News
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efed9868d9b175b941996f1/filipina-vietnam-kecam-keras-latihan-militer-china-di-laut-china-selatan
Manila - Kecaman dan kritikan dilontarkan Filipina dan Vietnam terhadap latihan militer yang digelar China di Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Kedua negara itu memperingatkan China bahwa tindakannya bisa memicu ketegangan di kawasan dan berdampak pada hubungannya dengan negara-negara tetangganya. Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/7/2020), menurut pengumuman Otoritas Keselamatan Maritim H
Lapor Hansip
03-07-2020 14:08

Filipina-Vietnam Kecam Keras Latihan Militer China di Laut China Selatan

 Filipina-Vietnam Kecam Keras Latihan Militer China di Laut China Selatan

Manila -
Kecaman dan kritikan dilontarkan Filipina dan Vietnam terhadap latihan militer yang digelar China di Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Kedua negara itu memperingatkan China bahwa tindakannya bisa memicu ketegangan di kawasan dan berdampak pada hubungannya dengan negara-negara tetangganya.
Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/7/2020), menurut pengumuman Otoritas Keselamatan Maritim Hainan, China menjadwalkan latihan militer selama lima hari mulai Rabu (1/7) waktu setempat, di dekat Kepulauan Paracel. Vietnam secara khusus diketahui memiliki klaim tumpang-tindih dengan China atas Kepulauan Paracel.

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, menyebut latihan militer yang digelar China di perairan dekat Kepulauan Paracel itu 'sangat provokatif'. Meski Filipina tak mengklaim Kepulauan Paracel, latihan militer China di luar wilayah perairannya itu tidak bisa diterima.


"Itu sangat mengkhawatirkan, kami melihatnya dengan kekhawatiran," ucap Lorenzana dalam pernyataannya. "Melakukan itu di area-area yang menjadi sengketa kemudian itu akan, Anda tahu, memicu kekhawatiran bagi seluruh penggugat," imbuhnya.

"Itu sangat provokatif," tegas Lorenzana.
Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Vietnam menyebut latihan militer di Laut China Selatan itu sebagai pelanggaran kedaulatan yang bisa merusak hubungan China dengan negara-negara Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, menyatakan pihaknya telah mengirimkan nota diplomatik kepada China untuk memprotes latihan militer itu. "Itu secara serius melanggar kedaulatan Vietnam," tegas Le.
"Latihan itu semakin memperumit situasi dan merusak hubungan antara China dan ASEAN," sebutnya.


Pada April lalu, Vietnam melaporkan bahwa satu kapal nelayannya ditenggelamkan oleh kapal pengintai maritim China. Otoritas China menyebut klaim maritim Vietnam ilegal dan 'ditakdirkan untuk gagal'.
Filipina dan Vietnam selama ini sangat vokal terhadap apa yang mereka lihat sebagai upaya China yang melewati batas dalam mengklaim Laut China Selatan dan mengabaikan batasan yang diatur dalam hukum maritim internasional. China mengklaim yurisdiksi historis atas 80 persen dari wilayah perairan Laut China Selatan


Kedua negara memperingatkan soal meningkatnya rasa tidak aman di kawasan Asia Tenggara dalam pertemuan ASEAN yang digelar secara online, pekan lalu. China dikhawatirkan memanfaatkan pandemi virus Corona (COVID-19) untuk meningkatkan aktivitas Angkatan Laut dan memperkuat klaim wilayah di perairan sengketa. 


https://news.detik.com/internasional...hina-selatan/1

nampak jelas dalang provokator itu komunis cina.
cina komunis ingin kuasai dunia
asia sudah di obrak abrik lewat hutang dan virus.
sekarang amerika dan dunia yang diobrak abrik

keleng paok itu diadu domba oleh komunis paok cina



banyak BSH komunis cina yang iri dengan kemajuan vietnam
persetan sama bajingan anak asia radikal pemuja komunis di bpln
 
profile-picture
profile-picture
ex.babuCCP dan Akong.Cinconk memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Filipina-Vietnam Kecam Keras Latihan Militer China di Laut China Selatan
03-07-2020 14:12
amerika & jepang waktu latihan militer di laut china selatan kok tak diprotes
apa filipina-vietnam itu takut pada amerika & jepang
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200625121400-113-517329/kapal-perang-as-jepang-gelar-latihan-di-laut-china-selatan
0 0
0
Filipina-Vietnam Kecam Keras Latihan Militer China di Laut China Selatan
03-07-2020 16:32
tiru lah indonesia..kita undang cina ke indonesia sebanyak2nya....klo perlu ganti jadi jadi bagian cina aja..
0 0
0
Filipina-Vietnam Kecam Keras Latihan Militer China di Laut China Selatan
04-07-2020 11:46
china mestinya kembalikan lagi 11 dash line, bukan 9 dash line seperti sekarang biar vietnam tambah kejang2 emoticon-Ngakak
ngapain negara lain sewot , wilayah wilayah china, suka2 china mau latihan di sana emoticon-Big Grin
Diubah oleh budakdelusi
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia