News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f067a707e3a72241665ff5f/maria-pauline-lumowo-pembobol-bni-buronan-selama-17-tahun-berakhir
Hari ini, Tanggal 9 Juli 2020, Penangkapan seorang Pembobol BNI(Bank Negara Indonesia) yakni Maria Pauline Lumowo yang buron selama 17 tahun berakhir sudah, Maria Pauline Lumowo berhasil di bawa pulang ke Indonesia oleh pemerintah kita, untuk segera diproses hokum. Proses ekstradisi dilakukan oleh delegasi pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham) Yasonna Laoly.
Lapor Hansip
09-07-2020 09:01

Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir

Past Hot Thread
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir(Dokumentasi/Humas Kemenkumham)

Hallo sobat semua apa kabar…
Yok kita sambut pagi ini dengan senyuman
 
Sobat semua kali ini saya akan membahas sedikit tentang seorang BURONAN.
Serem juga ia kalau menyebut atau menyandang gelar seorang buronan trlebih selanjutnya menjadi TERSANGKA.

Hari ini, Tanggal 9 Juli 2020, Penangkapan seorang Pembobol BNI(Bank Negara Indonesia) yakni Maria Pauline Lumowo yang buron selama 17 tahun berakhir sudah, Maria Pauline Lumowo berhasil di bawa pulang ke Indonesia oleh pemerintah kita, untuk segera diproses hokum. Proses ekstradisi dilakukan oleh delegasi pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham) Yasonna Laoly.

 
Salut ia sama pemerintah kita, bagaimana tidak, perempuan ini sudah buron selama 17 tahun lamanya, tepatnya kasus ini terungkap pada tahun 2003 yang lalu, Maria Pauline Lumowo, berhasil meninggalakan Indonesia dan jerat hokum dari Indonesia, kita tahu Maria Pauline Lumowo merupakan Warga Negara Belanda, meski konco-konco para pembobol ini berhasil di penjara alias masuk jeruji besi, Marina Pauline Lumowo bernafas lega, karena lepas dari jeratan hokum yng ada. Namun Pemerintah kita tidak berhenti sampai disitu, pengusutan tentang kejahatan tak lepas dari sanksi dan hukuman bagi para pelaku, termasuk Maria Pauline Lumowo. Semangat untuk para penegak hokum dan pemerintahan kita.

Lanjut….emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

 

Menurut Yasonna Lailly. Menteri Hukum dan HAM, upaya esktradisi Maria tak lepas dari diplomasi hukum dan hubungan baik antarnegara serta komitmen pemerintah dalam penegakan hukum. Yasonna menuturkan, pemulangan Maria juga sempat mendapat "gangguan" berupa upaya hukum agar dapat lepas dari proses ekstradisi dan ada upaya dari sebuah negara untuk mencegah ekstradisi terwujud. Aduhhh….dimana-mana yang namanya penjahat ada aje ia yang ngebantu biar mulus dari jeratan hokum, namun kali ini, pemerintah tentunya punya strategi khusus dalam menangani kasus ini, nasip apes seorang buronan kelas dunia sudah berakhir.
 

Maria Pauline Lumowo, diekstradisi dilakukan dilakukan oleh delegasi pemerintah yang di pimpin lagsung oleh oleh Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham) Yasonna Laoly. "Dengan gembira saya menyampaikan bahwa kami telah secara resmi menyelesaikan proses handing over atau penyerahan buronan atas nama Maria Pauline Lumowa dari pemerintah Serbia," kata Yasonna melalui keterangan tertulis, Rabu (8/7/2020).


Namun, kata Yasonna, Pemerintah Serbia tegas pada komitmennya untuk mengekstradisi Maria Pauline Lumowa ke Indonesia. "Indonesia dan Serbia memang belum saling terikat perjanjian ekstradisi, namun lewat pendekatan tingkat tinggi dengan para petinggi Pemerintah Serbia dan mengingat hubungan sangat baik antara kedua negara, permintaan ekstradisi Maria Pauline Lumowa dikabulkan," kata Yasonna.
 

Yasonna menambahkan, ekstradisi Maria tak lepas dari asas timbal-balik karena sebelumnya Indonesia sempat mengabulkan permintaan Serbia untuk mengekstradisi pelaku pencurian data nasabah Nikolo Iliev pada 2015. Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru senilai Rp 1,7 triliun lewat Letter of Credit (L/C) fiktif. Kasusnya berawal pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003. Ketika itu Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta Euro atau sama dengan Rp 1,7 triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu. Aksi PT Gramarindo Group diduga mendapat bantuan dari 'orang dalam' karena BNI tetap menyetujui jaminan L/C dari Dubai Bank Kenya Ltd., Rosbank Switzerland, Middle East Bank Kenya Ltd., dan The Wall Street Banking Corp yang bukan merupakan bank korespondensi Bank BNI. Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.


 
Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dahulu terbang ke Singapura pada September 2003, sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mabes Polri. Belakangan, Maria diketahui berada di Belanda pada 2009 dan sering bolak-balik ke Singapura. “Dengan selesainya proses ekstradisi ini, berarti berakhir pula perjalanan panjang selama 17 tahun upaya pengejaran terhadap buronan yang berama Maria Pauline Lumowo, “ kata Yasonna.

Semoga saja, para pembobol Bank atau apapun itu bisa belajar dari kasus ini, tidak selamanya yang namanya maling, atau penipuan akan berakhir di kursi Goyang, namun akan berakhir di Kursi persidangan.

 

 Salam

emoticon-shakehand





Diubah oleh dhani300
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikhwancool dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:03
gile uda kelas T, nanti dipenjara jadi utuber, buat tutorialnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:09
setau gw serbia sekarang lagi kacau, jadi wajar aja Indonesia bisa mendapat celah di antara kesempitan....17 taun walaupun dibayang2in buron tetep hidup enak mestinya itu pelaku....ga ada hukuman mati ya sama aja boong...emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:14
dalam kasus pembobolan BNI
yg adrian waworuntu divonis seumur hidup
yg 1 lagi divinis 20 tahun tapi 5 taon aja dah mokad
yg jendral polisi divonis 1,5 tahun
helo novel baswedan?? masihkah merasa jadi polisi yg didzalimi???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 14 lainnya memberi reputasi
12 3
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:15
Sita hartanya dong, kalau ngga buat apa ditangkep
profile-picture
himaatoo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:16
tumben si loli ada hasil kerja dikit
biasanya gabut & bikin ribut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawakman dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:22
smoga di hukum mati
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:30
harusnya ada hukum indo utk mempermalukan koruptor.
diarak dijalanan, lemparin tokai babi, emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan vegasigitp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:31
masih bisa senyum emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:35
Buset 17 tahun baru ditangkap, ini ngapain aja selama 17 tahun penegak hukum Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:43
alah show aja itu, drpd gak ada kerjaan ya nyari kerjaan ya gak pak loli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
himaatoo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 09:45
Di tangkep orang nya, duit nya balik kagak? Namanya korupsi atao bobol bank, kalo duit nya gak balik sama aja nol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:09
abis isu resufle pada giat semua menteri tumben.
harus dicambuk dulu nih.
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:13
hukumannnya gak sebanding, harusnya juga diwajibkan kembalikan 1.7 T ke negara baru adil namanya
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:14
si yasonna pake outfit gitu kok mirip kaya magneto ya

sir ian mckellen

sita hartanya semua, paksa suru bayar sisa hutangnya sampe 7 turunan harus nyicil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:15
Wah negara mana ni bro yg halangi extradisi? emoticon-Bingung kayaknya negara tempat endapkan duit hasil nyolong ( tetangga sebelah ya? emoticon-Big Grin )...ni orang kayaknya terpantau tapi susah mau extradisinya berlindung dibalik gak punya perjanjian extradisi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:26
Gak bisa lega juga sih gan, mungking Bapak Mentri HAM punya kebijakan baru lagi untuk membebaskan pelaku pidana, salah satunya ya si buron ini
0 0
0
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:28
maling yang sekalian

dijemput pesawat pribadi oleh menteri pula
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:28
1,7 T taun segitu???
emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:42
Buron bertahun tahun baru ketangkap? Aneh emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Maria Pauline Lumowo, pembobol BNI buronan selama 17 tahun berakhir
09-07-2020 10:44
keburu mokad sebelum putusan ini orang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia