News
Batal
KATEGORI
link has been copied
242
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb66a068cc95595c6c229f/pelajaran-agama-perlukah-dihapus
'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno.  ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar. Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Pre
Lapor Hansip
06-06-2020 16:49

Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?

'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno. 
ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar.

Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Presiden pertama Indonesia terbukti. Pada masa sekarang, sekolah-sekolah lebih banyak berbicara agama daripada melahirkan para ilmuwan hebat. Bahkan banyak di sekolah negeri, sudah memaksakan identitas agama sebagai penanda keimanan seseorang.

Singapura sudah mengetahui masalah ini sejak lama.
Tahun 1984, waktu itu sekolah di Singapura memasukkan pelajaran agama di sekolah. Lima tahun kemudian, PM Lee Kuan Yew mencabut kebijakan itu. Ketika ditanya kenapa ia melakukan itu, Lee Kuan Yew menjawab, "Agama merupakan suatu hal yang sebaiknya dibiarkan berada dalam kawasan pribadi."

Meski melarang pelajaran agama di sekolah, nilai-nilai agama seperti budi pekerti, adab dan akhlak dimasukkan dalam pelajaran.
Guru-guru agama pun disertifikasi dan didaftar di lembaga pendidikan guru agama. Mereka terus dites supaya memenuhi kriteria oleh MUI nya Singapura. Kalau gagal, mereka tidak boleh mengajarkan agama di mana pun juga di Singapura.

Dan sekarang, kita melihat Singapura adalah negara hebat yang fokus pada ekonomi.

Malaysia juga sudah mulai khawatir dengan situasi "mabuk agama" di negaranya. Mahathir Mohammad, PM Malaysia, mengumumkan akan mengurangi secara bertahap silabus agama di sekolah negeri.
Lalu, bagaimana Indonesia?

Membahas masalah penghapusan mata pelajaran agama di Indonesia ini bisa jadi sangat sensitif. Bisa habis dituding kafir, anti Islam, PKI dan segala macam tuduhan negatif tanpa mau melihat gambaran besarnya. Dan belum ada satu pun pemimpin yang berani membahas masalah ini secara terbuka apalagi mengambil kebijakan.
Padahal mereka tahu akar masalahnya di mana dan bagaimana cara mengatasinya dengan belajar pada negara tetangga. Tapi untuk melangkah ke arah sana, berat sangat. Takut ini, takut itu dan rasa takut itu semakin besar sehingga kebijakan yang diambil selama ini tidak menyentuh akar masalah.

Seorang tokoh intelijen, AM Hendropriyono, dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa permasalahan pendidikan kita selama ini bahwa kebijakannya tidak terpusat. Kebijakan di pusat, belum tentu dipatuhi daerah. Celah inilah yang dimasuki kelompok radikalis sehingga mereka bisa berkembang cepat dan membesar tanpa kita mampu mencegahnya.
Situasi ini sama seperti ketika kita tahu bahwa tubuh kita terkena kanker, tapi takut mengobatinya. Akhirnya kanker itu berkembang dan kelak akan memakan seluruh tubuh kita.
Beranikah kita bertindak seperti Malaysia, atau malah seekstrem Singapura?
https://www.tagar.id/pelajaran-agama...lukah-dihapus

emoticon-Matabelo 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
09-06-2020 11:33
Maaf gan, kata siapa negara kita gk punya ilmuwan hebat? Pak habibie merupakan salah satu dr bbrp org didunia yg memiliki lisensi untuk membuat pesawat terbang standar Eropa dan Amerika dan bbrp ilmuwan nuklir spt anak alm pelawak indro warkop hanya saja negara kita kurang menghargai ilmuwan jadi bnyk yg bekerja dluar negeri.
Meskipun siangpura dan malaysia sama2 negara asia tenggara tp tdk bs disamakan dgn indonesia, sejarah perjuangan Indonesia dgn singapura dan malaysia tdk sama, Malaysia dan singapura merdeka atas pemberian dr Inggris sdgkan Indonesia berjuang sendiri merebut kemerdekaan dr Jepang.. dlm perjalanannya Indonesia mengalami 2x Pemberontakan oleh partai komunis yg merupakan sejarah kelam bangsa shg untuk meredam itu perlu pendidikan agama karena musuh komunis itu agama sdgkan Singapura dan Malaysia mgkn tdk pernah mengalami hal spt Indonesia.. itu pendapat ane gan
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 13:15
Pelajaran agama di sekolah bertujuan tuk kebaikan kan, yak idealnya sinkron dgn gaya politik demi kebaikan umat NKRI.

Namun ketika agama malah dipakek tuk narasi menang-menangan pada kes pilgub DKI emoticon-Big Grin,
so jika kes demikian lebih baik dihapus ae n semua agama punya partai sendiri agar makin greget. emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-Ultah
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 10:47
Jangan dihapus
Penanaman moral dan aqidah anak bamgsa perlu dilakukan sejak dini
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 09:32
Entah knp ane setuju buat pelajaran agama ditiadakan di sekolah.
Ingat ya --> ane blg buat di sekolah.
klo dirumah ttp hrs ada.

0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 09:10
Sebaiknya diajarkan masing2 dari rumah dan tempat ibadah, sedangkan yang di sekolah diganti jadi sejenis pelajaran budi pekerti yang sifatnya universal, yang isinya etika, moral, tata krama, seperti budaya antri, menghormati yang lebih tua, buang sampah pada tempatnya, taat lalu lintas, dan perilaku positip lainnya yang tidak mesti ada kaitannya dengan agama, banyak lagi tentunya ......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 08:23
Di Indonesia, paling ngga dalam puluhan tahun ke depan masih akan ada pelajaran agama di sekolah.
Alasannya:
1. Praktisinya banyak..guru agama
di tingkat SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren...dan dosen agama di kampus...belum lagi kampus2 dgn berbagai jurusan ilmu agama..ini artinya berapa banyak orang yg harus migrasi kerjaan atau malah jadi calon pengangguran.
2. Mengenai nilai agama di raport kita bagus, ya itu cuma artinya kita dianggap memahami materi kurikulum agama di level itu...ga lebih..kl diartikan jadi orang shaleh ya berlebihan.
3. Kontrol negara thd pendidikan agama akan lebih mudah melalui lembaga formal melalui kemendikbud dan kemenag yg disusun bds kurikulum...dibandingkan lembaga non formal/informal yg lebih beragam dan tersebar, atau bahkan tidak terdaftar.
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 08:22
Okelah sebagai bahan diskusi di dunia maya. Kalau di alam nyata kan ngga mungkin (paling tidak sampai puluhan tahun ke depan). Wong tiap pilkada, pileg sampai pilpres yg dideketin (malah ada yg digandeng) adalah para pemuka agama (mayotitas ulama)
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 08:20
Gk akan bisa, akarnya sdh tertancap dalam belum lg pemerintah bakalan hrs menyiapkan budget khusus utk lembaga pendidikan dikarenakan guru agama yg terlanjur menjadi tenaga pendidik, bakal berpotensi kehilangan job di sekolah umum.
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 07:50
inimah ts atheis atau agnostik udah kebaca banget 😄
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 06:51
malah mending PPKN itu yg diangkat lagi..
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 06:45
Quote:Original Posted By TheTenant
hapusss ajaaa....

Hahahha... Kalo dihapus nanti Mata Pelajaran yang gampang jadi hilang gan emoticon-Wakaka
Ngurang-ngurangi angka 100 di Rapor
Btw kalo Ustadz-ustadz gitu Nilai Pelajaran agama di Rapornya berapa yach? Kalo 99 atau ke bawah... Waaah berarti masih belum mengenal Agama-nya sendiri emoticon-Wkwkwk

Quote:Original Posted By rickreckt
Hapus, gk penting

Kalo di Hapus nanti Guru Agama ngajarin apa gan?

Quote:Original Posted By radeonxp
belajar agama di rumah dan tempat ibadah masing masing! sekolah bertema agama juga harusnya dihapus

Masalahnya Tempat Ibadah saja ada yang Khutbahnya radikal
Ngga bisa jamin gan belajar di Tempat Ibadah
Pemuka Agama saja banyak yang pahamnya radikal koq, antar sesama Pemuka Agama yang sama tafsirnya berbeda-beda
Malah ngga bisa terkontrol kalo belajar agama di tempat Ibadah di sekitar rumah masing-masing
Malah nanti antara murid yang satu dengan yang lain, bisa berbeda-beda tafsirnya
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By doombringer2211
Lebih baik diajarkan cara menghormati agama lain, sejarah dan kebudayaan mengenai agama lain, pandangan dan pola pikir penganut agama lain. Gak perlu ajaran fokus ke 1 agama. Itu akan jauh lebih baik.

Itu lebih ke arah Pelajaran P4 gan alias PPKN (entah sekarang namanya apa?)

Quote:Original Posted By don7ing
gak cm pelajaran, departemen juga apapun per-agamua-an yg scr lgsg atau gak lgsg didanai dari pajak dan ada pegawainya, kalau dihapus para pegawainya kan kudu dipecat emoticon-Big Grin

fyi ane ateis yg bisa aja ngebunglon/pura2 aguamis (klo dibayar) emoticon-Leh Uga

Ane jadi Ingat, waktu itu Plt Dirjen Bimas Katolik di Kemenag, dipimpin oleh Muslim hahahaha emoticon-Wakaka Lucu

Quote:Original Posted By hhdxt
Realistis sajalah, kaga bakalan ada politikus yang berani melakukannya, itu sama saja dengan membakar kantong suaranya.
Mungkin cuma Suharto yang bisa melakukannya. emoticon-No Hope

Betul gan
Nanti ngga bisa dipolitisasi lagi

Quote:Original Posted By mayavin
hapus aja, suruh orangtuanya yg ngajarin agama.

Ngga bisa gan, (maaf) orang tua saja suka sering kena hoax tentang keagamaan koq.
Bahkan orang tua ikut-ikutan demo tentang keagamaan
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 06:12
hapus aja. buang2 anggaran
profile-picture
slider88 memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 06:10
Sudah lama kepikiran. Agama kan privasi personal dg Tuhan.,aneh aja ada nilai agama. Misal gue dapet nilai agama 9 di raport, apa org lain yg tau lgsung bisa yakin kalau gue bener2 beraklak, taat, suci sesuai ajaran agama, dan misal nilai pelajaran agama di raport gue dari SD-SMA rata2 dpt nilai 9, apa bisa di jamin dpet tiket Surga, absurb bgt kalau agama dinilai dg standart dari manusia, padahal esensi nya agama berhubungan dg Tuhan.
profile-picture
slider88 memberi reputasi
1 0
1
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 05:54
hmm pasti rusuh nanti
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 05:50
Level sd ajarkan moral, bahasa, berhitung, etika, dan pancasila
Level smp ajarkan logika, bahasa matematika, dan sains
Level sma ajarkan penjurusan untuk persiapan kerja atau kuliah

Agama gak penting kecuali bisa bikin kenyang dan ngobatin penyakit. Yg ada malah tambah ribut.
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 05:21
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
Kalo pelajaran agama dihapus, berarti apa yg dikatakan ama emak2 pks ini bener dong
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 04:17
trus sarjana pendidikan agama ama pns guru agama gmn
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 03:53
Gimana kalo kita minum darah tuhan aja?
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 03:53
hapus ae gan, Lakum dinukum waliyadin.. agama adalah ranah pribadi dan tidak boleh dipaksakan, dengan memasukkan materi ke pelajaran sekolah, siswa dipaksa untuk mengikuti agama tertentu berdasarkan mahzab dan tokoh agama tertentu.. tentunya gak bakal bisa jauh dari politisasi gan..
0 0
0
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
07-06-2020 01:31
Setelah lihat sumber berita,
Berita kapan di buat thread kapan...
Emg boleh ya kaya gini
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia