinya biasanya dibuat dari custard yang merupakan campuran susu dan kuning telur.

Saat di bawa ke Indonesia, adonannya tentu disesuaikan dengan bahan yang mudah ditemukan.

Ada juga yang menyatakan bahwa kue ini terinspirasi dari penduduk di sudut perkampungan miskin Haiti.

Perekonomian yang sulit, membuat mereka berinisiatif membuat biskuit dari lumpur. Tak hanya di rumah-rumah, bahkan biskuit ini pun dijual di pasar.

Di daerah seperti Fort Dimanche, lumpur dibawa dalam ember,lalu mereka naik ke atap bangunan bekas penjara khusus untuk rakyat miskin, menyaring kerikil dan rumput, lalu mengaduknya dengan shortening (sejenis bahan membuat kue) dan garam.

Dengan sendok mereka membentuk pasta lumpur menjadi biskuit dan menjemurnya sampai kering di bawah sinar matahari yang terik.

Biskuit lumpur dijual di pinggir jalan seharga 5 sen dolar Amerika atau sekitar 450 rupiah. Makanan alternatif rakyat miskin ini merupakan pilihan utama mereka yang 80 % hidup di bawah garis kemiskinan.

Rasa biskuit lumpur ? Memiliki tekstur yang halus,namun langsung menyerap kelembaban dan segera mengeringkan lidah.

Terlepas dari opini di atas, kue lumpur memang sangat lezat. Dengan rasa yang tidak terlalu manis, disertai rasa gurih yang memanjakan lidah, sangat cocok buat camilan.

Tekstur kue lumpur memang mirip lumpur di sawah. Tidak begitu kering di luar, namun meleleh di dalam. Atau kalo Gansist kesusahan buat ngebayangin jika disamain dengan lumpur, maka katakanlah kue ini mirip dengan klaper tart, hanya saja minus kelapa.

8. ROTI JALA

Dinamakan roti jala karena bentuknya yang menyerupai jala atau jaring.

Roti jala merupakan makanan khas masyarakat Riau, lebih tepatnya Tanjungpinang kepulauan Riau. Roti ini kerap dijadikan sebagai takzil di bulan Ramadhan.

Namun sebenarnya makanan Roti Jala berasal dari India, disebut sebagai Roti prata.

Roti Jala atau Roti Prata sama-sama disajikan dengan kuah kare kental.

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


9. KUE BATIK

9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya


Perpaduan sempurna antara dunia kuliner dengan seorang seniman. Kue batik sebenarnya adalah kuliner sejenis bolu gulung yang bermotif batik.

Pelopor ku batik ini adalah seorang guru wanita merangkap pebisnis batik. Retno dyah wanita asli dari Yogyakarta, sudah memulainya dari tahun 2014, dan pernah gagal bereksperimen sebanyak 14 kali.

Kecintaannya pada dunia batik telah mengubah kue yang dibuatnya menjadi sebuah karya seni.

Jika dilihat sekilas, memang mirip banget kain batik ya, Gansist?

🌹🌹🌹

Nah, itulah tadi beberapa kue yang memiliki nama unik. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi camilan pelengkap ketika Gansist berkumpul bersama keluarga.

Ane yakin, masih banyak camilan atau makanan bernama unik yang belum disebut. Kalo Gansist tahu, silakan informasikan di kolom komentar.


Ane Ceuhetty, see you next time, Insya Allah and papay ....


Kunjungi Blog Group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya






Oppri
Referensi : 2,2,3,4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newterminalspa dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 09:11
Mana yang menjadi favorit kalian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 09:11
Aku lebih suka bakso sih, Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 09:14
iwh nomer 4 seenak apapun kyknya gak bakal deh emoticon-ceyem

profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 09:24
kue batik sungguh rajin banget yang bikin
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 10:53
enak semua huehue
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 14:18
kue mayit enak tuhemoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 15:17
waaa aku suka semua makanan ituu🤤🤤
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 20:44
kuker ulat sagu si ky ulat beneran wkwkw geli
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 22:14
Yg kue mayit mirip dadar gulung y
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
09-07-2020 23:32
Tuh yang kek Pocong keknya enak ye..
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
10-07-2020 06:50
Paling seneng kue sarang burung nih...enak banget menurut ane.....
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
10-07-2020 11:32
waduh, teh. bikin lapar sajaemoticon-nyantai
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
10-07-2020 14:04
Quote:Original Posted By ceuhetty
Mana yang menjadi favorit kalian?


Quote:Original Posted By ceuhetty
Aku lebih suka bakso sih, Wkwkwk


4,8,9 belum pernah coba, auto pengin nih, tanggung jawab nggak tsnyaemoticon-Cape deeehh
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
10-07-2020 15:30
Nomor 4 sangat menggelikan dan ane takuttt
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
10-07-2020 18:16
yang kue batik lucu banget itu bikinnya gimana ya emoticon-Matabelo ampe eksperimen berkali2 gagal
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
11-07-2020 09:24
Horor banget namanya mayit. Penasaran pengen nyicipin emoticon-Matabelo
Diubah oleh alketam
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan oktayosita memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
11-07-2020 18:30
kuker ulat sagu bentuknya luchu bingit emoticon-Matabelo itu kue batik bagus juga gak tega makannya. kue mayit gapernah denger
Diubah oleh farinamany
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
12-07-2020 21:30
Waww semuanya enak enak bangett ya duh nikmat bangett deh kesemuanya ane demen emoticon-2 Jempol tapi ane belum pernah nyobain kue mayitt, dengernya saja sudah horor begini ya rasanya gimana nih
Diubah oleh mine388
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
9 Camilan Lezat Ini Bernama Unik, Berikut Sejarahnya
12-07-2020 21:35
Kue lumpur ane masih suka beli kadang di tukang kue, memang kalau kue tradisional ini tetap punya tempat tersendiri dilidah walaupun sekarang banyak banget kue kue yang lebih modern lagi
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
gunung-di-indonesia-dengan-jalur-tersulit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Outdoor Adventure & Nature Clubs
gunung-di-indonesia-dengan-jalur-tersulit
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia