News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02632bf4ae2f12cb385747/apa-alasan-edhy-prabowo-cabut-larangan-ekspor-benih-lobster-era-susi
Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.
Lapor Hansip
06-07-2020 06:32

Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

Past Hot Thread
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

"Kita libatkan masyarakat untuk bisa budidaya (lobster). Muaranya menyejahterakan," kata Menteri Edhy dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Minggu (5/7/2020).

Kebijakan yang kembali menginzinkan ekspor benih lobster tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020.

Regulasi ini mengatur pengelolaan hasil perikanan seperti lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajunfan (Portunus spp.).

Aturan ini sekaligus merevisi aturan larangan ekspor benih lobster yang dibuat di era Susi yakni Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016.

Edhy menegaskan, kebijakan pembukaan ekspor benur dilakukan untuk nelayan yang menggantungkan hidup dari menangkap benih lobster.

Selain itu, kebijakan tersebut juga ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah. Pemerintah juga terus meningkatkan akses permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor perikanan.

Edhy menginginkan publik dapat melihat kebijakan itu secara utuh dengan mengingat arah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan meliputi perlindungan dan pemberdayaan serta peningkatan pendapatan nelayan.

"Yang paling penting, izin itu dibuat untuk kesejahteraan, manfaat atau tidak ke masyarakat," ujar Edhy.

Edhy menegaskan, tidak menutupi apapun dalam kebijakan ekspor benih lobster. Sebelum melegalkan ekspor benih lobster, KKP telah melakukan kajian mendalam lewat konsultasi publik.

"Ekspor ini tidak hanya melibatkan korporasi tapi juga nelayan. Karena penangkap benihnya kan nelayan. Terdapat 13.000 nelayan yang menggantungkan hidup dari mencari benih lobster," kata Edhy.

"Ini sebenarnya yang menjadi perdebatan, karena akibat ekspor dilarang mereka tidak bisa makan. Mereka tidak punya pendapatan. Ini sebenarnya pertimbangan utama kami," tambahnya.

Edhy menegaskan, ekspor benih lobster juga tidak terus menerus dilakukan. Bila kemampuan budidaya di Indonesia semakin baik, otomatis benih yang ada dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan pembudidaya di dalam negeri.

Seraya meningkatkan kapasitas budidaya lobster dalam negeri, Edhy ingin pemasukan bagi negara berjalan. Itulah sebabnya, ekspor benih lobster dikenakan pajak dan besarannya tergantung margin penjualan.

"PNBP ini sangat transparan, lho. Hanya mereka yang mengekspor saja yang bayar, bukan nelayan atau yang cuma berbudidaya. Aturan PNBP pun disesuaikan dengan harga pasar," terang Edhy.

Selanjutnya, perusahaan yang mendapat izin ekspor tidak asal tunjuk. Perusahaan harus melewati proses admistrasi hingga uji kelayakan. KKP sendiri membentuk panitia untuk menyeleksi perusahaan penerima izin.

"Pendaftaran izin ini terbuka. Ada prosesnya, dari mulai berkas hingga peninjauan langsung proses budidaya yang dimiliki. Setelah kelayakannya terverifikasi, baru mendapat izin. Proses ini terbuka, tidak ada yang kami tutupi," pungkas Edhy.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 07:30
Di ekspor keluar, dipelihara disono

Ntar udah gede, udah mahal, dijual balik ke indonesia gitu emoticon-Leh Uga

Kalo hi tech masi mending lah, jual besi tua ke jepang baik kesini jadi mobil

Lha ini, budidaya lobster, kita negara maritim lho emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 31 lainnya memberi reputasi
32 0
32
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 07:08
mental pengen duit instant dengan alasan mensejahterakan rakyat.

kalo emang mensejahterakan RESEARCH trus kembangin sendiri, jual produk jadi bukan bibit.

Ada LIPI, Dikti, Ristek suruh tuh mereka neliti, gimana mengelola bibit.

emoticon-Leh Uga

74 tahun merdeka masih ada manusia bermindset begini di indonesia, pantes indonesia awet dijajah belanda

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 39 lainnya memberi reputasi
39 1
38
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 08:43
Quote:"Kita libatkan masyarakat untuk bisa budidaya (lobster). Muaranya menyejahterakan," kata Menteri Edhy dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Minggu (5/7/2020).


Muaranya mensejahterakan saudara Pak Prabowo (Hasyim), Fahri Hamzah, pengurus Gerindra, dan anggota DPR ya Pak? emoticon-Embarrassment


Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

emoticon-Ngakak emoticon-Salaman
Diubah oleh qavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 06:58
Semua tetep alasannya untuk menyejahterakan rakyat, baik yang melarang dan membuka pelarangan.

Mungkin cuma beda pendapat antar menteri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:28
Catatan tambahan (menambahi komen saya sebelumnya) ...
"Ekspor" bisa dilakukan dengan sepengetahuan dan pengawasan kementrian terkait antar negara, dengan tujuan berupaya merestorasi ekosistem di wilayah laut mereka yang mungkin telah rusak karena adanya penangkapan ikan secara massive atau karena tercemar polusi pada masa sebelumnya.
Jadi hubungannya adalah antar negara, bukan antar personel/corporate.

Sedangkan untuk negara yang tidak memiliki wilayah laut, namun ingin mengupayakan budidaya lobster untuk keperluan dalam negeri mereka, kiranya Indonesia membuka diri agar para investor pada bidang yang bersangkutan, mau melakukannya (budidaya lobster) di Indonesia.

Sedangkan yang menginginkan benih lobster itu guna digunakan untuk hewan peliharaan, kiranya bisa menggunakan yang telah dihasilkan dari proses budidaya, dan bukan yang langsung mengambil dari alam. Itu nantinya juga akan menguntungkan mereka, karena hasil budidaya biasanya lebih tahan stress dan cenderung mudah beradaptasi, karena lingkup hidup mereka sebelumnya telah disesuaikan dengan kemampuan manusia dalam mengupayakan kondisi tempat lobster-lobster itu hidup/tinggal.

...
Kita ini sudah berhasil membudidayakan udang, baik untuk konsumsi ataupun yang jenis hias, lho ...
Saya sendiri sudah bisa bikin anak (udang hias), meski tidak banyak dan saya sendiri masih pada level amatir/non profesional. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:27
Titipan cukong. Kegagalan jokowi lainnya. Muak gw liat mentri2 sekarang. Semoga kena karma lu jokowi. Sebagai pemilih gw kecewa berat.
Diubah oleh vangoz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 08:47
Bapak bagaimana budidaya lobster akan meningkat kalo benihnya saja sudah dijual?
Bukankah ekspor lobster dewasa akan lebih menguntungkan?
Berarti yg mesti diperkuat adalah budidaya benih sampai lobster dewasa.
Apalah logika rakyat jelata ini emoticon-Hammer2

Cmiiw, katanya perusahaan yg ekspor benih lobster punya fahri hamzah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speriacore dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 09:27
ane lebih senang dengan mentri yg lama ,benur itu jgn di jual keluar negri,di indonesia penampung dan budidaya ...harganya sangat tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 07:21
jualin aja bibit nya tong, lama lama juga habis sendiri kalau dari bibit udah di jualin...belum sempet kimpoi udah dijual...mentri blok..

Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
Diubah oleh moretz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 07:02
Di daerah aye jual anak ikan ditangkap Polisi

Ini ekspor benih lobster emoticon-Cape d...

Aye akhirnya mengakui perkataan prabowo dl benar

Indonesia akan bubar emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia