Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f03479db41d3058e221004c/beberapa-penyebab-indoor-ac-bersuara-berisik
Mungkin sebagian dari para pembaca yang menggunakan unit AC pernah mengalami ketika unit ac menjadi tiba - tiba berisik entah pada bagian indoor maupun outdoor. artikel kali ini saya ingin membahas mengenai penyebab bunyi berisik pada bagian indoor nya dahulu ya sob. Perlu diketahui bunyi berisik pada ac terutama pada bagian indoor nya jangan dibiarkan terlalu lama dan harus segera diperbaiki kare
Lapor Hansip
06-07-2020 22:47

beberapa penyebab indoor ac bersuara berisik

beberapa penyebab indoor ac bersuara berisik

Mungkin sebagian dari para pembaca yang menggunakan unit AC pernah mengalami ketika unit ac menjadi tiba - tiba berisik entah pada bagian indoor maupun outdoor. artikel kali ini saya ingin membahas mengenai penyebab bunyi berisik pada bagian indoor nya dahulu ya sob.

Perlu diketahui bunyi berisik pada ac terutama pada bagian indoor nya jangan dibiarkan terlalu lama dan harus segera diperbaiki karena selain mengganggu kenyamanan penggunanya, dapat juga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Kenapa indoor ac berbunyi berisik

1. unit indoor ac kotor 

salah satu penyebab bunyi berisik di indoor adalah unit ac yang kotor. kenapa ini bisa terjadi ? karena unit indoor yang kotor akan menghalangi sirkulasi udara yang akan dialirkan oleh kipas / blower indoor biasanya filter dan evaporator ac yang sudah tertutup oleh debu. tertutupnya filter dan evaporator oleh debu menyebabkan tidak adanya udara yang dapat dihisap oleh indoor ac sehingga sirkulasi udara menjadi terganggu. biasanya jika hal ini terjadi akan terdengar bunyi WUSSS WUUSSS di bagian blower indoornya, hembusan angin pun biasanya tidak merata.

2. Bearing motorfan indoor sudah rusak

hal ini juga sering terjadi apalagi untuk unit ac yang umurnya sudah terbilang lama. bearing ini terletak pada bagian dalam motor fan dan terdapat 2 buah di atas dan di bawah. jika salah satu bearing ini rusak bisa dipastikan akan terdengar bunyi berisik yang agak keras. jika hal ini dibiarkan terus menerus akan menyebabkan motorfan indoor akan panas dan macet dan lama kelamaan akan berefek pada modul/pcb nya. Tapi ada sebagian dari merk ac yang apabila terjadi kerusakan pada motorfan nya biasanya akan melakukan protec dengan mematikan otomatis unit AC sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. 

3. Blower kipas indoor ada yang patah

Pada bagian indoor terdapat blower fan yang berfungsi untuk menghembuskan udara. bentuknya seperti kipas panjang yang bersirip, jika salah satu sirip blower fan ini ada yang patah dapat menyebabkan putaran angin pada blower tersebut menjadi tidak stabil. biasanya jika ini terjadi akan terdengar seperti suara siulan pada indoor ac ketika dinyalakan.

4. Penempatan ac yang tidak rata

Penempatan unit indoor maupun outdoor yang tidak rata bisa juga menyebabkan ac menjadi berisik setiap Kali unit ac dinyalakan. biasanya hal yang sangat berpengaruh ketika penempatan tidak rata adalah pada bagian outdoor.

5. Baut - baut yang kendor

Baut - baut yang kendor juga dapat menyebabkan indoor ac berisik apalagi pengunci casing indoor yang tidak mengunci sempurna. hal ini bisa menyebabkan ac menjadi bergetar dan berbunyi. pada bagian indoor terdapat 3 pengunci yaitu pada bagian atas, tengah dan bawah yang biasanya untuk bagian bawah hanya di kunci dengan baut.

selain bunyi ac yang berisik terjadi pada indoor dapat juga terjadi pada bagian outdoor nya juga.








0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia