Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda5561f4d695575c2f62e9/ketika-kanjeng-ratu-kidul-punya-gawe-hajatan
Salam hai para kaskuser. Kali ini ane pengin menceritakan tentang sebuah kisah mistis yang ane dapat dari cerita orang-orang saat ane tinggal di kota C*l*c*p. Tentang kebenaran cerita ini, ane juga tidak tahu. Latar belakang cerita ini adalah kurun waktu sekitar tahun 65 - 70an. Menurut cerita seorang tua kepada TS, ternyata bangsa jin atau makhluk halus mempunyai kehidupan seperti manusia. Ada ka
Lapor Hansip
05-06-2020 21:23

Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)

icon-verified-thread
Salam hai para kaskuser.
Kali ini ane pengin menceritakan tentang sebuah kisah mistis yang ane dapat dari cerita orang-orang saat ane tinggal di kota C*l*c*p.
Tentang kebenaran cerita ini, ane juga tidak tahu.
Latar belakang cerita ini adalah kurun waktu sekitar tahun 65 - 70an.

Menurut cerita seorang tua kepada TS, ternyata bangsa jin atau makhluk halus mempunyai kehidupan seperti manusia.
Ada kalanya mereka juga melaksanakan ritual pernikahan.
Nah, bagaimana ceritanya kalau yang hajatan adalah penguasa Laut Selatan?

Setiap Nyai Ratu Kidul mempunyai hajatan, entah apa hajatannya, pasti ada ketakutan dari masyarakat pesisir pantai Selatan Jawa.

Ketakutan itu dimulai saat pada malam hari seperti ada barisan obor yang menelusuri jalan-jalan kota pesisir ini. Kadang, barisan obor itubelok ke arah sebuah rumah penduduk, dan berhenti di situ.
Masyarakat hanya berani mengintip dari celah-celah rumah. Berharap bukan rumahnya yang dihampiri oleh barisan obor itu.
Hanya barisan obor, tanpa ada yang memegangnya.
Seolah, obor-obor itu terbang.
Malang bagi penduduk yang rumahnya dihampiri, karena esoknya, pasti anak jejaka atau perawannya meninggal dunia.
Tentu saja itu menjadikan penduduk menjadi takut.
Kejadian itu terus berlangsung selama tujuh hari, dan pada hari ke delapan, sudah tidak nampak lagi barisan obor maut itu.

Kejadian itu terus berulang dari tahun ke tahun.
Entah darimana asalnya, penduduk mulai melakukan ritual untuk menangkal obor setan supaya tidak mampir ke rumahnya.
Caranya?
Selepas 'isya, kepala keluarga akan telanjang polos, sambil membawa sapu regel (sapu lidi yang sudah usang dan pendek) dan mengitari rumahnya sebamyak tujuh kali sambil memukul-mukul dinding rumahnya dengan sapu tadi.
Tak lupa membaca jampi-jampi yang entah didapat dari mana.
Menurut cerita, hal itu ternyata berhasil.
Tapi, tetap saja ada gadis atau jejaka yang diambil oleh barisan obor itu.

Ketika ditanyakan kepada seorang yang waskita (orang pintar), katanya gadis dan jejaka itu sedang dipinjam oleh Kanjeng Ratu Kidul, untuk dijadikan pelayan di iatananya, karena sedang ada hajatan di sana.
Oleh orang pintar itu, jejaka dan gadis yang mati tidak boleh dikuburkan. Biarkan saja selama 40 hari. Nanti akan bangun sendiri, katanya.

Ada yang percaya dan tidak dengan perkataan orang pintar itu.
Konon katanya, benar saja bahwa setelah 40 hari, para jejaka dan gadis itu bangun dari kematiannya.
Sayangnya, ketika ditanya, mereka tidak ingat apapun tentang kejadian selama mereka "mati".
Lalu, bagaimana dengan jejaka dan gadis yang sudah dikubur?
Kata si orang pintar, saat jiwa mereka diantar pulang, karena tidak menemukan raganya, akhirnya mereka kembali ke kerajaan Laut Selatan untuk seterusnya mengabdi di sana.

Apakah benar seperti itu? Entahlah.
Sekali lagi, ini adalah cerita yang TS dapat dari seorang tua di C* l*c*p.

Sementara, di kota lain.yang berjarak kurang lebih 210 km, tempat penyewaan peralatan pesta dibuat geger.

Semua piring, gelas, dan alat-alat masak yang lain tiba-tiba ada stempel berwarna merah.
Semua jadi ketakutan.
Kembali pemilik persewaan memanggil orang pintar.

Orang pintar itu mengatakan bahwa, semua barang peralatan pesta yang sudah ada cape merahnya, jangan dipakai hingga capnya hilang sendiri.
Kenapa?
Karena peralatan itu sedang dipinjam oleh Kanjeng Ratu Kidul untuk hajatan di kerajaannya.

Konon kabarnya, jika hajatan telah selesai, semua cap yang ada tadi hilang semua.
Padahal, selama cap itu belum hilang, alat-alat perabotan itu tidak berpindah dari tempatnya.

Apakah kejadian itu benar terjadi?
Wallahu a'lam...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 10:30
saat lagi di Cilacap bukannn opaahhh wkwkwkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 14:54
percaya dengan hal gaib gan ... akunya...☺️
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 16:57
seruuu tuh Opah kyknya liat org bugil.. eeehhh ups.. maksudnya liat org bangun dari kubur xixixi emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 17:04
wahh ngerii
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 18:20
terus kalo mitos nggak boleh pake baju ijo di pantai selatan itu kapan bree..?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 20:24
Juragan belut bikin thread baru lagi. emoticon-Jempol
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 20:30
sapu lidi yang susah usang, di kampung ane disebutnya "sapu gerang", dan memang dipercaya memiliki kekuatan mistis. pantang buat mukul atau nyabet orang. coz orang yang dipukul atau disabet pake sapu gerang dipercaya tidak akan panjang umurnya.
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 20:44
Quote:Original Posted By cos44rm
Serem.....emoticon-Takut (S)

Buat gebuk :maho aja... emoticon-Ngakak (S)


Hahaha, sadis ente gan. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 20:58
Quote:Original Posted By beqichot
Pernah ketusuk lidi sapu lidi ga gan?
Ane pernah gan....dan sembuhnya lammaa bgt.
Banyak kuman kali yak?


Wkwkwk, bisa jd gan, kn biasa bwt nyapuin yg kotor2 tuh. Tp alhmdllah sih ane lom prnah ketusuk
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 20:59
Quote:Original Posted By beqichot
sama gan, sapu regel sama sapu gerang...


Iya, di tmpat saudara ane di Klaten jg nyebutnya sapu regel, di tmpat ane di wonogiri di sebut sapu gerang, beda istilah za, artinya sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 21:04
Quote:Original Posted By cos44rm
Wah iki cah gandul jebule, salam 'lur.

#segawe


Siiiipppp lur, tetanggaan kitaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 21:20
Quote:Original Posted By beqichot
deket ga sama baturetno?
itu wonogiri juga yak?


Agak jauh gan, beda kecamatan. Klw baturetno tuh dari ngadirojo ke arah selatan, klw kampung ane ke arah timur
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 21:25
Quote:Original Posted By beqichot
Wah jauh ternyata....tiwas arep titip salam kanggo cwe baturetno.....emoticon-Ngakak


Wkwkwkwk, punya inceran cwe sana toh rupanya. Sayangnya agak jauh gan. Jarang maen ksna jg
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 21:30
Quote:Original Posted By beqichot
ga kok gan....
temen sma yang pernah nolak ane tuh....emoticon-Malu


Waduh, malahan. Kisah kasih di sekolah toh ceritanya
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
06-06-2020 21:32
Quote:Original Posted By beqichot
@cos44rm lha awakmu cah ngendi jal?


Cah ndarjo gan, daerah pelosok. Nek @cos44rm kn isih wonogiri kota
Diubah oleh indrag057
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
07-06-2020 01:15
Quote:Original Posted By iqwandarmawan86
Manggonku ono omahe mertuaku mburi pasar ngadirojo gan..sebrang kali,duwur guyangan bus kae go.
Salam kenal.


Weh, ketemu tonggo mneh. Lam knal uga ganemoticon-Shakehand2
profile-picture
aryanti.story memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
07-06-2020 01:16
Quote:Original Posted By beqichot
cah ngendi wae, sing penting ktemu neng kene nambah sedulur...


Siiiiipppp, betul itu ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
07-06-2020 09:33
dulu waktu ane masih duduk dikelas 2 sd (tahun 1991 klo gak salah), ada sebuah desa yg melaksanakan acara tanggapan wayang.. tp cerita pewayangan tersebut konon katanya menyinggung ratu pantai selatan.. ketika tiba saat acara tiba2 datanglah gelombang tsunami hingga memporak-porandakan desa tersebut dan menewaskan banyak orang (termasuk penonton+penyelenggara pewayangan). semua menjadi korban... hanya menyisakan beberapa orang.. yang aneh ada satu bangunan musholla dipinggir pantai yg bangunannya satu meter tembok atasnya gedhek (anyaman bambu) tidak rusak... katanya air laut yang datang itu membelah melewati musholla tersebut.. sedangkan saat kejadian, didalam musholla tersebut ada kakek beserta keluarganya berlindung disitu (kenapa beliau bisa berlindung? karena sebelum kejadian, sore hari beliau didatangi yg katanya utusan dari ratu laut kidul.. dan memberitahukan akan adanya gelombang air laut yg datang dan disuruh untuk menetap dimusholla).. wallohua'lam..
cerita ini nyata lo gan.. tsunami dan bangunan musholla yg utuh saat kejadian.. sampai Soeharto (presiden saat itu) datang kelokasi kejadian.. sedangkn cerita yg berhubungan dgn pantai selatan ane dapat cerita dari salah seorang relawan yg mendapat cerita dari kakek yg berlindung dimusholla... ane agak lupa cerita detailnya tp asli ini.., lebih serem dibanding dgn cerita "desa penari"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaizal dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
07-06-2020 09:45
hiburannya dangdutan atau wayang ya menarik untuk ditelisik
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Ketika Kanjeng Ratu Kidul Punya Gawe (Hajatan)
07-06-2020 10:37
Death Of The Fallen Angel..
profile-picture
profile-picture
beqichot dan aryanti.story memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
karena-aku-tulus-mencintai-mu
Stories from the Heart
si-cantik-dan-si-buruk-rupa
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Heart to Heart
transformation
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia