Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
101
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efebc377e3a7233d1300e26/curhat-ku-tidak-dihargai-sebagai-ayah-tiri
Halo agan-agan semuanya. Kali ini saya mau cerita tentang masalah yang sedang saya alami. Sebenarnya saya tidak ingin bercerita disini, dan mengumbar masalah saya. Tetapi saya ingin agar para pembaca semua lebih menghargai orang lain dan tidak termakan oleh kisah drama turun-temurun mengenai ayah tiri ataupun ibu tiri.
Lapor Hansip
03-07-2020 12:03

[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI

Past Hot Thread
icon-verified-thread
NOTE: Thread ini berisi curhat REAL dari teman TS Kutikluda1202. Nama dan lokasi di samarkan demi privasi Narasumber. Komentar akan dibalas oleh NS (saat dia login), tetapi TS Kutilkuda 1202 tetap login melalui PC. Thread ini bertujuan agar kita lebih bijaksana.


Halo agan-agan semuanya. Kali ini saya mau cerita tentang masalah yang sedang saya alami. Sebenarnya saya tidak ingin bercerita disini, dan mengumbar masalah saya. Tetapi saya ingin agar para pembaca semua lebih menghargai orang lain dan tidak termakan oleh kisah drama turun-temurun mengenai ayah tiri ataupun ibu tiri. 

Perkenalkan, namaku Arif. Umurku saat ini 51 tahun, pekerjaan ku pedagang nasi goreng di kota kecil di kabupaten. Saat ini aku sudah berkeluarga. Aku menikah dengan seorang janda beranak satu, ia berumur 45 tahun. Ini adalah pernikahan keduaku, karena istri pertamaku meninggal 10 tahun lalu, saat itu ia sakit terkena malaria. 

Pernikahan kedua ku ini jujur tidak seindah pernikahan pertamaku. Saat aku menikah dengan istri pertamaku dulu, semuanya berjalan dengan baik baik saja. Kami memiliki anak tunggal yang saat ini sudah berusia 23 tahun. Syukurlah anak ku ini sudah menikah satu tahun lalu. Kami memang bukan keluarga kaya raya, kami sederhana, setidaknya aku bisa menyekolahkan anakku hingga lulus SMK, dan menikah. 

Setelah ia menikah, aku merasa sepi sendiri di rumah. Karena anakku ikut dengan suaminya di Jombang. Aku yang tinggal di jawa tengah merasa sangat kesepian. Apalagi ketika aku sedang sakit atau kelelahan. Rasanya benar-benar hidup sebatang kara dan merana sendirian. Satu-satunya cara yang bisa ku lakukan adalah mencoba mencari pasangan hidup kembali untuk menemaniku di usia tua.

Lalu aku berkenalan dengan seorang janda yang berumur 45  tahun. Selang 6 bulan, tepatnya akhir tahun lalu aku menikah dengannya. Ia janda beranak satu. Anaknya berumur 20 tahun, ia sedang berkuliah. Ku akui istriku ini secara ekonomi lebih baik daripada aku yang hanya pedagang nasi goreng. Ia seorang guru, sedangkan aku hanya pedagang nasi goreng. Tetapi ia sangat mencintaiku. Aku juga bersyukur mendapat istri yang menerimaku apa adanya. 

Tetapi yang membuat rasa sakit hatiku, adalah anak nya yang tunggal itu. Anaknya bernama Rio. Anak laki-laki yang menurutku secara fisik nampak baik. Ia tinggi, berkulit putih seperti ibunya, hidung mancung, dan berbadan tegak berisi. Aku yakin banyak wanita yang pasti kagum dan menyukainya. Ia berkuliah di jurusan ekonomi di kota sebelah yang hanya ditempuh dalam 20 menit saja. 

Dari luar nampaknya ia tampan dan baik, tetapi bagiku, ia seperti monster yang selalu menerkam ku setiap waktu. Rio sangat membenciku. Semua berawal di saat ibunya meminta ijin untuk menikah lagi. Rio marah karena merasa aku merebut posisi almarhum ayahnya. Aku mencoba untuk mendekati dia, menjelaskan bahwa aku tidak menggantikan posisi ayahnya. Aku hanya sebagai ayah sambung, yang bertugas menjaga dia dan melanjutkan tugas ayahnya untuk merawat dia dan menyayangi ibunya. 

Kedua, ia merasa aku bukan orang yang tepat untuk ibunya. Ia berkata bahwa tukang nasi goreng tidak pantas dapat guru. Aku tahu aku hanya pedagang nasi goreng. Jangankan kuliah, bisa lulus STM saja waktu itu sudah bersyukur. Anak perempuan ku saja lulus SMK sudah sangat bersyukur. Ia malah cepat dapat kerja, dan sekarang berkeluarga. Aku mensyukuri semuanya. Tetapi saat mendengar kalimat dari anak laki laki ku ini yang sekarang sungguh sangat menyayat hatiku. Sebagai pria, jujur aku merasa tidak berharga. 

Alasan kedua inilah menjadi bahan ketika aku mencoba berbicara atau memberi saran saat berunding bersama, ia selalu menyepelekan perkataanku. ia selalu berkata:
"mending om diam aja, pendidikan om belum nyampai sampai tahap ini.."
"om tahu apa, sekolah aja cuman sampai STM"
"kok mau sih ibu menikah sama om yang cuman dagang nasi goreng"

Apalagi setiap aku memasakkan nasi goreng bagi keluarga ku ini. Ia selalu berkata dengan nyaringnya,"nasi goreng terus, mentang-mentang nikah sama abang nasi goreng..". Sindir Rio kepada ibunya. 

Rasanya sakit hati ini. Berniat mau mencari pasangan hidup kok malah dapat masalh baru. Aku mencoba mengecilkan egoku, buktinya sudah 6 bulan berjalan pernikahan ini. Aku tidak pernah marah. Aku hanya berkata pada istriku," buk, itu Rio masih saja benci sama aku, harus gimana biar rumah ini jadi damai buk?". Istriku selalu berkata," yang sabar pak, namanya masih muda, aku akan coba membujuk terus si Rio". 

Aku tahu istriku sudah berusaha membujuk Rio untuk mau menerimaku, tetapi sepertinya cukup sulit baginya membuka hati untukku. Rio selalu saja menganggap aku rendah, menyepelekan omonganku, dan lebih menyakitkannya aku dianggap hanya memoroti harta ibunya. Semua kupendam sendiri, ku tahan-tahan sampai suatu saat akan ada jalan bagi Rio menerima ku sebagai ayah sambungnya.

Tetapi namanya manusia, ada batas kesabarannya. Ceritanya kemarin senin. Senin lalu aku mau berangkat berjualan. Sore hari, kusiapkan semua bahan-bahan untuk berjualan. Karena terburu-buru aku taruh sayuran kol dan wortel di plastik besar untuk berjualan diatas meja keluarga. Disebelah plastik itu ada laptop nya Rio. Tanpa sengaja ada Wortel sama kol yang jatuh ke atas laptopnya. 

Saat ibunya mandi, dan aku sedang bersiap-siap berjualan lagi di masa new normal ini, Rio melihat laptopnya terkena wortel dan kol. Dia membanting wortel dan kol itu ke lantai. Tiba-tiba teriak dan marah-marah.
"apa apaan sih ini.. laptop bagus bagus malah dikotori sama sayuran... Om, naruh sayuran yang bener dong..!!"
sontak aku langsung masuk ke rumah dan mengambil sayuran itu. 
"oh lupa tadi buru-buru jadi lupa om taruh disitu, maaf lho nak", jawabku sambil mengambil sayuran itu yang sudah jatuh di lantai. 

Seketika itu juga, dia berteriak, "Nak?? aku bukan anakmu. Ayahku dulu seorang pegawai, bukan tukang nasi goreng". 
Aku diam dan pergi meninggalkan dia. Aku tidak berkata sedetikpun. Tetapi aku berjalan menuju kamarku, ku ambil sekalian pakaian dan kumasukkan dalam tas. 

Istriku yang baru selesai mandi kaget, kenapa kok ribut. Dan ia melihatku membereskan pakaianku. Ia menangis dan mencoba menahan aku agar aku tidak pergi. Ia juga meminta Rio agar mau menerimaku dan meminta maaf. Tetapi Rio malah pergi dengan motornya. Aku tetap kuat dengan pendirianku. Aku pergi meninggalkan rumah itu, dan berangkat berjualan.

Sepulang berjualan aku pulang ke rumahku. Istriku menyusulku ke rumahku, ia memohon untuk kembali lagi, tetapi jujur sakit hati ini. 

Aku tidak ingin berpisah dengan istriku. Tetapi anak ini sungguh menyiksa batinku. 
Aku tidak tahu harus berbuat apa, apakah memang berposisi sebagai AYAH TIRI itu akan selalu dibenci, meskipun aku tidak pernah sedikitpun membentak atau menyakiti hati anak tiriku?
Sakit hati seorang ayah tiri jujur lebih perih karena tidak ada satupun yang membelaku, bahkan warga pun tetap akan membela si anak karena aku hanya ayah tiri.


narasumber: Arif, Jawa Tengah

*Ingin curhat, PM aja gan. TS kutilkuda1202 siap mendengarkan dan memberikan tanggapan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 12:31
jujur sih gan. kalau kita lihat sisi si anak.. emang berat ya buat menerima orang baru di keluarga. apalagi agan kan baru beberapa bulan. Sedangkan ortu kandung aja yang bertahun tahun masih susah mengerti si anak dan bisa klop sama si anak.. Jadi menurut ane sih agan jalani dulu , disabarkan, didekati terus.. kayaknya agan kurang komunikasi deh. ajak ngobrol. pdkt gtu lah gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 12:34
gini aja om.. Om udah coba komunikasi sama si rio gak. di ajak ngobrol dengan bahasa yang enak tapi dalam hal kecil aje.. Trus tunjukkin lu itu bapak yg baik. rajin cuci baju, bersih2 rumah, rajin gitu.... jdi gak keliatan manfaatin keluarga itu doang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 16:09
Yaah klu ane mah mending pisah rumah, buat apa hidup sekali tpi tersiksa dn jadi pengemis cinta. makanya ane nikah sma orang kelas bawah level ane,
Diubah oleh kopiruyuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 16:41
yang sabar om... inshaAllah ada jalan untuk lebih baik
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 16:43
Susah, om...
Satu2nya cara ya biarkan anak itu mandiri, istri ente ikut ente. Toh anak itu udah gede juga 20thn. Biar emaknya yg ngasih pengertian. Toh anak itu bukannya ditelantarkan gitu aja. Tetep dibiayain semua kebutuhannya, cuma memang biarkan mandiri.

Anak kayak begitu kalo belum ngerasain jatoh, belum ngerti dia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berodin dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 16:45
udah lumrah kok orang pendidikan tinggi pada sengak2 tp untungnya istrinya NS ga, ane dulu kalo mendekati cewek yang sarjana/selevel dengan ane, pada ga ada yg mau secara ane emang blm mapan dan muka ane bs dibilang jelek mungkin, tapi kalo mendekati cewek pendidikan rendah mudah sekali dirayu, istri ane skrng juga cuma lulusan smp tapi saya sangat mencintainya

Selain itu Anak umur segitu masih belum lepas dari masa2 labil nya/masa2 memberontak, apakah NS selama menikah pernah meminta dukungan ekonomi dari istriny? Barangkali itu yg membuat anaknya ga seneng, hanya dianggap melorotin, padahal dia ga begitu paham kesulitan dunia orang dewasa, seperti misalnya mencari nafkah

Walaupun ane sarjana ane ga pernah nganggap yg bukan sarjana bodoh, bahkan menghormati dan cenderung diam khususnya kepada yg lebih tua, bahkan sm mertua ane yg cuma lulusan SD ane patuh, jadi balik2 ke orangnya

Menurut ane pisah rumah udah bs dibilang tepat, karena kalo ane diposisi itu juga pasti hengkang dari rumah, bahkan mungkin malah ane cekek n tampol tu anak untungnya NS masih sabar

Harapan ane semoga anak tirinya bisa membuka diri, kalopun ga bisa, lbh baik cepat2 membuat keputusan karena umur semakin tua, usia produktif semakin menurun, kita perlu mencari tambatan hati baru untuk menemani sisa umur ini bukannya malah menahan sakit hati, kalo ga ada jodoh lain pisah rumah sampe anaknya mandiri jg gapapa, tp siap2 kalo ente pas tua renta yg nolong ente apa2 ga ada, karena kalo kita lemah hanya anak yg bisa menolong, kalo anaknya benci sm kita ya siapa yg nolong kan?
Diubah oleh ultraexcimers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berodin dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 17:00
Emang sulit sih om.. secara anaknya udah gede.. udh gk bisa jadi anaknya om.. dia bakal tetep mandang om sebagai orang lain.. beda kalo dia masih balita..
om sabar2 in aja.. setidaknya om tetep baik sama dia, semoga nnti dia bakal baik sama om..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berodin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 18:11
Ini sih sakit hati nya ud mendekati sakit gigi. Sy wanita, tp ngerti perasaan bapak tirinya
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 18:20
Istriku selalu berkata," yang sabar pak, namanya masih muda, aku akan coba membujuk terus si Rio"


Ini kalimat kuncinya...
profile-picture
profile-picture
ClipTep dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 18:20
ajakin kerja, oom
bikin bisnis gitu
biar senang
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 19:03
ya siap2 aja si rio nanti kena karma,
si rio itu gk bklan brubah nrut ane,mnding mnjauh drpd sakit hati gk dhrgain.semangat om jualannya
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 19:15
kl nurut ane, biarin saja anaknya sperti itu..
kita ttp baik kepadanya...
ane percaya suatu waktu azab akan berbalik kepadanya...
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 19:17
Ane setuju ama yg komeng2 yg diatas...

Mending omnya ama istri pindah...
Biar Rio mandiri...
Dikala orang sendiri, pasti banyak berpikir...
Kalo ada om dirumah tsb, hanya menambah rasa bencinya...
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kutilkuda1202 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 19:22
Tinggalin aja , cobak seberapa kuat Rio bertahan hidup.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 20:18
satu kata aja sih.. itu anak sombongg kebangetan... lingkungan ny kaya nya yg bikin dia kaya gitu... ato bisa jadi ibunya memanjakan nya.... harus dikasi pelajaran tu anak biar dia sadar.... fucekkk anjenkkkk buat lu rio
profile-picture
profile-picture
kutilkuda1202 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 21:09
Aneh sih menurut saya ceritanya

Diawal curhatan itu katanya kesepian karena anak sudah nikah, kemudian tidak ada yang merawat terutama ketika kelelahan atau sakit, kalau dari kalimat ini sih saya melihatnya nyari baby sitter saja daripada nyari istri ( baby sitter kudu bayar dengan biaya fix , kalau istri bisa beralibi saya hanya punya penghasilan segini )

Kemudian dari kenal sampai nikah rentang waktunya 6 bulan. Selama 6 bulan itu ada pendekatan apa dengan keluarga si istri? Dalam kasus ini si Rio.

Jika dulu di si ibu "meminta ijin" untuk menikah dan si anak nampak tidak merestui tapi kok masih nikah ? Minta ijin apa pemberitahuan saja ?

Sorry to say sepertinya agak wajar rio benci sama ayah tirinya, karena terlalu singkat dan tidak ada kualitas yang bisa ditunjukkan melebihi alm ayahnya dulu, setidaknya selama 1 tahun belakangan ini.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 22:15
Yg sbar om.sesulit apapun,psti ada jlannya kok.yg pnting brdoa,sya ykin psti suatu saat rio akan mnrima om.mngkin saat2 ini dia blm bsa mnrima om,krna msih blm kebuka htinya.tpi brjlan wktu,mlhat ktlusan om,htinya psti akan trbuka jga.yg trpnting istri om jga mmberi smngat.dan om juga hrus smngat.ksihan istri om.disatu sisi ank kndung,dssi lain om sbgai suaminya.yg trpnting didekati klau bsa,diajk jlan2 kluar kota mnginap tpi ditmpat yg indh.kyak pgunungan om.disana didekati smbil mlhat pmndangan.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
03-07-2020 22:23
bagusnya oom ngga usah tinggal serumah sama Rio ...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
04-07-2020 00:08
analisa saya sih....
dalam sikon si arif....

justru skg (dan sejak 6 bulan lalu) arif harus menunjukkan kualitas nya sebagai laki2.....bukan dari PROFESI tapi dari kemampuan untuk bijaksana dan tau mana yang harus dipandang serius dan mana yang ga perlu dimasukin ke hati.

kalo saya jadi si arif nih.....ya....
tapi ya gabisa juga. jalan hidup saya, value2 saya selama ini kan terbentuk dari pengalaman hidup saya yang mengajarkan bagaimana laki2 sejati bisa survive dan gak dipandang enteng
serta bisa dihargai dan gak diinjak2.

tapi okelah kita main berandai2....
sebagai laki2....maka dari sudut pandang saya....saya akan ambil tindakan begini :

* saya adalah duda. status saya uda jelas. dan saya memilih mendekati janda guru. janda guru mau terima saya....syukur. mau ga terima...gapapa
* ternyata si janda guru mau terima saya. alhamdulilah. janda guru punya BAGASI (rio = BAGASI. hah??? IYA DIA BAGASI buat RT arif). dan saya MENERIMA BAGASI ini sebagai paketan dengan janda guru.
* si BAGASI tidak terima? malu? krisis karena mamaknya mau sama SAYA???? ITS HIS FCking problem. not mine.
* saya akan bilang sama rio begini nih....hey RIO....kamu bener. aku bukan bapakmu. aku duda yang menikahi jandaguru yang kebetulan punya bagasi. memang aku gak keberatan kalo dia ada kamu. tapi sebenarnya kalo aku bole jujur.....aku lebih suka kamu ga ada. karena sejujurnya KAMU lah bagasi dalam keluarga ku. cepetan lulus gih ndang cari kerja ndang kimpoi dan KELUAR dari sini. biar aku bisa bahagia sama mamakmu. itu pikiran jujjurku sebenarnya. tapi karena aku cinta mamakmu. dan aku merasa kalo kamu ku suruh pergi mamakmu sedih....maka untuk itu aku bertahan.
tapi ...kalo kamu suruh aku pisah sama mamakmu??? ya sorry. aku mau sama mamakmu. soal kamu. mau terima gak terima ya....belajar makan pil pahit rio. mamak mu BUKAN KAMU yang mau sama aku.
* so RIO....either kamu belajar utk hidup berdamai dengan ada nya aku sama mamakmu (aku gak peduli soal kamu lah mau ada mau ga ada. kamu bukan siapa2ku dan aku gak butuh jadi bapak mu yang uda mati itu. kenapa kok bapakmu yg hebat itu mati? kok bukan aku? ya tanya aja ama Tuhan hahaha) atau....kita kuat2an aja (dan AKU GAK AKAN KALAH DALAM PERANG MENTAL AMA ababil 20 taonan)
* udahlah om pendidikannya ga nyampe gausa ikut ngomong ----- gua jawab....saya ngomong berdasarkan logika dan akal sehat. karena skg anak2 sekolah tinggi tapi banyak yg ga punya otak dan adab padahal makan masi minta ama ortu nya. betul ga rio? sambil gua tatap tajem.
* mama kok mau sama penjual nasgor ? penjual nasgor yg bisa mencukupi diri, matang, bisa mengimbangi, dan punya hati masi lebi baik daripada anak ingusan yang belum bisa cari uang sendiri. so....siat de fak ap. cepet tunjukin kamu bisa sukses dan mandiri....sono pergi jakarta (biar dia minggat sekalian).
* masak nasgor terus mentang2 nikah ama abang nasgor ---- gua jawab. oke lah rio molai besok aku akan jadi penjual obat nyamuk/racun tikus ya? mau?

intinya GAUSA PERNAH BERHARAP DIA NERIMA KAMU! tapi juga gausa jahat. bikin ruang pribadi masing2 aja. gausa maksa harus makan ber3. gausa maksa harus rukun dan dia nerima. gausa ngimpi jadi wali nikah dia. kecuali dia gntleman dan meminta kamu. kalo dia ga mau. jangan sekali2. jelasin baik2 ke jandaguru. laki kecil ini kalo cuma mintol dengan gentlemen gabisa.....gausa ditolong. ga pantes.

cukup si janda guru aja nerima kamu. dan...laki2. harus kuat
SHIT HAPPENS MAN. kita aja yang harus jadi LAKI dan gak usa ngemis cinta. tapi bukan berarti kita kasar. tegas dan punya boundary tidak sama dengan kasar. oke. laki2 seumur kamu uda ga zaman main hati. tapi memang sih banyak org2 jawa dibesarkan dengan kehangatan keluarga biasanya merindukan keluarga seperti zaman masa kecil dia yg penuh ketulusan kehangatan dan penerimaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerminpecah dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CURHAT KU] TIDAK DIHARGAI SEBAGAI AYAH TIRI
04-07-2020 01:04
Quote:Original Posted By kutilkuda1202
amin dek.. saya mencoba memahami keadaan saya yg hny org bawahan ini


Yaa enggak lhah, mo orang bawah atau atas tetep punya perasaan ! Ane sii ngeliat mungkin tu anak emang jiwanya masih labil, dia belom tau hidup di bawah makanua dia merendahkan TS..

Sabar yaa TS, sambil berdoa semoga di buka pintu hati anak TS, inshaAllah bisa asal TS percaya dan yakin doi bakal nerima TS
profile-picture
profile-picture
kutilkuda1202 dan aldean1605 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
pengantin-berdarah
Stories from the Heart
dendam-arwah-dari-masa-lalu
Stories from the Heart
perahu-tanpa-layar
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
kumpulan-pengalaman-horor-brina
Stories from the Heart
istri-dari-neraka
Stories from the Heart
klinik-aborsi
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia