News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd2667337f937e0b2cb02b/jokowi-ancam-reshuffle-pks-tegaskan-tak-tertarik-kursi-menteri
Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan, sejauh ini tidak ada tawaran kursi menteri kepada partainya. Sebab, sejak awal PKS memang sudah menegaskan posisi berada di luar pemerintahan.
Lapor Hansip
02-07-2020 07:12

Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri

Past Hot Thread
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan tetap memilih berada di luar Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, meskipun isu perombakan kabinet mencuat.

Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan, sejauh ini tidak ada tawaran kursi menteri kepada partainya. Sebab, sejak awal PKS memang sudah menegaskan posisi berada di luar pemerintahan.

"Setahu saya tidak ada (tawaran), karena semua pihak sudah tahu dan menghargai sikap PKS," kata Ahmad saat dihubungi, Rabu (1/7/2020).

Ahmad menyebut sikap PKS yang memilih menjadi oposisi ini sudah disampaikan oleh Presiden PKS Sohibul Iman dalam Rakornas PKS bulan November 2019 lalu.

Sikap itu juga sudah menjadi hasil keputusan Mejelis Syuro PKS.

"Kami menegaskan bahwa hingga 2024, PKS akan tetap berada di luar pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Ahmad.

Ahmad menyebut ada tiga alasan kenapa PKS memilih sebagai partai oposisi. Pertama, PKS merasa memiliki kewajiban untuk menjaga logika demokrasi.

"PKS ingin menjaga logika kepantasan demokrasi, terlebih pada awalnya hampir tidak ada partai lain yang menegaskan sebagai oposisi atau berada di luar pemerintahan," kata dia.

Saat ini, selain PKS, hanya Partai Demokrat dan PAN yang juga berada di luar pemerintahan. Parpol lainnya merapat ke pemerintah.

Kedua, Ahmad menyebut PKS ingin menjadi partai yang edukatif. Pilihan sebagai oposisi dapat memberikan pelajaran politik bahwa dalam sistem demokrasi menuntut sportivitas.

PKS yang pada pilpres 2019 lalu mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengakui telah kalah dan menolak untuk bergabung di pemerintahan.

"Sudah sepatutnya kami sebagai bagian dari pihak 02 harus memberikan kesempatan kepada yang menang untuk memegang kekuasaan," kata dia.

Ketiga, pilihan PKS merupakan komitmen untuk mendengarkan suara konstituen yang berharap PKS berada diluar pemerintahan.

Harapan itu muncul agar pemerintahan Presiden Jokowi ada yang mengawasi secara jernih dan bertanggung jawab.

"Dan itu wujud PKS sebagai partai politik yang wajib mendengar aspirasi rakyat, salah satunya yang berharap PKS sebagai oposisi untuk mengawasi jalannya pemerintahan," kata dia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya, menyampaikan ancaman reshuffle kabinet di hadapan para menterinya saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada 18 Juni 2020 silam.

Informasi ini baru terungkap dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (28/6/2020).

Mulanya saat membuka rapat, Jokowi menyampaikan kejengkelannya kepada para menteri lantaran masih bekerja secara biasa saja di masa krisis seperti ini.

Padahal, Presiden Jokowi meminta ada kebijakan luar biasa untuk menangani krisis, baik itu pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perokonomian.

"Langkah extraordinary ini betul-betul harus kita lakukan. Dan saya membuka yang namanya entah langkah politik, entah langkah pemerintahan," kata Jokowi.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, langkah extraordinary itu bisa dalam bentuk mengeluarkan aturan tertentu, bahkan pembubaran lembaga dan perombakan kabinet atau reshuffle.

Ia lantas menyampaikan ancaman reshuffle bagi menterinya yang masih bekerja biasa-biasa saja.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya," ucap Jokowi.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:14
Anjir tingkat ge er nya...


Siapa juga yg nawarin elu. ?


Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hen93 dan 64 lainnya memberi reputasi
64 1
63
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:24
Kagak ada yang ajak juga.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:25
Emang diajak ya? emoticon-Bingung
Diubah oleh feelsbadman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:29
caper emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:29
subhanalloh... ge eremoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:31
Emang ada yg nawarin situ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:32
Tak Tertarik Kursi Menteri, tapi kalo ditawarin sich mau ajah emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:32
Poltik pencitraan tingkat tinggi
Cuma yg ngomong (dan kelompoknya) kudu muka tembok tingkat brutal
Wkwkkkkkk, mubrut =muka brutal
Ssi tingkat tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:35
ge er amat loe tong emoticon-Big Grin

klo pun resuffle paling juga g ngajak2 elo emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:38
saya juga mau tegaskan, saya tidak tertarik menjadi menteri, jadi mohon pak Jokowi jangan panggil saya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:40
Halu emang bikin pede.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamaitsu dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:40
Ga ada yang tau kan kalau PKShit sebenarnya menolak kadernys diangkat menjadi sekjen PBB kalau di tawarkan ?

Mereka juga akan menolak diangkat menjadi perwakilan Fraksi Federasi disaga Starwars bila ditawarkan George Lucas ?

Bahkan kadernya semua akan menolak menjadi pemain superhero Marvel dan DC bila ditawarkan ?

emoticon-Malu (S):
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:47
siapa yg mau ngajak kalian,pede banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:54
MASA IYA???

PKS ini dulu saat berkoalisi di era SBY selalu aja mengancam akan keluar, eh ujung2nya tetep aja ada di kabinet emoticon-Big Grin

Gak yakin PKS tetep nolak kalo pakde ngasih jatah (meski hampir mustahil)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:54
Amit2, yg mau ngajak lu pade juga sapa tong emoticon-Ngakak

Betul2 muka badak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:55
Gercep bikin statement biar seolah-olah
Klo bahasanya dari kalian ya gitu...dalam artian lainnya mah ya emang ga ada yg ngajak elu2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
3333fen dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:56
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri

BUBARKAN PDIP emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babay21 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:57
Jangankan lu, pemerintah yg berkuasa aja emangnya tertarik. Kayak nggak ada orang lain aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:57
DIH emoticon-DP:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Ancam Reshuffle, PKS Tegaskan Tak Tertarik Kursi Menteri
02-07-2020 07:57
Siapa juga yang ajak PKS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia