Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f04a1cef4d6955a2733b80a/katanya-bukan-kalung-anti-virus-corona-kok-pak-menteri-tetap-memakainya
Di tengah kasus Corona yang terus bertambah tersebut, Kementrian Pertanian sempat menghebohkan tanah air dengan peluncuran produk berupa kalung yang awalnya disebut sebagai anti virus Corona. Beberapa pihak dan warganet pun sempat mempertanyakan keampuhan produk tersebut.
Lapor Hansip
07-07-2020 23:24

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mulai tanggal 15 Juni 2020 beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan kebijakan new normal atau normal baru. Tetapi bukan berarti penambahan kasus baru telah melandai. Penambahan-penambahan yang signifikan terus terjadi setiap hari.

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Mentan dengan Kalung bertuliskan 'Anti Virus Corona' (Sumber: republika.co.id)


Situs Worldometers.info, diakses 7 Juli 2020, mencatat mulai tanggal 23 Juni 2020 sampai hari ini 7 Juli 2020, penambahan kasus baru di Indonesia selalu di atas seribu per hari. Dengan tambahan kasus baru tersebut kini total infeksi Corona di Indonesia yang terkonfirmasi berjumlah 66.226 kasus. Dengan angka itu kita mencatatkan diri sebagai negara dengan total kasus dan kematian akibat Corona tertinggi di Asia Tenggara.

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Beberapa Orang di Samping Mentan juga Memakai Kalung Serupa (Sumber: republika.co.id)


Di tengah kasus Corona yang terus bertambah tersebut, Kementrian Pertanian sempat menghebohkan tanah air dengan peluncuran produk berupa kalung yang awalnya disebut sebagai anti virus Corona. Beberapa pihak dan warganet pun sempat mempertanyakan keampuhan produk tersebut. 

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Kalung yang Dipakai Mentan (Sumber: republika.co.id)


Namun akhirnya pihak Kementerian Pertanian pun mengklarifikasi. Dilansir Sindonews.com, 6 Juli 2020, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Fadjry Djufry menegaskan bahwa produk yang dibuat dari eucalyptus atau kayu putih oleh pihaknya bukan merupakan anti virus. 

Produk yang dimaksud termasuk roll on, inhaler dan kalung eucalyptus. Fadjry Djufry menyatakan belum ada uji pra klinis dan klinis terhadap produk tersebut. Ia menegaskan bahwa tidak ada klaim anti virus disitu.

Lalu bagaimana dengan kalung dengan tulisan 'anti virus Corona' yang sempat menghebohkan?

Menurut Fadjry Djufry hal itu hanya prototype yang digunakan oleh pegawai Kementrian Pertanian saja. Menurutnya, ketika nanti diproduksi masal tulisannya bukan lagi anti virus Corona, tetapi aroma teraphy eucalyptus.

Tetapi meski diakui bukan anti virus Corona dan hanya untuk kalangan Kementan sendiri, tetapi kalung itu tetap dipakai Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI hari ini, 7 Juli 2020. Dilansir Tagar.id, 7 Juli 2020, pada kalung yang dikenakan Sang Mentan tersebut juga tetap bertuliskan anti virus Corona. Dan bukan hanya Mentan, beberapa jajarannya dalam rapat itu juga terlihat memakai kalung bertuliskan 'Anti Virus Corona' yang serupa.

Anggota rapat dari Fraksi PDIP, Mindo Sianipar mengusulkan agar Mentan tidak memakai kalung tersebut, karena belum teruji klinis. Ia khawatir masyarakat akan berlomba-lomba memakai karena menterinya memakai itu.

Apa yang dilakukan oleh Mentan dalam rapat tersebut seperti bertentangan dengan yang disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Fadjry Djufry, sebelumnya bahwa kalung tersebut bukanlah anti virus. Jika dipakai di dalam kementrian pertanian mungkin tidak seberapa, tetapi jika dipakai di luar seperti rapat dengan instansi yang lain sebaiknya tulisan 'anti virus Corona' lebih tepat tidak dimunculkan.

Inovasi untuk membuat obat, jamu, anti virus atau apapun bentuknya layak untuk diapresiasi. Tetapi semuanya tetap harus di letakkan pada tempat yang semestinya. Jangan sampai masyarakat awam akan terus rancu oleh sesuatu yang masih abu-abu dan bertentangan satu sama lainnya dalam satu lembaga....I]




Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 7 Juli 2020

2. https://www.tagar.id/pakai-kalung-an...-diolok-di-dpr

3. https://autotekno.sindonews.com/read...ona-1594033666
Diubah oleh widoko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 00:44
Dapet berapa endrosenya? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kandrib dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 05:08
mungkin buat iseng aja brayy emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 05:31
jadi inget gelang power balance..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 06:03
hmmmm...ini semacam kayak cari peruntungan kayaknya...
aku gk tau sih, bener apa gk nya barang2 kayak gtu itu bisa melindungi tubuh dr penyakit atau sejenisnya...tp, klo d momen kayak gini..bisa dimanfaatkan buat oknum2 yg gak bertanggung jawab..bisa aja nanti ada barang tiruan saat animo masyarakat terhadap benda ini tinggi...
aku hanya tau...gunanya untuk melancarkan sistem peredaran darah....
jadi...gmana suatu benda yg seperti itu bisa menghilangkan penyakit/virus??
aku nungkin akan lebih percaya...jika itu untuk meningkatkan imun tubuh, entah dengan cara apa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 06:04
Itu kalung sebenarnya apa gunanya sih?
Kita menghabiskan sebagian besar waktu diluar dengan menggunakan masker, sementara itu kalung baru ada efeknya kalo aromanya terhirup kan?
Kalau toh manfaatnya baru terasa setelah kita melepas masker, maka desainnya yang berbentuk kalung itu sudah salah dari awal menurut saya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 06:10
Itu bahan minyak kayu putih itu kan ya
0 0
0
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 06:35
Anti Corona ??

Anti masuk angin kaleeee.....emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
decodeca dan seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 07:12
Emosi gw liatnya emoticon-Najis

Pake logika aja lah bentuk virus corona itu seperti apa penyebaran nya via udara dll

Lebih masuk akal pake masker, face shield, jaga jarak, cuci tangan, makan bergizi minum vitamin.

Bukan pake kalung tahayul ini emoticon-Cape d...

Dan seharusnya ini ranahnya menkes bukan asal srobot si mentan ini mentang2 dpt endorse biar bisa dapat asupan Apbn kan?? emoticon-Najis

profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 07:21
biar gaye aje bray
profile-picture
widoko memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 07:37
nggak sekalian aja dibuat batu akik.. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
fendz7551 dan widoko memberi reputasi
2 0
2
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 08:09
Sangat heboh di masyarakat karena memang mereka tampaknya belum mendapatkan isolat virusnya. Jadi memang ini harus waspada jangan sampai terkecoh gan. Lebih bagus memang dengan hal yang realistis saja, avo.
0 0
0
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 08:31
kwalitas menteri cebong, otak di dengkul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 08:54
njir.. sakti bener itu kalung. baby boomers emang kadang dluar logika gan. mantap emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 09:26
ah mbuh lah
profile-picture
widoko memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 13:48
blunder direshuffle lho
0 0
0
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 16:21
Ya kali aja Bray...

siapa tau bermangpaat.. minimal keliatan kan..

keliatan maksa.. emoticon-Big Grin
profile-picture
widoko memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 22:40
Dari jaman dulu, sebelum ada covid19 itu bocah2 sekolah udah ngegantung antis di tas mirip gantungan kunci, bukannya jadi sama aja kayak kalung mentan? emoticon-Ngakak (S)

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Diubah oleh SuniC
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
09-07-2020 00:02
Minyak kayu putih aje kalungin emoticon-Hammer2

Kalo idung mampet, buka tutupnya, hirup deh
Diubah oleh rifqiariefp.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
09-07-2020 00:05
resmi mentan ikutan tolol goblok kayak si menkes....anjing emoticon-anjing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
09-07-2020 00:08
namanya juga terlanjur basah gobloknya g nanggung emoticon-Leh Uga
yg penting cuan dapet komisi dari vendor emoticon-Leh Uga emg geblek pemerintah sekarang pandemi gini malah dijadikan objekan emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
minersky dan batakolonjong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia