News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02632bf4ae2f12cb385747/apa-alasan-edhy-prabowo-cabut-larangan-ekspor-benih-lobster-era-susi
Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.
Lapor Hansip
06-07-2020 06:32

Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

Past Hot Thread
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

"Kita libatkan masyarakat untuk bisa budidaya (lobster). Muaranya menyejahterakan," kata Menteri Edhy dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Minggu (5/7/2020).

Kebijakan yang kembali menginzinkan ekspor benih lobster tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020.

Regulasi ini mengatur pengelolaan hasil perikanan seperti lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajunfan (Portunus spp.).

Aturan ini sekaligus merevisi aturan larangan ekspor benih lobster yang dibuat di era Susi yakni Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016.

Edhy menegaskan, kebijakan pembukaan ekspor benur dilakukan untuk nelayan yang menggantungkan hidup dari menangkap benih lobster.

Selain itu, kebijakan tersebut juga ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah. Pemerintah juga terus meningkatkan akses permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor perikanan.

Edhy menginginkan publik dapat melihat kebijakan itu secara utuh dengan mengingat arah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan meliputi perlindungan dan pemberdayaan serta peningkatan pendapatan nelayan.

"Yang paling penting, izin itu dibuat untuk kesejahteraan, manfaat atau tidak ke masyarakat," ujar Edhy.

Edhy menegaskan, tidak menutupi apapun dalam kebijakan ekspor benih lobster. Sebelum melegalkan ekspor benih lobster, KKP telah melakukan kajian mendalam lewat konsultasi publik.

"Ekspor ini tidak hanya melibatkan korporasi tapi juga nelayan. Karena penangkap benihnya kan nelayan. Terdapat 13.000 nelayan yang menggantungkan hidup dari mencari benih lobster," kata Edhy.

"Ini sebenarnya yang menjadi perdebatan, karena akibat ekspor dilarang mereka tidak bisa makan. Mereka tidak punya pendapatan. Ini sebenarnya pertimbangan utama kami," tambahnya.

Edhy menegaskan, ekspor benih lobster juga tidak terus menerus dilakukan. Bila kemampuan budidaya di Indonesia semakin baik, otomatis benih yang ada dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan pembudidaya di dalam negeri.

Seraya meningkatkan kapasitas budidaya lobster dalam negeri, Edhy ingin pemasukan bagi negara berjalan. Itulah sebabnya, ekspor benih lobster dikenakan pajak dan besarannya tergantung margin penjualan.

"PNBP ini sangat transparan, lho. Hanya mereka yang mengekspor saja yang bayar, bukan nelayan atau yang cuma berbudidaya. Aturan PNBP pun disesuaikan dengan harga pasar," terang Edhy.

Selanjutnya, perusahaan yang mendapat izin ekspor tidak asal tunjuk. Perusahaan harus melewati proses admistrasi hingga uji kelayakan. KKP sendiri membentuk panitia untuk menyeleksi perusahaan penerima izin.

"Pendaftaran izin ini terbuka. Ada prosesnya, dari mulai berkas hingga peninjauan langsung proses budidaya yang dimiliki. Setelah kelayakannya terverifikasi, baru mendapat izin. Proses ini terbuka, tidak ada yang kami tutupi," pungkas Edhy.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
09-07-2020 08:49
Dengan ada nya izin, siap2 lah eksploitasi di laut...
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 21:31
Mentri goblog..emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 20:53
Alasannya adalah Huannggg...
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 19:43
klo lobster msh dlm kondisi benih dijual, lobster di indonesia bisa punah. biarkan benih tumbuh besar n berkembiang biak.
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 17:29
Jualan bibitnya murah, nanti pas udah gede dibeli mahal dari luar negeri wkakakka emoticon-Cape d...
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 16:32
Quote:Original Posted By tukang_ojeg
edi wowo berak juga atas visi misi presiden? wkwkwkwkwkwk


Coba pikir segoblok itukah presiden sehingga tetep diam jika ada menteri buat aturan merugikan rakyat emoticon-Ngakak
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 14:55
Beda pemimpin beda juga kebijakan yang mereka ambil. Mereka melakukan itu tentunya memiliki maksud dan juga tujuan demi untuk kebaikan bersama. Nggak mungkin kan ya mereka mengeluarkan kebijakan tersebut hanya demi untuk memperkaya diri mereka sendiri atau untuk kepentingan partainya ?
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 11:15
Tp nantinya bangsa sendiri gabisa nikmatin hasil lobster sendiri.. kalo mau lobster kudu impor 🤣
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 06:37
biar Tuhan yang balas.............
mereka semua pasti mati
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
07-07-2020 04:08
bahan mentah dijual emoticon-Leh Uga

disini gunung juga dijual ke pengusaha kok
emoticon-Lempar Bata

emang bangsaddttt! otaknya cuma duit Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
Diubah oleh leh..uga
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 23:50
karena kita lebih senang terima jadi... emoticon-Ngacir
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 23:44
KARNA CUANNYA GEDE BOSKU emoticon-Leh Uga AHAHAHAHA
Diubah oleh thisisnightmare
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 22:01
Alasan nya? Ya suka² dia lah. Wong dia yg jadi menteri
emoticon-Wakaka
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:51
menteri kaga paham laut tp ngurus laut.. mikirnya cuma bisnis doang diotaknya.. ane yakin bu susi pasti udah mendem rasa pingin nabok nih orang.. misal kena reshuffle dan bu susi naik lagi, ane yakin bakal diabisin nih orang.. wkwk
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:50
mungkin udah banyak anggota yang kesindir tempo hari soal makan lobster...termasuk ybs? mari cek ombak..
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:36
asal kebijakannya bgus, oke
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:31
Exportirnya kan fahri hamzah. Ya demi rakyat bener. Fahri hamzah kan rakyat juga.
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:25
Quote:Edhy menegaskan, ekspor benih lobster juga tidak terus menerus dilakukan. Bila kemampuan budidaya di Indonesia semakin baik, otomatis benih yang ada dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan pembudidaya di dalam negeri.


Jika menangkap benih lebih mudah daripada budidaya, ane pastikan nelayan akan lebih memilih menangkap daripada budidaya sampai spesies Lobster ini langka dan musnah dari perairan Indonesia ini.
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:18
Quote:Edhy menegaskan, kebijakan pembukaan ekspor benur dilakukan untuk nelayan yang menggantungkan hidup dari menangkap benih lobster.

Selain itu, kebijakan tersebut juga ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah. Pemerintah juga terus meningkatkan akses permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor perikanan.


Ini adalah dua statement yang bersebrangan. Kalau ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah lah benihnya kenapa dijual kok ngga dibudidayakan.
0 0
0
Apa Alasan Edhy Prabowo Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi?
06-07-2020 21:10
beda orang beda pemikiran
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia