News
Batal
KATEGORI
link has been copied
251
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0318994601cf225725d6a1/ini-lho-penampakan-uang-redenominasi-rp-1000-jadi-rp-1
Dalam redenominasi, baik nilai uang maupun barang, hanya dihilangkan beberapa angka nol-nya saja. Dengan demikian, redenominasi akan menyederhanakan penulisan nilai barang dan jasa yang diikuti pula penyederhanaan penulisan alat pembayaran (uang).
Lapor Hansip
06-07-2020 19:27

Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1

Past Hot Thread
Jakarta, CNBC Indonesia - Rancangan Undang-undang tentang Redenominasi Rupiah masuk ke dalam rencana strategis. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024.

Untuk diketahui, pada 2017 merupakan pertama kalinya Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia (BI) mengajukan RUU Redenominasi Mata Uang.

Saat itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Gubernur Indonesia (periode 2013-2018) Agus DW Martowardojo mengajukan permohanan langsung RUU Redemoninasi Mata Uang kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Respons Presiden Jokowi dikabarkan kala itu menyambut baik dan siap untuk dibicarkan oleh para legislator atau dalam hal ini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sayangnya, sampai sejak 2018 hingga 2020, RUU Redenominasi tidak masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas).

Perubahan harga rupiah ini pernah dijelaskan lengkap dalam kajian Bank Indonesia (BI). Redenominasi bukanlah sanering atau pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang.

Redenominasi biasanya dilakukan dalam kondisi ekonomi yang stabil dan menuju ke arah yang lebih sehat. Sedangkan sanering adalah pemotongan uang dalam kondisi perekonomian yang tidak sehat, dimana yang dipotong hanya nilai uangnya. 


Dalam redenominasi, baik nilai uang maupun barang, hanya dihilangkan beberapa angka nol-nya saja. Dengan demikian, redenominasi akan menyederhanakan penulisan nilai barang dan jasa yang diikuti pula penyederhanaan penulisan alat pembayaran (uang).

Selanjutnya, hal ini akan menyederhanakan sistem akuntansi dalam sistem pembayaran tanpa menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian.

Bank Indonesia memandang bahwa keberhasilan redenominasi sangat ditentukan oleh berbagai hal yang saat ini tengah dikaji sebagaimana yang telah dilakukan oleh beberapa negara yang berhasil melakukannya.

Pengalaman negara lain menunjukkan keberhasilan redenominasi menuntut stabilitas makroekonomi, inflasi yang terkendali, nilai tukar mata uang, dan kondisi fiskal.

Asal tahu saja, pada 2010, Bank Indonesia (BI) sebenarnya sudah pernah merencanakan lima tahapan pelaksanaan redenominasi rupiah. Pada tahap pertama, yaitu pada 2010, BI melakukan studi banding tentang redenominasi di beberapa negara.

Tahap kedua, tepatnya pada 2011-2012 merupakan masa sosialisasi. Tahap ketiga (2013-2015) merupakan masa transisi ketika ada dua kuotasi penyebutan nominal uang.

Ini dia penampakannya :


Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1

Kemudian pada tahap keempat atau tepatnya 2016-2018, BI akan memastikan uang lama yang belum dipotong jumlah nolnya akan benar-benar habis dengan batas penarikan pada 2018.

Pada tahun 2019-2020, merupakan tahap kelima sebagai tahap terakhir, keterangan baru dalam uang cetakan baru akan dihilangkan. Masyarakat siap melakukan pembayaran dengan uang yang telah diredenominasi.


Buruan dah resmiin, kebanyakan mikir ampe puluhan tahun, masyarakat udah pada pinter juga kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 45 lainnya memberi reputasi
46
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:44
Itu ukuran duitnya dikecilin juga ya? Kok gambarnya lebih kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cleaves dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:45
Ayo yang punya duit cash, hasil penggelapan pajak, segera di loundry dong.. ntar kalo dah ganti wujud duitnya, lu mau tuker duit bakal ditanya tanya loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:48
klo saldo digital tinggal kurangin nolnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 18 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:51
Kerjaan tambahan buat para ritel emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sonydimasjozz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:53
lah apa BI udah punya Cadangan Emas yg sebanding dengan kartal dan giral jika akan melakukan redominasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 19:54
Akhirnya....
Bagus deh
Bawa efek psikologis panikan jg kl kebanyakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:03
Syukurlah, harga rumah nanti cuma Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah). emoticon-Mewek

Bersabar menghindari riba.



Ttd.

Kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:06
Bakal ada yg sangkut pautin sm Komunis gak tuh?....

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:28
begitu rupanya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
entop dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:31
biar dollar keliatan lebih kecil dari 15rb jadi 15rupiah
pinter bener kalo soal nutup bau bangkai rezim ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
curcoll dan 13 lainnya memberi reputasi
11 3
8
Lihat 14 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:42
Apakah 7 juta alumni peak juga akan diredenominasi menjadi 7000 biji saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:45
Kalo 1000 rp jadi 1 rp trus apa masih ada pecahan di bawah 1 rp ? Soalnya masih ada loh barang2 yg harganya di bawah seribu, gelas plastik ato tas kresek masi 200 rupiah kl gak salah. Masa trus jadi 1 rp kan berarti 1000.
Diubah oleh donal.duck.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sonydimasjozz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:49
Quote:Original Posted By donal.duck.
Kalo 1000 rp jadi 1 rp trus apa masih ada pecahan 1 rp ? Soalnya masih ada loh barang2 yg harganya di bawah seribu, gelas plastik ato tas kresek masi 200 rupiah kl gak salah. Masa trus jadi 1 rp kan berarti 1000.


They become cents.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sonydimasjozz dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 20:56
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Sebaiknya nunggu perekonomian stabil dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bimo77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 21:30
setujuuuuu, biar cepet deh
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 21:47
dari dulu wacana terus
profile-picture
profile-picture
darck91 dan entop memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 22:34
Malah jadi sederhana gitu tampilan nyaemoticon-Big Grin
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 22:40
Gak ngaruh goblok emoticon-Blue Guy Bata (L)
Jumlah duid nya jg sama, anak beli permen sebijik jadi susah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 7 lainnya memberi reputasi
5 3
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ini Lho Penampakan Uang Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1
06-07-2020 23:08
Cepetan dah
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia