Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd63a468cc95274d687bc0/mengenal-catenaccio-classic-football-yang-bikin-lawan-frustasi
Quote:Catenaccio pernah berjaya di sepakbola dunia. Meskipun sudah mulai redup, kehadirannya berpengaruh besar terhadap sepakbola bahkan hingga masa sekarang. Catenaccio adalah sebuah taktik atau aliran dalam sepakbola klasik yang menganut filosofi sederhana 'selama lawan tidak bisa mencetak gol, lawan tidak akan menang'.
Lapor Hansip
02-07-2020 11:33

Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:Catenaccio pernah berjaya di sepakbola dunia. Meskipun sudah mulai redup, kehadirannya berpengaruh besar terhadap sepakbola bahkan hingga masa sekarang.


Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

Foto : dokumen pribadi @aftermatchtalks

Filosofi
Catenaccio adalah sebuah taktik atau aliran dalam sepakbola klasik yang menganut filosofi sederhana "selama lawan tidak bisa mencetak gol, lawan tidak akan menang". Sehingga tujuan utama dari taktik ini adalah mencegah sekuat mungkin agar lawan tidak bisa mencetak gol.

Catenaccio menempatkan pertahanan sebagai fokus utama permainan, dalam sepakbola modern sering disebut negative football atau parkir bus. Catenaccio pula lah yang melahirkan posisi Libero.

Tapi, catenaccio tidak sesederhana menumpuk orang dipertahanan. Seni lain di catenaccio teruatama yang diperkenalkan Herrera adalah tetap mempertahankan serangan balik cepat untuk memanfaatkan peluang dari kelengahan lawan. Disinilah banyak kesalahan dilakukan oleh pelatih yang meniru catenaccio, mereka lupa cara menyerang.

Catenaccio pernah berjaya di masanya dan dianggap sebagai salah satu taktik jenius yang memengaruhi sejarah sepakbola dunia bahkan sampai sekarang. Hingga .......

Sejarah
Catenaccio sangat identik dengan Italia dan Helenio Herrera, sosok pelatih yang dianggap memopulerkan filosofi ini. Tapi sebenarnya sebelum Herrera, pelatih asal Austria Karl Rappan yang melatih Swiss telah lebih dulu menggunakan taktik ini tahun 1930-an.


Herrera menerapkan catenaccio bersama Inter Milan dan berjaya di Serie A dan Eropa era 1960-an. Pindah ke AS Roma Herrera mamakai taktik yang sama dan masih berhasil meraih gelar.

Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

Catenaccio ala Herrera, Fachetti adalah pemain kunci dalam serangan Herrera. Picchi berperan sebagai sweeper atau Libero.

(Foto : footballbh.net)

Hingga era 1970-an catenaccio mulai terbaca. Adalah kehadiran Total Football milik Belanda yang saat itu dipelopori oleh Ajax membuat dominasi Catenaccio meredup. Johan Cruyff dan kawan-kawan benar-benar melumpuhkan catnaccio dan mengakhiri dominasi klub Italia dengan total footballnya.

Catenaccio Di Era Sepakbola Modern
Meskipun taktik klasik dan mulai redup di era 1980-an, Catenaccio tidak benar-benar hilang. Timnas Italia pun masih identik dengan ini hingga era modern meskipun dengan variasi dan kombinasi. Dalam situasi atau pertandingan tertentu ada pelatih yang menggunakan taktik ini juga.


Yunani - Final Euro 2004
Yunani benar-benar ,embuat Portugal frustasi. Sepanjang pertandingan Portugal menguasai pertandingan tapi gagal mencetak gol. Luis Figo dkk dibuat buntu oleh pertahanan ketat Yunani.

Malah Yunani mampu mencuri satu gol lewat sundulan Angelos Charesteas. Yunani pun membuat sejarah dan menejutkan dunia.

Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

Foto : greekcitytimes.com


Inter Milan - UCL 2010
Saat melawan Barca di semifinal UCL, Inter dibawah Mourinho melakukan strategi bertahan total atau parkir bus. Walaupun banyak dikritik, Inter akhirnya menang dan menjadi juara.


Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

Taktik parkir pesawat membawa Inter ke final UCL 2010 dan menjadi juara

foto : goal.com

Pro & Kontra
Catenaccio memang menuai pro dan kontra. Banyak yang bilang catenaccio membosankan, negative dan tidak menghibur. Tapi ada juga yang mendukung karena dalam sepakbola terutama kompetisi, kemenangan adalah tujuan akhir. Bermain cantik tanpa meraih kemenangan lebih tidak memberikan apa-apa bagi suporter dan klub.

Kalo menurut ente gimana gan?


sumur :
- https://footballbh.net/2017/08/15/ta...lenio-herrera/
- natterfootball.co.u





Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
Diubah oleh aftermatchtalks
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arhaab dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
02-07-2020 17:07
Cattenacio juga yg membuat AC Milan sangat menonjol di era Don Carlo. Karna cuma milan yg tampil atraktif pada saat itu hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
02-07-2020 17:50
Klo di modern skrg bukan murni catenaccio sih gan. Tp lbh ke zona marking yang terinslirasi juga dr catenaccio.
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:00
Catenaccio is dead emoticon-Cool
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:03
itali bgt
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:04
Oh jadi Total Football milik Belanda yang membuat dominasi Catenaccio meredup
Diubah oleh rfebrian
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan xandernathaniel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:07
taktik bosenin yang bikin ngantuk emoticon-Nohope
tapi anehnya sering menang emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ciebcyipit memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:09
Nais inpoh gan emoticon-Sundul Up
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:10
pada demen bola tapi bangsa indonesia 74 tahun cuma nontonin bola asing.

masuk besar PD sekali

kapan orang sadar majuin bola negara sendiri biar masuk pd

emoticon-Leh Uga
profile-picture
ali_rahmatullah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 24 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:13
dah gak sekeren dulu
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:17
Quote:Original Posted By rajin.meremas
pada demen bola tapi bangsa indonesia 74 tahun cuma nontonin bola asing.

masuk besar PD sekali

kapan orang sadar majuin bola negara sendiri biar masuk pd

emoticon-Leh Uga


Formasi kayak gini sebenarnya cocok buat indonesia apalagi stamina, taktik dasar sangat buruk, tapi kecepatan pemain bisa jadi andalan.

Pokoknya jangan sering gocek nanti boros stamina emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Kocongmade dan reinsrascals memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:21
Jadi inget waktu itu banyak pendukung barcelona pada kesel sama chelsea parkir bus.

Lah parkir bus dilarang? Terus kalo barcelona megang bola terus boleh? RIP logic emoticon-Wkwkwk

Inter parkir bus di komentarin tapi barcelona megang bola terus boleh? emoticon-Wow

Wajar sih fansnya byk karbitan, baru tau bola 1-2 tahun setelah barcelona juara emoticon-Traveller

Treble winner ngaku-ngaku klub terbaik dunia, eh real madrid juara champion 4x dalam waktu 5 tahun, 3x berturut-turut emoticon-Salam Kenal

La liga real madrid pialanya jauh diatas barcelona, apalagi champion emoticon-Ultah

Kalo ente2 yang udah nonton bola dari lama pasti paham bgt tim itu bisa turun naik performancenya. Udah gitu faktornya byk bgt, bisa dari pelatih, individu, taktik, hubungan antar pemain dsb. Fans barca mah mana paham ginian, pokoknya kalo kalah ada aja alasannya emoticon-Wakaka

Makanya kebanyakan fans bola pasti pada engga suka sama barcelona karena kebanyakan diving sama supporternya yang fanatik buta.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
-=KeboRescue=- dan 16 lainnya memberi reputasi
16 1
15
Lihat 18 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:24
seru kalo ketemunya tim ofensif. kek ipul vs atletico kemarin.

itu masuk catenacio gak ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:27
eh Milan juga sepertinya make ini deh dizaman don carlo
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:28
yap terkadang permainan sepak bola dicampur taktik catenaccio ini membuat bosan gak ada gregetnya gam
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:28
ane juga kl main PES lebih condong catenaccio tapi ga murni, ane suka banget pake counter attack. emoticon-Bola
profile-picture
aftermatchtalks memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:29
njir dr parkir bus up parkir pesawat....... emoticon-Ngacir

0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:35
dulu waktu bocah gak demen nonton liga italia tuh gara2 taktik ini,membosankan
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:35
Menurut saya?
Meskipun gak terlalu paham, tapi artikelnya menarik.
0 0
0
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:37
Salah satu taktik yang dibenci oleh coach tapi bukan pelatih.Katanya gak indah lah,gak atraktif wajar lah dia belum ngerasain ngelatih klub Liga Indonesia yang terkenal dengan semboyan"Persetan dengan proses yang penting menang dan juara"
profile-picture
profile-picture
Tata1234386 dan MUF0REVER memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
04-07-2020 09:40
Gw lebih setuju menang dan main membosankan daripada kalah tapi main atraktif.
Tujuan pertandingan kan cari siapa pemenangnya, bukan siapa yang paling bagus mainnya. Emangnya kontes joget emoticon-Hammer2

Salah satu kelemahan gw kalau main PES. Suka kalah sama temen yg doyan maen ginian trs counter attacknya ngeri emoticon-Ngakak
Diubah oleh rhaul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buildpvp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia