Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efcad9f9a972e290f066172/alasan-mengapa-seseorang-akhirnya-bunuh-diri
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri Halo gansist tercinta... Gue mau sedikit sharing nih tentang apasih yang sebenarnya yang menjadi alasan seseorang akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya :( Kebanyakan kasus bunuh diri adalah orang yang gak di sangka2, karna tampak luar hidupnya sepertinya jauh lebih baik dari pada kita. Secara fisik, materi, dan talenta sungguh disayangkan mereka malah
Lapor Hansip
01-07-2020 22:37

Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri

icon-verified-thread
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri


Halo gansist tercinta...
Gue mau sedikit sharing nih tentang apasih yang sebenarnya yang menjadi alasan seseorang akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya emoticon-Frown

Kebanyakan kasus bunuh diri adalah orang yang gak di sangka2, karna tampak luar hidupnya sepertinya jauh lebih baik dari pada kita.
Secara fisik, materi, dan talenta sungguh disayangkan mereka malah mengakhiri hidupnya.

Kira2 apa yg pertama kali muncul dalam benak gansist melihat fenomena tersebut??

Kalau gue sendiri secara pribadi berfikir bahwa mereka terlalu bodoh, dan tidak memiliki iman yg teguh ( bisa jadi tidak ada yg memberi arahan dan pengajaran).

Ya bodoh itu hal yg paling terpikir pertama kali.
Why ? Karna mereka jelas2 menyianyiakan kehidupan yg sebenarnya dapat di nikmati.
Seperti makanan lezat, travelling, melihat keindahan alam, tertawa, menonton film, shopping, punya pasangan dan lain sebagainya. Bnyak hal yg bisa membuat kita bahagia.

Tapi pemikiran gue berubah sejak tadi.
They're not stupid.
Ya sesungguhnya mereka bukan orang bodoh, dan mgkin jg org yg percaya Tuhan.
Akan tetapi masalah mereka tidak lagi mampu di hadapi.
Mungkin sudah terlalu lelah sampai putus asa.
Seseorang tidak mungkin semudah itu mengakhiri hidupnya, karna pada dasarnya semua manusia takut akan kematian.

Ternyata diposisi seperti itu makanan selezat dan terfavorit sekali pun akan terasa hambar bahkan lu gak mau melihat makanan.
Mengurung diri dikamar satu2 nya pilihan dibanding traveling yg gak bisa lu nikmatin karna seluruh tubuh terasa lemah dan mati rasa.
Ketika menangis rasanya lebih gampang dibanding tertawa.
Sama sekali tidak ada satu pun hal yg dapat mengembalikan semangat hidup. Hal2 yg dulunya sangat di sukai pun kini menjadi hambar.

Gue yakin bahwa orang yg memutuskan untuk mati pun sudah sangat berjuang.
Mungkin org yg mengatakan mereka org yg paling bodoh termasuk gue dulunya itu hanya belum paham karna tidak pernah merasakan berada di posisi mereka.

Gue baru tersadar apa yg mereka rasakan selama itu, depresi, frustasi, anxiety tetapi malangnya mereka tidak punya tempat untuk mengadu secara manusiawi.
Jangan kan berharap ada yg datang dan mengatakan " I know you are not ok " bahkan yg bertanya pun tidak ada. Atau saat menceritakan keluh kesah malah tidak dianggap penting dan disepelekan, dengan kata2 yg paling mainstream "sabar ya" it's not helping -_-

Gue menjadi sadar akan apa yg mereka rasakan, seperti ingin keluar dari kehidupan itu tapi gak bisa.
Lu mau pergi tapi lu gak punya tujuan, lu mau marah tapi diri lu satu2 yg bisa lu marahin. Lu mulai nyiksa diri buat cari ketenangan tapi itu cuma sementara. Konsumsi obat2an dan lain sebagainya.
Lu bener2 gak bisa keluar dari kehidupan lu yg udah memuakkan dan menyiksa. Lu pengen pergi jauh tapi yg ngendaliin hidup lu bukan lu.

Di depan org2 bisa kelihatan senyum dan ketawa tapi begitu lu sendiri semua jadi gelap, air mata gak berenti menetes tapi lu gak punya siapapun buat ada memeluk lu, you really have no one to ask emoticon-Frown

Dan itu nyiksa bgt, lu gatau obatnya apa, lu gak tau harus gimana, lu kehilangan akal dan lu sendirian.


Satu2 cara untuk pergi jauh adalah mati. Memang tidak menyelesaikan penderitaan tapi setidaknya masalah yg ada di dunia orang hidup sudah berakhir.

Mungkin banyak org akan bilang kenapa tidak berdoa, kenapa gak minta pertolongan Tuhan. Gue pun berpikir demikian, tapi bagaimana kalau cara itu jg sudah dilakukan ?
Tapi gue gak mau bahas yg agamawis karna bukan kapasitas gue.

Gue gak tau kenapa gue nulis ini hanya terpikir dan tiba2 sungguh sangat merasakan apa yang menjadi alasan seseorang bunuh diri. Gimana pendapat gansist ??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kichotbalap dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
01-07-2020 22:47
Alasannya ya karena pengen mati.
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
01-07-2020 23:03
mrk tidak seberuntung org lain yg bs menikmati hidup, bs berbagi sgala perasaan kpd org lain,, bener sh, dbalik keputusan utk mengakhiri hidup, mrk pasti melewati perjuangan yg org lain gatau..

gw yg masih punya byk support sistem disekeliling gw aja, kdg sesekali ngerasain "kok idup gw bgini bgt, enak mati aja, kelar urusan" hixx

smoga mrk2 yg sdg berjuang, bs dikuatkan dan gk menyia2kan hidupnya.. *tmasuk utk gw sndiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oxcyte dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
01-07-2020 23:21
karena putus cinta bisa loh..banyak hal sebenarnya sih. ... banyak sekali dah
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
01-07-2020 23:38
Ente baik-baik? Kalau misal butuh curhat, di H2H tempat yang pas.

Mau bunuh diri biasanya karena merasa ga ada harapan. Kemungkinan kedua karena depresi itu membuat ga bisa melihat segala hal yang baik dan ga bisa merasa bahagia. Seperti ada kayak awal hitam tebal yang menutupi.

Kalau ada temen atau keluarga yang ngalami, diingatkan buat ga mengurung diri di kamar aja, kurangi begadang, cukup istirahat, makan makanan yang sehat, dan kalau bisa ada waktu untuk aktivitas di luar rumah di pagi atau siang hari supaya kena sinar matahari.
Diubah oleh archaengela
profile-picture
profile-picture
cellilova dan putrateratai.7 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 03:00
Pembahasan yg cukup menarik untuk dibedah..

In The End, Mostly Penyebab orang bunuh diri karena 'merasa' g tau harus kemana atau harus ngapain lagi....
Buktinya ???
Case 1 :
ABG yg gampang bunuh diri cuma karena bucin...
alasan : dia g tau harus ngapain saat sakit hati..kok bisa ?
penyebab : mungkn dia g cukup dapet asupan spiritual(agama), temen2nya orang2 yg g bisa diandalkan..udah curhat g ada jawaban/solusi yg bisa ngasih dia clue untuk 'ngapain lagi selanjutnya'..dan lain2

Case 2 :
Orang yg cukup matang pendidikan, kepribadian, financial dll...kecil kemungkinan karena bucin, biasanya karena masalah yg lebih kompleks
alasan : dia g tau harus ngapain lagi saat kena masalah itu..
penyebab : dia merasa teman2 bahkan orang2 di sekelilingnya udh 'pasti' g bisa bantu dia..dan orang2 terdekatnya kurang notice soal masalah dia, kurang intens membantu dia menemukan at least dia harus ngapain lagi..sehingga dia 'merasa' clueless..udh bingung harus gimana lagi..secara agama cukup rajin beribadah, hanya saja 'kemungkinan'..jawaban dari 'masalahnya' tersebut ada di ayat dalam kitab sucinya yg belum sempat dia pelajari..

Lalu ada lagi contoh nyata artis2 luar negri yg terlihat 'biasa2 saja' tiba2 bunuh diri...justru ini salah satu penyebabnya...mereka menutup diri dan orang terdekatnya tidak sadar atau bisa jadi sadar, hanya saja menyepelekan/menganggap hanya masalah bad mood biasa...yg mereka akhirnya 'kecolongan' bahwa sahabatnya ini ternyata kurang asupan dari segi mungkin agamanya, mungkin motivasi hidupnya, mungkin kemampuan problem solvingnya...sehingga orang yg akhirnya bunuh diri ini sampai di titik dimana, walaupun dengan seluruh pengetahuan dan pengalaman yg dia punya selama ini..tetap g bisa menjawab 'masalahnya' dia..yg pada akhirnya g tau harus ngapain lagi..

Walau terlihat lebay, saat orang terdekat lu sedih diputusin pacar, sedih karena kondisi tempat kerjanya, terlihat agak pusing dengan bisnisnya, dan kondisi2 bad mood lainnya...dengan lu at least ngobrol sama dia, ngajak dia ngopi, ajak travelling..elu ngasih dia 'idea' untuk 'ngapain lagi ya gw?"..karena elu g akan totally tau gimana dia secara keseluruhan..lw ga bisa bener2 tau ambang batas seseorang bisa sampe di posisi 'clueless/g tau harus ngapain lagi"..

Terlihat sepele, tapi tanpa sadar 'kehadiran' lu itu memiliki impact yg cukup besar dikehidupan orang terdekat lu..yg mungkin lu g tau kalau dia "nyaris" diambang batasnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nakkasei dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 05:11
kbanyakana org ngiranya org bundir itu pasti krn ga sanggup hadapi masalah hidup yg berat, mentalnya kurang ditempa dan ujung2nya kurang iman. tapi sbnrnya nggak sesimple itu, ya mmg ada org yg bundir krn itu tapi kbanyakan krn mereka mmg ngalamin depresi. depresi bukan sekedar sedih krn stress ga bisa ngadepin masalah atau krn masalah cinta dsb, it's brain disorder, ada masalah di kimiawi otak yg nggak bisa dia kontrol, itulah sebabnya banyak malah org sukses dan trkenal nggak disangka2 malah bunuh diri.
Bayangin aja ya, org normal aja yg punya banyak tekanan hidup bisa pengen bunuh diri apalagi org yg mmg ngalamin depresi yg kapan saja dia ada keinginan bundir walaupun ga ada masalah
profile-picture
profile-picture
cellilova dan putrateratai.7 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 05:36
Betul, kadang senyawa kimiawi itu bikin kita gak bisa tidur aja, itu udah sesuatu yang mengganggu.

Film lama The Sixth Sense itu menggambarkan banget seorang pasien dengan gangguan mental yang sulit disembuhkan dan betapa putus asanya dia.

Tapi orang dengan perspektif yang lebih luas kayak TS, bisa lebih mengerti berada di posisi orang lain. Sebaliknya, jika kita muda dan naif, kita dengan mudahnya menyalahkan orang lain atau bahkan diri kita sendiri atas sebuah kesalahan. Itulah pentingnya belajar dan memperkaya ilmu/wawasan.

Orang yang melakukan bom bunuh diri saja beserta keluarganya, itu bisa dimengerti alasan kenapa mereka melakukannya, di saat sebagian besar orang menghujat mereka habis-habisan. Secara metodologi tentunya ya, bukan pembenaran atas apa yang mereka lakukan.
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
cellilova dan putrateratai.7 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 06:34
Sebenarnya kriminal itu beberapa juga punya alasannya lho, misalnya karena gak punya duit untuk makan anaknya, dll. Kalau kita jeli kita bisa melihat sisi lain itu.

Tipikal warga, ada maling gebuk atau bakar (kalau dulu ramai-ramai rajam kalau ada yang dinilai berdosa). Seolah yang mukulin maling itu gak berdosa, padahal bisa saja dia juga pernah ngutil atau korup di rumah/kantor.

OOT, tapi masih satu nafas dgn trit ini yaitu "permakluman".
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
cellilova dan putrateratai.7 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 07:56
Justru ga heran klo yg bunuh diri itu tampak kyk gak punya masalah

Krn yg tampak punya masalah udh kburu diselametin sm org yg peduli..

Ingin bunuh diri krn kebutuhan/keinginannya tdk bisa terpenuhi atau diabaikan

Entah kebutuhan perhatian, kualitas tidur, kasih sayang, materi, atau apapun
Diubah oleh 3770372
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oxcyte dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 08:19
H2H / Hatuha = Heart to Heart
profile-picture
mulumulu146 memberi reputasi
1 0
1
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 09:12
Menurut saya bunuh diri hal konyol hina memalukan! Mati di Medan perang adalah kebanggaan kehormatan!

Saya sendiri sudah bosan jalan2 makan piknik ngemall dll! Udah enggak minat sama sekali!

Untung aja saya di kasih "mungkin" petunjuk Tuhan dalam mimpi!

Dimana ada tempat yang benar2 ada abadi dan kekal emoticon-Selamat emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan cellilova memberi reputasi
2 0
2
Lihat 18 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 10:20

BACOT GRATIS

@monkeydfarly

Biasa sy cenderung lempeng aja dengan komen ente. Cuman tidak untuk kali ini.

Kamu tahu 'deadlock' nggak? Jalan buntu.

Loe mah enak bilang tinggal jalan², dll. Orang kalau udah buntu itu bisa jadi udah gak ada duit, usia udah senja, semangat udah gak ada, badan sakit-sakitan, keluarga atau orang disayangi meninggal, dsb. Sebabnya bisa satu atau kombinasi dari beberapa sebab. Belum lagi yang kelainan mental seperti disebut Sist Juzie di atas.

Gak usah umbar kesombongan disini. Orang miskin juga gak ada yang mau naik bus dekil atau jalan kaki, klo punya duit udah naik BMW atau Mercy. Jadi gak usah diteriakin bego lu naik bus kenapa gak kayak gue naik boil mewah.

Pahami isi thread, sini bukan tempat menghujat orang kelainan mental, putus asa, kecewa, atau kehilangan apapun. Lihat judul dan postingan pertama sebelum komen. Lain kalau kmu mau bawa jalan² orang yang dalam kondisi terpuruk, saya bisa bantu carikan daftarnya. Klo cuma bacot ya gratisss... emoticon-Cape d...
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 10:41
@monkeydfarly

Coba banyakin kerja sosial, klo di negara maju ini udah salah satu syarat utk masuk perguruan tinggi. Kepekaan sosial itu baru ada kalau kita pernah susah, atau sering berinteraksi dengan orang yang susah (bukan hanya ekonomi, tapi keterbatasan lainnya termasuk penyakit mental depresi & sejenisnya). Banyak duit manfaatin utk hal positif, bro.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 10:54
Quote:Original Posted By Jangan.maling
@monkeydfarly

Coba banyakin kerja sosial, klo di negara maju ini udah salah satu syarat utk masuk perguruan tinggi. Kepekaan sosial itu baru ada kalau kita pernah susah, atau sering berinteraksi dengan orang yang susah (bukan hanya ekonomi, tapi keterbatasan lainnya termasuk penyakit mental depresi & sejenisnya). Banyak duit manfaatin utk hal positif, bro.


pas kalik lae emoticon-thumbsup
cara paling simple buat menumbuhkan empati yaitu jalan2 ke rumah sakit terdekat pas jam besuk emoticon-Big Grin

bikin jauh lebih bersyukur emoticon-Big Grin
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 10:59
@ts

depresi banyak pemicunya, nggak melulu soal mapan/rupawan.
yang penting stabil dan percaya pasti ada jalan. buat dapatin stabil darimana? banyak interaksi, ngobrol, hirup udara segar walau cuma jalan kaki dan ngopi di pinggir jalan.

dengan interaksi minimal ada satu yang support saat ada masalah selain keluarga inti tentunya.
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 11:13
Mau cerita ah.

Dulu ane pny pikiran untuk bunuh diri. Selama ane hidup dari kecil selalu dibully. Rasanya hidup ini ngga adil, mengapa ane dilahirkan berbeda dg mereka dan atas hak & kuasa apa mereka menghina ciptaan Tuhan. Tapi ane bersyukur terlahir di lingkungan agamis itu adalah pedoman hidup ane. Seandainya bundir itu bukan merupakan dosa besar, mungkin ane sudah tiada sekarang. Tapi ane sadar, bahwa ane dilahirkan di dunia ini memiliki tujuan, sekalipun ane dilahirkan menjadi seorang Martir pun, ane ikhlas.

Please stop Bullying
Diubah oleh jimmyjun
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 11:25
Org kl bundir itu langsung msk neraka & tersiksa selama2nya. Alih2 mau terbebas dari penderitaan malah menderita selamanya. Biarkan Tuhan yg menentukan batas hidup. Introspeksi diri & tetap berusaha positive thinking bahwa semua masalah ada jalan keluarnya.
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 11:28
Gini yah, @monkeydfarly

Gue baru aja kehilangan keluarga gue kemarin siang; usia 20-an, tidak sakit kronis, bukan kecelakaan, bukan Covid (dia dokter), bukan juga karena gak punya duit (tajir keluarganya). Jangan salah, bukan karena itu gue omelin elo. Maksud gue, gak semua masalah itu selesai dengan duit atau jalan². 😭

Pernah aku sempetin dalam sebulan rutin berkunjung ke semacam panti asuhan, serta penampungan hewan terlantar. Banyak pengalaman aku dapat, dan duit kadang bukan solusinya. Kadang bahkan jadi pendengar pun kita sedikit meringankan beban mereka.

Selain itu, rutinlah ke panti jompo, atau kunjungi RS seperti disarankan di atas (protokol Covid sekarang), rutin kunjungi panti jompo (orang tua jarang diperhatikan sebanding dgn anak-anak lucu panti asuhan), donor darah sesekali ke PMI (selain dapat suvenir per sekian kali kunjungan bisa ketemu Presiden setelah puluhan tahun rutin donor).

Yang simpel, bawa makanan atau sembako di mobil, bisa kasih ke yang kita lihat kasihan di pinggir jalan.

Itu bagus, bro... I mean itu lebih bermakna dari sekedar piknik atau rekreasi. Try it to believe it... emoticon-Smilie
Diubah oleh Jangan.maling
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 11:33
Quote:Original Posted By cellilova
Banyak bgt sistt


Bgt dah
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 11:39
Beni anjal miskin mana pernah main video game hiburan nya hanya Ragnarok riddle yg murah meriah g perlu spek PC emoticon-Smilie @androidiot
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
pengantin-berdarah
Stories from the Heart
dendam-arwah-dari-masa-lalu
Stories from the Heart
perahu-tanpa-layar
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
kumpulan-pengalaman-horor-brina
Stories from the Heart
istri-dari-neraka
Stories from the Heart
klinik-aborsi
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia