News
Batal
KATEGORI
link has been copied
8
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efeb5f6337f933e1c600440/awas-perang-pentagon-kecam-keras-china
Jakarta, CNBC Indonesia - Pentagon membuat pernyataan baru yang mengecam keras China. Militer AS tersebut mengaku prihatin dengan latihan militer China yang kini tengah berlangsung di kawasan yang disengketakan di Laut China Selatan. Manuver China, kata Pentagon, dapat membuat kawasan semakin tak stabil/ Sebelumnya, China dari 1 hingga 5 Juli ini memang melakukan latihan di Kepulauan Paracels yang
Lapor Hansip
03-07-2020 11:37

Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China

 Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China



Jakarta, CNBC Indonesia - Pentagon membuat pernyataan baru yang mengecam keras China. Militer AS tersebut mengaku prihatin dengan latihan militer China yang kini tengah berlangsung di kawasan yang disengketakan di Laut China Selatan.

Manuver China, kata Pentagon, dapat membuat kawasan semakin tak stabil/ Sebelumnya, China dari 1 hingga 5 Juli ini memang melakukan latihan di Kepulauan Paracels yang juga diklaim negara.


Baca: AS-China Panas Lagi soal Hong Kong, Washington Siapkan Sanksi



"Departemen Pertahanan prihatin dengan keputusan Republik Rakyat China (RRC)," tegas pentagon dalam sebuah pernyataan, sebagaimana ditulis AFP, Jumat (3/7/2020).

"Kegiatan ini semakin membuat situasi tidak stabil di wilayah yang diklaim China, Vietnam dan Taiwan itu."

Pentagon pun meminta kegiatan militer tidak dilakukan karena dapat memperparah perselisihan. Bahkan mengaku akan memantau kegiatan militer China.

Baca: Ada Flu Babi Asal China Berpotensi Jadi Pandemi, Ini Kata WHO



Sebelumnya, China melarang kapal-kapal mendekati Kepulauan Paracels di Laut China Selatan (LCS). Hal ini terjadi karena negara tersebut hendak melakukan latihan militer di kawasan tersebut.

Pada 28 Juni, Administrasi Keselamatan Maritim China mengumumkan rencana latihan selama lima hari, mulai tanggal 1-5 Juli. China meminta semua kapal sipil termasuk nelayan tidak merapat demi keselamatan selama periode latihan.

"China sudah membawa pasukan militer untuk latihan di dekat kepulauan Paracels setiap tahun untuk memperkuat kontrol pada wilayah itu dan membuatnya tak tergantikan," tulis media Jepang Asian Nikkei Review, dikutip Senin pekan lalu.

Hal ini sontak membuat Vietnam mengecam keras hal tersebut. Apalagi Vietnam mengklaim Paracels merupakan wilayahnya.

Bahkan selama KTT ASEAN yang berlangsung virtual akhir pekan kemarin, para pemimpin menyatakan keprihatinan atas cara 'berperang' China. Tirai Bambu sendiri telah memproklamasikan LCS sebagai "kepentingan inti" yang akan dipertahankan.

Di kawasan perairan ini, China bersitegang dengan sejumlah negara ASEAN, tak cuma Vietnam. China juga bermasalah dengan Filipina, Malaysia dan Brunei terkait Laut China Selatan.

Hal ini pun menyeret AS masuk. Lebih dari 60% kapal induk AS sudah dikerahkan ke perairan ini.

Washington menolak klaim Beijing atas Laut China Selatan. Latihan militer China, tulis AFP, semakin meningkat di kawasan itu pasca corona menjadi pandemi global.

Sebagian mengatakan hal tersebut atas permintaan sejumlah negara yang khawatir dengan klaim China. Dari data Institut Nasional Studi LCS, sebuah think tank pemerintah, AS juga mengerahkan 375.000 tentara ke wilayah ini.

Wilayah Laut China Selata disebut kaya akan minyak dan gas alam.

link


Hal ini pun menyeret AS masuk. Lebih dari 60% kapal induk AS sudah dikerahkan ke perairan ini.
profile-picture
profile-picture
Akong.Cinconk dan tepsuzot memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 11:57
dijamin tak akan mungkin perang
amerika & sekutunya itu nyalinya cuma berani keroyok serang negara kecil yg lemah militer

amerika & sekutunya itu tak punya nyali keroyok serang China negara besar yg militernya kuat

Diubah oleh Akong.Jiugui
profile-picture
profile-picture
dvdvd77 dan ex.pasienRSJ memberi reputasi
2 0
2
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 12:38
udah gak apa apa perang , jangan hanya nonton hollywod aja , sekali sekali ntn model VR nyata
0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 14:10
susah gan, china terlalu luas

lawan vietnam aja dulu kewalahan

0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 14:45
Sdh ngepung, udah latihan militer.
Tapi kaga berani nembak sama aja pengecut.
Lawan vietnam aja keok mau lawan china yg lebih banyak tentaranya
0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 15:12
pengen liat nuklir meleduk dikehidupan nyata ayo kapan perangnya tinggal pencet 1 tombol aja gitu aja kok repot ngapain pake pasukan
0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 15:57
Perang Kalo hanya Menghancurkan lalu meninggalkan sepertinya murah
Asal jangan ada keinginan untuk menguasai
GO go US
Destroy itu
Then Leave it
Make North Natuna Sea be Peace
0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
03-07-2020 18:21
kalo sekedar prihatin, apa gunanya? yg penting nyali, ada tdk utk lawan china, dipepet pake kapal perang terlalu dekat aja udah teriak "woi jgn dekat2 donk" emoticon-Ngakak
0 0
0
Awas Perang! Pentagon Kecam Keras China
04-07-2020 21:48
Yah amrik juga males kali perang gak dapat apapun tapi klo ada kapal amrik yang ditenggelamin china bisa jadi mereka bakal ngebales dan klo itu terjadi gw sangat ykin koq bahkan vietnampun rela minjemin teritori dia ke amrik buat nyerang china dan mayoritas negara asean yang dikerjain ma arogansi chian bakal ngedukung amrik
Pertanyaannya sih emqng sekutunya china sekawasan siapa ? Di asia timur senggolan ma jepang di tenggara sombong bnaget ngecaplok lcs.dikira perilaku macam OKB kampungan gini bisa diterima masyarakat dunia ?
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia