Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0299edf0bdb2266576ceb2/takhayul-ketuk-meja-buang-sial-dan-nyelenehnya-indonesia
"Amit-amit jabang bayi." Sambil ketuk meja. Siapa nih, yang suka kayak gitu? Kayaknya di Indonesia, ketuk-ketuk meja adalah cara penangkal sial yang paling populer dari masa ke masa, ya. :1thumbup Terbukti sampai sekarang masih ada aja yang percaya dan melakukannya. Biasanya tindakan itu dilakukan untuk menghilangkan kesialan atau menghindari diri terkena tindakan buruk atau hal-hal yang
Lapor Hansip
06-07-2020 10:26

TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.

icon-verified-thread
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.

"Amit-amit jabang bayi." Sambil ketuk meja.
Siapa nih, yang suka kayak gitu?

Kayaknya di Indonesia, ketuk-ketuk meja adalah cara penangkal sial yang paling populer dari masa ke masa, ya.
emoticon-Jempol
Terbukti sampai sekarang masih ada aja yang percaya dan melakukannya.
Biasanya tindakan itu dilakukan untuk menghilangkan kesialan atau menghindari diri terkena tindakan buruk atau hal-hal yang tak diinginkan.

Tahukah GanSist, kalau ternyata mitos itu asalnya dari kebudayaan barat loh.
emoticon-Bingung
Tujuannya sih sama. Dipercaya untuk menghilangkan kesialan atau kutukan.
Nah, bisa jadi nenek moyang kita dulu mencontoh itu dari bule-bule yang datang dan tinggal di Indonesia. Jadilah dianut juga sama anak cucunya sampai ke kita-kita.

Bedanya yang dilakukan sama orang-orang barat itu lebih spesifik. Yang mereka ketuk untuk buang sial itu harus papan kayu. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengetuk papan kayu adalah sebuah tindakan takhayul yang paling banyak diyakini dan beredar di kebudayaan barat, untuk menghilangkan kesialan atau bahkan kutukan. Berikut ini beberapa teorinya.
emoticon-Cool
Sejumlah orang percaya, kalau kebiasaan tersebut berasal dari budaya orang kuno yang menyembah pohon atau kayu. Bagi mereka, kayu merupakan rumah bagi roh dan dewa. Jadi saat mengetuk kayu, sama artinya dengan meminta perlindungan dari roh atau dewa yang mereka yakini tinggal di situ.

Sedangkan dalam legenda Jerman, mengetuk meja dipercaya dapat membawa keberuntungan. Ini karena dulu meja di Jerman konon hanya terbuat dari kayu oak. Mereka percaya setan tidak bisa hidup di pohon oak, maka kayu ini dipercaya sebagai kayu suci.

Hmm, kenapa ya kira-kira setan nggak mau tinggal di pohon oak? Siapa tau ada setan yang pernah curhat soal ini sama GanSist. Coba sharing di komentar biar yang lain nggak penasaran.
emoticon-Ngakak
Oh ya, buat yang nggak tahu pohon oak, itu loh yang ada di rumahnya si Sandy. Tupai pintar temannya Spongebob di Bikini Bottom.
emoticon-Shakehand2

Uniknya takhayul ketuk meja atau kayu untuk penangkal sial di Indonesia ini, sudah banyak sekali diimprovisasi. Nilai-nilai sakral dari tempat asalnya, jadi terkesan nyeleneh di negara kita. Luar biasa emang.

Di barat sana, yang diketuk buat buang sial kan kayu. Nah, entah kenapa orang-orang kita dari lantai, tembok, tanah, sampai kepala pun diketuknya. Asal jangan kepala tetangga aja deh, ya. Apalagi kepala sekolah. Bahaya.
emoticon-Wakaka

Satu lagi nih, di Indonesia biasanya ada "mantra-mantra" tersendiri yang mengiringi "ritual" ketuk meja atau kepala. Yang paling umum dan normalnya ya itu tadi, amit-amit jabang bayi. Ada juga yang menyebut "coy, coy, coy!" entah sih maksudnya gimana yang satu ini. Ada lagi nih yang nggak kalah nyeleneh, "amit-amit jabang baby!" ngucapinnya pake nada meliuk-liuk manja.
emoticon-Wagelaseh
Kalau dipikir-pikir, kira-kira siapa ya yang menjadi pencetusnya.

GanSist, salah satu yang suka ketuk-ketuk meja atau kepala buat menghalau kesialan juga bukan nih?
Yang nggak ngaku ana sumpahin bisulan!

emoticon-Blue Guy Bata (L)
"Coy,coy,coy!" Sambil ketok kepala tetangga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zaiimport dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
06-07-2020 16:13
Ane gak pernah sama sekali melakukan ketuk² meja apalagi kepala pak RT utk menghalau kesialan lho sist emoticon-Big Grin
Malah gak pernah ane liyat keluarga, teman² ataupun orang² sekitar ane melakukan ketuk² gitu.
Apa karena kebiasaan tsb tidak lazim di daerah ane ya emoticon-Bingung
profile-picture
rinnopiant memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
06-07-2020 22:25
kadang2 aja sih wkwkwk buat candaan aja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
06-07-2020 22:33
jan percaya!
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
06-07-2020 22:53
kalo ane sering liat orang ketuk pintu sih, tapi bukan takhayul
emang mau bertamu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
08-07-2020 19:02
kalung anti Corona
0 0
0
TAKHAYUL: Ketuk Meja, Buang Sial, dan Nyelenehnya Indonesia.
10-07-2020 07:54
Baru denger ada mitos ini dan blm pernah liat 1x pun orang Jerman yg ane tahu melakukan hal itu.

Isi trit ini pun cuma mitos emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
mau-gak-jadi-istriku
Stories from the Heart
olivia
Stories from the Heart
kamu-hujan-yang-kunantikan
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
true-story-yellow-raincoat
Stories from the Heart
tipe---tipe-kaskuser
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia