News
Batal
KATEGORI
link has been copied
154
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb37929a972e08ba284f76/politikus-pan-usut-tuntas-aplikasi-injil-berbahasa-minang
Padang – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus merasa tersentak dan menyampaikan rasa prihatin serta kekecewaannya atas adanya aplikasi Injil menggunakan bahasa Minang. “Saya prihatin dan kecewa kepada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan bahasa Minang untuk aplikasi ini. Sebab, orang Minang itu adalah orang yang beragama Islam, kalau dia bukan beragama Islam, dia bukan orang
Lapor Hansip
06-06-2020 13:28

Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang

Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa MinangPadang – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus merasa tersentak dan menyampaikan rasa prihatin serta kekecewaannya atas adanya aplikasi Injil menggunakan bahasa Minang.

“Saya prihatin dan kecewa kepada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan bahasa Minang untuk aplikasi ini. Sebab, orang Minang itu adalah orang yang beragama Islam, kalau dia bukan beragama Islam, dia bukan orang Minang,” kata Guspardi, Rabu (3/6/2020).

Anggota Komisi II DPR RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat II ini menegaskan, masyarakat Minang memiliki tata krama dan budaya dengan memegang adat istiadat secara turun temurun. “Jangan dirusak dengan cara yang tidak elegan ini. Patut diduga ada upaya membuat suasana gaduh dan tidak harmomis, seolah-olah orang Minang ada yang non-Islam, itu salah kaprah,” ungkap Guspardi.

Menurutnya, agama itu kan pribadinya, jadi silahkan saja dia pindah agama, tidak ada persoalan tapi jangan dijadikan manuver. “Kenapa harus dibuat berbahasa Minang? Apa Tujuannya? Kalau mau yang lebih komunikatif, pakai bahasa Indonesia saja bisa dipakai oleh semua orang. Nah ini ada apa!” tegas tokoh Muhammadiyah Sumbar ini.

Guspardi mengingatkan, tindakan ini jelas berbau SARA karena bisa memprovokasi masyarakat Minang untuk menimbulkan kegaduhan dan gejolak yang tidak diinginkan.

Mantan Dosen IAIN Imam Bonjol Padang ini mengungkapkan bahwa masyarakat adat Minangkabau memegang falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak mangato adat mamakai. Filosofi ini yang dijadikan sebagai pegangan hidup sehingga orang Minang terkenal dengan “taat dalam menjalankan ajaran agama Islam dan teguh dalam melaksanakan Adat”.

“Jadi saya minta kepada aparat penegak hukum terutama pihak kepolisian harus sigap dan tanggap menyikapi dan menelusuri tindakan yang meresahkan masyarakat Minangkabau. Belum pernah terjadi selama ini, semenjak dunia terkembang baru kali ini, apa maksud dan tujuannya, harus diusut siapa dalang yang melakukan, pasti ini ada aktornya,” ujar Guspardi.

Karena itu Legislator kelahiran Bukittinggi ini meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pihak terkait seperti Kementerian Agama, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Polri harus segera turun tangan untuk mengusut dan mengungkap siapa dalang dan aktor dibalik kemuncuan aplikasi Injil berbahasa Minang ini.

Diingatkannya, jangan ada pihak tertentu yang coba-coba merusak suasana kebatinan masyarakat dan mengacaukan suasana keminangan. Menggunakan bahasa Minang untuk mengembangkan agama lain tidak bisa dibiarkan, karena Minang itu ya Islam.

“Kehadiran aplikasi ini akan membuat gaduh dan melukai perasaan masyarakat Minangkabau. Aplikasi tersebut harus dihentikan dan dihapus, oknum yang melakukannya harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” pungkas anggota Baleg DPR RI ini.

https://liputan.co.id/2020/06/politi...bahasa-minang/

Agama damai emoticon-Traveller

(katanya)Kalo cerdas maka jadi muallaf, tapiii.... kok takut ama ahsudahlah emoticon-Traveller

Apakah keterbukaan adalah musuh alami agama ..... ? emoticon-Traveller
Diubah oleh kaum.berfikir..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
peyronie dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:34
Lemah iman
Takut banyak transfer?emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:36
astajem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:37
Buruan minta maaf, sebelum kedatangan truck of peace emoticon-Leh Uga

Btw jangan kejang2 mengetahui kitab lain berbahasa arab emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:37
Untukmu agamamu*
Untukku agamaku









*syarat dan ketentuan berlaku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:38
sekalian tuh yang berbahasa Jawa, Toraja dan Batakemoticon-Amazed

mereka kan juga sudah menerjemahkan dengan Bahasa Daerah mereka emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:40
emang ada hukum yg melarang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:41
Wow bahasa minang memang tingkatannya tinggi sekali. Padahal di jazirah arab sana semua orang arab apapun agamanya ya pakainya bahasa arab ya tp gak gimana2 sih serah aja yg punya bahasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:43
kemajemukan adalah hama yang harus di tumpas

kata kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:43
Wakakaka... dari semua kalimatnya ane paling takjup sama "oknum yang melakukannya harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku", berlaku??? coba pak DPR sebutkan kira2 pasal pasal yang dilanggar? ane baru tau ada bahasa daerah yang spesial untuk satu agama, ada hukumnya pula.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokerandbane dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:45
bahasa dengan kasta tertinggi

bahkan bahasa Arab kalah emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembaladomba666 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:47
Yang jadi provokator dia sendiri. Malah nuduh orang provokator. Iman setipis kaleng biskuit kong guan emoticon-Ngakak

Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Saviyan dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:48
Bhinneka tunggal ika, berbeda2 tetapi tetap satu*


*kecuali di sumbar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:50
gw gak bisa ngomong apa2 lagi yg pasti kaum uclim emang bar bar, otaknya goblok semua.....guuuoobbbllooookkkkkkkkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:51
Injil itu kan buat kristen, bahasa minang itu bahasa daerah... Trus salahnya dimana? Emang di minang ga ada umat kristen?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 13 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 13:56
Religion of pieces
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 14:06
orang minang wajib beragama islam??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 14:08
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 14:10
Perang padori perang pembantaian kaum adat oleh ajaran damai sekali. Ironis asudahlah emoticon-Traveller
Diubah oleh slider88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 14:12
Sampai budaya asli dibantai habis kah demi budaya arab heran gw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Politikus PAN: Usut Tuntas Aplikasi Injil Berbahasa Minang
06-06-2020 14:14
Gila orang Minang dipaksa beragama Islam? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia