News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5effcbd2c0cad71b9b20ca37/tagihan-listrik-juli-2020-kembali-melonjak-begini-penjelasan-pln
Terkait adanya sejumlah pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan atau tagihan tidak sesuai dengan kWh meter, PLN menegaskan tidak ada kebijakan kenaikan tarif maupun tidak ada subsidi silang. Menurut penjelasan PLN, lonjakan tagihan pelanggan terjadi berkaitan dengan adanya penambahan dari sisa relaksasi pada bulan sebelumnya. Meski demikian PLN akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap ka
Lapor Hansip
04-07-2020 07:22

Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

Terkait adanya sejumlah pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan atau tagihan tidak sesuai dengan kWh meter, PLN menegaskan tidak ada kebijakan kenaikan tarif maupun tidak ada subsidi silang.

Menurut penjelasan PLN, lonjakan tagihan pelanggan terjadi berkaitan dengan adanya penambahan dari sisa relaksasi pada bulan sebelumnya. Meski demikian PLN akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kasus yang terjadi.

Jika dilihat dari historis pemakaian pelanggan sebelumnya, PLN menilai, kemungkinan besar kenaikan karena sisa cicilan dari tagihan bulan lalu yang memang belum terbayarkan.

Adapun pada tagihan bulan Juni 2020 kemarin, demi melindungi konsumen dari kenaikan tagihan listrik akibat adanya perubahan perilaku konsumsi listrik selama PSBB, PLN memberikan solusi melalui kebijakan relaksasi.

Skema ini menggunakan pola 40 persen dari selisih tagihan bulan sebelumnya saat menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian 3 bulan. Kemudian 60 persen sisanya dibayarkan dengan cara dicicil pada tiga bulan selanjutnya yakni juli, Agustus dan September, masing-masing 20 persen dari selisih tagihan listrik yang belum dibayarkan sebelumnya.

Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

Berikut ilustrasi penghitungannya berdasarkan penjelasan PLN:

1. Pelanggan IDPel 54660136xxxx atas nama XY

Karena COVID-19, bulan April (Rekening Mei 2020) dibaca rata-rata kWhnya 3 bulan terakhir (82 kWh + 79 kWh + 93 kWh) dibagi 3 = 84 kWh atau sebesar Rp 113.568

2. Bulan Mei dibaca petugas langsung di lokasi pelanggan dengan pemakaian naik sebesar 373 kWh, sehingga tagihan melonjak dan seharusnya yang mesti dibayar adalah sebesar Rp504.296. Naik sebesar Rp 390.728 dari tagihan bulan Mei, atau naik 344 persen.

3. Pelanggan tersebut pada tagihan Juni 2020 memperoleh relaksasi sebesar 40 persen, Rp 390.728 x 40 persen = Rp 156.291 sehingga tagihan pelanggan hanya sebesar = Rp 113.568 + Rp 156.291 = Rp 269.859. Sisa 60 persen akan ditambahkan ke tagihan bulan Juli, Agustus dan September, masing-masing sebesar 20 persen atau Rp 78.146 setiap bulannya.

4. Bulan Juni petugas tetap membaca di lokasi pelanggan dan tercatat pemakaian pelanggan sebesar 208 kWh, masih lebih besar dibanding sebelum ada COVID-19 bulan Maret dan bulan sebelumnya, dengan tagihan sesungguhnya sebesar 208 kWh x Rp 1352/kWh = Rp 281.216 . Namun ada tambahan cicilan relaksasi sehingga tagihan Juli menjadi Rp 281.216 + Rp 78.146 = Rp 359.362.

5. Jika ditambahkan dengan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar 3 persen dari tagihan sebelum penambahan relaksasi, atau 3 persen x Rp 281.216 = 8.436, maka tagihan total sebesar Rp 367.798.

6. Besaran PPJ tiap daerah berbeda, tergantung penetapan Pemda setempat

7. Historis pemakaian, tagihan dan fotobaca meter bulan Juni pelanggan yang bersangkutan sudah sesuai dengan angka stand di meter lokasi pelanggan.

Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

PLN Sediakan Posko Pengaduan

Sebagai bentuk respons PLN terhadap keluhan pelanggan, PLN telah membuka posko pengaduan PLN yang dapat diakses oleh masyarakat, yakni melalui CC 123, yang kemudian dari aduan tersebut akan langsung ditindaklanjuti dengan call back dan datang ke rumah pelanggan.

Saat ini Posko Informasi Tagihan Listrik berada di Kantor Pusat PLN dan diseluruh cabang PLN. Ada sejumlah 173 posko PLN UP3, 856 posko PLN ULP, 1 posko PLN PUSAT, CC123, dan CC 123.

sumber

***
Bisa bisanya tagihan malah naik padahal pemakaian listrik turun cukup banyak emoticon-Cape d... (S)

Bulan ini tagihan pelanggan sdh mulai keluar.

Kemaren pln ngeles ada kenaikan pemakaian.

Skrng sdh mencatat pemakaian.

Hasilnya skrg catatan pemakaian lebih rendah tp di tagihan bisa bisanya naik drastis.

Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

Mau ngeles apalagi pln
Diubah oleh yasue.dik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 07:26
asem ga tobat², udah dimaki² warga harapannya biar tidak ada lonjakan tagihan, eh malah terjadi lagi

yg ditakuti malah muncul, fix 100% bodoh, udah kecebur sumur ga diambil hikmahnya malah nyebur lagi

bandel kuadrat
Diubah oleh daroi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudible8 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 07:30
liat gaji2 petinggi bumn contoh ahok yang dapet 3M/bulan tp bbm gak diturunkan
mereka itu sama aja makan duit dari penderitaan rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 07:33
Bang ke bener2..
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 07:40
Mo marah percuma, kita yg butuh, bukan pln
Mau buat sumber listrik sendiri aja harus minta ijin dl
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 07:55
Saya simpan dlu tritnya buat acuan bayar bulan ini.
Tak hitung perKwh brp brp, emoticon-Mad
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:00
Posko pengaduan PLN? Cuma ngabisin pulsa.
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:01
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:03
Udah ganti saja pakai sistem pulsa, dan harus mau.


















*memang ini tujuannya emoticon-Shutup
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:13
Sudah ditegaskan sama PLN kembali bahwa tidak ada kebijakan kenaikan tarif maupun tidak ada subsidi silang.

Adanya lonjakan tagihan dari sejumlah pelanggan, itu terjadi berkaitan dengan adanya penambahan dari sisa relaksasi pada bulan sebelumnya. Meski demikian PLN akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kasus yang terjadi.
profile-picture
profile-picture
entop dan mang.jebot memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:30
emoticon-Ngakak
palak teruuuss gasspoool
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:39
kita sebagai rakyat bisa berbuat apa?🤨
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:47
perusahaan plg parah

dari jabatan tertinggi sampe terendah
ga ada yg bener
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan entop memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:51
Ini mah nunggu rusuh aja ,,rakyatmulaigerah
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:52
Protes ke PLN nya langsung lah emang elu gak punya kontak WA petugas PLN setempatnya??

Bacot di BP mulu.. Emang ada anak BP petugas PLN??

Baku hantam donk jangan ngetik mulu...
Diubah oleh .noiss.
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 08:57
Quote:Original Posted By yasue.dik
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN

rapi banget masangnya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 09:08
ini mah nembak pemakaian kwh,
masa bayar bulan ini 300rb yg biasanya 100-an ribu
ane kagak percaya ama dalihnya pln, kebanyakan bullshit
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 09:21
Monopoli sih, rakyat bisa ngomong apa... emoticon-Turut Berduka
Menurut undang-undang, harusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, tapi BUMN jaman sekarang kan ngejar profit semua. emoticon-No Hope
0 0
0
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 09:32
selama masih ada miskiner emoticon-Tai emoticon-fuck yang dikasih gratis atau diskon...
golongan menengah keatas yang disuruh subsidi


profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan aldonistic memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Listrik Juli 2020 Kembali Melonjak? Begini Penjelasan PLN
04-07-2020 09:48
Naik terus buat balikin uang negara yang dirampok stafsus yang saat ini lagi enak indehoi di Singapura.Pokoknya gencet terus rakyat sampai masuk lubang kubur lewat pa(l)jak yang terus dinaikkan.Selama masih ada rakyat yang lahir berarti masih ada potensi pa(l)jak yang bisa ditodongemoticon-Ultah
Diubah oleh brainymale
profile-picture
profile-picture
belial dan aldonistic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia