Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02ff1ac820846cc374c8cb/guguma-pilus-telo-dempes-bola-bola-ubi-ternyata-satu-makanan-terbuat-dari-ubi
makanan tradisional berbahan dasar ubi Ubi merupakan makanan yang sangat digemari di kampung Ane, baik ubi putih, ubi merah, ubi orange maupun ubi ungu. Semuanya terasa nikmat bila diolah menjadi makanan teman minum kopi atau teh. Hallo apa kabar Agan Sista di seluruh Nusantara , semoga hari ini tetap semangat, bahagia selamanya tentu dong. Oke deh. Jumpa kembali di Thread kuliner Ane, kali ini An
Lapor Hansip
06-07-2020 17:38

Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi

icon-verified-thread
makanan tradisional berbahan dasar ubi
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi


Ubi merupakan makanan yang sangat digemari di kampung Ane, baik ubi putih, ubi merah, ubi orange maupun ubi ungu. Semuanya terasa nikmat bila diolah menjadi makanan teman minum kopi atau teh.

Hallo apa kabar Agan Sista di seluruh Nusantara , semoga hari ini tetap semangat, bahagia selamanya tentu dong. Oke deh.
Jumpa kembali di Thread kuliner Ane, kali ini Ane ingin ngajak Agan Sista semuanya mengenal makanan yang sebenarnya terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu ubi.


Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi


Kalau di kampung ane jajanan seperti ini namanya Dempes apa itu artinya?

Dempes artinya kalau adem kempes

Tahu maksudnya 'kan, makanan yang prosesnya dikukus dulu kemudian digoreng ini ternyata mempunyai beberapa nama, ada yang menyebutnya guguma, pilus telo, dempes, bola-bola ubi, tapi sebenarnya terbuat dari bahan yang sama.

Agan Sista yang selalu bahagia, yuk kita buat cemilan mantap teman ngopi atau ngeteh, baik di sore hari maupun di pagi hari langsung cap cus yuk ke dapur.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat guguma, dempes, pilus telo dan bola-bola ubi adalah sebagai berikut:


1. 700 gr ubi ungu, orange, putih seadanya ubi bisa semua (sekitar 3buah ubi ukuran sedang)

2. 150 gr tepung kanji/tepung tapioka

3. 3 sdt gula pasir

4. Mentega secukupnya yang sudah dicairkan supaya adonan kalis

5. Sedikit garam.

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut;

Pertama-tama Kukus ubi sampai empuk. Lalu dihaluskan.

Kedua Campurkan tepung kanji, tepung maizena, gula pasir dan mentega sampai tercampur rata.

Ketiga Ambil sedikit adonan, lalu dipipihkan. Isi dengan potongan coklat, keju, kacang hijau sesukanya. Kemudian ditutup dan buat bulatan.

Goreng sampai matang. Hati2 jangan sampai gosong karena bisa pahit rasanya. Apa pun yang gosong sih nggak enak bener nggak gan sist.

Saat panas, terasa gurih dan garing di luar, lembut dan manis di dalam. Kalau sudah dingin, jadi kempes dan agak lembek. Tapi tetep enak lho.

Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi


Nah itulah cara membuat guguma, bola-bola ubi, dempes, pilus ubi yang rasanya yummy banget dah.
Terus kita nikmatin bersama keluarga deh.
Kalau di tempat Agan Sista namanya apa lagi ya, mungkin ada nama selain nama diatas.

Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi


Okey deh sampai sampai di sini kuliner bareng Ane, semoga suka kuliner tradisional ini.
Salam hangat untuk keluarga.
Bye ... bye ...

Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi




Sumber opini pribadi
Sumber foto dokpri
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 17:38
berbagai jenis olahan ubi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 17:39
pas sebagai teman ngopi atau ngeteh
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 17:39
Adakah nama lain di tepat Agan Sista?
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 17:53
Baru denger sih, Sis. Dan baru liat juga. Emm uenak nih.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 17:53
Apa pun jenis olahan dari ubi ane syuka.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 18:36
ane jarang makan makanan yang dari ubi. kayaknya yang ini enak nih
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 18:39
buat sarapan temen ngeteh atau cemilan sorw
enak banget nih kak😋
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 19:19
Aku sukak nih tapi blm pernah buat sendiri, ternyata gampang buatnya.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 19:56
Ubi direbus aja enak apalagi dibikin olahan kek gitu

Pas banget lagi hujan nih, nyemil ubi keknya enak emoticon-Belo
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 22:22
bola bola ubi favorit ane bangeeet!
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
06-07-2020 22:30
ditempatku namanya timus bun, sering bikin juga apalagi klo pas panan ubi. anak" suka pake toping susu, meses dan keju.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
07-07-2020 06:05
waww enak nih ubi, ane juga demen makan dari bahan ubi ubi begini kalau ditempat ane namanya bola bola ubi, sekarang udah jarang ada jualan kalau mau ribet sih palingan bikin sendiri
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
07-07-2020 06:25
wah bisa dicatet ini resepnya bunda oya, coz ubi di belakang rumah udah berbuah dan siap panen. biasanya sih cuma di rebus digoreng. pengen coba dech resepnya.
profile-picture
profile-picture
LaSeixas dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
07-07-2020 09:33
Di tempat ane rasanya belum ada makanan model begituan sist..tapi bayangin rasanya pasti enak.. apalagi diisi keju atau coklat ya.. anak2 pasti suka banget..
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
07-07-2020 11:16
Apapun namanya, asalnya tetep satu, dari ubi👍
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
07-07-2020 12:19
pilus sering bikin, tp gw sih lebih suka ubi goreng biasa...

kirain ubi empuk yg ini...
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
08-07-2020 16:33
kaya bahasa sunda ya dempes bahasanya
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
09-07-2020 06:59
wah enak nih, makanan tradisional
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
09-07-2020 07:04
ubi ungu suka banget
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Guguma, Pilus Telo, Dempes, Bola-bola Ubi, Ternyata Satu Makanan Terbuat dari Ubi
25-07-2020 10:48
biasanya olahan ubi cuman di kukus aja. ternyata ada juga dempes yg keliatannya enak jugaa🤤
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
nostalgia-merbabu-via-thekelan
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia