News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
242
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb66a068cc95595c6c229f/pelajaran-agama-perlukah-dihapus
'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno.  ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar. Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Pre
Lapor Hansip
06-06-2020 16:49

Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?

'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno. 
ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar.

Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Presiden pertama Indonesia terbukti. Pada masa sekarang, sekolah-sekolah lebih banyak berbicara agama daripada melahirkan para ilmuwan hebat. Bahkan banyak di sekolah negeri, sudah memaksakan identitas agama sebagai penanda keimanan seseorang.

Singapura sudah mengetahui masalah ini sejak lama.
Tahun 1984, waktu itu sekolah di Singapura memasukkan pelajaran agama di sekolah. Lima tahun kemudian, PM Lee Kuan Yew mencabut kebijakan itu. Ketika ditanya kenapa ia melakukan itu, Lee Kuan Yew menjawab, "Agama merupakan suatu hal yang sebaiknya dibiarkan berada dalam kawasan pribadi."

Meski melarang pelajaran agama di sekolah, nilai-nilai agama seperti budi pekerti, adab dan akhlak dimasukkan dalam pelajaran.
Guru-guru agama pun disertifikasi dan didaftar di lembaga pendidikan guru agama. Mereka terus dites supaya memenuhi kriteria oleh MUI nya Singapura. Kalau gagal, mereka tidak boleh mengajarkan agama di mana pun juga di Singapura.

Dan sekarang, kita melihat Singapura adalah negara hebat yang fokus pada ekonomi.

Malaysia juga sudah mulai khawatir dengan situasi "mabuk agama" di negaranya. Mahathir Mohammad, PM Malaysia, mengumumkan akan mengurangi secara bertahap silabus agama di sekolah negeri.
Lalu, bagaimana Indonesia?

Membahas masalah penghapusan mata pelajaran agama di Indonesia ini bisa jadi sangat sensitif. Bisa habis dituding kafir, anti Islam, PKI dan segala macam tuduhan negatif tanpa mau melihat gambaran besarnya. Dan belum ada satu pun pemimpin yang berani membahas masalah ini secara terbuka apalagi mengambil kebijakan.
Padahal mereka tahu akar masalahnya di mana dan bagaimana cara mengatasinya dengan belajar pada negara tetangga. Tapi untuk melangkah ke arah sana, berat sangat. Takut ini, takut itu dan rasa takut itu semakin besar sehingga kebijakan yang diambil selama ini tidak menyentuh akar masalah.

Seorang tokoh intelijen, AM Hendropriyono, dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa permasalahan pendidikan kita selama ini bahwa kebijakannya tidak terpusat. Kebijakan di pusat, belum tentu dipatuhi daerah. Celah inilah yang dimasuki kelompok radikalis sehingga mereka bisa berkembang cepat dan membesar tanpa kita mampu mencegahnya.
Situasi ini sama seperti ketika kita tahu bahwa tubuh kita terkena kanker, tapi takut mengobatinya. Akhirnya kanker itu berkembang dan kelak akan memakan seluruh tubuh kita.
Beranikah kita bertindak seperti Malaysia, atau malah seekstrem Singapura?
https://www.tagar.id/pelajaran-agama...lukah-dihapus

emoticon-Matabelo 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:42
Pelajaran semua agama diapus ya.. gk cuma islam.. Kristen jg, buddha jg,hindu jg, konghucu jg..

Belajar di rumah ibadah masing2.. gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:42
Dihapus aja utk sekolah umum baiknya diajarkan lewat tempat ibada dll
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:44
perlu. hilangkan aj

dari ane kecil ampe remaja gini yg di ajarin itu lagi itu lagi. muter2 doang. buang2 waktu n tenaga sahaja
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:45
hapus aja emoticon-Smilie
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:56
agama itu urusan pribadi
ngapain diajarin di sekolah umum?

emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan slider88 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:56
Jangan dihapus emoticon-Blue Guy Smile (S)

Tapi dibikin kurikulumnya yang jelas dan diawasi dengan ketat emoticon-Blue Guy Smile (S)

Bikin aturan pendidikan agama cuma boleh diajarkan di sekolah formal, selain itu ilegal, biar gampang dipantau emoticon-Metal

Agama sekarang udah seperti rumput liar, tapi juga gak mungkin dicabut, jadi, taruhlah rumput liar ini cuma ditempat yang bisa dipantau. emoticon-Blue Guy Smile (S)






































emoticon-Belgia
0 0
0
Lihat 24 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:58
Hapus sajalah.

Manusia dari tanah
Air mani dari tulang yg terpancar
Matahari dan bulan beredar pada garis edarnya

Lainnya sudah ke mars, kita masih dibumi karena langit tak dapat ditembus
Udah gitu kondom haram lagi, gimana gak beranak terus

emoticon-Busa
Diubah oleh Oakley92
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:59
perlu bangett
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:01
Lebih baik diajarkan cara menghormati agama lain, sejarah dan kebudayaan mengenai agama lain, pandangan dan pola pikir penganut agama lain. Gak perlu ajaran fokus ke 1 agama. Itu akan jauh lebih baik.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan nozomi.tojo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:05
Ga mungkin dihapus, apalagi sekelas wiwi

Ga cuma striker yg maju, para gelandang n defender bakal ikut maju klo denger isu begini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:06
gak cm pelajaran, departemen juga apapun per-agamua-an yg scr lgsg atau gak lgsg didanai dari pajak dan ada pegawainya, kalau dihapus para pegawainya kan kudu dipecat emoticon-Big Grin

fyi ane ateis yg bisa aja ngebunglon/pura2 aguamis (klo dibayar) emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
latsyrc dan geforce9800gtx memberi reputasi
2 0
2
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:07
Tambahin pelajaran sejarah agama-agama di dunia aja.
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:07
BILANG AJA KAFIR NGIRI KALO PEJALARAN AGAMA DI SEKOLAH KARNA MEREKA BIASANYA SUKA GAK KEBAGIAN JATAH PELAJARAN AGAMA NYA MEREKA..

KALO GAK NGIRI YA KETAKUTAN AGAMA ANU NGAJARIN BUNUH BUNUH YEKAANNN...

IYA APA IYA???

KALO NGOCEH ITU TO THE POINT AJA...
profile-picture
reddest.hare memberi reputasi
0 1
-1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:09
Umur ts nyampe..berapa..?
200th bisa...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:10
pelajaran yg penting itu bahasa, matematika, geografi, fisika dan moral
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:14
Realistis sajalah, kaga bakalan ada politikus yang berani melakukannya, itu sama saja dengan membakar kantong suaranya.
Mungkin cuma Suharto yang bisa melakukannya. emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:17

Quote:Original Posted By drainama
Trit penyebar paham ateisme nih... emoticon-Embarrassment

Mostly yg komen dah ketebak banget.. pro sm TS.. emoticon-Embarrassment

Kaskus kaskus... Dari taun jebot kgk berubah2 penghuninya...


Ini pola pikir sejenis sama kelompoknya tungku Zulkarnaen dan gerombolan 212 nih.

Pokoknya kalau berpikir kritis tentang agama langsung dicap atheis lah, komunis lah, PKI lah....

Yang suka labeling fitnah macam begini kalau nggak anteknya Suharto ya pasti semacam kampret kadrun. Agama dijadikan komoditas untuk menghantam kelompok yg tidak sejalan dengan cara mencap anti agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:18
pendidikan sains dan matematika itu perlu ditambahkan.

untuk menambah jumlah dokter dan engineer di masa depan.

dan supaya nggak banyak masyarakat bodoh yang tidak menyadari/menyepelekan bahaya dari dari pandemi virus.
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:20
Yang perlu dihapus itu adalah agama Islam.

Islam adalah agama barbar, tidak kompeten, mabuk agama dst.

Pribumi muslim juga perlu diberangus habis/genosida.

Islam + pribumi = kutukan.
profile-picture
profile-picture
annebywis dan lou.fei memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 18:29
Hapus aja biar itu jadi urusan pribadi masing2.. Toh emang kalo mo yang lebih 'dalam' bahas tentang agama toh sudah ada sekolah-sekolah khusus untuk itu.
0 0
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia