Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef191f97414f56fc8637fa9/punya-teman-yang-suka-iri-saat-agan-sukses-mungkin-ini-penyebabnya
Apakah Agan punya teman yang suka iri dengan keberhasilan Agan? Sebenarnya iri melihat kesuksesan orang lain adalah hal yang wajar, Gan. Selama dilakukan dalam tahap sewajarnya. Bila keterlaluan sampai rela melakukan apa saja untuk membuat orang lain tak berhasil meraih keinginannya, itu baru yang bermasalah. Fenomena tak suka dan rela melakukan apa saja demi menggagalkan keberhasilan orang lain b
Lapor Hansip
23-06-2020 12:24

Punya Teman yang Suka Iri Saat Agan Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya

Punya Teman yang Suka Iri Saat Agan Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah Agan punya teman yang suka iri dengan keberhasilan Agan?

Sebenarnya iri melihat kesuksesan orang lain adalah hal yang wajar, Gan. Selama dilakukan dalam tahap sewajarnya. Bila keterlaluan sampai rela melakukan apa saja untuk membuat orang lain tak berhasil meraih keinginannya, itu baru yang bermasalah.

Fenomena tak suka dan rela melakukan apa saja demi menggagalkan keberhasilan orang lain bukan hal baru. Itu dinamakan crab mentality atau mentalitas kepiting, Gan.

Dilansir dari Psychology Today, mentalitas kepiting merupakan analogi dari perilaku egois yang iri atas keberhasilan orang lain.

Ibaratnya seperti melihat kawanan kepiting yang saling mencapit satu sama lain salah satu di antara mereka ada yang ingin keluar dari kandang. Sepintas itu mungkin terlihat seperti solidaritas. Tidak ada yang berhasil keluar berarti tidak ada yang dimakan. Tapi sebenarnya itu hanya alasan belaka. Pada manusia, maknanya tak selalu demikian.

Kenyataannya, mentalitas kepiting itu merugikan orang lain, Gan. Soalnya, orang yang punya mentalitas itu bisa mengkritik, meremehkan hingga memanipulasi orang lain yang ingin mereka jatuhkan.

Punya Teman yang Suka Iri Saat Agan Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya

Contohnya, Agan ingin dipromosikan oleh si Bos. Tapi, teman kerja Agan tak suka dengan kabar baik itu. Si teman yang tak suka itu akhirnya menjelek-jelekan Agan kepada karyawan lain di belakang Agan dan sampai terdengar ke telingan si Bos. Akhirnya, si Bos akan berpikir ulang untuk menaikkan jabatan Agan karena kabar itu.

"Jika saya tidak bisa memilikinya, kamu pun tak bisa" Itu merupakan motto kasar yang dipegang oleh orang bermentalitas kepiting itu.

Penyebab Mentalitas Kepiting

Ada beberapa faktor kenapa crab mentality bisa terjadi, seperti malu, dendam, harga diri yang rendah, cemburu, sampai sifat kompetitif. 

Perasaan-perasaan itu akan semakin meningkat jika Agan berada dalam posisi yang tinggi dalam suatu kelompok. 

Cara Mengatasi Crab Mentality

Siapa saja bisa mengalami crab mentality ini, termasuk Agan. Lalu, bagaimana caranya menghadapi situasi ini?

Langkah pertama adalah sadar diri, Gan. Agan harus mengenal baik kondisi yang sedang AGan alami. Jika Agan merasa ada yang tiba-tiba mengkritik atau melarang Agan untuk melakukan sesuatu, pastikan dulu, apakah kritik itu diutarakan karena benar-benar peduli ata justru ada udang di balik bakwan alias mereka hanya ingin Agang tidak berhasil melakukan sesuatu.

Setelah menyadari situasi yang terjadi, barulah lakukan langkah-langkah berikutnya. Tips selanjutnya bisa Agan lihat di artikel ini, ya: https://hellosehat.com/hidup-sehat/p...tality-adalah/
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Supranatural
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia