News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02632bf4ae2f12cb385747/apa-alasan-edhy-prabowo-cabut-larangan-ekspor-benih-lobster-era-susi
Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.
Lapor Hansip
06-07-2020 06:32

Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

Past Hot Thread
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

"Kita libatkan masyarakat untuk bisa budidaya (lobster). Muaranya menyejahterakan," kata Menteri Edhy dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Minggu (5/7/2020).

Kebijakan yang kembali menginzinkan ekspor benih lobster tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020.

Regulasi ini mengatur pengelolaan hasil perikanan seperti lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajunfan (Portunus spp.).

Aturan ini sekaligus merevisi aturan larangan ekspor benih lobster yang dibuat di era Susi yakni Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016.

Edhy menegaskan, kebijakan pembukaan ekspor benur dilakukan untuk nelayan yang menggantungkan hidup dari menangkap benih lobster.

Selain itu, kebijakan tersebut juga ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah. Pemerintah juga terus meningkatkan akses permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor perikanan.

Edhy menginginkan publik dapat melihat kebijakan itu secara utuh dengan mengingat arah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan meliputi perlindungan dan pemberdayaan serta peningkatan pendapatan nelayan.

"Yang paling penting, izin itu dibuat untuk kesejahteraan, manfaat atau tidak ke masyarakat," ujar Edhy.

Edhy menegaskan, tidak menutupi apapun dalam kebijakan ekspor benih lobster. Sebelum melegalkan ekspor benih lobster, KKP telah melakukan kajian mendalam lewat konsultasi publik.

"Ekspor ini tidak hanya melibatkan korporasi tapi juga nelayan. Karena penangkap benihnya kan nelayan. Terdapat 13.000 nelayan yang menggantungkan hidup dari mencari benih lobster," kata Edhy.

"Ini sebenarnya yang menjadi perdebatan, karena akibat ekspor dilarang mereka tidak bisa makan. Mereka tidak punya pendapatan. Ini sebenarnya pertimbangan utama kami," tambahnya.

Edhy menegaskan, ekspor benih lobster juga tidak terus menerus dilakukan. Bila kemampuan budidaya di Indonesia semakin baik, otomatis benih yang ada dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan pembudidaya di dalam negeri.

Seraya meningkatkan kapasitas budidaya lobster dalam negeri, Edhy ingin pemasukan bagi negara berjalan. Itulah sebabnya, ekspor benih lobster dikenakan pajak dan besarannya tergantung margin penjualan.

"PNBP ini sangat transparan, lho. Hanya mereka yang mengekspor saja yang bayar, bukan nelayan atau yang cuma berbudidaya. Aturan PNBP pun disesuaikan dengan harga pasar," terang Edhy.

Selanjutnya, perusahaan yang mendapat izin ekspor tidak asal tunjuk. Perusahaan harus melewati proses admistrasi hingga uji kelayakan. KKP sendiri membentuk panitia untuk menyeleksi perusahaan penerima izin.

"Pendaftaran izin ini terbuka. Ada prosesnya, dari mulai berkas hingga peninjauan langsung proses budidaya yang dimiliki. Setelah kelayakannya terverifikasi, baru mendapat izin. Proses ini terbuka, tidak ada yang kami tutupi," pungkas Edhy.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:31
pantes Fahri anteng...biasanya paling kenceng congornya...
dasar
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:38
Fahri Hamzah salah satu yg menang proyek, pantes bacotnya kenceng banget lawan Susi
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan pepelepewcat memberi reputasi
2 0
2
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:50
Cuan.....
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 10:15
alasan edhy prabowo cabut laragan ekspor benih lobster karen perintah presiden
gak ada visi misi menteri yang ada adalah visi misi presiden

logika kok dibalik balik jadi menyalahkan menterinya emoticon-Ngakak
profile-picture
didit.d memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 10:25
saya setuju dengan kebijakan bu Susi yang dulu, kenapa kebijakan yang tegas dan bagus ini tidak dipertahankan, dulu di era bu Susi kapal asing takut mau mancing di kita, ah sudahlah
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 10:36
pst ada apa2nyaemoticon-Bingung
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 10:37
parah lah. kedok doang
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 10:38
kesejahteraan dan manfaat apa ke masyarakat kalo akhirnya semua benih lobster dikuasai asing dan indonesia kebagian impor lobster doang padahal benihnya dari sini emoticon-Cape d... (S)

mau juga dibudidayakan lobsternya buat masuk pasar ekspor, benihnya ya janganlah emoticon-Gila
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 11:30
bibitnya di ekspor lalu klo udah waktunya panen di impor.... kan bangke emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 11:58
Alasan lingkungan mana?
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 12:07
Mentri koplak..emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 14:17
G bisa makan lovestar
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:32
mana saya tau

tanya orang nya donk emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:32
padahal di bekasi lagi viral bakso lobster semangkok 40ribu..
nanti kalo kita harus ekspor lobster ga bakalan dapet tuh seporsi 40ribu
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:33
tipu daya apalagi ini? rakayat selalu jadi alasan. mohon maaf rakyat yg mana yg anda maksud?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:34
Mensejahterakan kalo yg dijual benihnya ya lama2 abis juga. Mending dibudidaya dulu baru dijual emoticon-Matabelo
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:35
tanpa bebanemoticon-Coblos
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:36
pokoknya yang terbaik untuk masyarakat Indonesiaa..
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:37
Gimana ceritanya budidaya kalo baru bibit uda di ekspor
Di vietnam, laos, thailand itu lobster bisa murah2 dan banyak yg asalnya dr bibit di indonesia

Di sini lobster mahal bener, itupun kualitasnya aduh....

Ibarat laper butuh duit bukan berangkat cari kerja tp jual2in apa yg ada di rumah
Lama2 mati miskin juga
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 15:38
Bisa ganti bu Susi lagi aja ga? Gpp dah walau cuma nyisa 3 tahun kabinet.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia